Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cha Ji Won, Sosok Perempuan Tangguh dan Menginspirasi dalam K-Drama Flower of Evil

Cha Ji Won Sosok perempuan tangguh dan menginspirasi dalam K-Drama Flower of Evil. Seperti apa karakternya? Simak ulasan selengkapnya di sini.

Cha Ji Won Perempuan Tangguh dalam K-Drama Flower of Evil

Inspirasi itu bisa datang darimana saja, termasuk dari drama korea yang kita tonton. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa saya akhirnya kembali nonton K-drama setelah sempat hiatus beberapa waktu lalu.

Nyatanya tidak hanya menyuguhkan cerita yang menarik dan menghibur, tetapi terselip pula beribu pelajaran yang bisa kita petik dari menonton K-drama

Seperti dalam dalam Flower of Evil yang dibintangi oleh Moon Chae Won (Cha Ji Won) dan Lee Jon Gi (Baek Hee Sung). Saya sungguh dibuat jatuh cinta dengan karakter Cha Ji Won, sosok perempuan tangguh dan begitu menginspirasi dalam drama Korea ini.

Drama Korea Flower of Evil


Flower of Evil berkisah tentang Cha Ji Won yang menjalani kehidupan pernikahan bersama Baek Hee Sung. Mereka juga telah dikaruniai putri yang cantik dan manis bernama Baek Eun Ha.

Di awal episode kita bisa menyaksikan betapa beruntungnya Cha Ji Won memiliki  Baek Hee Sung. Sebagai suami Hee Sung tampak sangat mencintai istrinya dan sebagai seorang ayah dia penyayang dan dekat dengan putrinya. 

Kehidupan Cha Ji Won terlihat sempurna karena memiliki keluarga kecil yang begitu harmonis. Namun keharmonisan itu terguncang ketika Ji Won yang juga merupakan detektif kepolisian dihadapkan dengan kasus yang menyeret nama Do Hyun Soo.

Do Hyun So adalah tersangka pembunuhan mandor Desa Gagyeong yang sudah lama tidak diketahui keberadaannya. Do Hyun So juga dianggap sebagai kaki tangan ayahnya, Do Min Seok, psikopat yang merupakan dalang pembunuhan berantai di Desa Gagyeong.

Dari penyelidikan kasus tersebut, Cha Ji Won mulai mencurigai suaminya karena bukti-bukti yang ia temukan mengenai Do Hyun So selalu mengarah ke Baek Hee Sung.

Cha Ji Won akhirnya mengetahui suami yang ia cintai selama ini telah membohonginya dengan bersembunyi dibalik identitas Baek Hee Sung.

Siapa sangka dibalik sikapnya yang sempurna, suami Cha Ji Won yang bekerja sebagai pengrajin logam ini memiliki sisi gelap. Selama ini Baek Hee Sung ternyata menggunakan identitas palsu untuk mengubur masa lalunya yang kelam, yang bahkan istrinya sendiri tidak tahu.

Dia sebenarnya adalah Do Hyun Su, putra Do Min Seok yang selama lima belas tahun menjadi buronan dan dianggap terlibat dalam kasus pembunuhan berantai.

Selanjutnya penonton akan digiring untuk meyakini bahwa Do Hyun Su yang menggunakan identitas milik putra tunggal direktur rumah sakit terbesar di Seoul itu adalah seorang pembunuh.


Lee Jon Gi begitu piawai memainkan perannya sebagai tokoh protagonis dan antagonis, yakni sebagai Baek Hee Song yang hangat dan sayang keluarga, lalu berubah dingin dan menakutkan saat menjadi Do Hyun Su.  Di pagi hari dia menjadi suami dan ayah yang penuh kasih sayang tetapi kemudian menjelma lelaki penuh misteri dan darah di malam hari.

Sebagai Do Hyun Su Lee Jon Gi memiliki wajah yang datar dengan sikap yang sangat dingin dan terkesan memiliki aura pembunuh.

Do Hyun Su ternyata mengidap kondisi psikologis dimana hatinya tidak bisa merasakan apa-apa. Dia tidak tahu bagaimana rasanya sedih bahagia, kesal, maupun marah. Dia juga tidak tahu caranya menunjukkan empati.

Itu sebabnya orang-orang desa Gagyeong menjulukinya sebagai pria aneh karena dia tidak pernah terlihat sedih, senang maupun marah. Hyun Su juga tidak bisa merasakan cinta. Do Hyun Su berpura-pura mencintai dan menikah dengan Cha Jin Won hanya untuk mengubur masa lalunya yang kelam.

Ketika hidup sebagai Baek Hee-sung barulah Do Hyun Su  belajar mengenai raut muka dan perasaan manusia melalui video, sehingga dia bisa tersenyum, tertawa dan menunjukkan ekspresi sedih.  Meski demikian dia tak benar-benar bisa merasakan semua perasaan tersebut.

Kebayang nggak gimana perasaan kamu jika berada di posisi Cha Ji Won ketika mengetahui semua kenyataan tersebut. Dibohongi pasangannya sendiri selama bertahun-tahun dan itu bukan kebohongan yang kecil. Identitas asli lho ini yang disembunyikan.

Belum lagi suaminya ternyata adalah tersangka kasus pembunuhan berantai dan anak dari seorang psikopat yang dihujat sebagai monster sama seperti ayahnya.

Namun kenyataan yang  paling berat yang dirasakan Cha Ji Won ketika tidak sengaja mendengar obrolan Do Hyun Su dengan kakaknya. Saat itu Do Hae Su bertanya pada adiknya apakah dia mencintai Cha Ji Won?  Lalu suaminya menjawab bahwa dia tidak memiliki perasaan apa-apa pada Cha Ji Won.

Sangat menarik menyimak drama thriller-suspense yang dibumbui kisah melodrama antara Cha Ji Won dengan Baek Hee Sung (Do Hyun Su). Kehadiran Baek Eun Ha juga menjadi pemanis drama yang cukup bikin sport jantung ini.

Alur ceritanya unik dan tidak mudah ditebak. Plot twist di setiap episodenya mengagumkam sehingga berhasil membuat penonton mati penasaran. Apalagi chemistry yang dibangun Moon Chae Won dan  Lee Jon Gi dalam Flower of Evil kuat banget.

Akting dari dua pemain hebat Korea itu memang tidak diragukan lagi. Sebelumnya mereka sudah pernah main bareng dalam Criminal Minds (2017) dan akhirnya bisa reuni kembali di K-drama yang disutradarai oleh Kim Cheo Kyu yang terkenal sudah menggarap banyak drama hits seperti Emergency Couple, On the Way to the Airport, Mother Confession dan masih banyak lainnya.

Tidak heran jika  drama yang tayang perdana tanggal 29 Juli 2020 dan berakhir pada 23 September 2020 ini secara konsisten berhasil meraih peringkat tertinggi dalam setiap episodenya. Bahkan Flower of Evil masuk dalam jajaran K-drama terbaik tahun 2020 lho.

