Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Cuci Laundry untuk Bisnis di Masa Pandemi

 
Mesin cuci laundry untuk bisnis di masa pandemiM

Mesin cuci laundry untuk bisnis di masa pandemi - Di masa pandemi banyak bisnis yang mengalami keguncangan dan tidak sedikit pula yang akhirnya gulung tikar. Namun tidak dengan bisnis laundry yang justru permintaan terhadap jasa ini semakin meningkat hingga 50%.

Seperti yang disampaikan Apik Primadya, Ketua Umum Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) kepada Kompas.com
"Naiknya tinggi, sampai 50 persen lebih, terutama setelah ada WFH (work from home)," 
Wah, fakta tersebut tentunya bisa jadi ide menarik buat kamu yang berencana ingin merintis usaha di tengah pandemi tapi masih bingung mau berbisnis apa.

Mengapa memilih bisnis laundry di tengah pandemi?

Sejak merebaknya pandemi virus corona orang-orang mulai lebih memperhatikan kebersihan, termasuk pakaian. Virus ini meski menular melalui droplet orang yang bersin atau batuk namun bisa menempel lama di pakaian sehingga memungkinkan terjadinya penyebaran.

Jadi bukan cuma kebersihan tubuh, kita juga harus senantiasa menjaga kebersihan pakaian yang kita gunakan.

Banyak orang yang kemudian memilih pakaiannya di cuci di tempat laundry karena tahu peralatan yang digunakan di sana cukup canggih.

Seperti mesin dryer-nya yang ampuh membunuh virus dalam sekejap dan penggunaan deterjen kimia khusus yang mampu membasmi bakteri. Sebagai pelanggan kita tidak perlu khawatir karena kebersihan pakaian dari jasa laundry benar-benar terjamin.

Itulah sebabnya bisnis yang satu ini bisa tetap eksis di tengah pandemi. Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan. Semakin banyak orang yang membutuhkan jasa cuci pakaian.

So peluang usaha laundry di masa pandemi cukup menarik, bukan?

Tips memilih mesin cuci laundry

Nah, kalau kamu tertarik ingin merintis usaha laundry tentunya perlengkapan elektronik pertama yang wajib kamu punya adalah mesin cuci laundry.

Mesin cuci untuk usaha laundry berbeda dengan mesin cuci yang umumnya digunakan di rumah tangga. Mesin cuci untuk keperluan bisnis sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dari segi kualitas, kapasitas daya tampung hingga intensitasnya lebih unggul dari mesin cuci biasa.

Tidak sulit membedakan mesin cuci laundry dengan mesin cuci biasa. Umumnya mesin cuci yang digunakan untuk usaha memiliki kapasitas yang relatif besar sehingga dapat menampung  banyak pakaian. 

Selain itu mesin cuci laundry juga dapat digunakan dengan intensitas tinggi sehingga tidak mudah rusak walau dipakai secara terus menerus karena memang mesinnya didesain kuat dan tahan lama.

Namun sekalipun sudah mengetahui perbedaannya, kamu tetap harus cermat dalam memilih. Berikut ini tips memilih mesin cuci laundry :

Perhatikan kualitas mesin cuci

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli mesin cuci laundry adalah mencari referensi mengenai mesin cuci yang recommended. Atau pilihlah mesin cuci dengan merk yang sudah terkenal dan terpercaya.

Biasanya mesin cuci dari merk ternama sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, meski harganya lebih mahal. Daripada berinvestasi pada mesin cuci yang murah tetapi mudah pula rusaknya. Lebih baik pilih yang mahal tapi berkualitas, kan?

Pilih mesin cuci hemat listrik

Tips memilih mesin cuci berikutnya adalah wajib membeli mesin yang sudah dilengkapi teknologi hemat listrik mengingat kamu akan menggunakan mesin cuci tersebut dengan intensitas tinggi.

Menjalankan usaha laundry memang membutuhkan konsumsi energi yang banyak namun setidaknya dengan memilih mesin cuci hemat listrik kamu bisa lebih hemat dalam pemakaian listrik dan terhindar dari tagihan yang membengkak.

