Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KLIP 2021, Tantangan Menulis Sepanjang Tahun

KLIP 2021 Tantangan menulis sepanjang tahun

Setelah gagal lulus KLIP 2020, tahun ini saya kembali mendaftarkan diri ikut tantangan menulis selama setahun yang selenggarakan oleh komunitas Ibu Profesional.

Kalau ingat pengalaman KLIP tahun kemarin, sebenarnya saya nyesek banget karena pada akhirnya saya terpaksa menyusul ratusan peserta lainnya yang gugur lebih dulu.

Nyeseknya karena saya sudah tiba di sesi tiga, tinggal selangkah lagi mencapai garis finish. Ya saya berhasil bertahan selama 11 bulan di KLIP 2020 namun akhirnya tersingkirkan juga di bulan ke-12😭

But whatever, kegagalan tersebut saya jadikan sebagai pelajaran. Lagipula saya memaknai gagal bukan berarti kalah dan bukan berarti pula saya harus menyerah tetapi itu artinya saya harus berusaha lebih gigih lagi.

In syaa Allaah tahun ini saya siap menaklukkan tantangan KLIP 2021. Bismillaah.

Sekilas tentang KLIP

Saya baru mengenal KLIP di penghujung tahun 2019. Waktu itu di beranda saya muncul postingan Mbak Lendy pemilik lendyagasshi.com yang share rapor KLIP.

Isenglah saya kepo intip rapor  yang dia bagikan, seketika itu juga muncul niatan saya harus ikut tantangan ini. Jujurly saya terperangah melihat rapor menulis yang keren dan rapi begitu, mana ada lencananya pula. Menarik sekali.

Alhamdulillaah sesuai dengan yang saya niatkan, saya akhirnya bisa bergabung dan menjadi peserta KLIP 2020 walau nggak lulus, huhu. 

Apa itu KLIP?

KLIP merupakan salah satu kegiatan dari Kampung Komunitas Ibu Profesional yang memiliki misi membantu peserta untuk bisa melatih kebiasaan menulis selama setahun.

Kegiatan yang bertujuan melatih konsistensi menulis ini sudah berlangsung dari tahun 2016 dengan nama ODOP for 99 Days namun baru berubah menjadi KLIP atau Kelas Literasi Ibu Profesional sejak tanggal 19 Januari 2019 dan berdurasi selama satu tahun.

Nah, dalam 1 tahun itu tantangan ini akan dibagi ke dalam 3 sesi atau per 4 bulanan.
Sesi 1 dimulai dari Januari - April
Sesi 2 dimulai dari Mei - Agustus 
Sesi 3 dimulai dari September - Desember

Nantinya setiap akhir bulan akan dibagikan rapor akan diberikan rapor untuk mengumumkan badge yang didapat berdasarkan jumlah setoran tulisan harian.
  • 10 setoran tulisan mendapatkan GOOD Badge
  • 20 setoran tulisan mendapatkan EXCELLENT Badge (kecuali untuk bulan Desember 15 setoran)
  • 30 setoran tulisan mendapatkan OUTSTANDING Badge (kecuali untuk bulan Februari 27 setoran dan bulan Desember 20 setoran)

Apakah KLIP terbuka hanya untuk anggota Ibu Profesional?

Namanya memang Kelas Literasi Ibu Profesional namun kelas ini terbuka untuk semua perempuan baik yang merupakan atau bukan anggota Ibu Profesional.

Jadi buat kamu yang belum menjadi IPers tapi tertarik dengan KLIP, nggak usah minder, yuk ikutan gabung. Asal kamu perempuan, pasti diterima kok.

Bagaimana cara bergabung di KLIP?

Untuk bisa bergabung di Kelas Literasi Ibu Profesional caranya mudah banget. Cukup dengan tiga langkah.
  • Gabung di grup FB Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)
  • Daftarkan diri sebagai peserta KLIP 2021 di form yang tersedia
  • Menulis dan setorkan link postingan di form bulanan

Bagaimana ketentuan yang berlaku di KLIP?

