Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Anak Tetap Sehat di Masa Pandemi


Salah satu hal yang membuat saya sangat khawatir di tengah pandemi COVID-19 adalah kesehatan keluarga terutama anak-anak.

Si kakak belum genap dua tahun dan adiknya baru berusia dua bulan ketika wabah virus corona masuk ke Indonesia.

Saat itu sempat diberitakan bahwa anak-anak termasuk kelompok usia yang relatif tidak rentan terkena virus corona. Namun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menemukakan fakta bahwa tingkat penularan virus corona pada anak-anak di Indonesia tergolong cukup tinggi sehingga  orangtua harus waspada.

Berdasarkan data yang saya baca dari berbagai sumber terpercaya, kasus anak di Indonesia yang terpapar COVID-19  sudah mencapai 3.928 anak dan meninggal sebanyak 59 anak per 10 Agustus 2020.

Dimana kasus positif COVID-19 pada anak usia 0-5 tahun sebanyak 2,5 persen dan usia 6-18 tahun sebanyak 7,6 persen.

Itu data sekitar empat bulan lalu. Bagaimana dengan sekarang? Kalau melihat kondisi saat ini dan pandemi juga belum benar-benar kemungkinan besar kasus tersebut masih terus meningkat.

Bahkan kasus COVID-19 pada anak-anak di Indonesia sudah termasuk yang tertinggi di Asia lho. Duh ngeri ya?

Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus mengantisipasi hal ini. Sekalipun sekarang kita sudah berada di era adaptasi baru dan diberi kelonggaran beraktivitas di luar rumah kita tetap perlu waspada.

Kesehatan anak menjadi hal yang utama. Jangan sampai kita lengah sehingga mengakibatkan daya tahan tubuh anak drop dan berujung dengan terpapar virus ini.

Lantas langkah apa yang harus kita lakukan agar anak tetap sehat selama pandemi?

Untuk itu saya sudah merangkum beberapa tips agar anak tetap fit selama pandemi.
Yuk disimak!

Tips agar anak tetap sehat di masa pandemi

Orang tua yang memiliki anak usia di atas dua tahun bisa mengikuti tips berikut :

Mencukupi kebutuhan nutrsi anak

Salah satu tips agar anak tetap sehat di masa pandemi adalah menjaga asupan nutrisi anak. Pastikan kebutuhan nutrisi yang mereka dapatkan tercukupi sesuai usianya.

Anak-anak memerlukan makronutrien yaitu karbohidrat, protein, lemak, air dan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral.

Semua zat gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, sayur-sayuran dan air mineral. 

Istirahat yang cukup

Ayah dan ibu perlu ketika anak kurang tidur maka tubuhnya kehilangan kesempatan untuk membentuk sel-sel yang baru. Oleh sebab itu penting bagi anak untuk bisa beristirahat yang cukup.

Ajarkan perilaku hidup sehat dan bersih 

sekarang kita sudah memasuki masa adaptasi baru. Sehingga bukan cuma orang dewasa kita juga harus mengajarkan anak agar terbiasa mematui protokol kesehatan seperti memakai masker saat ke luar rumah, rajin cuci tangan di air mengalir, tutup mulut dan hidung dengan bagian dalam siku saat batuk atau bersin.

Ajak anak berolahraga

Tips selanjutnya agar anak tetap sehat adalah mengajaknya untuk rajin berolahraga.  Paling tidak ajaklah anak-anak untuk olahraga ringan bersama setiap pagi sekitar 30 menit. 

Orang tua juga bisa menciptakan kegiatan olahraga yang menyenangkan di rumah seperti bermain bola, senam, dan lain sebagainya. 

Berikan suplemen tambahan

Satu lagi, agar anak tetap sehat orang tua juga perlu memberikan suplemen tambahan. Tentunya suplemen atau nutrisi tambahan ini bisa membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit.

Rutin memeriksakan kesehatan anak

Tidak dipungkiri meski sekarang sudah measuki masa adaptasi baru masih banyak orang tua yang enggan membawa anaknya ke rumah sakit karena khawatir terpapar virus.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan aplikasi layanan kesehatan seperti halodoc. Halodoc merupakan platform kesehatan yang bisa diakses secara online melalui website maupun aplikasi. 

Lewat platform ini kamu bisa mengakses layanan kesehatan dimana saja dan kapan saja. Ada bnyak dokter, rumah sakit serta asuransi yang sudah terintegrasi dengan halodoc sehingga dapat memenuhi kebutuhan medis kita setiap saat.

Selain itu halodoc punya beberapa fitur unggulan lainnya seperti bicara dengan dokter dimana kita bisa berkonsultasi dengan dokter baik melalui chat, voice atau video call lewat smartphone secara gratiss. Kalau membutuhkan obat kita juga bisa pesan lewat fitur beli obat yang ada di aplikasi ini dengan layanan pengiriman 24 jam dan tidak dipungut biaya sama sekali.
 
Itulah beberapa tips agar anak tetap sehat di masa pandemi yang bisa kamu terapkan. Yah kita berdoa saja semoga pandemi segera berakhir. 

Apalagi sekarang sudah ada Vaksin Sinochem salah satu vaksin corona yang sedang di uji klinis di Indonesia. Meski baru diuji klinis tapi tentu setidaknya ini adalah kabar baik buat kita semua.

Salam,

Posting Komentar untuk "Tips Agar Anak Tetap Sehat di Masa Pandemi"

Berlangganan via Email