Pilih jenis mesin cuci sesuai kebutuhan dan budget

Ketika hendak memilih mesin cuci laundry kamu akan dihadapkan dengan berbagai jenis mesin cuci yaitu mesin cuci 2 tabung, top loading dan front loading. 

Untuk mesin cuci 1 tabung sendiri karena kapasitas daya tampungnya kecil sehingga tidak disarankan digunakan untuk usaha.

Nah, pada dasarnya ketiga jenis mesin cuci yang cocok untuk usaha laundry ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget yang kamu punya ya.

Untuk kamu yang baru ingin membuka jasa laundry tapi punya budget minim, kamu bisa memilih mesin cuci 2 tabung.

Meskipun cara kerja mesin ini  masih manual, mulai dari memasukkan pakaian, detergen hingga proses pengeringan yang semua membutuhkan operator  namun soal harga, mesin cuci dua tabung memiliki harga yang sangat terjangkau.

Tetapi kalau kamu tidak ingin rempong dan punya budget lebih kamu bisa pertimbangkan untuk membeli mesin cuci top loading.

Mesin cuci yang memiliki bukaan tabung di bagian atas ini bekerja dengan cara semi otomatis dimana proses pencucian dan pengeringan dilakukan secara otomatis dengan bantuan mesin. 

Kamu hanya perlu memasukkan pakaian yang akan dicuci. Selanjutnya mesin cuci yang akan bekerja secara otomatis untuk mencuci pakaian tersebut.

Mesin cuci front loading sendiri merupakan jenis mesin cuci yang paling banyak dipilih para pengusaha laundry karena bekerja secara otomatis untuk semua proses pencucian hingga pengeringan.

Namun harga mesin cuci yang satu ini terbilang paling mahal dibanding dua tipe lainnya. Kamu bisa memilih mesin cuci front loading jika memiliki budget besar.

Kalau budget masih minim ya tidak masalah kamu mulai usaha laundry dengan mesin cuci 2 tabung dulu. Jika usaha kamu lancar tentunya secara bertahap kamu bisa memiliki ketiga jenis mesin cuci tersebut.

Bahkan bila usaha laundry kamu sukses pastinya kamu sudah punya cukup modal untuk membeli banyak mesin cuci tipe front loading.

Pilih mesin cuci yang memiliki fitur canggih dan modern

Sebenarnya mesin cuci yang ada saat ini rata-rata sudah canggih. Namun kamu perlu lebih cermat lagi  memperhatikan fiturnya sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut ini beberapa fitur yang biasanya ada pada mesin cuci modern:
  • Teknologi pembilasan hingga 4 kali. Dengan teknologi ini cucian dijamin bebas residu deterjen.
  • Semprotan air super deras.  Fitur ini mampu memaksimalkan performa pencucian.
  • Drum dan pulsator yang bergerak berlawanan arah gambar, dengan adanya fitur ini hasil pencucian akan lebih bersih.
  • Arus air ke segala arah, fungsi fitur ini untuk menyimpan pakaian sehingga tidak mudah kusut atau rusak.
Mesin cuci yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih tersebut sudah pasti memberikan hasil cucian yang lebih baik. Makanya poin ini penting sebab kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan.

Ada garansi minimal satu tahun

Satu lagi tips yang tidak kalah penting dan jangan sampai kamu abaikan. Pastikan mesin cuci yang hendak kamu beli punya masa garansi resmi mininal setahun.

Adanya garansi resmi ini sangat penting bagi bisnis laundry kamu. Pasalnya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya reparasi jika terjadi kerusakan mesin cuci yang bukan karena kelalaian pemakaian sebab masih menjadi tanggung jawab pihak produsennya selama masih masa garansi.

Demikian beberapa tips memilih mesin cuci laundry untuk kamu yang berencana merintis usaha di masa pandemi. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Mesin Cuci Laundry untuk Bisnis di Masa Pandemi"

Berlangganan via Email