Kalau kamu mengaku doyan nonton drakor apalagi termasuk pecinta genre thriller atau misteri seperti saya maka Flower of Evil wajib masuk dalam daftar K-drama yang harus kamu tonton. 

Jalan ceritanya seru banget dan super menegangkan. Teka-teki dan misteri yang ada di sepanjang drama ini benar-benar bikin kamu ketagihan dan nggak bisa tenang kalau belum next, next dan next, hehe. Apalagi di bagian ketika Baek Hee Sung yang asli bangkit kembali, aseli saya nggak nyangka alur ceritanya bakal semengejutkan itu. 

Melodrama-nya juga berhasil bikin saya baper dan terisak. Ini pertama kalinya saya nonton drakor dengan genre thriller yang ceritanya sampai mengaduk emosi dan menguras air mata saya, haha. 

Meski kurang puas dengan ending-nya karena ada adegan lupa ingatan segala but overall drakor ini layak untuk ditonton. Eh saya nggak mau spoiler ya, kalau kamu penasaran silakan langsung saja nonton Flower of Evil di Aplikasi Viu.

Karakter Cha Ji Won dalam K-Drama Flower of Evil yang Menginspirasi

Cha Ji Won 
Seperti yang sudah saya singgung di awal, sekarang saatnya saya pengen bahas sosok Cha Ji Won dan karakternya yang bisa menginspirasi semua perempuan terutama sebagai seorang istri dan ibu.

Jadi apakah pelajaran yang bisa kita petik dari seorang Cha Ji Won?

Tidak berprasangka buruk pada pasangan sebelum menemukan bukti nyata

Cha Ji Won mulai mencurigai suaminya tapi ia tidak lantas berprasangka buruk

Salah satu alasan mengapa Cha Ji Won tidak mengetahui kebohongan suaminya karena dia adalah tipe perempuan yang hanya percaya dengan apa yang dilihatnya dan selama itu Baek Hee Sung hanya memperlihatkan apa yang ingin Ji Won lihat. 

Dalam artian Baek Hee Sung hanya memperlihatkan kepribadiannya yang baik pada istrinya. Dengan menunjukkan rasa cintanya pada Ji Won meski awalnya ia hanya berpura-pura dan menjadi ayah yang baik dan manis untuk Baek Eun Ha.

Sehingga ketika dihadapkan dengan kasus yang membuatnya mulai mencurigai suaminya sendiri, Cha Ji Won tidak lantas berburuk sangka. Ia tidak akan percaya sebelum melihat buktinya sendiri.

Ji Won memang sangat terkejut ketika mengetahui suaminya ada kaitannya dengan kasus pembunuhan mengerikan belasan tahun silam. Saat itu pikiran dan perasaannya bergejolak, tetapi dia tidak langsung menghakimi.

Dia berusaha mengusir pikiran negatif dan mengingat semua kebaikan suaminya. Dia yakin suami yang dikenalnya selama 14 tahun adalah orang baik dan tak terlibat dalam kasus pembunuhan manapun. 

Keyakinan itu pula yang memberikan kesempatan demi kesempatan bagi Do Hyun Su untuk membuktikan bahwa dirinya tidak  bersalah.

Tidak langsung marah dan menghakimi suaminya

Bagaimana perasaanmu ketika menjadi Cha Ji Won?

Cha Ji Won akhirnya mengetahui kebohongan besar yang disembunyikan suaminya selama bertahun-tahun. Ia mengetahui kenyataan menyakitkan tersebut dari mulut suaminya sendiri yang tidak sadarkan diri selama beberapa hari di Rumah Sakit. Saat itu Baek Hee Song mengigau dan mengatakan bahwa dia tak akan hidup sebagai Do Hyun Su lagi.

Alih-alih marah dan menghakimi karena dirinya telah dibohongi, Cha Ji Won justru berusaha menahan emosi dan menenangkan diri. Duh, kalau saya di posisi Cha Ji Won mungkin bom amarah say langsung meledak kali ya etika Hee Sung siuman.

Namun Cha Ji Won benar-benar menunjukkan bagaimana seharusnya sikap seorang istri yang baik. Ia malah berpura-pura tidak tahu dan menunggu dengan sabar hingga waktu yang tepat untuk mendapat penjelasan dari suaminya.

Memiliki sikap berani dan pantang menyerah

Ji Won yang lebih dulu mengutarakan perasaanya pada Hee Sung, hihi.

Kalau kita simak alur cerita bagaimana Cha Ji Won bisa menikah dengan Baek Hee Song itu awalnya karena Ji Won yang kegeeran hingga membuatnya berani mengutarakan perasaannya duluan pada Baek Hee Sung.

Dengan percaya diri ia mengatakan kalau Baek Hee Sung sebenarnya juga menyukainya, ia bisa melihatnya dengan jelas, Hee Sung saja yang tidak menyadari itu. Pede banget ya Cha Ji Won di siniπŸ˜‚

Hee Sung tidak langsung membalas perasaan Ji Won. Namun berkat kegigihan dan sikap pantang menyerahnya, Baek Hee Sung akhirnya luluh dan mau menerima kehadiran Cha Ji Won dalam kehidupannya.

Karena sikap berani dan pantang menyerahnya ini pula yang membuat Cha Ji Won berhasil diterima sebagai detektif kepolisian. Dia juga terkenal sebagai detektif handal yang teliti dan memiliki daya analisis baik sehingga mampu memecahkan banyak kasus pembunuhan bersama rekan-rekannya.

Cha Ji Won terkenal sebagai detektif handal.

Dengan sikap tangguhnya itu ia berinisiatif menyelidiki sendiri suaminya secara diam-diam untuk menemukan kebenaran. Dia sangat yakin suaminya tidak bersalah dan pasti ada alasan mengapa suaminya sampai berbohong dan menggunakan identitas palsu.

Satu hal yang membuat ia percaya dan ingin membuktikan bahwa Do Hyun Su bukan seorang psikopat seperti ayahnya karena menurut Ji Won seorang psikopat tak akan mampu merawat dan membesarkan anak dengan penuh kasih sayang seperti yang dilakukan Baek Hee Sung pada putri semata wayangnya Baek Eun Ha.

Mendukung suami sepenuh hati dan tetap berada di sisinya

Cha Ji Won tetap mendukung dan berada di sisi suaminya 

Menegangkan sekali ketika melihat adegan kejar-kejaran antara polisi dan buronan yang ternyata adalah pasangan suami istri. Saat adegan tersebut terjadi Cha Ji Won sudah dihinggapi kecurigaan pada suaminya sendiri, tetapi selalu ia tepis.

Lalu ketika identitas asli Baek Hee Sung terkuak, meski mengetahuinya ia lebih memilih mendukung dan selalu berada di sisi sang suami. Ia rela menutupi bukti yang didapatkannya dan membantu suaminya kabur agar tak diperiksa oleh pihak kepolisian.

Dengan demikian, Ji Won berharap identitas sang suami tidak terungkap ke publik karena ia yakin suaminya bukanlah pelaku pembunuhan seperti yang disangka banyak orang.

