Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Buah yang Baik untuk Turunkan Kolesterol

Ada banyak lho buah yang baik untuk turunkan kolesterol. Mau tahu buah apa saja? Berikut 9 jenis buah yang bisa kamu konsumsi untuk cegah kolesterol.

Buah yang baik untuk turunkan kolesterol

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan kolesterol namun jika jumlahnya melonjak tidak terkendalikan, ini yang bahaya. Risikonya dapat menyebabkan stroke bahkan penyakit jantung.

Memang cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain dengan rutin berolahraga, kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat Hindarilah makanan yang tinggi kolesterol.

Akan lebih baik kalau kamu rutin konsumsi buah daripada keseringan makan gorengan. Alasannya tentu saja, karena selain rasanya yang manis dan enak, buah-buahan juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Mengapa buah bisa menurunkan kolesterol?

Seperti yang kita tahu, buah-buahan tinggi akan serat. Kandungan inilah yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat dapat membantu menghalangi sebagian kolesterol diserap dari usus ke dalam aliran darah. 

Dilansir dari sehatq.com, mengonsumsi buah-buahan dapat membantu menurunkan kolesterol karena mengandung serat yang larut dalam air. 

Serat ini dapat mengikat asam empedu, sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 10% adalah pektin.

Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan membantu memperlancar aliran darah serta mencegah terjadinya penyakit jantung.

Alasan lainnya karena kebanyakan buah mengandung sedikit atau tanpa lemak dan juga rendah kalori. Itulah sebabnya orang yang ingin diet atau punya berat badan ideal dianjurkan rutin konsumsi buah-buahan.

Berbagai jenis buah yang baik untuk turunkan kolesterol

Setelah mengetahui khasiat buah ternyata dapat menurunkan kolesterol tinggi, sekarang cari tahu yuk, kira-kira buah apa saja yang baik untuk menjaga kadar kolesterol kita. 

Berikut ini buah-buahan yang dapat kamu konsumsi untuk menurunkan kolesterol ;

Apel

Buah pertama yang berkhasiat menurunkan kolesterol adalah apel. Buah ini, terutama pada bagian kulitnya mengandung pektin, yaitu serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. 

Pektin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Selain pektin, apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. 

Oya, serat dari buah penurun kolesterol ini juga memberikan rasa kenyang yang lama.  Maka tidak salah lagi kalau kamu masukkan apel dalam daftar buah yang harus kamu konsumsi saat diet atau ketika ingin menurunkan kolesterol.

Alpukat

Selanjutnya buah yang bisa kamu pilih untuk menurunkan kolesterol adalah alpukat. Perlu kamu ketahui, alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. 

Buah yang enak dibuat jus ini kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Pir

Pir termasuk salah satu buah penurun kolesterol sebab buah ini juga tinggi kandungan serat alaminya. Satu buah pir dalam ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian kita. Bahkan, nilai serat dari buah pir lebih tinggi daripada buah apel.

Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa menurun. 

Buah beri

Sama halnya dengan apel dan pir, buah-buahan beri baik itu stroberi, blueberry atau cranberry pun kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

Anggur

Buah penurun kolesterol berikutnya adalah anggur. Sama seperti buab-buah yang sudah disebutkan di atas, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. 

Berdasarkan penelitian yang terdapat di dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah. Nah, antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Pepaya

Khasiat pepaya tidak kalah dengan buah lainnya. Buah yang mudah ditemukan ini juga kaya akan serat. Dengan kandungannya itu, pepaya dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu buah ini juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. 

Jambu biji

Jenis buah yang baik untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah jambu biji. Buah ini mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Tidak hanya itu, kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Jeruk

Jeruk termasuk buah penurun kolesterol karena mengandung d-limonene yaitu senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Seperti yang kita tahu jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin ini tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Wah ternyata banyak ya khasiat jeruk, terutama untuk menurunkan kolesterol. 

Tomat

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah tomat. Buah tomat merupakan salah satu sumber terbaik untuk salah satu senyawa tanaman yang disebut lycopene lho. Nah, senyawa ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh.

Itulah beberapa buah yang baik untuk turunkan kolesterol. Sebenarnya masih banyak lagi buah penurun kolesterol lainnya, bisa kamu cari tahu sendiri ya.

Ingin terhindar dari kolesterol tinggi? Ayo, mulai dari sekarang rutinkan konsumsi buah setiap hari. Setidaknya 2-3 porsi dalam sehari sudah cukup menjaga kesehatan dan menjauhkan kita dari kolesterol jahat.

Posting Komentar untuk "9 Jenis Buah yang Baik untuk Turunkan Kolesterol"

Berlangganan via Email