Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Tumis Bunga Pepaya Anti Pahit

resep tumis bunga pepaya anti pahit

Saya suka banget dengan sayur bunga pepaya, apalagi ditumis dengan kangkung. Rasanya nikmat banget. Sampai-sampai saya kalau makan dan sayurnya itu tumis bunga pepaya campur kangkung rasanya kayak pengen nambah terus.

Sayangnya meski jadi makanan favorit saya jarang masak bunga pepaya karena sulit banget ketemu sayur ini di tempat tinggal saya sekarang . Kayak langka gitu.

Malah kalau diingat-ingat dalam setahun saya masak sayur tumis bunga pepaya cuma 1 atau 2 kali. Itu juga karena lagi beruntung ketemu bunga pepaya di pasar.

Seringnya nggak ada yang jual. Entah karena sayur ini benar-benar langka atau masyarakat sekitar sini yang nggak doyan sehingga tidak banyak tukang sayur yang mau menjual bunga pepaya.

Ya memang sih, sama seperti daunnya bunga pepaya juga terkenal dengan rasanya yang pahit. Kalau orang nggak doyan makanan pahit, yang tertanam di benaknya sayuran seperti bunga pepaya ini mau diolah bagaimana pun pasti pahit, padahal nggak gitu juga.

Kalau kamu tahu triknya kamu bisa kok masak sayur bunga pepaya tanpa rasa pahit, apalagi caranya gampang sekali. 😁

Trik agar tumis bunga pepaya tidak pahit

Sebenarnya wajar saja kalau banyak orang yang tidak suka jenis sayuran yang pahit seperti bunga pepaya. Saya pun termasuk yang tidak bisa menyantap dengan lahap makanan yang terlalu pahit.

Saya ingat, waktu masih kuliah dan jadi anak kos, saya pernah sekali beli bunga pepaya dan mencoba menumisnya. Saat itu saya memang lagi kangen banget sama mama dan berusaha mengobatinya dengan memasak makanan yang sering beliau hidangkan untuk keluarga di meja makan. 

Salah satunya ya tumis bunga pepaya  ini. Namun setelah dicicipi, alamaak pahitnya minta ampun. Tidak seperti tumis bunga pepaya buatan mama yang nggak ada pahit-pahitnya.

Setelah saya menelepon dan menceritakan ke  mama soal tumisan bunga pepaya saya yang gagal (karena pahitnya kelewatan) mama baru membocorkan sebuah rahasia.

Jadi memang ada trik khusus agar sayur tumis bunga pepaya yang kita masak tidak pahit. Trik ini sudah mama sampaikan ke saya saat masih berstatus mahasiswi namun akhirnya baru kesampaian saya praktikkan setelah menyandang status ibu rumah tangga. (Duh, ketahuan nih waktu masih lajang jarang masuk dapur🙊)

Trik khusus yang digunakan mama untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya adalah dengan DIREBUS.

Tidak seperti sayur pare yang kalau ingin dibuang rasa pahitnya harus diremas pakai garam dan dicuci terlebih dahulu. Untuk bunga pepaya ini, trik mengurangi pahitnya cukup dengan direbus saja.

Namun ada pula yang merebus dengan menambahkan garam, ada juga yang merebusnya dengan daun jambu. Terserah kamu mau pake trik yang mana.

Well, sebelum saya sharing resep tumis bunga pepaya anti pahit ada baiknya kita kenalan dulu yuk dengan berbagai jenis bunga pepaya.

Mengenal Jenis bunga pepaya 

Seperti yang saya singgung di awal, di daerah saya jarang ada yang jual bunga pepaya. Saya dan keluarga sendiri baru pindah ke rumah yang kami tempati sekarang bulan April 2020 lalu. Saat itu pohon pepaya yang berbunga ini belum ada. 

Adanya cuma pohon pepaya besar yang sudah tua dan kelihatan hampir roboh tapi maa syaa Allaah buahnya sampai sekarang nggak ada habis-habisnya. 

Jadi saya kalau mau makan pepaya masak atau butuh pepaya muda untuk dibuat sayur tinggal ambil saja di depan. Sayangnya pohon pepaya itu tidak menghasilkan bunga pepaya yang menjadi sayur favorit saya.

Makanya saya hepi banget ketika mendapati pohon pepaya yang baru tumbuh di pekarangan tepatnya pas di depan kamar kami menghasilkan bunga pepaya. 

Kata suami itu adalah jenis bunga pepaya jantan. Saya agak bingung ketika suami menjelaskan begitu (begini deh kalau nggak pinter biologi)😅

Setelah saya googling baru saya paham ternyata ada tiga jenis bunga pepaya yaitu bunga pepaya jantan, bunga pepaya betina dan bunga pepaya hermaprodit.

Tidak sulit membedakan ketiganya. Bunga pepaya jantan hanya memiliki benang sari sedangkan bunga pepaya betina hanya memiliki putik. Adapun bunga yang memiliki benang sari dan juga putik dalam satu bunga disebut bunga
pepaya hermaprodit.

Nah, ini baru jelas. Jadi setelah saya amati pohon pepaya di depan rumah kami yang sudah tua dan selalu berbuah itu tergolong pohon dengan jenis bunga pepaya hermaprodit.

Sedangkan yang satunya lagi seperti yang dibilang suami termasuk pohon dengan jenis bunga pepaya jantan. Bunga pepaya jenis inilah yang bisa kita petik dan sulap menjadi sayuran lezat nan sehat.

Resep tumis bunga pepaya, enak, mudah dan tidak pahit

Resep tumis bunga pepaya yang saya bagikan ini simple saja ya. Tidak membutuhkan banyak bahan dan cara buatnya juga praktis.

Bahan

  • Bunga pepaya secukupnya
  • Sayur kangkung (optional, mau skip juga boleh)
  • Minyak goreng
  • Air
Bumbu
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam
  • Penyedap rasa (boleh skip)

Cara membuat

  • Pisahkan bunga pepaya dari tangkainya
  • Cuci bersih lalu rebus dengan air hingga mendidih atau tunggu hingga matang. Setelah matang angkat dan saring
  • Siapkan kangkung yang sudah dipetik dan dicuci
  • Haluskan bumbu 
  • Nyalakan api, tuang minyak secukupnya lalu tumis bumbu hingga harum.
  • Masukkan bunga pepaya dan aduk hingga layu lalu masukkan kangkung dan sedikit air
  • Bumbui dengan garam secukupnya dan tambahkan penyedap rasa
  • Aduk merata dan ta daa sayur tumis bunga pepayanya siap disantap
Itu dia resep tumis bunga pepaya anti pahit. Simple banget kan? Meski hanya menggunakan bumbu seadanya, bamer dan baput tapi rasanya bisa dijamin dan yang pasti nggak pahit.

Apalagi kalau kamu santap dengan nasi hangat, ikan bakar dan sambal terasi. Duh nikmatnya. Maa syaa Allaah.  

Oke semoga resepnya bermanfaat ya. Selamat mencoba :)


Posting Komentar untuk "Resep Tumis Bunga Pepaya Anti Pahit"

Berlangganan via Email