Tentu, bagi Do Hyun Su, kepercayaan dari istrinya amat penting dan mahal. Kepercayaan tersebut juga menjadi kekuatan bagi Do Hyun Su untuk mencari kaki tangan ayahnya yang sebenarnya dan membuktikan kalau dirinya tidak bersalah.

Berdamai dengan masa lalu suami dan menerima perubahannya saat ini

Identitas Do Hyun Su terkuak dan ia merasa sangat bersalah pada Ji Won

Salah satu adegan yang bikin saya sampai berderai air mata ada di episode 11 ketika Baek Hee Sung mengetahui kebohongan yang selama ini ditutupinya telah diketahui Ji Won. 

Hyun Su sangat terkejut dan sangat merasa bersalah kepada Cha Ji Won. Dia kemudian memeluk istrinya dan menangis sejadi-jadinya. Itu adalah momen pertama kali Do Hyun Su menunjukkan emosinya. Dia akhirnya bisa menunjukkan rasa sedih dan bersalah dengan menangis tanpa dibuat-buat.

Meski telah disakiti dengan kebohongan yang besar, Cha Ji-Won tak ingin suaminya terus-terusan merasa bersalah. Dirinya justru  berempati dan menerima masa lalu Baek Hee-Sung. 

Dengan kebesaran hati Cha Ji-Won itulah, Baek Hee Sung akhirnya tergerak sendiri menceritakan masa lalu kelam tang selama ini ia sembunyikan dari istrinya

Dalam penyelidikannya mengenai Do Hyun Su Ji Won juga mengetahui bahwa suaminya memiliki kelainan mental. Awalnya dia sempat gundah kelainan itu bisa membahayakan dirinya dan putrinya.

Namun ia juga berhasil menepis kegundahan itu dan menerima semua masa lalu suaminya baik yang berkaitan dengan masalah mentalnya maupun kasusnya yang masih sebagai tersangka. 

Bagi Cha Ji Won, Do Hyun Su yang dia kenal sekarang telah jauh berubah. Hyun Su adalah suami yang ideal di matanya dan ayah yang baik untuk Eun Ha. Untuk itu dia memilih berdamai dengan masa lalu suaminya dan bisa menerima keadaan Do Hyu  Su yang sekarang.

Menjaga nama baik suami dan merahasiakan aibnya

Ketika mengetahui aib suaminya Ji Won menyembunyikan dan berusaha menemukan bukti. Ia yakin suaminya bukan pembunuh.

Sikap yang satu ini penting sekali untuk dimiliki semua perempuan, terutama bagi yang telah berkeluarga. Sebagai istri kita harus pandai mengontrol lisan dan tulisan kita. 

Jangan sampai kita membocorkan rahasia yang merupakan aib pasangan kita sendiri. Seburuk apapun itu kita tetap punya kewajiban untuk menjaga nama baik pasangan kita.

Cha Ji Won merupakan polisi yang tahu pertama kali bahwa Do Hyun Su yang dicari-cari ternyata adalah suaminya sendiri. Sebagai detektif kepolisian, ia memiliki tanggung jawab untuk memecahkan kasus kriminal termasuk ketika pelakunya adalah anggota keluarganya sendiri.

Masalah yang dialaminya ini memang pelik dan membuat Cha Ji Won berada dalam posisi yang gamang antara berpihak pada kepada kepolisian tempatnya mengabdi atau melindungi suaminya.

Namun pada akhirnya ia memilih berpihak dan mendukung ayah dari anaknya. Menurut saya sikap yang diambil Ji Won sudah tepat dan tindakannya itu bukan berarti dia tidak profesional. 

Pasalnya kasus tersebut sendiri masih dalam penyelidikan dan kebenaran belum terkuak. Dia malah bertekad untuk memecahkan kasus tersebut sendiri meski akhirnya diketahui oleh rekan kerjanya di kepolisian.

Bersikap baik dan menghargai mertua 

Tidak hanya belajar dari kepribadian Ji Won sebagai istri, tetapi kita juga bisa meniru sikapnya sebagai seorang menantu.

Di awal episode ada adegan dimana Baek Hee Sung mengajak istri dan putrinya dinner bersama orang tuanya. Namun dari adegan tersebut terlihat jelas ayah dan ibu dari Baek Hee Sung bersikap dingin dan tidak menyukai Cha Ji Won.

Ayah dan Ibu Hae Sung terlihat tidak suka dengan menantunya tetapi Ji Won tetap menunjukkan sikap yang baik di hadapan mertuanya

Meski demikian ibu dari Eun Ha tetap bersikap ramah dan menghargai mertua yang sebenarnya bukan ayah dan ibu kandung suaminya. Mereka memang adalah orang tua dari Baek Hee Song yang asli. Mereka sendiri yang justru memberikan identitas asli anaknya digunakan oleh Do Hyun Su.

Meskipun sibuk selalu ada untuk putrinya

Ji Won dan Putrinya, Eun Ha

Dalam drama ini, sosok Cha Ji Won lebih mendapat sorotan sebagai seorang istri dan detektif ketimbang ibu. Pekerjaan sebagai detektif membuatnya cukup sibuk sehingga Baek Eun Ha lebih sering menghabiskan waktu bersama ayahnya dibanding ibunya.

Meski demikian kita tetap bisa memetik pelajaran dari peran Ji Won sebagai seorang ibu. Walau terlihat sangat sibuk, Ji Won memiliki tempat tersendiri di hati putrinya.

Kita bisa lihat di episode terakhir, saat Baek Eun Ha menggambar tiga orang di secarik kertas yaitu Eun Ha, ibu dan neneknya. Lalu sang nenek (Ibu Cha Ji Won) bertanya "Eun Ha benci ayah? " Gadis manis itu menjawab tidak. Neneknya kemudian bertanya lagi. "Mengapa tidak menggambar ayah?" Kata Eun Ha, karena setiap menggambar ayah, ibu menangis. Jika ibu menangis aku kasihan. 

Eun Ha sangat memikirkan perasaan ibunya. Dari situ kita bisa lihat bahwa Eun Ha tumbuh tanpa kekurangan kasih sayang baik dari ayah maupun ibunya. Kesibukan Ji Won tidak membuat ia lupa dengan posisinya sebagai ibu. 

Itulah beberapa karakter menarik dari Cha Ji Won yang menginspirasi dan bisa kita petik sebagai pelajaran, terutama kaitannya dengan peran kita sebagai perempuan yang ditakdirkan menjadi istri, ibu serta anak atau menantu.

Meski hanya cerita fiksi, namun Cha Ji Won mengajarkan kita betapa pentingnya menjaga keutuhan rumah tangga dengan menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap pasangan. 

Ia juga mengajari kita agar tulus mencintai pasangan dan selalu menyediakan hati yang lapang untuk memaafkan tanpa peduli dengan masa lalu pasangan yang kelam. 

Selain Cha Ji Won kita juga bisa belajar dari karakter tokoh lain termasuk dari alur cerita drama Flower of Evil ini sendiri. Tentu masih banyak lagi tokoh perempuan menginpirasi lainnya yang bisa kita temukan saat menonton drama korea. Karena setiap K-drama pasti meninggalkan kesan dan pesan tersendiri bagi penontonnya :)

Yuk Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu


Drama Korea sudah menjadi tontonan favorit saya sejak remaja. Seingat saya dari zaman full house gitu. Waktu itu saya nontonnya masih lewat siaran yang ditayangkan di televisi.
 
