Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Software Akuntansi untuk UMKM




Istilah akutansi tentu tentu sudah sering kamu dengar, namun bagi kamu yang baru merintis usaha mungkin belum begitu paham mengenai manfaatnya dalam dunia bisnis.

Dilansir dari wikipedia.com akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. 

Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang berkepentingan, termasuk para pelaku usaha.

Ya, akuntasi sangat berkaitan erat dengan dunia bisnis yang tidak lepas dari aktivitas keuangan. 

Sebagaimana kita ketahui bersama, semua para pelaku bisnis baik yang sudah berskala besar maupun yang masih berskala kecil seperti UKM (Usaha Kecil Menengah) membutuhkan laporan keuangan yang baik agar usaha atau bisnisnya dapat berjalan lancar.

Masalah laporan keuangan ini penting banget lho. Nah yang menjadi pertanyaan buat kamu yang punya usaha khususnya para pelaku UKM, kamu biasanya mencatat keuangan dengan apa?

Apa kamu masih mencatatnya secara manual di buku tulis atau merekapnya di Ms. Excel?

Sayang sekali ya kalau kami masih mencatat laporan keuangan bisnis kamu secara manual. 

Selain ribet dan prosesnya cukup lama, laporan yang ditulis di buku rawan hilang atau rusak. 

Menggunakan Ms. Excel juga bukan solusi yang tepat. Rumus-rumusnya itu lho, lumayan rumit. 

Bukannya praktis, membuat laporan keuangan di Excel bisa bikin kepala mumet, apalagi kalau kamu awam atau jarang menggunakan microsoft ini.

Syukurnya kita hidup di zaman modern. Teknologi sudah semakin maju. Sudah nggak zamannya lagi catat-catat keuangan secara manual.

Lagian kalau ada yang praktis, ngapain pakai cara yang rempong?

Jadi sekarang ini sudah ada software akuntasi yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam menyusun laporan keuangan dari bisnis yang kamu jalankan.

Bukan hanya untuk para pengusaha besar, software ini juga sangat bermanfaat buat kamu yang punya UKM.

Manfaat Software Akuntansi untuk UKM

Menghemat waktu

Manfaaat menggunakan software akuntasi yang pertama tentu saja dapat menghemat waktu. 

Kamu tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mencatat semua transaksi usahamu, karena semua dapat diproses dengan cepat dan tepat dengan software akuntasi.

Mulai dari input transaksi, melacak faktur, hingga pembuatan laporan arus kas, laba-rugi, dan lain-lain semua bisa diselesaikan secara otomatis.

Bahkan, fitur software akuntansi saat ini sudah sangat canggih. Saking cangginya software ini mampu merevisi kesalahan pencatatan yang dilakukan admin. 

Penyelesaian masalah juga bisa dituntaskan secara cepat lho, seperti melacak faktur, memasukkan jurnal penyesuaian, dan merevisi kesalahan pencatatan. 

Sampai-sampai untuk pembayaran utang atau pelunasan piutang dapat pula diselesaikan dengan cepat lewat transaksi antar bank online yang telah terintegrasi dengan software akuntansi.

User Interface yang Bersahabat

Kebanyakan vendor software akuntansi merancang user interface secara sederhana dan mudah dipakai oleh berbagai akuntan bisnis UKM. 

Dengan user interface yang sederhana dan bersahabat, pengguna tidak perlu repot lagi dalam melakukan berbagai pengaturan seperti pengaturan form faktur, input jurnal, dan sebagainya. 

Kemudahan ini juga akan mempersingkat pekerjaan akuntan dalam mencatat berbagai transaksi yang masuk.

Pengelolaan Biaya-Biaya


Software akuntansi menawarkan fitur pengelolaan biaya-biaya yang terbebankan kepada UKM. 

Kamu bisa mengatur kategori biaya-biaya yang terjadi sehingga lebih mudah melacak dan mengetahui kontribusi persentase biaya tiap kategori. 

Kamu juga bisa melacak biaya yang belum dibayar berdasarkan status yang tertera di software akuntansi kamu. 

Bukti-bukti pembayaran juga bisa kamu simpan dan lampirkan di setiap transaksi pembayaran. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur penjadwalan transaksi pembayaran yang dilakukan secara berulang ke beberapa vendor.

Integrasi dengan Aplikasi Kasir

Kebanyakan software akuntansi sekarang ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi kasir (POS) ternama. 

Ini tentu akan memudahkan kamu mendapatkan informasi terkait laporan pemasukan bisnis UKM kamu. 

Dengan basis realtime, setiap waktu kamu bisa memantau laporan pemasukan di software akuntansi.

Itulah manfaat software akuntansi untuk UKM. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai software ini kamu bisa cek di https://www.jurnal.id/id/ ya.

Salam,

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Software Akuntansi untuk UMKM"

Berlangganan via Email