KLIP 2021, Tantangan Menulis Sepanjang Tahun

KLIP 2021 Tantangan menulis sepanjang tahun

Setelah gagal lulus KLIP 2020, tahun ini saya kembali mendaftarkan diri ikut tantangan menulis selama setahun yang selenggarakan oleh komunitas Ibu Profesional.

Kalau ingat pengalaman KLIP tahun kemarin, sebenarnya saya nyesek banget karena pada akhirnya saya terpaksa menyusul ratusan peserta lainnya yang gugur lebih dulu.

Nyeseknya karena saya sudah tiba di sesi tiga, tinggal selangkah lagi mencapai garis finish. Ya saya berhasil bertahan selama 11 bulan di KLIP 2020 namun akhirnya tersingkirkan juga di bulan ke-12😭

But whatever, kegagalan tersebut saya jadikan sebagai pelajaran. Lagipula saya memaknai gagal bukan berarti kalah dan bukan berarti pula saya harus menyerah tetapi itu artinya saya harus berusaha lebih gigih lagi.

In syaa Allaah tahun ini saya siap menaklukkan tantangan KLIP 2021. Bismillaah.

Sekilas tentang KLIP

Rapor KLIP 2020
Rekapan Rapor KLIP 2020 edisi bulan November. (Saya gugur di sini😭)

Saya baru mengenal KLIP di penghujung tahun 2019. Waktu itu di beranda saya muncul postingan Mbak Lendy pemilik lendyagasshi.com yang share rapor KLIP.

Isenglah saya kepo intip rapor yang dia bagikan, waaah menarik sekali. Seketika itu juga muncul keinginan, saya harus ikut tantangan ini. Jujurly saya terperangah melihat rapor menulis yang keren dan rapi sekali, mana ada lencananya pula. Pokoknya keren deh.

Alhamdulillaah sesuai dengan yang saya niatkan, saya akhirnya bisa bergabung dan menjadi peserta KLIP 2020 walau nggak lulus, huhu. 

Apa itu KLIP?

KLIP merupakan salah satu kegiatan dari Kampung Komunitas Ibu Profesional yang memiliki misi membantu peserta untuk bisa melatih kebiasaan menulis selama setahun.

Kegiatan yang bertujuan melatih konsistensi menulis ini sudah berlangsung dari tahun 2016 dengan nama ODOP for 99 Days namun baru berubah menjadi KLIP atau Kelas Literasi Ibu Profesional sejak tanggal 19 Januari 2019 dan berdurasi selama satu tahun.

Nah, dalam 1 tahun itu tantangan ini akan dibagi ke dalam 3 sesi atau per 4 bulanan.
  • Sesi 1 dimulai dari Januari - April
  • Sesi 2 dimulai dari Mei - Agustus 
  • Sesi 3 dimulai dari September - Desember
Nantinya setiap akhir bulan akan dibagikan rapor akan diberikan rapor untuk mengumumkan badge yang didapat berdasarkan jumlah setoran tulisan harian.
  • 10 setoran tulisan mendapatkan GOOD Badge
  • 20 setoran tulisan mendapatkan EXCELLENT Badge (kecuali untuk bulan Desember 15 setoran)
  • 30 setoran tulisan mendapatkan OUTSTANDING Badge (kecuali untuk bulan Februari 27 setoran dan bulan Desember 20 setoran)

Apakah KLIP terbuka hanya untuk anggota Ibu Profesional?

Namanya memang Kelas Literasi Ibu Profesional namun kelas ini terbuka untuk semua perempuan baik yang merupakan atau bukan anggota Ibu Profesional.

Jadi buat kamu yang belum menjadi IPers, tetapi tertarik dengan KLIP, yuk ikutan gabung. Asal kamu perempuan, pasti diterima kok.

Bagaimana cara bergabung di KLIP?

Untuk bisa bergabung di Kelas Literasi Ibu Profesional caranya mudah banget. Cukup dengan tiga langkah.
  • Gabung di grup FB Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP)
  • Daftarkan diri sebagai peserta KLIP 2021 di form yang tersedia
  • Menulis dan setorkan link postingan di form bulanan

Bagaimana ketentuan yang berlaku di KLIP?

