Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Menggambar Digital dengan Ibis Paint X secara Otodidak

Ayo belajar menggambar digital dengan Ibis Paint X secara otodidak. Caranya mudah banget. Simak ulasan selengkapnya di sini ya.

Belajar menggambar digital dengan Ibis Paint X

Sebenarnya selain menulis saya juga memiliki minat menggambar lho. Oya sengaja saya menggunakan kata minat. Pasalnya sampai sekarang pun kalau ditanya soal bakat, saya masih belum tahu jawabannya apa😅

Bagi saya sendiri menulis adalah minat. Saya menyukai aktivitas ini sejak kecil. Berawal dari kegemaran membaca, saya jadi tertarik menyusun rangkaian kalimat di atas kertas.

Minat itulah yang kemudian saya kembangkan hingga akhirnya saya bisa rutin membuat konten di siskadwyta.com dan menelurkan beberapa karya buku even baru sebatas antologi.

Nah, kenapa saya bilang saya juga memiliki minat menggambar? Ya karena waktu kecil saya juga suka menggambar. Malah sebelum doyan menulis, saya sudah lebih dulu senang coret-coret kertas, hehe.

Saking sukanya coret-coret, lembaran kosong di buku cetak fotokopi maupun halaman terakhir buku tulis saya semasa SD nggak ada yang mulus. Semuanya penuh dengan coretan khayalan saya.

Saya ingat sekali dulu saya paling hobi menggambar seorang putri lalu membuat cerita dongeng.

Sayangnya kebiasaan menulis cerita dongeng dan menggambar sosok putri yang cantik nan jelita sebagai ilustrasi berhenti setelah saya memesiunkan seragam putih merah. 

Kalau masih berlanjut mungkin saat ini saya sudah jadi penulis cerita dongeng sekaligus ilustrator kali ya, haha

Ketika duduk di bangku SMP, hobi saya bukan lagi menulis dan menggambar putri khayalan di atas kertas polos tetapi menuangkan perasaan di atas kertas-kertas cantik dalam buku mungil yang bergembok😀

Yap, menginjak usia remaja saya menemukan kegemaran baru yang lebih menyenangkan yaitu menulis diari. Selanjutnya, gara-gara keasyikan menulis saya jadi tidak ingat kalau sebenarnya saya juga punya bakat minat terhadap menggambar.

Setelah belasan tahun berlalu, minat itu akhirnya baru muncul kembali setelah saya berkenalan lebih dekat dengan yang namanya Ibis Paint X.

Awal mula mengenal Ibis Paint x

Ibis Paint X adalah salah satu aplikasi gambar digital yang mudah dan praktis digunakan karena bisa diakses lewat smartphone, tablet, maupun apple.

Pertama kali saya tahu aplikasi ini dari postingan berjudul Menggambar Tanpa Bakat dengan Ibis Pain X yang ditayangkan Mbak Muyass di blognya pada awal Januari 2019 lalu.

Artinya sudah dari dua tahun lalu saya kenal Ibis Paint Namun perkenalan saya waktu itu baru sebatas luar-luarnya saja. Sebatas diunduh, dibuka lalu dianggurin dan ujung-ujungnya di-uninstall karena memori hape penuh😅

Hape tua saya memang berat dan nggak nyaman dipakai buat menggambar digital *ngeles. Alhamdulillaah awal tahun 2020 saya dapat rejeki bisa beli hape baru yang punya kapasitas memori berkali-kali lipat lebih besar dari memori hp saya yang lama.

Dengan gawai yang lebih canggih saya kembali mengunduh aplikasi bikin ilustrasi ini. Harapannya setelah diinstal saya bisa berlatih menggambar digital. Sayangnya realita masih jauh dari harapan. 

Nasib aplikasi gambar Ibis Paint X di hape saya yang baru masih sama seperti sebelumnya. Cuma jadi hiasan di layar doang, jarang dibuka. Untungnya memori ponsel pintar yang saya gunakan sekarang gede jadi nggak perlu acara main uninstall aplikasi segala, hehe.

Mulai menggambar dengan Ibis Paint X

Ternyata nggak ada ruginya menyimpan aplikasi Ibis Paint X sebagai pajangan di smartphone. Coba kamu unduh saja dulu, pakainya bisa kapan-kapan, hehe.

