Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bubur Ayam dengan Berbagai Varian Yang Enak

Cara membuat bubur ayam lezat dengan berbagai varian. Mulai dari bubur ayam ati kecap hingga bubur ayam cakue.

Bubur ayam lezat dan siap disantap. /Picture : Canva Pro
Bubur ayam adalah makanan yang enak dan juga jadi sarapan favorit masyarakat Indonesia. Bubur ayam yang dijual abang-abang pinggir jalan selalu ramai di pagi hari. Namun ada juga yang menjualnya di malam hari. 

Meski namanya bubur ayam namun makanan lezat ini tidak hanya tersedia dengan ayamnya, varian rasa dan topping lainnya juga menambah rasanya jadi lebih enak. 

Cara membuat bubur ayam dengan berbagai varian

Bubur ayam di setiap penjual biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Nah, kalau mau kamu juga bisa kok membuat berbagai varian rasa bubur ayam dengan topping sesuai selera kamu.

Berikut beberapa cara membuat bubur ayam dengan varian rasa dan topping yang enak.

Bubur Ayam Dengan Topping Ati Ayam Kecap

Cara membuat bubur ayam yang pertama adalah dengan menggunakan ati ayam kecap. Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat bubur ayam ati kecap adalah beras, air, garam, kaldu ayam, ati ayam 5 buah, kecap manis, bawang goreng dan ayam rebus.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat bubur ayam dengan ati kecap ini adalah dengan memasak bubur nasinya terlebih dahulu. 

Caranya cukup mudah sekali, kamu tinggal memasukkan beras setelah dicuci ke dalam panci. Berikan air dengan takaran bubur atau berlebih dan kemudian kasih garam dan kaldu bubuk rasa ayam. Setelah itu aduk-aduk hingga rata. 

Setelah buburnya matang, selanjutnya masak ati kecapnya. Rebus dahulu atinya dan kemudian masak dengan kecap dioseng. Setelah matang sisihkan dahulu. Sekarang ayam yang sudah direbus, diambil menjadi helaian dan taruh di atas bubur. Ati ayam kecap diiris-iris. Kemudian tinggal kamu hidangkan dengan sambal. Hmm pasti nyummy banget.

Bubur Ayam Gurih

Pernahkah kamu membuat bubur ayam di rumah namun sepertinya ada yang kurang? Kurang gurih gitu dan tidak seperti bubur ayam yang sering dijual abang-abang.

Nah, kalau kamu penasaran dengan rahasia bumbu yang sering digunakan penjualnbuvur ayam, berikut ini resepnya.  

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah ayam, garam, beras, kaldu bubuk sapi, bawang putih 8 siung, minyak goreng dan daun selederi. Bahan pelengkap lainnya adalah kacang kedelai dan bawang goreng.

Agar rasanya seperti bubur ayam yang dijual abang-abang maka hal pertama yang lakukan pertama adalah membuat rendaman bawang putih agar. Ini rahasianya. Caranya potong kecil-kecil bawang putih dan kemudian masukkan dalam minyak goreng. 

Masukkan minyak gorengnya dalam botol bekas sirup. Kemudian masukkan juga bawang putih lalu diamkan semalaman.

Langkah selanjutnya masak beras dengak kaldu rebusam ayam hingga berubah menjadi bubur. Ayam yang sudah direbus sebelumnya sisihkan dahulu. Beri 1 sendok teh garam dan kaldu bubuk 1 ½ sendok teh. 

Sekarang racik buburnya, masukkan bubur nasi ke dalam mangkuk. Tuang minyak rendaman bawang putih. Berikan irisan ayam dan bawang goreng tambahkan kacang kedelai. Beri kecap manis dan sambal. Bubur ayam gurih siap disantap.

Bubur Ayam Dengan Cakue

Bagi yang sering beli bubur ayam di abang-abang mungkin sudah tahu atau familiar dengan cakue. Namun sebagian pembaca Kamar Kenangan ini pasti masih ada yang bertanya-tanya, makanan jenis apa itu Cakue? 

Jadi Cakue adalah roti goreng dengan rasa asin yang bisa didijadikan topping tambahan untuk bubur ayam. Enak sekali loh cakue ini. Kalau kamu nggak tahu bikin, kamu bisa  beli dulu di penjual cakue. Kemudian buat bubur ayam seperti biasa.

Siapkan beras ayam, garam, kaldu bubuk ayam, daun selederi, bawang goreng dan kecap manis.
Masak berasnya dengan air yang banyak dan aduk-aduk. Berikan sedikit garam dan kaldus bubuk ayam. Setelah itu aduk-aduk hingga jadi bubur. Berikan kecap manis, irisan ayam dan selderi. 

Jangan lupa potong-potong cakuenya dan taburkan di atas bubur, setelah itu aduk dan bubur ayam cakue siap dilahap. Tentu lebih enak makan bubur ayam dengan sambal goreng. Kamu bisa buat sambalnya dengan menumis cabe dan tomat yang sudah diulek. 

Demkian tiga cara membuat bubur ayam dengan berbagai varian yang menarik dan rasa yang menggoda. Bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Salam,

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bubur Ayam dengan Berbagai Varian Yang Enak"

Berlangganan via Email