Berikut ini beberapa ketentuan yang berlaku di KLIP, khususnya KLIP 2021 :
  • Setelah mendaftarkan diri tugas peserta adalah menulis dan setor link postingan di form bulanan yang tersedia di website KLIP
  • Karena setoran dalam bentuk link sehingga peserta harus menulis di platform yang sesuai dengan ketentuan KLIP yakni di Facebook, Instagram, Google Dokumen atau Blog. 
  • Tema tulisan bebas
  • Panjang tulisan minimal 300 kata
  • Batas waktu setoran harian adalah pukul 23.59 WIB, namun KHUSUS HARI TERAKHIR di bulan berlangsung batas waktunya hanya sampai pukul 18.00 WIB.
  • HANYA SATU SETORAN PER HARI yang akan diperhitungkan berdasarkan data realtime yang masuk di form setoran
  • Syarat kelulusan KLIP 2021 adalah memiliki minimal 9 GOOD Badge dengan minimal 3 GOOD Badge untuk tiap sesi.
  • Peserta KLIP akan dianggap gugur dan namanya akan dihapuskan dari form setoran bulanan jika dalam 2 bulan berturut-turut tidak mendapatkan badge dasar.
Kalau ada pembaca Kamar Kenangan ini yang ikut KLIP 2020 pasti tahu ada beberapa ketentuan baru di KLIP 2021.

Seperti panjang tulisan,  kalau di KLIP 2020 baru ditentukan jumlah katanya harus minimal 300 kata setelah masuk sesi 2, namun untuk KLIP 2021 ini ketentuan tersebut sudah diberlakukan sejak awal sesi.

Selain itu aturan yang paling menonjol adalah syarat kelulusan. Yang tadinya di KLIP 2020 peserta bisa lulus dengan minimal mengantongi 7 badge atau 3 sesi setiap badge, tahun 2021 dinaikkan menjadi 9 badge dan minimal 2 badge setiap sesi. 

Duh, KLIP 2021 semakin menantang ya?

Apa yang menarik dari KLIP?

Banyaklah hal menarik yang bisa kamu dapatkan jika bergabung di KLIP. Karena meski program utama KLIP adalah melatih konsisten menulis selama setahun dengan cara setor tulisan di form bulanan tetapi ada juga program lain yang tak kalah menarik.

Seperti KLIP writing challenge, program kenal lebih dekat dengan pengurus dan peserta, tantangan membaca pun ada lho di KLIP. Namanya juga kelas literasi ya, sampai-sampai KLIP punya Klub Buku yang rutin ngadain zoom meeting.

Program kenal lebih dekat KLIP 2020
Salah satu pencapaian saya di KLIP 2020, dapat kesempatan juga tampil di program kenal lebih dekat sehari setelah tanggal lahir saya😀

Selain itu kalau kamu berhasil bertahan dan masuk sesi 3 kamu bakal dapat kesempatan masuk ke grup peminatan. Grup ini bertujuan membantu mencapai target menulis peserta sesuai dengan minat menulis masing-masing.

Ada 4 pilihan minat yang ditawarkan tahun kemarin, fiksi, non fiksi, blogger dan sekadar menulis untuk melepaskan stres. Untuk tahun ini saya kurang tahu gimana konsepnya. Mungkin di sesi 2 sudah ada kelas peminatan atau ada kejutan menarik lainnya, kita tunggu saja. 

Nah, kamu pasti bisa tebak apa yang menjadi pilihan saya di kelas peminatan.  Of course, saya pilih blogger dan bergabung dengan teman-teman lain yang juga punya minat di dunia blog. 

Sayangnya meski sudah bergabung di kelas peminatan (khusus blog) saya masih saja tidak aktif sehingga hasilnya ya begitu deh, target tidak tercapai. 

Apa Manfaat Ikut KLIP?

Ada banyak manfaat yang bisa teman-teman dapatkan dengan bergabung di KLIP. Tentunya yang paling utama, KLIP bisa membantu kita untuk konsisten menulis selama satu tahun.