Memang setelah mengunduh aplikasi ini, jarang bahkan nyaris tidak pernah saya gunakan. Namun akhirnya saya tergerak juga untuk membuka dan mengulik si Ibis lebih jauh. 

Padahal unduhnya sudah dari sekitar bulan April atau Mei 2020 kalau nggak salah (saya lupa persisnya), tetapi saya baru benar-benar tertarik belajar menggambar dengan Ibis Paint setelah masuk bulan kesepuluh. Waaaw lumayan lama juga ya aplikasinya nganggur🙊

Saya juga nggak ingat pasti, apa yang mendasari dan memotivasi saya sampai mau serius belajar menggambar dengan Ibis Paint X, padahal sebelumnya ogah-ogahan. Eh tapi kayaknya sih masih ketularan dari Mbak Muyass deh😀

Oya kalau saya sebut nama Mbak Muyass, teman-teman pasti sudah kenal kan? Itu lho yang punya akun IG @muyassarohzuri. Cuss kamu bisa kepo dulu akunnya. Gimana? Sudah lihat feed-nya? Keren ya?

Nah, konten instagramnya yang berupa gambar-gambar keren itu semua beliau buat dari aplikasi Ibis Paint X.

Ya pokoknya Mbak Muyass ini jago banget menggambar dengan Ibis Paint X. Beliau juga sudah dua kali mengisi kelas materi tentang menggambar digital dengan Ibis Paint X.

Pertama di kelas desain-nya KAMMI komisariat Brawijaya dan yang kedua kelas desain digital online yang diadakan Yatim Mandiri Purwokerto. 

Of course,  saya tak ketinggalan dong, selalu ikutan daftar di kelas desain digital yang menghadirkan Mbak Muyass sebagai pemateri. Namun sebelum mengikuti kedua kelas tersebut saya sudah lebih dulu belajar menggambar Ibis Paint X secara otodidak.

Belajar Digital Art secara Otodidak


Gambar di atas adalah hasil belajar saya menggunakan Ibis Paint X secara otodidak, kecuali gambar kartun muslimah yang saya jadikan sebagai header blog ini.

Kalau gambar kartun itu mah dibuatin langsung sama mbak Muyass😍. Ibu founder Estrilook Community ini memang baik banget, tadinya saya niat mau pesan header desain beliau eh malah dikasih gratis. Maa syaa Allaah.

Header kamar kenangan siska dwyta

Walau pada akhirnya header versi asli buatan beliau nggak saya pakai lagi karena sudah saya modifikasi. Soal ini saya sudah izin ya sama beliau.

Nah, header tersebut saya modifikasinya dengan Ibis Paint X. Sebenarnya setelah belajar digital art dengan Ibis Paint X saya sudah bisa bikin ilustrasi atau gambar kartun sendiri, tetapi sejauh ini saya masih nyaman pakai ilustrasi buatan Mbak Muyass. Apalagi gambar kartunnya juga sudah jadi kayak ciri khas Kamar Kenangan ini☺️

Oh ya selain menggambar, membuat header, kamu juga bisa  manfaatkan Ibis Paint X untuk desain featured image blog ala Canva atau bikin konten cantik untuk feed instagram juga oke banget. 

Well benar kata penulis lebih dari 50 buku imi, dengan Ibis Paint X, bahkan tanpa bakat sekali pun kamu bisa menggambar. Saya sudah membuktikan sendiri.


Really, belajar menggambar dengan Ibis Paint X tidak susah kok. Asal ada kemauan dan rajin berlatih saja. Setidaknya nggak sesusah dan serumit belajar digital art pakai photoshop.

Jujur saja mulai muncul rasa penasaran dan keinginan bikin vektor art sudah dari zaman saya masih kuliah. Makanya saya sempat tertarik belajar menggunakan Photoshop.

Belajarnya juga otodidak. Cuma modal liat video tutorial doang, tetapi sumpah belajar digital art dengan Photoshop memang susahnya kebangetan, apalagi tidak ada yang ajarin.

Alhasil pupus sudah keinginan saya untuk bikin ilustrasi art. Eh tapi siapa sangka, keinginan tersebut akhirnya terwujud setelah saya berteman dengan Ibis Paint X.

