Manfaat Serat bagi Tubuh di Era New Normal

Daftar Isi
Cari tahu yuk apa saja manfaat serat bagi tubuh apalagi di era new normal seperti sekarang 

Manfaat serat bagi tubuh

Tahun 2020 telah berlalu namun pandemi belum berakhir. Kita masih harus ekstra menjaga kesehatan termasuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Nah, selama bekerja dari rumah, pastinya  kamu leluasa mempersiapkan makanan yang bergizi seimbang, terutama untuk keperluan serat dari buah-buahan dan sayuran, kan?

Namun setelah bekerja dan berutinitas kembali di era new normal kamu mungkin tidak lagi begitu memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi, padahal tubuh tetap membutuhkan konsumsi serat harian.

Tentunya manfaat serat bagi tubuh sangat banyak. Salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sayangnya sebagian besar orang masih acuh terhadap hal ini bahkan lebih memilih melepaskan konsumsi serat hariannya.

Di Indonesia sendiri, 9 dari 10 orang hanya konsumsi 7 gr/hari dari keperluan serat harian. Rerata konsumsi serat warga Indonesia pun baru sekitar 25 gr setiap hari.

Kamu jangan sampai begitu ya. Apalagi untuk kebaikan tubuh. Nah, agar konsumsi serat sepanjang new normal bisa terpenuhi sebaiknya kamu bawa bekal komplit dengan buah dan sayur saat bekerja di luar rumah.

Tetapi dasar ya orang Indonesia, eh nggak semuanya sih tapi ada segelintir yang punya kebiasaan di tengah-tengah aktivitas cenderung memilih untuk pesan makanan cepat saji melalui layanan service pesan antar yang nutrisinya kurang terjamin, padahal sudah bawa bekal sehat dari rumah lho.

Mungkin karena kurang kesadaran ya atau karena belum tahu besarnya manfaat makanan bernutrisi seimbang termasuk yang berserat di masa pandemi seperti sekarang.

So ayo atuh mulai sekarang kita harus rutin mengonsumsi makanan dan minuman berserat agar tubuh selalu sehat dan sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar. 

Manfaat Makanan dan Minuman Berserat untuk Tubuh 

Makanan dan minuman berserat
Source : canva 
Serat benar-benar berguna untuk memperlancar pencernaan dan menghindari bermacam penyakit beresiko. 

Ada beberapa manfaat serat bagi tubuh yang harus kamu pahami untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tubuh.

Mengatasi Penyakit Saluran Pencernaan 

Konsumsi serat harian yang cukup dapat menurunkan infeksi usus dan membantu menahan penyakit saluran pencernaan, seperti konstipasi, radang elemen, dan sindrom iritasi usus. 

Jika mekanisme pencernaan sehat, nutrisi yang masuk di dalam tubuh akan meresap secara baik dan berpengaruh positif untuk mekanisme kekebalan badan. Ini benar-benar berguna, terutamanya di tengah-tengah wabah saat ini. 

Membuat Kenyang Semakin Lama

Serat akan memperlambat peresapan nutrisi makanan dalam usus, sehingga kamu akan merasa kenyang semakin lama dan tidak makan terlalu berlebih. 

Well, salah satu studi di Amerika mengatakan, orang yang kegemukan dan teratur makan suplemen serat mengalami pengurangan berat tubuh rerata sampai 2,52 kg per bulan. 

Oleh sebab itu kalau kamu mau diet, rajinlah makan makanan dan minuman yang berserat karena dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. 

Nah, kalau sistem pencernaan kamu berfungsi dengan baik, keadaan tubuh juga akan baik sehingga imun meningkat dan kamu pun tidak akan mudah terpapar virus.

Menyeimbangkan Kadar Gula Darah 

Makanan dengan serat tinggi memiliki kandungan indeks glikemik lebih rendah yang dapat memperlambat peresapan glukosa. Dengan demikian, serat bisa menahan kenaikan kadar gula darah sesudah makan. 

Menurunkan Kolesterol

Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan, ketagihan makanan cepat saji dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) lho. Sedangkan kandungan LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung. 

Serat, terutamanya serat larut, akan menurunkan peresapan kolesterol dengan mengikat asam empedu dan kolesterol di dalamnya, yang selanjutnya dikeluarkan melalui feses. 

Mencegah Kanker Usus Besar 

Kanker usus besar termasuk kanker dengan pemicu kematian paling banyak nomor tiga di dunia. Lalu apa hubungannya dengan serat?

Ya, dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, kamu akan terhindar dari resiko penyakit ini. Sebab Smserat tidak akan diolah, tapi akan difermentasi di usus besar. 

Nah, hasil peragian serat ini disebutkan mempunyai dampak anti peradangan dan anti kanker. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya akan serat, secara tidak langsung akan memperbaiki sistem pencernaan yang ada pada tubuh. 

Dengan kata lain, jika sistem pencernaan bekerja dengan baik maka akan mengurangi resiko mudahnya terserang penyakit. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh akan meningkat dengan sendirinya jika sistem pencernaan bekerja dengan baik dalam tubuh. 