Teman-teman yang sering atau pernah ikut ODOP pastinya tidak asing dengan tantangan menulis. 

Tantangan yang satu ini rada mirip dengan ODOP cuma durasi dan aturannya memang  berbeda. 

Kalau ODOP durasinya paling hanya sebulan sementara KLIP berdurasi sepanjang tahun. Kalau ODOP mewajibkan kita istiqomah menulis satu hari satu postingan, di KLIP TIDAK HARUS MENULIS SETIAP HARI yang penting setiap bulan kamu menyetor minimal 10 tulisan untuk mendapatkan badge dasar. 

Namun ingat lagi ya ketentuan untuk lulus KLIP 2021 adalah minimal meraih 9 badge dasar dan baru bisa lanjut ke sesi selanjutnya hanya jika kamu berhasil meraih minimal 2 badge dasar untuk setiap sesi. 

Nah, ini yang suka dari KLIP. Di kelas literasi ini peserta benar-benar dibantu untuk konsisten menulis, nggak cuma dengan disediain form laporan, tetapi kita juga dapat rekapan atau rapor hasil menulis setiap akhir bulan.

Di rapor tersebut tersebut kita bisa melihat bagaimana pencapaian menulis kita selama sebulan, lalu bagaimana progresnya jika dibandingkan dengan rapor bulan lalu. Ya pokoknya kita bisa mengevaluasi sendiri.

Dengan adanya rapor tersebut, kita juga seharusnya bisa lebih termotivasi karena semua data dari hasil menulis peserta KLIP dibuat transparan, nggak ada yang ditutup-tutupi. 

Kita bisa lihat 'nilai rapor' peserta lain, badge apa yang dia dapat, berapa jumlah postingan yang dia hasilkan selama sebulan atau berapa rata-rata jumlah kata yang dia tuliskan setiap hari, semua itu tentunya bisa menjadi pemantik, kan?

Membandingkan bukan untuk merendahkan peserta lain atau meninggikan diri sendiri, melainkan sebagai penyemangat agar kita bisa tetap konsisten menulis.

Selain konsisten, tentunya kita juga bisa menemukan banyak teman atau saudara baru di KLIP dengan hobi atau passion yang sama dan sama-sama punya tujuan ingin belajar konsisten menulis.

Beidewei, saya langsung teringat dengan para admin dibalik dracorclass.com. Mereka awalnya bertemu di KLIP 2020. 

Karena punya kesamaan suka nonton dan menulis tema drakor mereka bikin grup sendiri dan siapa sangka dari sanalah akhirnya lahir webiste dengan nama drakor class dan juga branding-nya di media sosial.

Tantangan mengikuti KLIP 2020

Harus saya akui, mengikuti KLIP memang susah-susah gampang. Sengaja kata susahnya saya sebur dua kali. Pasalnya ini adalah tantangan menulis sepanjang satu tahun lho bukan satu atau dua bulan. 

Jadi kalau teman-teman berniat ikut tantangan ini benar-benar harus komitmen dari awal dan kalau bisa komitmennya jangan setengah-setengah.

Jujur saja, salah satu penyebab saya tidak lulus KLIP 2020 karena komitmen saya masih kurang. Saya tidak sepenuhnya serius menjalankan tantangan ini.

Penyebab lainnya karena saya belum pandai mengatur waktu dengan baik dan terlalu menganggap enteng soal laporan. 

Padahal kalau mau dibilang tiap bulan saya bisa menghasilkan lebih dari 10 postingan tapi gara-gara suka menunda-nunda setor link postingan akhirnya selama satu tahun itu saya hanya berhasil mengumpulkan 6 badge dan semuanya badge dasar. Pencapaian yang payah sekali.

Namun yang lalu biarlah berlalu. Cukup dijadikan pelajaran. Tahun ini saya harus mampu menaklukkan KLIP 2021 dengan target paling tidak setiap bulan dapat badge atau minimal bisa bertahan sampai akhir tahun nanti. Syukur-syukur kalau bisa meraih paling tidak satu kali Out standing badge di 2021.