Baru menginjak masa kuliah saya mulai nonton drakor hasil donwload. Itu pun dapatnya dengan cara minta sama teman, haha. Pasalnya masa itu saya masih kudet dan nggak tahu gimana cara donwload drakor sendiri.

Eh tapi saya juga nggak tahu si teman ini unduh drakor darimana. Bisa saja kan dari sembarang situs yang ternyata ilegal. Untungnya sekarang kalau saya mau nonton drama Korea sudah nggak susah carinya dan nggak perlu minta-minta lagi, tinggal donwload di aplikasi Viu saja.

Jadi untuk teman-teman yang belum tahu atau mungkin sudah sering dengar Viu tapi belum pernah coba, di sini saya ingin sekaligus sharing sedikit mengenai aplikasi favorit saya itu yang recommended banget buat nonton drakor.
VIU adalah aplikasi Premium untuk menonton video sesuai keinginan keinginan kita. Aplikasi ini memberikan pengalaman luar biasa saat menontonnya dan kita dapat mengaksesnya melalui berbagai device. Bisa lewat ponsel, tablet maupun desktop. 
Bukan cuma drama korea, Viu juga menyajikan serial Asia lainnya. Mulai dari sinetron Thailand, serial-serial lawas Indonesia, hingga dorama. Bahkan beberapa tahun terakhir ini Viu juga sudah memproduksi serial atau film sendiri dengan tajuk Viu Originals. 

Film Viu Originals yang diproduksi di Indonesia juga ada lho seperti Assalamualaikum Calon Iman, Rewrite, Best Publist dan masih ada beberapa lainnya, kamu bisa intip sendiri.

Selain itu VIU juga menyajikan berbagai film serta variety show terbaru yang dapat kamu tonton sepuasnya. Menariknya lagi, berbagai konten seperti drama korea yang ada di aplikasi ini bisa diakses secara online atau offline dan  gratis maupun berbayar.

Kenapa Harus Menonton Drama Korea di VIU?


Mungkin pembaca Kamar Kenangan ini ada yang bertanya-tanya mengapa saya merekomendasikan Viu sebagai aplikasi yang wajib diunduh, apalagi jika kamu tergolong pecinta K-drama.

Berikut ini beberapa alasannya :

Telah mendapat izin penayangan

Alasan pertama tentu saja karena Viu merupakan aplikasi legal. Semua film maupun drama terutama drakor yang tersedia di aplikasi ini telah mendapat izin penayangan.

Dengan menonton drama korea di  Viu berarti kita juga telah mendukung dan memberi kredit pada artis maupun kru yang memproduksi drama tersebut. Jadi nggak perlu khawatir lagi nonton drakor bajakan.

Koleksi drama Korea lengkap

Pastinya dengan mendonwload aplikasi Viu di smartphone kamu bisa nonton drama korea sepuasnya. Bukan hanya drama korea lho ya, seperti yang sudah saya singgung tadi, drama dari negara lain seperti Thailand, Jepang termasuk Indonesia juga ada dan cukup lengkap.

Kamu bebas memilih sesuka hati. Mau nonton drakor, dorama, variety show, film Indonesia atau Viu Originals. Jadi nggak ada ceritanya kamu bakal bosen nonton di Viu karena pilihan drama atau filmnya banyak banget.

Kualitas video memuaskan

Kamu juga nggak bakal kecewa nonton drama korea di aplikasi Viu karena kualitas videonya high quality alias memuaskan.

Kualitas video yang tinggi tentu akan memberi kenyamanan bagi penonton. Ini juga enjadi poin plus bagi Viu yang memang hadir sebagai aplikasi streaming yang sangat mengutamakan kenyamanan pelanggannya. 

Tidak perlu menunggu lama untuk subtitle Indonesia 

Siapa nih pecinta drakor tim on going? Kalau drakor yang ditunggu sudah tayang di Korea pasti kamu juga sudah nggak sabaran untuk segera menontonnya. 

Cuma biasa yang menjadi kendala masih berbahasa Korea Nah, kalau sudah punya aplikasi Viu kamu nggak perlu menunggu lama lagi. 

Drakor yang on going akan muncul di Viu dalam waktu 8 jam setelah penayangan di negara aslinya lalu dalam 24 jam kamu sudah bisa menikmati nonton drakor tersebut dengan subtitle bahasa Indonesia.

Bebas pilih nonton drama korea secara online atau offline

Alasan selanjutnya yang juga menjadi keunggulan Viu karena aplikasi ini hadir dengan fitur donwload yang bisa disimpan sehingga kita bisa menonton drakor secara offline.

Menonton drakor memang lebih enak kalau offline karena jaringan internet tidak selalu mendukung. Kalau pas lagi asyik menonton dan konektivitas internet terputus pasti akan mengganggu sekali. Beda halnya kalau drama korea tersebut sudah kita donwload lebih dulu. Aktivitas menonton pun jadi lancar tanpa hambatan.

Nonton drama Korea gratis tanpa perlu registrasi

Siapa bilang nonton drama korea di Viu itu mahal? Justru sebaliknya kita bisa nonton berbagai tayangan di Viu secara gratis kok. Nggak perlu keluarin uang sepersen pun, tinggal beli kuota internet saja, hehe. 

Nonton drama korea secara gratis di Viu juga tidak mesti registrasi. Setelah unduh aplikasinya kita bisa langsung nonton. Beda halnya kalau berlangganan Viu premium, jelas harus registrasi dulu.

Meski demikian saya lebih suka dan tertarik berlangganan Viu premium ketimbang gratisan. Soalnya kalau nonton gratis di Viu bakal ada banyak iklannya. Namanya juga gratisan ya, ada harga ada rupa, hehe. Maksudnya kekurangannya ya di situ.

Biaya berlangganan Viu premium terjangkau

Justru menurut saya berlangganan Viu premium lebih menguntungkan ketimbang nonton gratisan. Kenapa? Karena biaya berlangganannya murah, hanya Rp30.000/bulan. 

Bahkan jauh lebih hemat kalau kita berlangganan setahun karena hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp200.000 kita bisa akses streaming dan download film dan Kdrama sub Indo terbaru dan eksklusif TANPA BATAS. Enaknya lagi kita bisa menikmati menonton tanpa gangguan iklan

Sedangkan kalau kita menggunakan Viu basic kita memang bisa menonton drama Korea gratis tanpa perlu registrasi dan berlangganan. Cuma ya itu tadi bakal terganggu banget dengan iklan-iklannya dan akses ke film atau drama. yang ada di Viu juga terbatas. 

Oke itu sederet alasan mengapa nonton drama Korea paling asyik dan nyaman di Viu karena memang banyak banget keunggulannya. Apalagi kalau kamu juga memutuskan untuk berlangganan Viu premium.