Kesimpulan 

Makanan berserat tinggi
Source : canva 
Dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat akan memperkuat sistem kesehatan tubuh yang terbentuk dengan sendirinya. 

Sampai di sini sudah tahu kan manfaat serat bagi tubuh di era new normal. So, Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup agar kondisi tubuh benar-benar terjaga kapan pun dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan mudah.

24 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.
Makanya di bagan 4 sehat 5 sempurna ada makanan berseratnya. Ternyata sebanyak itu manfaatnya bagi tubuh, terutama bagi sistem pencernaan. Apalagi menghadapi new normal daya tahan tubuh tetap harus terjaga.
Suasana masih pandemi, dan sedang di musim hujan, jaga tubuh tidak hanya imunitas aja ya tetapi juga asupan kebutuhan serat perlu untuk dicukupi setiap hari
Makanan berserat memang penting yaa, selain sehat juga memenuhi kebutuhan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas.
Mengonsumsi makanan berserat memang baik bagi kesehatan. Apalagi bisa mengurangi risiko sembelit termasuk kolesterol.
Tahun lalu, di awal pandemi susaaah dapet buah segar di karena kendaraan keluar masuk Kota Bandung dibatasi. Yang masih gampang cuma pepaya dan pisang. Mungkin dari kebon milik warga. Di satu sisi mesti mencukupi kebutuhan serat biar tetap sehat, di sisi lain susah dapet buahnya :D

Alhamdulillah sekarang udah lebih mudah.
Manfaat makanan yang berserat tinggi itu banyak banget. Terutama di musim pandemi gini. Jadi, bisa meningkatkan imunitas tubuh. Biar gak gampang sakit.
Serat ini banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, jadi jangan pernah tinggalkan asupan serat harian.
makan banyak serat emang perlu banget ya mbak
apalagi saat pandemi seperti ini, bisa membantu menjaga daya tahan tubuh kita
Yang penting asupan serat cukup, dan air putih yang banyak. Tapi bener banget nih kalau buang air besar mudah lega rasanya
Selama masa pandemi, terasa banget pentingnya hidup sehat ya mbak.. jajan sembarangan dikurangin, jadi lebih banyak makan masakan rumahan.. Semangat hidup sehat, mbak, terima kasih atas artikelnya yaa..
Bikin kenyang semakin lama. Jadi kita bisa sekalian diet gitu ya kak. Terus meningkatkan daya tahan tubuh ini paling bagus untuk saat ini sih. Biar virus bisa kita kalahkan. Iya kan kak?
Saat sebelum pandemi aja kita juga disuruh menjaga pola hidup sehat, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Harus semakin concern, biar tubuh tetap prima dan gak mudah sakit

Nemang nggak salah ya mbak kalau konsumsi makanan berserat benar-benar berguna untuk memperlancar pencernaan dan menghindari bermacam penyakit beresiko.
Aku pernah baca buku dr. Hiromi Shinya, ternyata emang kesehatan seluruh tubuh itu berawal dari kesehatan pencernaan ya. Biar terhindar dari berbagai masalah n penyakit, kuncinya dari apa yang kita makan.
Serat nggak boleh kurang atau lebih
Aku ingat itu kata dokterku dulu
Makanya sekarang harus rutin konsumsi makanan berserat
wah manfaat serat ternyata banyak sekali dan bagus juga untuk tubuh ya mbaaa.. aku pikir cuma cocok untuk memperlancar pencernaan ajaaa.. hehe. makasi sharingnya mbaaa
Saya baru mulai lagi nih memperbanyak makan serat soalnya selain bagus untuk kesehatan juga baik untuk pencernaan.
Whaaaw mannfaat paling terasa tuh yg membuat kenyang lebih lama, gula darah lebih stabil, dan juga pencernaan lancar, kerasa banget sih kalau kurang serat, tubuh tuh jadi rewel, pdhl serat bisa didapatkan dari makanan yg enak2 yaa :3
Setuju banget, kadang secara tidak sadar kita kurang mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya. Padahal efeknya banyak ya. Kayaknya saya harus perhatikan lagi deh asupan makanan berserat nih.
Serat dan pencernaan emang tidak dapat dipisahkan. Insyallah kalau keduanya seimbang, hidup jadi sehat
memang kita butuh konsumsi serat secara teratur ya, jangan sampai lupa demi pencernaan lancar
Banyak banget manfaat serat untuk kesehatan tubuh ya, gak cuma buat kesehatan pencernaan aja. Jadi kudu inget mengkonsumsi cukup serat selalu nih biar lebih sehat...
Serat emang penting ya buat pencernaan. Aku biasanya sarapan dengan muesli dan buah-buahan, ke belakangnya jadi lancar juga alhamdulillah.
pengen bgt bisa doyan oat dan olahan kayak gambar di artikel kk, tapi coba macem2 kombinasi masih belum coock di lidahku, hiks