Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Roti Goreng Empuk dan Enak

Resep roti goreng empuk dan enak ini mudah sekali dipraktikkan. Ayo intip bahan dan cara pembuatannya di sini.

Resep roti goreng empuk dan enak
Gambar : canva

Seumur-umur saya belum pernah membuat roti, termasuk kue. Duh  payah banget ya. Padahal waktu belum nikah dulu sudah sering bantu mama buat kue di dapur, tapi itu pun karena disuruh.

Dan bantunya juga paling cuma kocokin telur doang atau olesi loyang kue dengan mentega. Ya kayak gitu-gitu, jadi saya nggak tahu persis bagaimana proses membuat kue dari awal hingga akhir.

Padahal saat diminta membantu itu bisa jadi momen yang tepat untuk meniru cara membuat kue yang enak langsung sama mama. Tapi dasar sayanya malas dan ogah-ogahan belajar.

Alhasil setelah berumah tangga baru muncul penyesalan. Kenapa nggak dari dulu coba saya belajarnya, kenapa setelah menikah dan jauh dari mama baru saya antusias mau sibuk di dapur.

But ah sudahlah, nggak ada gunanya menyesal. Yang penting sudah tumbuh kemauan untuk belajar jadi pasti ada jalannya. Apalagi kalau mau belajar masak atau bikin kue di zaman sekarang kan gampang banget ya. 

Tinggal buka youtube dan cari chanel masak-masak atau masukkan keyword resep yang kita inginkan. Jadi deh kita bisa langsung belajar dan mempraktikkan video masak yang kita tonton, nggak cuma modal lihat resep saja.

Nah, kedepannya mungkin saya bakal rajin mengisi blog ini dengan konten bertema kuliner yang berisi resep-resep kue, roti atau masakan lainnya yang sudah saya praktikkan. Mohon doanya ya, semoga saya nggak hangat-hangat tahi ayam, hihi.

Pengalaman pertama membuat roti goreng

Seperti yang sudah saya singgung di atas, saya belum punya pengalaman sama sekali membuat roti. Kenapa akhirnya saya tertarik ingin belajar bikin roti?

Itu karena anak pertama saya, Zhaf suka banget ngemil roti. Bundanya juga. Adeknya juga. Si ayah juga. Ya pokoknya kami sekeluarga suka makan roti, hehe.

Makanya setiap bulan atau bahkan hampir tiap hari selalu ada pengeluaran buat beli roti. Entah itu roti tawar, roti bungkus yang biasa dijual harga seribuan, roti maros dan berbagai rupa jenis roti lainnya.

Well satelah saya pikir-pikir lumayan juga ya duit yang dikeluarin untuk ngemil roti. Ya walau harga roti murah meriah tapi lumayan juga kalau duitnya dikumpul, lama-lama bisa jadi bukit, hehe.

Yowes saya jadi kepikiran, biar lebih hemat dan lebih puas makan roti suka-suka kenapa tidak saya bikin roti sendiri daripada ajak anak jajan di luar mulu.

Lagipula setelah saya lihat cara membuat roti di youtube, ternyata nggak sesulit yang saya bayangkan. Bahan-bahanya juga mudah didapat. Hanya saja saya memang belum punya alat tempur yang lengkap.

Di rumah saya nggak ada  mixer, oven, bahkan panci yang besar buat kukus pun belum punya. Ini baru mau nyicil satu-satu, hehe.

Tapi tenang, nggak ada akar rotan pun jadi. Kalau kamu nonton video perdapuran di youtube, ada banyak kok resep roti atau kue yang dibuat tanpa mixer maupun oven tapi hasilnya nggak kalah yummy.

Nah, karena peralatan baking saya belum lengkap jadi saya memutuskan untuk membuat roti goreng terlebih dahulu. Nanti kalau sudah punya alat kukus atau oven baru deh saya praktikkan resep roti yang nggak digorengšŸ˜

Resep Roti Goreng topping Coklat

Eniwei saya baru tahu lho, yang dimaksud dengan odading yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu itu adalah roti goreng khas Bandung.

Yap, di Bandung cemilan yang dibuat dari bahan dasar tepung, gula, air dan ragi ini lebih dikenal dengan nama odading, di Jakarta disebut kue bantal dan di Jawa tengah dinamai bolang-baling. Namun secara umum cemilan empuk dan gurih ini lebih terkenal dengan nama roti goreng.

Roti goreng sendiri ada banyak jenisnya. Ada roti goreng isi coklat, roti goreng isi sayur atau daging, roti goreng isi keju dan lain sebagainya. 