Berikut ini beberapa ketentuan yang berlaku di KLIP, khususnya KLIP 2021 :
  • Setelah mendaftarkan diri tugas peserta adalah menulis dan setor link postingan di form bulanan yang tersedia di website KLIP
  • Karena setoran dalam bentuk link sehingga peserta harus menulis di platform yang sesuai dengan ketentuan KLIP yakni di Facebook, Instagram, Google Dokumen atau Blog. 
  • Tema tulisan bebas
  • Panjang tulisan minimal 300 kata
  • Batas waktu setoran harian adalah pukul 23.59 WIB, namun KHUSUS HARI TERAKHIR di bulan berlangsung batas waktunya hanya sampai pukul 18.00 WIB.
  • HANYA SATU SETORAN PER HARI yang akan diperhitungkan berdasarkan data realtime yang masuk di form setoran
  • Syarat kelulusan KLIP 2021 adalah memiliki minimal 9 GOOD Badge dengan minimal 3 GOOD Badge untuk tiap sesi.
  • Peserta KLIP akan dianggap gugur dan namanya akan dihapuskan dari form setoran bulanan jika dalam 2 bulan berturut-turut tidak mendapatkan badge dasar.
Kalau ada pembaca Kamar Kenangan ini yang ikut KLIP 2020 pasti tahu ada beberapa ketentuan baru di KLIP 2021.

Seperti panjang tulisan,  kalau di KLIP 2020 baru ditentukan jumlah katanya harus minimal 300 kata setelah masuk sesi 2, namun untuk KLIP 2021 ini ketentuan tersebut sudah diberlakukan sejak awal sesi.

Selain itu aturan yang paling menonjol adalah syarat kelulusan. Yang tadinya di KLIP 2020 peserta bisa lulus dengan minimal mengantongi 7 badge atau 3 sesi setiap badge, tahun 2021 dinaikkan menjadi 9 badge dan minimal 2 badge setiap sesi. 

Duh, KLIP 2021 semakin menantang ya?

Apa yang menarik dari KLIP?

Banyaklah hal menarik yang bisa kamu dapatkan jika bergabung di KLIP. Karena meski program utama KLIP adalah melatih konsisten menulis selama setahun dengan cara setor tulisan di form bulanan tetapi ada juga program lain yang tak kalah menarik.

Seperti KLIP writing challenge, program kenal lebih dekat dengan pengurus dan peserta, tantangan membaca pun ada lho di KLIP. Namanya juga kelas literasi ya, sampai-sampai KLIP punya Klub Buku yang rutin ngadain zoom meeting.

Selain itu kalau kamu berhasil bertahan dan masuk sesi 3 kamu bakal dapat kesempatan masuk ke grup peminatan. Grup ini bertujuan membantu mencapai target menulis peserta sesuai dengan minat menulis masing-masing.

Ada 4 pilihan minat yang ditawarkan tahun kemarin, fiksi, non fiksi, blogger dan sekadar menulis untuk melepaskan stres.

Kamu pasti bisa tebak apa yang menjadi pilihan saya.  Of course, saya pilih blogger dan bergabung dengan teman-teman lain yang juga punya minat di dunia blog. 

Sayangnya meski sudah bergabung di kelas peminatas (khusus blog) saya masih saja tidak aktif sehingga hasilnya ya begitu deh, target tidak tercapai. 

Apa Manfaat Ikut KLIP?

Ada banyak manfaat yang bisa teman-teman dapatkan dengan bergabung di KLIP. Tentunya yang paling utama, KLIP bisa membantu kita untuk konsisten menulis selama satu tahun.

Teman-teman yang sering atau pernah ikut ODOP pastinya tidak asing dengan tantangan menulis. 

Tantangan yang satu ini rada mirip dengan ODOP cuma durasi dan aturannya memang  berbeda. 