Cara berlangganan Viu Premium

Untuk bisa berlanggan Viu Premium kamu harus registrasi dulu, bisa dengan menggunakan akun facebook, email atau akun Google kita. Cara berlangganannya sendiri cukup mudah, hanya dengan beberapa langkah


  • Masuk ke aplikasi Viu kemudian cek paket langanannya
  • Tersedia beberapa paket langganan, silakan pilih sesuai kebutuhan. Mau sebulan, enam bulan atau setahun. Tentu biaya berlangganan bakal lebih murah kalau kita pilih paket dalam jangka waktu lama. Pas mau langganan kemarin saya lihat ada promo sebulan kalau bayar pakai Gopay atau Pulsa jadi saya pilihnya itu saja dulu.  
  • Setelah memilih paket langganan selanjutnya pilih metode pembayaran. Di sini juga pilihannya ada banyak ya, kamu bebas memilih mau bayar pakai kartu kredit, shopepay, atau GoPay.
  • Kemudian tinggal ikuti instruksi selanjutnya. Saya memilih bayar pakai GoPay sehingga diarahkannya ke akun Google Pay. Klik langganan untuk melanjutkan transksi.
  • Saldo GoPay saya langsung dipotong 15K dan saya berhasil berlangganan Viu Premium dengan mendapat harga promo khusus bulan ini. 
Bagaimana? Caranya cukup mudah, kan? Hayoo setelah baca postingan ini siapa yang langsung tertarik dan ingin nonton drakor di Viu?

Yuk, segera donwload aplikasi Viu di Playstore atau App Store dan bergabung menjadi Viuers biar hari-hari kamu jadi lebih menyenangkan. Temukan juga drama Korea favorit dan tokoh Perempuan yang menginspirasi kamu di sana.

Happy Viuing.

Salam,

106 komentar untuk "Cha Ji Won, Sosok Perempuan Tangguh dan Menginspirasi dalam K-Drama Flower of Evil"

  1. Gak kebayang kalau berada di posisi Cha Ji Won, berhari hari bahkan bertahun tahun hidup bersama seorang pembunuh berdarah dingin.
    Pasti pas tau identitas suami terbongkar, Cha Ji Won langsung bergidik ngeri ngebayangin suaminya.
    Parahnya lagi, dia dengar kalau suaminya tak cinta sama sekali, duh kasian Cha Ji Won nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak saya juga nggak bisa bayangin kalau berada di posisi Cha Ji Won. Untungnya cuma drama

      Hapus
    2. ini bagian paling bikin patah hati banget, mendengar suami nggak mencintainya... huhu, tapi Cha Ji Won tegaaaarr, dia berusaha meyakinkan Hyun Su kalau mereka punya rasa...dan Hyun Su juga mau berusaha bersama, uhhhh... laaaffff.

      Hapus
  2. Berita baik nih buat para penggemar drakor. Meski bukan penggemar drakor, saya sempat mengikuti beberapa serial drakor. Dari genre yang ada, saya paling suka yang bertema kerajaan. Tapi kayaknya drama Flower of Evil ini juga keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata Mbak suka drakor bertema kerajaan ya. Tapi yang tema kriminal atau thriller kayaka gini juga bagus kok hehe

      Hapus
  3. Wah, saya bukan penikmat Drakor. Tapi baca ulasan ini menarik juga. Bagus ya ceritanya? Ternyata banyak pelajaran bermanfaat yang bisa dipetik dari Drakor tersebut. Ulasan yang menarik Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Jalan ceritanya bagus dan gak mudah ditebak. Tergantung bagaimana kita melihat drakor ini ya Mbak karena ternyata emang banyak manfaatnya juga

      Hapus
  4. Lee Joon Gi! Wah saya udah lama ga nonton drakor. Katanya drakor 2021 penuh aksi dan berbau psikopat ya? Tapi kayaknya seru nih, FoE ini. Saya jadi pengen nonton, bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha saya malah baru tahu tapi ya emang belakangan ini lagi banyak drakor yang angkat tema psikopat

      Hapus
  5. Aku baru kelar nonton drama ini. Cha Ji Won seperti kebanyakan kita hanya melihat hal-hal yang baik dari diri orang yang kita cintai. Ketika mereka ternyata berbeda, tetap ngotot bahwa kebaikan itu tidak luntur karena perbuatan buruk mereka. Namanya cinta tanpa batas. Dan memang hanya perempuan kuat yang bisa melakukan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak dan menurut saya Cha Ji Won ini emang sosok idaman banget. Sudah dibohongi tapi tetap percaya dan ngedukung suaminya *eh tapi namanya juga drakor ya hehe

      Hapus
  6. Ini aplikasi keren banget dong ya, bisa ngasih subtitel drama Korea terbaru cuma dalam waktu 8 jam aja setelah ditayangin di Korea.
    Meski sekarang aku bukan pecinta drakor, tapi gak ada salahnya kapan-kapan download aplikasi ini biar bisa nonton film lainnya sepuasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Dengan aplikasi Viu ini nonton drakor jadi praktis dan nyaman

      Hapus
  7. wih..ceritanya seru. Muter-muter mengusut kasut ternyata yang dicari ada di sebelahnya. Setiap cerita pasti ada hikmah yang bisa ditarik ya mbak. Sampai skrng aku belum tertarik untuk menonton drakor euy mbak (takut gak bisa pindah ke lain hati mungkin ya hehehehe).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak seru banget setiap episodenya bikin penasaran. Haha saya juga dulu sempat hiatus nonton drakor karena salah satu alasannya ya kurang lebih sama dengan Mbak wkwk

      Hapus
  8. Disini Cha Ji Won mungkin hanya sekedar tokoh dalam Drakor, tapi kehadirannya menginspirasi banyak perempuan lain yang Menonton supaya bisa sekuat dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar banget Mas. Meski hanya tokoh fiksi tapo kita selalu bisa memetik pelajaran dari drama yang kita tonton termasuk karakter pemainnya

      Hapus
  9. Aku juga nonton drakor ini mba. Tapi cuma di awal dan akhir aja, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berarti lompat jauh banget nontonnya ya Mbak, hihi

      Hapus
  10. Serius mbak biaya langganan cuma 30ribu ? Ya ampun murah banget ya mbak. Aku jg ingin berlangganan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kalau mau dibandingkan dengan aplikasi streeming lain boleh dibilang Viu ini yang biaya langganannya paling terjangkau. Just 30K/bulan. Bahkan kalau mau lebih hemat bisa pilih paket 200K/tahun.

      Hapus
  11. Cantiiikk bgt pemeran Cha Ji Won ini, syukaak😍😍😍 message-nya dapet bgt yhaa

    Pokoknya kalo mau cari drakor berkualitas, cuss ke VIU sajaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Saya juga suka kalau Moon Chae Won ini yang main. Nggak cuma cantik tapi aktingnya jug selalu memukau.

      Hapus
  12. Waaaa biasku di kdrama nih, Mbak! Aku juga pernah nulis tentang Cha Ji Won di blog ku. Haha. Cewek kayak gini 1 in a million kayaknya yaa. Sabar, kuat, setia banget!

