Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Mau tahu apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah rambut mengembang dan susah di atur?  Kamu bisa temukan tipsnya di sini ya.  

Cara mengatasi rambut mengembang

Salah satu masalah rambut yang kerap dialami wanita adalah rambut mengembang. Memiliki rambut yang mudah mengembang memang menyebalkan lantaran sulit disisir dan diatur. Apalagi kalau sampai mengembang layaknya singa, hihi.

Tentu akan sangat mengganggu penampilan dan membuat kita kehilangan  percaya diri tampil di depan pasangan. But don't worry. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini. Namun sebelum membahasnya kita cari tahu dulu yuk penyebab rambut mengembang.

Penyebab Rambut Mengembang

Sebabnya rambut mengembang disebabkan karena produksi minyak alami atau sebum di rambut berkurang. Inilah yang membuat rambut kita cenderung mengembang dan kusut. 

Namun bukan hanya itu penyebannya. Justru karena beberapa kebiasaan kita yang bikin kondisi rambut mengembang semakin parah.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bikin rambut mengembang :

Terlalu sering keramas

Rutin keramas memang bagus tapi kalau terlalu sering hingga lebih dari 3 kali sehari dalam sepekan justru memberi efek yang tidak baik. Pasalnya lapisan minyak di kulit kepala kita akan terangkat saat berkeramas dengan shampoo sehingga membuat rambut dan kulit kepala kita jadi kering.

Nah, kondisi kulit kepala kering inilah yang membuat rambut mudah mengembang. Itu sebabnya kita tidak dianjurkan keramas secara berlebihan.

Sering terpapar sinar matahari, udara kering atau angin

Bukan hanya berlebihan dalam keramas saja yang membuat rambut dan kulit kepala bermasalah. Terlalu lama di ruangan ber-AC atau beraktivitas di luar ruangan hingga terpapar sinar UV dari matahari dan udara kering juga bakal bikin rambut cepat kering.

Tentunya kamu sudah tahu kan rambut kita akan cenderung mengembang dan susah diatur bila terlalu kering.

Terlalu sering menggunakan alat styling rambut

Penyebab lain yang membuat rambut sering mengembang karena penggunaan alat-alat styling yang berlebihan.. Jadi buat kamu yang suka styling rambut dengan alat-alat seperti catokan, hair dryer maupun pengeriting rambut, hati-hati.

Ketika rambut sering terpapar uap panas dari alat-alat tersebut rambut kita hanya akan mengalami masalah mengembang tetapi juga rusak.

Cara mengatasi rambut mengembang dengan tepat

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut mengembang, kini saatnya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi rambut mengembang dengan tepat.

Keramas secara teratur

Salah satu penyebab rambut mengembang adalah terlalu sering keramas. Ini bukan berarti kamu tidak boleh keramas sama sekali. Perawaran rambut dengan keramas menggunakan shampoo maupum kondisioner tetap diperlukan tapi cukup dirutinkan sekali atau dua kali dalam sepekan, jangan berlebihan.

Rutin keramas dapat membantu kamu menjaga menjaga kelembapan rambut sehingga menjadikannya lembut dan mudah diatur. Namun sebaiknya kamu keramas dengan air dingin saja. Sebab keramas menggunakan air hangat akan semakin banyak mengangkat minyak alami rambutmu dan membuatnya kering dan mengembang.

Sisir rambut dengan tangan yang basah

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar rambut tetap rapi dan tidak kusut mengembang adalah tidak memaksakan untuk menyisirnya. 

Memaksakan menyisir rambut hanya akan mengganggu kutikula rambut sehingga berisiko membuat rambut rusak termasuk menyisir rambut dalam kondisi kering dapat. Oleh sebab itu, jika ingin menyisir rambut sebaiknya kamu lakukan dengan tangn yang basah, dengan begitu rambutmu tidak akan mengembang dan mudah diatur.

Gunakan sisir bergigi jarang

Nah, kalau rambutmu dalam keadaan basah, kamu bisa menyisirnya dengan sisir bergigi jarang. Tentunya cara ini dapat membuat rambut yang kusut mudah terurai.

Namun jangan memaksakan mengurai rambut dengan menyentakkannya menggunakan sisir ya karena bisa berisiko membuat rambutmu patah dan rontok. .

Hindari penggunaan alat styling yang berlebihan

Cara agar rambut tidak mengembang berikutnya adalah batasi penggunaan alat styling seperti catokan, pengeriting rambut dan hair dryer.

Seperti kulit, rambut pun dapat mengalami kerusakan jika terpapar panas terus menerus. Jika kamu ingin mengeringkan rambut sebaiknya lakukan dengan cara yang alami atau menggunakan bantuan kipas angin. 

Kalau pun terpaksa harus menggunakan  hair dryer  pastikan suhunya rendah atau sebaiknya kamu oleskan rambutmu terlebih dahulu dengan produk yang berfungsi melindungi rambut dari suhu panas alat tersebut.

Gunakan pelindung kepala saat berada di luar ruangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas,  salah satu penyebab utama rambut mengembang adalah terlalu sering terpapar sinar matahari dan udara kering maupun angin.

Oleh sebab itu pelindung kepala seperti topi atau kerudung tentunya dapat membantu melindungi rambutmu saat beraktivitas di luar ruangan.

Pastikan juga kamu menggunakan penutup kepala ya ketika mandi dan berenang di kolam renang atau pantai  agar terhindae dari air klorin atau air garam di laut. 

Gunakan produk perawatan yang tepat untuk rambut mengembang

Selain cara-cara di atas kamu juga bisa mengatasi masalah rambut mengembang dengan menggunakan produk perawatan yang tepat. Cara ini cukup mudah dan praktis.

Kamu tidak perlu pusing cari produk yang diformulasikan khusus untuk rambut mengembang karena sekarang sudah ada Dove Total Hair Fall Treatment Conditioner. Formulanya yang lembut banget dapat mengatasi masalah rambu kusut dan mengembang sehingga lebih mudah diatur. Untuk hasil maksimal, kamu bisa gunakan Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo saat keramas.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang dapat kamu lakukan di rumah saja. Nggak perlu ke salon. Oke, semoga tips saya kali ini bermanfaat ya.

Salam,






Posting Komentar untuk "Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Mengembang"

Berlangganan via Email