Kalau ODOP durasinya paling hanya sebulan sementara KLIP berdurasi sepanjang tahun. 
Kalau ODOP mewajibkan kita istiqomah menulis satu hari satu postingan, di KLIP tidak meski menulis everyday, yang penting setiap bulan bisa dapat badge, minimal badge dasar.

Nah, ini yang suka dari KLIP. Di kelas literasi ini peserta benar-benar dibantu untuk konsisten menulis, nggak cuma dengan disediain form tetapi kita juga dapat rekapan atau rapor hasil menulis setiap akhir bulan.

Di rapor tersebut tersebut kita bisa melihat bagaimana pencapaian menulis kita selama sebulan, lalu bagaimana progresnya jika dibandingkan dengan rapor bulan lalu. Ya pokoknya kita bisa mengevaluasi sendiri.

Dengan adanya rapor tersebut, kita juga seharusnya bisa lebih termotivasi karena semua data dari hasil menulis peserta KLIP dibuat transparan, nggak ada yang ditutup-tutupi. 

Kita bisa lihat 'nilai rapor' peserta lain, badge apa yang dia dapat, berapa jumlah postingan yang dia hasilkan selama sebulan atau berapa rata-rata jumlah kata yang dia tuliskan setiap hari, semua itu tentunya bisa menjadi pemantik, kan?

Membandingkan bukan untuk merendahkan peserta lain atau meninggikan diri sendiri, melainkan sebagai penyemangat agar kita bisa tetap konsisten menulis.

Selain konsisten, tentunya kita juga bisa menemukan banyak teman atau saudara baru di KLIP dengan hobi atau passion yang sama dan sama-sama punya tujuan ingin belajar konsisten menulis.

Beidewei, saya langsung teringat dengan para admin dibalik dracorclass.com. Mereka awalnya bertemu di KLIP 2020. 

Karena punya kesamaan suka nonton dan menulis tema drakor mereka bikin grup sendiri dan siapa sangka dari sanalah akhirnya lahir webiste dengan nama drakor class dan juga branding di media sosial.

Tantangan mengikuti KLIP 2020

Harus saya akui, mengikuti KLIP memang susah-susah gampang. Sengaja kata susahnya saya sebutkan. Pasalnya ini adalah tantangan menulis sepanjang satu tahun lho bukan satu atau dua bulan. 

Jadi kalau teman-teman berniat ikut tantangan ini benar-benar harus komitmen dari awal dan kalau bisa komitmennya jangan setengah-setengah.

Jujur saja, salah satu penyebab saya tidak lulus KLIP 2020 karena komitmen saya masih kurang. Saya tidak sepenuhnya serius menjalankan tantangan ini.

Penyebab lainnya karena saya belum pandai mengatur waktu dengan baik dan terlalu menganggap enteng soal laporan. 

Padahal kalau mau dibilang tiap bulan saya bisa menghasilkan lebih dari 10 postingan tapi gara-gara suka menunda-nunda setor link postingan akhirnya selama satu tahun itu saya hanya berhasil mengumpulkan 6 badge dan semuanya badge dasar. Pencapaian yang payah sekali.

Namun yang lalu biarlah berlalu. Cukup dijadikan pelajaran. Tahun ini saya harus bisa menaklukkan KLIP 2021 dengan target minimal setiap bulan bisa mendapatkan Excelent badge. Syukur-syukur kalau bisa meraih paling tidak satu kali Out standing badge di 2021.

Kuy, setelah membaca postingan ini mungkin ada teman-teman juga yang tertarik gabung di KLIP cuss meluncur ke klip.web.id ya. Mumpung masih terbuka pendaftaran hingga tanggal 19/02/2021.

Yuk, kita sama-sama belajar melatih diri untuk konsisten menulis selama setahun. Dengan ikutan tantangan KLIP  2021 tentu akan lebih mudah. 





Posting Komentar untuk "KLIP 2021, Tantangan Menulis Sepanjang Tahun"

Berlangganan via Email