Kuy, setelah membaca postingan ini mungkin ada teman-teman juga yang tertarik gabung di KLIP cuss meluncur ke klip.web.id ya. Pendaftarannya masih terbuka hingga tanggal 19/02/2021.

Yuk, kita sama-sama belajar melatih diri untuk konsisten menulis selama setahun. Dengan ikutan tantangan KLIP  2021 tentu akan lebih mudah.

Salam,


34 komentar untuk "KLIP 2021, Tantangan Menulis Sepanjang Tahun"

Comment Author Avatar
Nice post mb. Coba2 daftar ah, siapa tau bisa menambah motivasi saya nulis blog
Comment Author Avatar
Hanya untuk perempuan ya Mbak?
Comment Author Avatar
wahhh menarik mbakk, jadi ada challenge juga ya, biar bikin semangat gitu
aku coba kepo lebih banyak lagi ahh
Comment Author Avatar
Bagi saya mengikuti KLIP sangat sulit, karena masalah waktu yg nggak tau? kapan sibuk n lengangnya, kalau di haruskan sehari 1 postingan nggak kebayang pasti kerjaan lain terbengkalai, tapi seru juga kayaknya kemampuan di pacu terus-menerus hehe.

Kepingin ikut sih tapi sayang q Lelaki pasti gugur administrasi wkwk
Comment Author Avatar
wow, satu tahun.. keren sih ini kalau bisa gabung dan menyelesaikan tantangan. wong mau ikut yang satu bulan aja rasanya belum mampu, apalagi satu tahun. hihi
tapi menarik nih, bisa dicoba buat pembiasaan dan mengasah skill menulis :)
Comment Author Avatar

Wah, komunitas yg sangat menarik. Tapi mesti siapkan mental dulu agar bisa konsisten menulis.
Sepertinya saya juga tertarik, tapi masih banyak yg mau saya pelajari dulu, apakah nulis harus di blog, fb, dsb.
Comment Author Avatar
Jadi malu karena saya termasuk menggugurkan diri ikut KLIP tahun lalu. Karena overwhelmed dengan blogging dan kesibukan. Cuma saya salut sih sama programnya, semoga membantu banyak ibu2
Comment Author Avatar
Ya Allah Mbak makasih ya tulisannya
Saya sdh lama dengar grup ini, kirain itu belajar parenting ternyata kelas literasi.
Bermanfaat banget
Dan saya ingin sekali bergabung
Comment Author Avatar