    BalasHapus
  13. ceritanya seru pasti ini ya, emosi pasti ada juga ya, gemess gemess gimana gitu, tapi Cha Ji Won ini hebat ya bisa tetap setia dan mendukung suaminya begitu, wiiih, jarang-jarang ada yang kayak gini kan.
    nonton di VIU ndak perlu nunggu lama tuk subtitle Indo ya, asyiknya, kalau subtitlenya beda bahasa sama kita itu rada gimaanaa gitu nontonnya, hihihh

    BalasHapus
  14. Aku blom tuntas nih nontonnya, baru eps 5 aja. rehat dulu eh malah keasyikan nonton yg lain. Padahl udah download di viu. Abis baca ini pengen lanjut nonton lagi ah. sambil nunggu mouse yg lagi on going

    BalasHapus
  15. Inspiratif memang. Tak mudah berdamai dengan masa lalu pasangan yang ada sisi kelamnya dan menerimanya apa adanya, lalu menjaga aibnya. Drakor memang idenya brilian ya.

    BalasHapus
  16. Lama nggak mampir di sini. Terus salfok ke template barunya. Cantik mbak. Akhirnya berani juga ganti template.

    Btw, soal VIU. Aku juga pengguna aplikasi ini. Dulu, aku pakai premium. Tapi karna kok rasa-rasanya aku jadi ketagihan drakor. Akhirnya, sekarang pakai yang gratis aja.

    Tentu saja semua serba terbatas kalau gratisan. Gabisa akses tayangan terbaru. Beberapa drakor juga gabisa ditonton. Kalaupun bisa, harus nungguin iklan-iklan dulu. Persis kaya nonton TV.

    Tapi biar deh. Biar aku gak keterusan nonton juga. Repot nanti kalau sampai kaya gitu.

    BalasHapus
  17. Ternyata begitu ceritanya sampai psikopat bisa nikah sama detektif. Lucu juga, sih. Aku penasaran sama twistnya

    BalasHapus
  18. K-drama memang bikin penasaran dan ceritanya menarik, jadi banyak yang suka. Apalagi ceritanya nggak mudah ditebak. Pakai aplikasi malah bikin nontonnya makin seru. Bisa nonton dimanapun.

    BalasHapus
  19. Bagus ceritanya ya mbak, saya sampai tahan napas baca ulasanya hihihi. Sepakat dengan dengan mbak Siska, saya juga suka karakter Cha Ji Won. Jadi penasaran pengin nonton dramanya.

    BalasHapus
  20. Nonton film dengan twist plot itu memang bikin kepo kebangetan ya.
    Apalagi kalau sudah digiring opininya.
    Namun di akhir, semua diplintir.
    Fix. Bikin gemes!

    Inilah salah satu kelemahanku.
    Tak sabaran kalau nonton film seri.
    Hihihi.


    BalasHapus
  21. Aku sukaaaa bgt Ama chemistry-nya Cha Ji won dan suaminya itu mba :D. Drakor yg lgs kebut nontonnya, Krn tiap episode bikin penasaraaaan hahahah.

    Aku nonton jg dr viu dong ;). Udh lama langganan ini, dan memang dr awal ya Krn banyak drakornya . Makanya aku mau jd member. Kualitas gambarnya oke, terjemahannya juga bagus. Drpd donlot ilegal kan yaaa. Bingung yg msh suka ngedonlot ilegal gitu. Pdhl biaya viu gini aja termasuk murah

    BalasHapus
  22. Yuhuu ... pencinta drakor, kumpul!
    Ayo ramai-ramai instal aplikasi VIU biar tidak ketinggalan drama-drama Korea terbaru.
    Paling asyik tuh nonton tanpa iklan, soalnya iklan suka bandel muncul tiba-tiba saat asyik-asyiknya kita nonton.
    Gimana caranya nonton di aplikasi VIU tanpa diganggu iklan?
    Langganan VIU premium pastinya.
    Cara penggunaannya gampang kok, ikuti saja petunjuk yang dijelaskan oleh Siskadwyta dalam artikel ini.

    BalasHapus
  23. Siapa yang mampu menahan emosi ketika ketahuan dirinya dibohongi suami? Dialah wanita berhati malaikat. He he ... Namanya saja drama. Selamat siang Mbak Siska.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya ya emosi banget itu kalau suami ketahuan bohong
      Namun, istri juga tidak boleh langsung asal ngomel
      Komunikasi produktif

      Hapus
  24. Kayaknya gak ada lg stok cewe kayak cha ji won,, yah walaupun ada pasti sudah jarang banget ada di jaman skrang

    BalasHapus
  25. Sampai hari ini masih berlindung kepada Allah SWT agar dilindungi dari godaan Drakor Hahaha.
    Nggak sih, ini cuma karena soal selera.
    Saya kebetulan belum berselera nonton Drakor

    BalasHapus
  26. Menariknya drakor itu karena ide ceritanya tak biasa. Beberapa kenyataan, seperti orang yang tak bisa merasakan emosi ini salah satu realita yg baru orang sadari dari drakor.

    BalasHapus
  27. Waaaaa tidak bisa dibayangkan, berarti Baek Hee Sung dikarakterkan punya dua kepribadian yaaa. Uwu cerita drama korea memang selalu bikin penasaran, pengen langsung nonton sekarang juga.

    BalasHapus
  28. Wah aku belum pernah nonton drama ini. VIU memang sahabat terbaik pecinta drama korea. Daebak!

    BalasHapus
  29. Wuuuuuuaaaaa.. Itu kisahnya baguuuus bangeeet. Saya suka, saya sukaa. Mencekam, menarik, sekaligus inspiratif. Loveee it!

    BalasHapus
  30. Wah, melodrama Korea yang menegangkan kayaknya nih. Aku sih memamg ga ngikutin drakor hihi...Salut buat para pencintanya. Nonton di Viu ga usah registrasi asik juga. 200K bayar tahunannya bisa puas banget menikmati akting para aktor dan aktrisnya 😊😊

    BalasHapus
  31. Aku penasaran soalnya kita membahas orang yang sama hihi
    Setuju banget sama poin-poinnya Mbak Siska 😍

    BalasHapus
  32. Viu sama Netflix lebih bagusan mana?
    Btw tokoh-tokoh koreanya nggak asing sering liat dimana gitu walau belum tertarik nyobain nonton k drama

    BalasHapus
  33. Aku belum nonton drama yang satu ini
    Tapi baca reviewnya langsung terbayang betapa tangguhnya sosok Cha Ji Won yang bertahun-tahun bertahan bersama pembunuh. Luar biasa berbesar hatinya dia menerima kenyataan ya.

    Langsung cuss ke Viu cari daramanya ah

    BalasHapus
  34. Sepertinya menarik ceritanya. Coba saya rekomendasikan ke teman saya yang suka nonton drama Korea ah...

