Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Serat bagi Tubuh di Era New Normal

Cari tahu yuk apa saja manfaat serat bagi tubuh apalagi di era new normal seperti sekarang 

Manfaat serat bagi tubuh

Tahun 2020 telah berlalu namun pandemi belum berakhir. Kita masih harus ekstra menjaga kesehatan termasuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Nah, selama bekerja dari rumah, pastinya  kamu leluasa mempersiapkan makanan yang bergizi seimbang, terutama untuk keperluan serat dari buah-buahan dan sayuran, kan?

Namun setelah bekerja dan berutinitas kembali di era new normal kamu mungkin tidak lagi begitu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi, padahal tubuh tetap membutuhkan konsumsi serat harian.

Tentunya manfaat serat bagi tubuh sangat banyak. Salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sayangnya sebagian besar orang masih acuh terhadap hal ini bahkan lebih memilih melepaskan konsumsi serat hariannya.

Di Indonesia sendiri, 9 dari 10 orang hanya konsumsi 7 gr/hari dari keperluan serat harian. Rerata konsumsi serat warga Indonesia pun baru sekitar 25 gr setiap hari.

Kamu jangan sampai begitu ya. Apalagi untuk kebaikan tubuh. Nah, agar konsumsi serat sepanjang new normal bisa terpenuhi sebaiknya kamu bawa bekal komplit dengan buah dan sayur saat bekerja di luar rumah.

Tetapi dasar ya orang Indonesia, eh nggak semuanya sih tapi ada segelintir yang punya kebiasaan di tengah-tengah aktivitas cenderung memilih untuk pesan makanan cepat saji melalui layanan service pesan antar yang nutrisinya kurang terjamin, padahal sudah bawa bekal sehat dari rumah lho.

Mungkin karena kurang kesadaran ya atau karena belum tahu besarnya manfaat makanan bernutrisi seimbang termasuk yang berserat di masa pandemi seperti sekarang.

So ayo atuh mulai sekarang kita harus rutin mengonsumsi makanan dan minuman berserat agar tubuh selalu sehat dan sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar. 

Manfaat Makanan dan Minuman Berserat untuk Tubuh 

Makanan dan minuman berserat
Source : canva 
Serat benar-benar berguna untuk memperlancar pencernaan dan menghindari bermacam penyakit beresiko. 

Ada beberapa manfaat serat bagi tubuh yang harus kamu pahami untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tubuh.

Mengatasi Penyakit Saluran Pencernaan 

Konsumsi serat harian yang cukup dapat menurunkan infeksi usus dan membantu menahan penyakit saluran pencernaan, seperti konstipasi, radang elemen, dan sindrom iritasi usus. 

Jika mekanisme pencernaan sehat, nutrisi yang masuk di dalam tubuh akan meresap secara baik dan berpengaruh positif untuk mekanisme kekebalan badan. Ini benar-benar berguna, terutamanya di tengah-tengah wabah saat ini. 

Membuat Kenyang Semakin Lama

Serat akan memperlambat peresapan nutrisi makanan dalam usus, sehingga kamu akan merasa kenyang semakin lama dan tidak makan terlalu berlebih. 

Well, salah satu studi di Amerika mengatakan, orang yang kegemukan dan teratur makan suplemen serat mengalami pengurangan berat tubuh rerata sampai 2,52 kg per bulan. 

Oleh sebab itu kalau kamu mau diet, rajinlah makan makanan dan minuman yang berserat karena dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. 

Nah, kalau sistem pencernaan kamu berfungsi dengan baik, keadaan tubuh juga akan baik sehingga imun meningkat dan kamu pun tidak akan mudah terpapar virus.

Menyeimbangkan Kadar Gula Darah 

Makanan dengan serat tinggi memiliki kandungan indeks glikemik lebih rendah yang dapat memperlambat peresapan glukosa. Dengan demikian, serat bisa menahan kenaikan kadar gula darah sesudah makan. 

Menurunkan Kolesterol

Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan, ketagihan makanan cepat saji dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) lho. Sedangkan kandungan LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung. 

Serat, terutamanya serat larut, akan menurunkan peresapan kolesterol dengan mengikat asam empedu dan kolesterol di dalamnya, yang selanjutnya dikeluarkan melalui feses. 

Mencegah Kanker Usus Besar 

Kanker usus besar termasuk kanker dengan pemicu kematian paling banyak nomor tiga di dunia. Lalu apa hubungannya dengan serat?

Ya, dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, kamu akan terhindar dari resiko penyakit ini. Sebab Smserat tidak akan diolah, tapi akan difermentasi di usus besar. 

Nah, hasil peragian serat ini disebutkan mempunyai dampak anti peradangan dan anti kanker. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya akan serat, secara tidak langsung akan memperbaiki sistem pencernaan yang ada pada tubuh. 

Dengan kata lain, jika sistem pencernaan bekerja dengan baik maka akan mengurangi resiko mudahnya terserang penyakit. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh akan meningkat dengan sendirinya jika sistem pencernaan bekerja dengan baik dalam tubuh. 

Kesimpulan 

Makanan berserat tinggi
Source : canva 
Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat akan memperkuat sistem kesehatan tubuh yang terbentuk dengan sendirinya. 

Sampai di sini sudah tahu kan manfaat serat bagi tubuh di era new normal. So, Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup agar kondisi tubuh benar-benar terjaga kapan pun dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan mudah.

Posting Komentar untuk "Manfaat Serat bagi Tubuh di Era New Normal"

Berlangganan via Email