5 Alasan Blogger Perlu Membeli Domain Sendiri

Simak yuk beberapa alasan blogger perlu membeli domain sendiri. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika punya blog yang menggunakan Top Domain Level (TLD)


Zaman sekarang sudah banyak blogger yang menggunakan Top Level Domain atau lebih dikenal dengan istilah TLD. Bukan tanpa alasan, blog dengan alamat tanpa embel-embel blogspot atau wordpress memang terlihat lebih keren dan profesional. 

Selain itu blogger yang menggunakan domain sendiri juga berpeluang mendapatkan penghasilan dari blognya baik dari sponsored post, content placement atau review produk. Jadi bukan hanya dari google adsense saja. 

Awalnya saya mulai ngeblog karena ingin menyalurkan hobi saya yang sejak kecil sudah suka dengan aktivitas menulis. Namun setelah tahu blog ternyata dapat dimonetisasi, saya tertarik dan akhirnya memutuskan membeli sebuah domain. 

Alasan membeli Domain Sendiri

Sebelum lanjut saya jelaskan sedikit dulu ya tentang domain. Sederhananya domain atau TLD adalah nama dari sebuah website/blog. 

Misalnya kamu ingin mencari blog ini, saat browsing di internet kamu cukup ketik "siska dwyta" maka dari hasil pencarian akan muncul www.siskadwyta.com

Nah, siskadwyta.com inilah yang disebut domain. Sedangkan .com adalah eksistensi domain. Eksistensi domain sendiri ada beragam jenisnya. 

Beberapa eksistensi domain yang populer di kalangan blogger selain .com yaitu .id, .net, xyz, web.id, dan .my.id. 

Kamu bisa memilih sesuai keinginan dan budget yang kamu miliki karena setiap jenis eksistensi punya harganya masing-masing. 

Kalau pengen domain yang murah kamu bisa coba my.id, atau kalau punya budget lebih kamu bisa memilih .id atau .net. Namun umumnya para blogger lebih suka eksistensi .com karena mudah dihapal dan harganya juga cukup terjangkau. 

Pertanyaannya sekarang, mengapa sih blogger perlu membeli domain atau apa untungnya menggunakan TLD? Simak yuk jawabannya berikut ini. 

Membangun personal branding 

Membeli domain adalah salah satu langkah awal yang mesti kamu lakukan jika ingin membangun personal branding sebagai seorang blogger. 

Well, saya sudah ngeblog selama delapan tahun, tetapi orang-orang baru mengenal saya sebagai blogger tiga tahun terakhir ini. Tepatnya setelah saya memiliki domain sendiri. 

Padahal kalau diingat, dulu saya kesulitan membangun personal branding karena memiliki banyak nama pengguna di media sosial. Username saya di facebook tidak sama dengan nama akun saya di Instagram, begitu pula di twitter. Alamat blog saya juga beda. Alhasil orang-orang jadi kesulitan mengidentifikasi saya. 

Apalagi saat itu saya merasa tidak ada 'keahlian' pada diri ini yang bisa saya tonjolkan. 

Baru setelah aktif ngeblog dan beralih menggunakan domain siskadwyta.com sekaligus menggunakan username siskadwyta di semua akun media personal branding saya mulai terbentuk. 

Sekarang kalau mendengar nama Siska Dwyta, mereka mengenal saya sebagai blogger. Kalau kamu searching dengan mengetikkan nama Siska Dwyta, kamu juga pasti akan menemukan domain atau nama webiste saya di halaman pertama dan peringkat pertama mesin pencari.

Ya, domain yang kamu pasang di blog/website akan sangat memudahkan kamu membangun personal branding. Bahkan manfaat membeli domain yang bukan cuma dirasakan blogger, kamu juga bisa memanfaatkan TLD untuk branding usaha yang tengah kamu rintis atau jalankan. 

Tentunya orang-orang akan mudah mengenali nama usaha kamu jika kamu memiliki domain dengan nama yang sama. 

Mudah diingat dan menarik perhatian pengunjung 

Blog yang menggunakan TLD biasanya lebih mudah diingat para pengunjung. Bukan hal yang mengherankan. Semakin pendek nama domain atau alamat blog/website kamu, semakin mudah pula orang menghapalnya. 

Coba saja bandingkan nama blog berikut ini: 

www.muslimahsenja.blogspot.com www.muslimahsenja.wordpress.com www.muslimahsenja.com 

Mana yang paling mudah kamu ingat? Pastinya nama blog yang ketiga, kan? Tidak hanya mudah dihapalkan, menggunakan domain juga dapat menarik banyak pengunjung lho. 