    BalasHapus
  35. Ih.. Keduluan nulis flower evil heheh..
    Alu juga suka sama sha ji won..
    Actingnya keren..
    Awalnya juga suka ama yg cowok.. Tapi pas liat dia nari dengan gemulai.. Jadi kurang suka hahah

    BalasHapus
  36. Ceritanya seru juga ya, suaminya sendiri ternyata seorang buronan kelas kakap. Suka salut sama aktor yang bisa bermain dalam dua peran sekaligus, yakni protagonis dan antagonis. Yah kayak si Lee Jon Gi ini.

    Wah terjangkau juga ya harga berlangganan di VIU ini. Apalagi banyak keunggulannya nih.

    Makasih atas sharingnya dari blog super kece badai ini.

    BalasHapus
  37. Seru ceritanya. Aku suka genre thriller yang ada romancenya juga kayak gini. Kebayang kalau di posisi Cha Ji Won, gimana sulitnya menahan diri dan menerima kenyataan. Untungnya cinta! Btw, aku juga nonton Drakor di aplikasi viu kak

    BalasHapus
  38. ah iya, Cha Ji Won ini idola banget deh
    cantik dan berdedikasi dgn pekerjaannya
    tapi juga istri yg setia dan selalu percaya sama suami ya

    BalasHapus
  39. Salah satu genre drakor yang aku suka kalau melibatkan dunia kriminal dan detektif. Jadi nggak melulu romatis atau komedi. Pokoknya drakor tuh tetap paling seru buat hiburan.

    BalasHapus
  40. Wah, menarik juga drakornya, masuk watchlist untuk weekend nanti sih ini. makasih reviewnya

    BalasHapus
  41. Langsung membayangkan jika saya berada di posisi Cha Ji Won. Dilema banget pasti. Dan pasti sangat susah untuk benar-benar mempercayai suaminya, kemudian dengan kepala dingin mencari tau masa lalu suaminya yang sebenarnya.

    BalasHapus
  42. wuah Cha Ji Won sepertinya adalah panutan bagi perempuan yang berumah tangga
    baguslah, nggak toxic jadinya
    yang nonton bisa belajar banyak untuk menjaga rumah tangga

    BalasHapus
  43. Yes. Viu to the rescue buat aku. Kalau udah lelah banget sama kerjaa, akhirnya nonton drakor di Viu. Yang saat ini lagi aku tontong River the moon rises sih kak. Kalau Flower of Evil belum nonton hehe

    BalasHapus
  44. Pernah lihat judul ini di konten-konten drakornya Teh Erry, tapi ku belum sempat juga nonton. Hihihi maklum, Teh Erry adalah panutanku untuk rekomendasi drakor-drakor ciamik. Baca sekilas tentang Flower of Evil di sini, eh jadi pengen nonton.

    BalasHapus
  45. Waaaah, nonton drakor di VIU idah lengkap sama subtitle nya ternyata ya. Asyik nih. Gak perlu galau nunggu update-an subtitle πŸ€“

    BalasHapus
  46. Wiwin | pratiwanggini.net06:32

    Sepertinya saya musti install Viu nih.. supaya enggak kudet-kudet banget dengan drakor dan bisa ikutan nimbrung kalo lagi pada ngomongin drakor :D

    BalasHapus
  47. Ya ampuuun... Aku jadi nangis. Ulasannya begitu jelas dan mengalir. Bikin aku merasa seperti menonton sendiri. Ikut merasakan perasaan juga. Bagus banget ulasannya Mbak. Btw, ini isinya spoiler semua. Coba endingnya sekalian atuh... Sad ending aku gak suka.

    BalasHapus
  48. Iya aku suka dia mau menerima suaminya apa adanya
    Memberikan pengertian pada anaknya tentang keluarga dengan definisinya

    BalasHapus
  49. Pernah nonton Cha Jiwon dan Lee Joonki di Criminal Minds. Emang bagus banget kemistri mereka di situ. Padahal Criminal Minds bukan drama romance. Keduanya berperan sebagai rekan kerja agen detektif gitu.

    BalasHapus
  50. Belum nonton flower of evil ini..jadi pengen nonton deh. Aku juga langganan viu mbak di hape hehe

    BalasHapus
  51. Aku suka sekali dengan review Flower of Evil di sini. Mendalam banget mba.... sampai aku bisa merasakan apa yang dirasakan oleh Cha Ji Won. Berat pasti yaa.. udah tau masa lalu suaminya, tapi nunggu suaminya sendiri yang ngaku. Pribadi yang sangat mengagumkan nih, bersedia menerima masa lalu suaminya yang kelam.

    BalasHapus
  52. sy jg pake viu mba, koleksi drakornya byk

    BalasHapus
  53. Kalau di Viu daku enggan nonton dengan tema tentang drama rumahtangga, hihi. Lebih demennya memilih tentang cerita kerajaan.

    BalasHapus
  54. Untuk kesekian kalinya, saya membaca ulasan perempuan-perempuan heat dalam drakor, Mbak. Dan memang tokoh-tokoh dalam drakor sangat menginspirasi ya, Mbak. Enaknya, sekarang nonton drakor bisa di aplikasi. Pas di kantong lagi hehehe.

    BalasHapus
  55. Wah, nonton drakor di Viu asyik bener ya Kak? Jadi mupeng. Yang kusenangi pemain drakor itu kalau main sangat total, penjiwaan pada karakter film sangat mendalam, jadi serasa terbawa larut--apalagi ada plot twist kayak yang dimainkan Cha Ji Won ini. Tapi nonton kalau ga ada subtitle Indonesia itu yang bete, secara ga bisa bahasa Korea haha. Atau terjemahannya jelek, malesin juga tuh. Untung ya koleksi di Viu lengkap dan terutama videonya bagus.

    BalasHapus
  56. Saya juga langganan VIU mba, harganya murah kalau sekalian beli untuk 2 atau 6 bulan, drakor Flower of Evil jadi list saya selanjutnya karena jalan ceritanya menarik juga ya

    BalasHapus
  57. Kualitas film bergenre thriller ala drakor ternyata oke juga ya. Tema yang diangkat juga cukup realistis, nggak lebay dan alur ceritanya nggak mudah ditebak. Keren daaah

    BalasHapus
  58. Benar-benar wanita tangguh ni Cha Ji Won. Meski begitu pelik permasalahan yang dihadapinya, dia tetap tenang dan sabar. Kebohongan identitas suaminya yang telah tertutupi kemudian terkuak, tak serta merta dia marah. Malah menutupi aib suaminya dan berusaha mencari tahu siapa dalang pelaku aslinya.

    BalasHapus
  59. memang cha ji won ini sangat inspiratif
    cantik dan pekerja keras
    detektif yg penuh dedikasi
    meski aq g namatin drama ini, mentok di eps 8, hehe

    BalasHapus
  60. Eh, cha ji won ya? Kukira ha ji won. Pantes fotonya beda. Pas dibaca lagi, ternyata pake c. Bukan h πŸ˜‚

    BalasHapus
  61. Jadi pengen download VIU nih aku. Hehe...
    Melepas penat kan ya nonton hiburan kayak gitu.
    Makasih reviewnya...
    Aku jagi ngerti dikit-dikit nih spoilernya

    BalasHapus
  62. Artha Nugraha Jonar22:33

    Ceritanya bagus banget. Bener-bener cerita drama nih. Btw, istri saya juga langganan Viu nih. Katanya banyak drama korea baru di sana.