Kalau kamu mau buat roti goreng tanpa isian juga boleh banget. Atau kalau kamu mau kasih topping pun sah-sah saja, tergantung selera dan kreasi kamu *eaa.

Nah, resep roti goreng yang ingin saya praktikkan di sini sebenarnya resep roti goreng isi coklat seperti cemilan untuk sarapan yang biasa saya beli di pagi hari. Sayangnya nggak punya stok coklat batang atau dcc di rumah jadi saya pakai coklat seadanya.

Oya resep yang saya praktikkan ini saya lihat dari chanel youtube Umpan Cooking. Yuk langsung saja intip resep membuat roti goreng yang super empuk dan enak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti goreng adalah sebagai berikut :
  • 250 gram (25 sdm) tepung terigu protein tinggi
  • 3 sdm gula pasir
  • sejumput garam
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarin
  • Air 130ml
  • 1 sdt ragi / fermipan
  • 1 sachet chocolatos
  • 1 sachet susu almod coklat
  • Minyak
Chocolatos dan susu almond di sini optional ya. Kamu bebas pakai jenis coklat apa pun. Mau dijadikan isian atau topping juga terserah kamu.

Cara Membuat

  • Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi sesuai takaran. Masukkan juga telur.
  • Tambahkan sejumput garam lalu aduk adonan dengan spatula hingga semua tercampur rata.
  • Selanjutnya uleni dengan tangan sambil masukkkan air secara bertahap, jangan sekaligus. Untuk memudahkan proses mengulen pindahkan adonan ke wadah yang lebih luas atau ke alas khusus adonan yang sudah ditaburi tepung.
  • Uleni beberapa saat lalu masukkan margarin 
  • Uleni adonan sebaiknya hingga kalis* Agar tangan tidak terlalu lengket saat mengulen, olesi tangan dengan minyak. Jangan terburu-buru tambahkan tepung.
  • Selanjutnya tutup adonan dengan kain atau plastik wrap selama satu jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  • Setelah mengembang, kempiskan adonan lalu potong menjadi beberapa bagian, kemudian bulatkan.
  • Panaskan minyak, goreng hingga matang atau berwarna coklat keemasan. Angkat dan dinginkan.
  • Masukkan chocolatos dan susu almond coklat dalam gelas lalu beri sedikit air hangat (tadinya coklatnya ini mau saya jadikan isian tapi karena terlalu lumer/cair saya alihkan sebagai topping.
  • Setelah roti gorengnya dingin beri campuran cocholatos dan susu almond yang sedikit dicairkan. 
  • Roti goreng topping coklat siap disantap.

Hasil

Resep roti goreng empuk dan enak ini ternyata mudah banget dibuat. Hanya kewalahan saja pas mengulenšŸ˜… 

Malah tadinya sempat mengira adonan roti saya gagal karena setelah semua bahan tercampur bentuknya jadi hancur gitu, mana lengket banget di tangan. 

Tapi ini tips buat pemula seperti saya, jangan cepat menyerah. Proses mengulen dengan tangan memang begitu. Membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. 

Sayangnya saya belum maksimal mengulen saat membuat roti goreng ini. Adonannya belum kalis benar dan saya sudah nyerah duluan *eh jangan ditiru ya. 

Oya untuk mengetahui adonan roti sudah kalis atau belum, tarik hingga tipis. Kalau elastis adonan tidak sobek. Sebaliknya kalau sobek berarti masih perlu diadon.

Kemarin saya adonnya nggak sampai kalis maksimal tapi untung hasilnya tidak mengecewakan. Bisa mengembang dengan sempurna dan setelah digoreng, rotinya empuk banget. Sama sekali nggak bantet. Suami suka, anak juga doyan. Langsung habis juga malam itu. Hehe.

Sampai-sampai saya lupa ambil dokumen. Waktu bikin roti goreng ini saya nggak berniat mau posting atau share resepnya di blog, makanya tidak kepikiran ambil foto yang bagus.

Jadilah postingan ini tidak lengkap karena nggak ada foto pendukung yang real. Adanya gambar ilustrasi saja, huhu.  Duh maaf, in syaa Allaah bakal saya update kok kalau ada kesempatan bikin odading lagi, hehe.

Oke, semoga resep roti goreng topping coklat ini bermanfaat. Selamat mencoba. Dan sampai jumpa di resep-resep berikutnya.

Salam,



Posting Komentar untuk "Resep Roti Goreng Empuk dan Enak"

Berlangganan via Email