Gara-gara baca postingan ini, saya langsung kepoin KLIP. Akhirnya ikut daftar, tapi belum submit sih soalnya Januari sudah mau berakhir, saya tunggu Februari saja. Keren ini KLIP
Comment Author Avatar
Saya nyerah deh Mbak kalau nulis rutin dan waktunya berbulan-bulan gini hehehee.. Pernah ikutan beberapa kali ODOP, tapi begitulah, selalu gagal setelah masuk minggu ke-2.
Semoga Mbak Siska bisa menaklukkan tantangan KLIP 2021 yakk.
Comment Author Avatar
ayo semangat mbak... biar bisa dapetin badge yang diinginkan. kalo bisa berhasil pasti puas dan bangga. semangat yaaaa...
Comment Author Avatar
Ikutan kegiatan menulis seperti dari KLIP ini memancing kitanya untuk konsisten dan juga profesional untuk menulis. Istiqomahnya ini ya kadang menggoda jadi nggak konsisten nulisnya (daku sih itu 😁)
Comment Author Avatar
Duh, kok jadi tertarik ya dan ingin ikutan. Ada tantangan bikin ngeblog jadi makin asyik.
Comment Author Avatar
Infonya sangat sangat bermanfaat banget mba, jadi tau cara gabung klip. Makasih ya sukses selalu
Comment Author Avatar
Wah seru ..bisa dicoba nih. Infonya menarik. Saya jadi kepo tentang KLIP.
Comment Author Avatar
selalu terpukau sama ibu-ibu yang bisa bagi waktu menulis sepanjang tahun bahkan dengan dengan tantangan yang bisa membuat deg-degan kalo ga bisa nyelesain tantangannya. sehat selalu ya mom
Comment Author Avatar
aku baru dengar selengkap ini KLIP secara lengkap gini mbak siska. jadi tertarik gabung deh, ini bukanya pertahun ya? salam kenal aku dari IP Jakarta
Comment Author Avatar
Duuh.. sayangnya, padahal tinggal sebulan lagi ya mbak. Tapi aku baru denger nih KLIP, keknya menarik dan menantang nih, hihi..
Comment Author Avatar
Ya Allah ini yang saya cari-cari huhu. Aku senneg banget kalau ada rapornya hahha. Telat banget baru tahu sekarang. Langsung daftar hari ini bismillah
Comment Author Avatar
Mantap sekali kak sis ikutan KLIP, selain melatih menulis juga melatih konsistensi ya. Kalau minimal sebulan 10 sih kayanya saya sanggup, tapi kalo odop selama setahun... Mikir dulu 😂
Comment Author Avatar
Saya pernah denger kelas ibu profesional tapi baru tau ada program literasi, kirain terkait pengembangan diri para ibu aja. program yang bagus ya mengasah skill menulis kita
Comment Author Avatar
Wah selamat menulis ya Kak. Semangat terus, smoga iatiqomah
Comment Author Avatar
MasyaAllah mba Siska luar biasa, aku malah baru tahu KLIP dengan baca blogmu ini
seru ya, jadi pengen ikutan juga lho
Comment Author Avatar
Wah keren banget. Aku pengen ikutan KLIP juga. Makasih loh infonya. Ini lebih lama dari ODOP yang biasanya hanya 1 bulan ya. Ini lebih menantang.
Comment Author Avatar
Mirip seperti Komunitas 1M1C ya bu, kayaknya tertarik nih mau gabung cuman saya gk bisa sanggup ngelajutin odop setiap hari :)
Comment Author Avatar
hebat bgt nig semua yang bisa lulus

aku mah ngebayangin aja nggak sanggup, liat aktivitas skrg aja blog udah mulai keteteran mbak huhu


semoga someday bisa ikutan join KLIP
Comment Author Avatar
Ho ho ho... Ini tantangan menulis paling menarik lho. Aku sangat tertarik. Secara, ngakunya blogger tapi nulisnya jarang-jarang. Entahlah, perlu semacam suntikan ekstra buat rutin nulis. Sepertinya KLIP bisa jadi salah satu jalan nih. Makasih banget infonya.
Comment Author Avatar
Berarti pendaftaran klip tahun ini udah tutup ya mbak? Semenjak pindah ke platform Facebook saya jadi kudet kegiatan-kegiatan ibu profesional
Comment Author Avatar
Istiqomah nulis tiap hari memang challenging ya mbak.

Emang yang tahun lalu keplesetnya kenapa mbak? Kayanya masih agak susah move on ya hehehe...secara udah di ujung jalan.

Tapi salut banget karena nggak kapok nyoba lagi.

Semoga tahun endingnya bikin bibir melengkung ke atas ya 😁

Ganbate!!!
Comment Author Avatar
Yah.. Yah.. Yah.. Telat daftar hiks..
Menurut aku, dengan durasi yang panjang yaitu setahun, lebih terbangun konsistensinya yah.
Mudah-mudahan lulus tahun ini, Mbak Siska.
Comment Author Avatar
Wahh seru banget kegiatannya, konsisten menulis itu sih yang agak sulit sebenernya.
Dan jadi buka drakorclass banyak ulasan drama yang oke..dan ada 21 kontributor didalamnya loh!
Comment Author Avatar
Yah, telat baca info ini.
Comment Author Avatar
Aduh sayangnya pas aku baca artikel mbak, pendaftaranya udah tutup :(
Comment Author Avatar
Wahhh, aku baru denger mba kalau KLIP ini ternyata programnya IP. Keren sih, apalagi sampai ada rapornya kayak gitu, jadi acuan banget biar lebih struggle. Keren

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.