    BalasHapus
  63. Nah, ini yang dari kemarin pengen saya tonton tapi takut karena poster dramanya suram gitu. Ternyata ceritanya seru juga, ya.

    BalasHapus
  64. Lumayan juga ini drakornya untuk ditonton dikala weekend. Masuk watch list deh,sama mau coba install viu juga

    BalasHapus
  65. Menariknya drakor itu karena ide ceritanya tak biasa. Sangat bagus banget ide ceritanya

    BalasHapus
  66. Iya pengen nonton Korea yang legal dan resmi si di VIU bagusnya. Langgananya juga mudah.

    BalasHapus
  67. Waw ternyata kisahnya menarik dan membuat psikologis terbawa. Aplikasi viu membantu

    BalasHapus
  68. MBak, kayaknya aku harus nonton ini deh selama Ramadan karena banyak aku temukan mengenai reviewnya dan makin menarik aku baca

    BalasHapus
  69. Saya udah lama instal Viu dan memang asyik banget ya nonton di Viu, kualitas gambarnya bagus, dan yang paling penting adalah terjangkau banget.

    Jadi nonton nya puas, ga sambil bete ingat biaya yang mihil, hihihi.

    Asyiknya juga, film juga banyak ya :)

    BalasHapus
  70. Flower of Evil ini ceritanya sangat tak terduga ya?

    saya suka karena nyaris gak ada bolong di plotnya

    Apalagi Lee Joon Gi dan Moon Chae Won kuat banget chemistrynya

    BalasHapus
  71. Saya juga suka dengan sosok Cha Ji Woon ini. Di Flower of Evil karakternya dewasa banget. Cocok untuk mewakili sosok seorang polwan yang tanggung tapi tetap memiliki hati keibuan yang lembut. Cintanya pada keluarga juga sangat terulas dengan baik.

    Untuk tontonan KDrama saya juga sering menggunakan aplikasi VIU. Selain gambarnya jernih, VIU juga menyediakan subtitle yang jelas dan enak dibaca. Sampai saat ini saya masih betah berlangganan yang kelas premium karena koleksi drama dan filmnya banyak banget.

    BalasHapus
  72. Belum nonton flower of evil nih... Okelah langganan Viu aja deh biar gak kudet drakor..Banyak yang bagus2 drakornya..

    BalasHapus
  73. Aku baca sampe detil banget saking merasa .. ah ternyata ada juga serial thriller yang bener bener bisa bikin penasaran. Eh, ternyata teteeeep yaaa ada logika yang bolong.

    Soal mengigau, misalnya atau soal hilang ingatan. Ya tapi gimana lagi,kan ini cerita fiksi dan pastinya dituntut untuk happy ending.. tapi saya masukkan watch-list kok!

    BalasHapus
  74. Kalo udah nonton drakor lupa segalanya aku mba hahaha. Ini pas jaman tayangnya ratingnya tinggi terus ya. Viu emang kece lengkap

    BalasHapus
  75. otw cuss ke VIU ahhh
    banyak drakor menariikk bisa buat ngabuburit niihhh

    BalasHapus
  76. Btw aku bukan drakor lovers... tapi ku pengen au ttg Viu apa isinya cuma drakor aja atau ada film lainnya juga ya?

    BalasHapus
  77. drakor makin hari makin bikin kita berdesir-desir ya. mendekati realita kehidupan yang sesungguhnya

    BalasHapus
  78. Keren bgd karakter Cha ji won ini ya mbak. Menginspirasi emang. Aku belum pernah nonton filmnya tp setlh baca ini auto pengin nontoooonnnnn.

    BalasHapus
  79. Drakor yg satu ini bikin semaput nunggu tiap episode baru tayang. Kalau dipikir2 banyak sosok istri tangguh kek gini nutupin salahnya suami. Endingnya untung happy yak hhehehehe

    BalasHapus
  80. Nonton drakor di Viu tuh nyaman banget. Apalagi kalau daftar premium. Nggak pake iklan, bisa di download dan subtitlenya okeee.

    BalasHapus
  81. Nggak kebayang kalau berada di posisi cha ji won. Berat banget pastinya kenyataan yg harus dihadapi. Salut dengan karakter tokoh di drakor ini. Bisa jadi sumber inspirasi dan pelajaran hidup ya mbak

    BalasHapus
  82. Saya nonton jg nih Mbak sampai episode 8, gak nerusin lg karean beda genre ama kesukaan sy yaitu comedy atau rom-com juga, romantic smua juga saya ogah sih hihi. Tp iya nih emang Cha Ji Won sosok perempuan yang tangguh ya.. unik ini thriller tetapi bs bikin yg nonton baper dan terisak-isak.

    BalasHapus
  83. Maaf typo ya Mbak, karean = karena
    hihi

    BalasHapus
  84. nonton film drakor yg paling kusuka ambil pesan moral yg bisa dipraktekkan dlm kehidupan sehari2. thanks y kak

    BalasHapus
  85. Sediiihh, uda ada bayangan niih dramanya kayak apa.
    Wajib tonton nihh kayaknya.

    BalasHapus
  86. Cha Ji Won ini sepertinya sosok perempuan ideal yaa, ia selalu menjadi yang terbaik di setiap perannya mulai dari istri, ibu, anak, menantu juga sebagai anggota detektif wanita

    BalasHapus
  87. Pernah nonton drakor pakai VIU enak juga, banyak pilihannya. Kemarin rasanya terakhir nonton drakor pas dramanya Start Up yang hits itu. Dah sekarang pindah dracin, itupun jarang banget huhu

    BalasHapus
  88. Aku juga udah nonton ini donk. Seru banget, tapi pas awal-awal aku ngerasanya horror banget sih, apalagi lihat mata ayahnya Do Hyun Su.

    Emang keren banget cha ji won ini, dia nggak bakal percaya sblm ada buktinya ya, agak berbanding terbalik ga sih sama cewek karena biasanya mengandalkan perasaan baru bukti

    BalasHapus
  89. Ulasan yang panjang dan lengkap, baca ini jadi tertarik nonton Flower of Evil. Dari judulnya drama Koreanya saja sudah unik sih sebenarnya. Cari ah di Viu

    BalasHapus
  90. Konflik-konflik cerita Korea rata-rata menarik ya, Mbak. Plot twist-nya banyak. Pasti makin puas nih nonton di Viu. Pilihannya banyak :D

    BalasHapus
  91. Sepertinya sosok perempuan seperti Cha Ji Won ini sukar dicari di dunia nyata.

    BalasHapus
  92. Huwaaaa kalo crita psikopat gini auto horor rasanya,,, soalnya ak tim romkom hehe

    Baru baca aja udah horor horor sedep, πŸ˜‚ wkwkwk

    BalasHapus
  93. penasaran sama filmnya pengen nonton ini, kata teman seru banget filmnya, kebetulan punya sisa paket banyak banget mau nonton ah

    BalasHapus