Seperti yang saya singgung di atas, blog dengan TLD terkesan lebih keren dan tampak profesional sehingga dapat dengan mudah membangun kepercayaan pengunjung. 

Ketika pengunjung mencari sebuah artikel di mesin pencari, akan ada banyak sekali hasil penelusuran. 

Nah, rata-rata pengunjung akan lebih memilih artikel dari blog yang menggunakan domain berbayar. 

Serius mengurus blog 

Kamu sudah punya blog namun jarang diurus. Posting hanya sekali-kali. Enam bulan sekali atau setahun sekali. Blog kamu yang tampilannya sudah cantik kamu biarkan jadi sarang laba-laba. 

Padahal kalau diseriusi, blogmu itu bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun jangan dulu fokus ke sana. Mendapatkan penghasilan dari blog memang bukan hal yang mustahil. Hanya saja prosesnya tidak instan. 

Kalau kamu tertarik menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan, kamu juga harus serius mengurusnya. Minimal harus konsisten dulu ngeblognya. 

Agar bisa serius dan membuang rasa malas, tidak ada salahnya kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk beli domain. Cara tersebut bisa memotivasi dan membuat kamu lebih semangat mengurus blog. 

Meningkatkan SEO blog 

Alasan selanjutnya mengapa blogger perlu menggunakan domain berbayar adalah karena SEO. Setiap blogger pastinya ingin postingan blognya berada di halaman pertama mesin pencari. 

Artikel dengan keyword tertentu yang berhasil menduduki peringkat pertama di halaman awal google akan berpeluang mendatangkan traffic yang besar. Itulah sebabnya para blogger berlomba-lomba menerapkan teknis optimasi mesin pencari atau sering disebut SEO. 

Di sinilah manfaatnya memasang domain berbayar. Umumnya blog yang menggunakan TLD akan mudah terindeks dan berada di halaman pertama google ketimbang blog yang masih menggunakan domain gratisan. 

Berpeluang mendapatkan penghasilan 

Penghasilan dari blog bisa didapatkan melalui berbagai cara, diantaranya sebagai publisher adsense, ikut lomba blog, menerima tawaran kerjasama dari brand/agensi dalam bentuk sponsored post atau content placement, pasang link afiliasi dan lain sebagainya. 

Nah, sebenarnya menggunakan domain gratis atau yang masih bawaan blogspot maupun wordpress juga bisa mendapatkan penghasilan, akan tetapi peluangnya tidak sebesar saat kamu memiliki blog ber-TLD. Pasalnya brand atau agensi lebih tertarik bekerja sama dengan blogger yang punya blog TLD ketimbang non TLD. 

Lomba blog dengan hadiah jutaan rupiah juga biasanya disyaratkan hanya untuk blogger yang blognya menggunakan top domain level. 

Itu dia lima alasan mengapa blogger perlu membeli domain untuk meningkatkan kualitas blognya. Sangat menarik, bukan?

Penutup

Walau harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli domain dan biaya perpanjangannya setiap tahun, percayalah, kamu tidak akan rugi sama sekali.

Malah ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki domain sendiri. Nantinya uang yang kamu keluarkan untuk beli domain ditambah hosting jika kamu ingin menggunakan blog berbayar jumlahnya nggak seberapa dibanding uang yang mengalir ke rekening kamu setelah memonetisasi blog. 

Hayoo sampai di sini, mungkin kamu juga tertarik ingin mengikuti jejak saya untuk memiliki domain sendiri. Eh tapi bagaimana caranya? 

Pasti kamu bingung ya mau beli domain dimana? Tenang. Kamu bisa beli di tempat jual beli domain termurah se Indonesia. Penyedia jasa layanan domain dan hosting yang satu ini memang sangat recommended

Selain menawarkan harga domain yang murah kamu juga bisa dapat pelayanan yang memuaskan. Ok, selamat berburu domain incaran kamu. 

Salam,

25 komentar untuk "5 Alasan Blogger Perlu Membeli Domain Sendiri"

