Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Resep Nasi Kucing yang Enak

Berikut ini 3 resep nasi kucing yang enak, yaitu nasi kucing ala angkringan Jogja, nasi kucing teri pedas dan nasi kucing ayam. Intip resepnya di sini.

Resep nasi kucing yang enak
Gambar : yummy.co.id/Neng Titoh

3 Resep Nasi Kucing yang Enak - Saat pertama kali mendengar nasi kucing, yang terlintas di benak saya adalah jijik dan haram, haha. Pasalnya yang tergambar di pikiran saya nasi kucing adalah nasi yang disajikan dengan daging kucing. Ups!

Ada-ada saja ya pikiran ngawur saya. Lagipula mana ada orang yang mau menghidangkan daging kucing. Belakangan baru saya tahu, nama nasi kucing ini sebenarnya cuma istilah saja.

Nasi ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Nasi putih yang disajikan dengan sambal dan ikan asin atau bandeng. Nasi ini memiliki porsi yang sedikit dan banyak dijajakan di angkringan. 

Nah ternyata disebut nasi kucing karena ikan asin merupakan makanan kesukaan kucing-kucing di kampung. Tidak hanya itu, porsinya yang sedikit semakin membuat nasi kucing ini terkesan seperti makanan untuk kucing. 

3 Resep Nasi Kucing

Kamu bisa mudah mendapatkan nasi kucing di sepanjang jalan di Solo dan Jogja. Tapi kalau tidak ingin jajan di luar kamu bisa membuat nasi kucing sendiri. 

Caranya mudah banget kok. Berikut ini tiga resep nasi kucing yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Nasi Kucing Ala Angkringan Jogja

Siapkan bahan yaitu nasi putih secukupnya, 1/2 papan tempe, teri, 1 ruas lengkuas geprek, 1 batang serai geprek, 1 lembar daun salam, minyak goreng, 2 sdm kecap manis, 200 ml air,  gula, garam dan kaldu bubuk. 

Untuk bumbu halusnya, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 1/2 sdt ketumbar bubuk, 2 cabe merah besar dan 4 cabe rawit.

Untik cara membuatnya, potong kotak-kotak kecil tempe kemudian goreng hingga tempe layu dan juga goreng teri hingga matang. 

Kemudian blender bumbu halus lalu timis dengan sedikit minyak goreng dengan daun salam, serai dan lengkuas. Kemudian masukkan air, masukkan kecap manis, gula pasir, garam dan kaldu bubuk.

Aduk dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan tempe dan teri aduk rata dan masak hingga air menyusut. 

Siapkan daun pisang dan potongan koran, tuang nasi ke daun pisang kemudian masukkan satu tempe teri yang sudah dimasak tadi. Bungkus kerucut seperti nasi kucing di angkringan Jogja.

Nasi Kucing Isian Teri Pedas

Pertama kamu siapkan bahan, yaitu nasi putih, 100 gr teri gundul, 20 buah cabe rawit merah, 5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 butir tomat ukuran sedang, secukupnya gula merah, garam dan kaldu jamur bubuk, 1 sdm kecap manis, dan daun pisang untuk membungkus nasi.

Cara membuat

Pertama cuci bersih teri lalu goreng sebentar. Kemudian tumis bawang merah dan putih sampai layu lalu masukkan cabe rawit iris dan tomat, aduk sampai layu kemudian masukkan teri serta tambahkan gula garam dan kaldu jamur.

Terakhir masukkan kecap manis secukupnya, aduk rata. Jika sudah matang masukkan ke dalam nasi, dan bungkus dengan daun pisang.

Nasi Kucing Ayam

Pertama siapkan 5 lembar daun pisang, 3/4 kg dada ayam, 1/4 cabai kriting merah dan hijau, 8 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 1/4 kg sereh, 1 batang lengkuas, 3 lembar daun jeruk, 3 lembar daun salam, gula merah, garem, lada, kecap manis, dan 3 batang daun bawang.

Untuk cara membuat pertama sereh diiris tipis, cabe potong potong kecil kecil, bawang merah dan bawang putih diiris tipis. Dan daun bawang iris halus. 

Selanjutnya siapkan minyak tumis bawang merah, bawang putih sampai harum, masukkan rempah, sereh, aduk sampai rata, lalu masukan ayam dan aduk lagi sampai rata. 

Lalu masukkan cabe aduk-aduk sampai rata. Kemudian masukkan isian yang sudah dimasak tadi ke dalam nasi dan bungkus dengan daun pisan. Kukus 10 menit biar tambah wangi angkat hidangkan.

Itulah tiga resep nasi kucing yang enak. Bahan-bahannya simple dan cara membuat juga mudah banget. Selamat mencoba ya.

Posting Komentar untuk "3 Resep Nasi Kucing yang Enak"

Berlangganan via Email