Fyi gambar vektor di atas berhasil saya bikin setelah empat hari belajar  menggunakan Ibis Paint X secara otodidak. See! Tidak sampai sepekan malah, cuma memang dalam sehari belajarnya sampai berjam-jam. Ya, hasilnya memang masih jauh dari sempurna, tetapi lumayan kan buat pemula?

Cara menggambar digital dengan Ibis Paint X

Kalau teman-teman juga berminat belajar menggambar di Ibis Paint X secara otodidak bisa ikuti langkah-langkah berikut ini ya :

Unduh aplikasi Ibis Paint X 

Langkah pertama tentu saja kamu harus harus punya aplikasinya duluKamu bisa unduh Ibis Paint X lewat Playstore atau Appstore.

Aplikasi gambar yang satu ini memang dirancang untuk pengguna mobile, jadi praktis dan sangat mudah digunakan. Cucok juga buat emak-emak seperti saya yang tertarik belajar desain digital.

Sediakan waktu untuk belajar

Jangan kayak saya ya, setelah unduh aplikasinya langsung dianggurin, hehe. Usahakan teman-teman sediakan waktu buat belajar.

Menggambar digital terutama buat pemula memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa sampai seharian, apalagi kalau keasyikan, bisa-bisa lupa waktu *eh.

Kenali tools Ibis Paint X

Selanjutnya kamu harus kenali tools Ibis Paint X dengan baik. Beberapa tools-nya antar lain layer, kuas, canvas, ember cat dan masih banyak lainnya. Semua itu harus kamu ketahui fungsinya masing-masing. 

Kamu bisa buka aplikasi dan coba explore sendiri. Atau untuk memudahkan mempelajari tools kamu bisa cari dan baca berbagai artikel terkait Ibis Paint di Google.  Selain itu kamu juga harus sering-sering nonton video tutorial menggambar dengan Ibis Paint X. Ada banyak videonya di youtube. Kamu bisa nonton dan langsung praktik.

Nonton video tutorial kemudian praktik

Berikut ini cara paling jitu yang saya lakukan ketika belajar menggambar di Ibis Paint X secara otodidak. Salah satu video tutorial yang sering saya lihat saat belajar menggunakan aplikasi ini adalah tutorial dari chanel youtube ndop.


Setelah nonton dengan seksama tutorialnya baru saya praktik. Atau bisa juga kamu nonton sekaligus praktik. Ini kan kita belajar secara otodidak, nggak ada yang ajarin jadi sering-sering saja nonton video tutorial dan jangan lupa latihan.

Latihan , latihan dan latihan

Selanjutnya tips yang paling penting kalau kamu ingin jago gambar digital art adalah latihan, latihan dan latihan. Sama halnya kalau kamu ingin pinter menulis ya rumusnya tetap harus banyak latihan.

Nggak ada orang bisa mahir tanpa latihan. Punya bakat pun kalau nggak sering diasah ya tetap bakal tumpul.

Sayang juga sih kalau sudah kuasai Ibis Paint X, paham teknik dan caranya menggambar tetapi jarang latihan. Duh, poin ini masih PR banget buat saya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika tertarik belajar membuat desain atau ilustrasi hanya dengan jari telunjuk. Kamu bisa memilih untuk belajar sendiri atau ikut kelas desain.

Penutup

Menggambar dengan Ibis Paint X sama sekali tidak susah. Bahkan tanpa bakat sekali pun. Yang penting kamu ada kemauan untuk belajar dan banyak-banyak latihan.

Kamu bisa memilih untuk belajar sendiri atau belajar langsung sama ahlinya. Mau belajar otodidak atau ikut kelas desain, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. 

Namun dari pengamatan saya, jarang ada yang buka kelas desain untuk mengupas tuntas Ibis Paint X. Setidaknya di lingkaran saya, nggak tahu di luar sana. Makanya waktu tahu Mbak Muyass isi materi di kelas desain tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar jadi peserta.

Mengenai pengalaman ikut kelas desain bersama Mbak Muyassaroh bakal saya sharing di postingan selanjutnya. Untuk tutorial menggambar digital dengan Ibis juga akan saya buat postingan tersendiri. (In syaa Allaah)

Oke, sekian postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan mencerahkan.

Salam,


Posting Komentar untuk "Belajar Menggambar Digital dengan Ibis Paint X secara Otodidak"

Berlangganan via Email