Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menggosok Gigi yang Benar

Menggosok gigi memang penting dan harus rutin dilakukan setiap hari tapi jangan asal-asalan. Kamu harus tahu begini cara menggosok gigi yang benar

Cara menggosok gigi yang benar
Picture by Canva Pro
Menggosok gigi merupakan rutinitas yang kita lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun rutin menyikat gigi saja tidak cukup lho. 

Banyak orang yang rajin menggosok gigi tetapi caranya masih salah. Sehingga meskipun rutin sikat gigi dua kali sehari gigi atau gusi mereka masih kerap mengalami masalah.

Padahal menggosok gigi dengan cara yang benar tidaklah susah dan tentu saja akan memberikan hasil yang maksimal. 

Setidaknya orang yang menyikat gigi dengan benar akan terhindar dari risiko penyakit gusi, masalah bau mulut hingga kerusakan gigi akibat gigi berlubang maupun gigi sensitif.

Lalu bagaimanakah cara menyikat gigi yang benar?

Cara menggosok gigi yang benar dan tepat

Menggosok gigi memang tidak boleh asal-asalan karena akan berdampak buruk pada kesehatan mulut dan gigi. Berikut ini beberapa cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Perhatikan tahapan sikat gigi

Cara pertama yang harus kamu lakukan sebelum menggosok gigi adalah memperhatikan tahapannya. 

Pertama, letakkanlah bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut. 

Kedua, Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian. Gerakan melingkar ini berfungsi agar bulu sikat dapat membersihkan plak yang terselip di celah gigi dan gusi.

Ketiga, sikatl gigi bagian belakang, sisi atas dan bawah, dengan gerakan maju mundur secara perlahan. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

Terakhir sikatlah sisi dalam gigi seri baik atas maupun bawah dengan memegang sikat gigi secara vertikal. Gunakan ujung kepala sikat gigi untuk menyikat dengan gerakan ke atas dan ke bawah.

Bersihkan bagian lidah

Menggosok gigi yang benar bukan berarti hanya menggosok bagian gigi saja, tetapi kamu juga juga memerhatikan kebersihan seluruh bagian mulut, termasuk lidah.

Kenapa lidah perlu dibersihkan? Karena di lidah terdapat bakteri anaeroba yang menyebabkan bau mulut. Itulah sebabnya membersihkan lidah juga penting dilakukan. 

Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal gunakan kepala belakang sikat gigi kemudian gosoklah lidah secara menyeluruh hingga dirasa bersih.

Jangan sikat gigi terlalu keras dan terburu-buru

Pastikan kamu menyikat gigi dengan pelan. Ini penting sebab menyikat gigi dengan keras dapat membuat gusi terluka bahkan meradang. Gesekan yang terlalu kencang juga dapat mengikis enamel gigi atau lapisan pelindung.

Selain itu, kamu tidak perlu terburu-buru saat menggosok gigi. Sikatlah gigimu setidaknya 2-3 menit. Jika kurang dari itu kemungkinan besar masih ada permukaan gigi yang belum terjangkau sehingga tidak memberi hasil maksimal.

Pilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat

Cara menggosok gigi yang benar tidak terlepas dari produk sikat gigi yang kamu gunakan. Pastikan kamu rutin mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali. 

Hal ini perlu dilakukan sebab sikat gigi yang sudah rusak tidak akan bisa membersihkan gigi secara efektif. Sebaliknya, justru sikat gigi yang sudah lama akan menyimpan banyak bakteri sehingga tidak baik untuk digunakan lagi.

Pasta gigi yang hendak kamu gunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan. Jika gigi kamu termasuk gigi sensitif pilihlah sikat gigi yang diformulasikan khusus gigi sensitif atau atau jika gigi kamu berlubang maka kamu bisa memilih pasta gigi dengan kandungan flouride.

Kamu juga bisa memertimbangkan menggunakan pasta gigi seperti Close Up Ever Fresh yang dapat memberikan sensasi dingin dan segar dengan formula mouthwash anti-bakterialnya serta membantu kesehatan mulut menyeluruh. 

Jadi pastikan kamu memakai pasta gigi yang tepat dan sikat gigi yang berkualitas ya. Itulah 5 cara menggosok gigi yang benar. Setelah mengetahuinya jangan lagi sikat gigi asal-asalan, kuy.

Salam,

Posting Komentar untuk "5 Cara Menggosok Gigi yang Benar"

Berlangganan via Email