Comment Author Avatar
Alhamdulillah, makasih infonya mba Siska 😘
Comment Author Avatar
Setuju kak. Dengan membeli domain, blogger pun jadi serius mengurus blognya. Karena merasa sayang kalau enggak dioptimasi gitu ya kak. Apalagi bisa dapet cuan. Enak banget lah pokoknya
Comment Author Avatar
Secara enggak langsung domain bikin kita punya tanggung jawab ya kak. Aku pribadi kalau udah telanjur kendor dan domain gratisan, ngerasa enggak ada beban. Akhirnya malah malas-malasan.
Comment Author Avatar
TLD memang banyak keuntungannya, nih Mba Siska. Kalau misalkan pakai WordPress berat di hosting. Bisa pakai blogspot dulu karena perpanjangan domain saja dan harga masih ekonomis.
Comment Author Avatar
mupengg 8 th udah ada google ads nya.. sy 12 th nggak berhasil2 ..hiksss..
Comment Author Avatar
Dulu inget banget beli domain sendiri biar kelihatan keren aja hahaha
Belakangan, sadar klo ternyata memang banyak manfaatnya
Untung bayar tahunannya pake penghasilan dari blog juga jadi gak nyesek hehe
Comment Author Avatar
Kalo saya untuk branding dn terlihat lebih profesional. Blog TLD juga lebih dipilih oleh klien ketimbang blog gratisan ya...
Comment Author Avatar
setuju tuh domain memang penting sekali untuk personal branding kita, makanya perlu banget sih menurutku punya domain sendiri tuh
Comment Author Avatar
Hampir sama seperti saya ya, dulu juga mulainya pakai .blogspot. lama-lama rasanya kurang gmana gitu ya. Lalu mulai deh sewa domain TLD pakai nama sendiri.
Comment Author Avatar
Domain sendiri itu buat saya branding. Rasanya ya merdeka aja gitu, mengelola blog sendiri, lebih puas dengan fitur-fitur dan kapasitasnya.
Comment Author Avatar
Iya bener nih kak.
Domain sendiri rasanya lebih profesional dibanding yang punya gratisan.
Dan beneran gak ada ruginya. Karena domain sendiri ini menghasilkan banget. Saya sudah mengalami sendiri
Comment Author Avatar
Yeaaayy, itulah ya manfaatnya punya blog dengan TLD.
Di WAG Bloggger Sultra, masih ada yang belum TLD, kami suka jadi kompor biar mereka segera beli domain juga biar bisa makin semangat ngeblog nya ;)
Comment Author Avatar
kalo saya setuju agar bisa serius mengurus blognya karena yg gratisan banyak orang dak peduli
Comment Author Avatar
Bener semua mbak. saya dulu sebelum kenal blog juga gak ngerti apa itu domain. setelah tahu baru deh paham. langsung beli dotcom dan serius ngeblog. hehe
Comment Author Avatar
Bagi yang memilih blogger sebagai jalan ninjanya, emang wajib memiliki domain ya mbak, Sedikit mengeluarkan uang di awal, anggap aja modal untuk meraih penghasilan yang lebih besar
Comment Author Avatar
wah kak, merasa tertampar dibagian blog jadi sarang laba-laba wkwk, aku jarang banget update blog karena sibuk mencari nafkah, jadi jarang update kak hmm
Comment Author Avatar
Wah sy dl beli domain alasan pertamanya biar keren hehe. Emang manfaat lainnya itu .com lebih mudah di ingat dibanding lainnya
Comment Author Avatar
yeay, setuju dengan poin-poin ini, karena Alhamdulillah tidak pernah nyesal beli domain, ini malah jadi pengen beli lagi tuk blog buku yang udah lama dianggurin, mungkin bisa semangat kembali kalau udah berdomain :D
Comment Author Avatar
Buat branding itu penting ya bisa lewat nama blog juga. Sy nulisnya msh jarang2. Moga bs istiqomah terus
Comment Author Avatar
Buat branding itu penting ya bisa lewat nama blog juga. Sy nulisnya msh jarang2. Moga bs istiqomah terus
Comment Author Avatar
Benar banget Mbak, beberapa pertimbangan di atas juga saya pakai ketika membeli domain TLD untuk blog. Kalau udah terbeli, biasanya lebih semangat dalam membangun blog
Comment Author Avatar
bener mbak, kalau aku beli domain sendiri karena iseng sesungguhnya hehe malah terjun ke dunia blog
Comment Author Avatar
Lagi belajar BW, ehh... nyantol di tulisan ini, ehhh langsung kecolek sayanya, dr dlu sbnarnya sy niat mau pke TLD juga kaka, tpi krna masih pikir apa untungnya. Tapi pas baca tulisan kaka, laahh... barulah sy faham untungnya ternyata banyak yaa.. malasih banyak kaka, tulisannya sdh mencolek diriku ...
Comment Author Avatar
Kirain tipsnya tentang cara memilih domain. Ternyata, lebih fokus kita untuk mempunyai nama domain sendiri.

Mungkin lebih pas memang domain dengan nama sendiri. Saya juga punya blog, dengan domain nama lengkap saya. Betul-betul nama lengkap. Meski yah dirasa terlalu panjang sih, tetapi saya menghormati orang tua saya yang sudah memberikan nama ini. Hehe....
Comment Author Avatar
Menjaga konsistennya itu yang jadi sebuah tantangan banget ya sebagai blogger kak

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.