Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Kelas Pelatihan SEO untuk Pemula di Skill Academy vs Pijarmahir.id

Program kartu prakerja sudah masuk gelombang ke-13. Selamat buat kamu yang lolos dan buat kamu yang belum beruntung, tetap semangat ya. 

Kamu masih bisa lolos kok di gelombang-gelombang selanjutnya. Asal tidak putus saja. Well, daripada galau karena usaha kamu mendaftar kartu prakerja di tiap gelombang belum juga menunjukkan hasil,  kenapa tidak persiapkan diri saja dari sekarang.

Ya siapa tahu gelombang ke-14 nanti kamu yang beruntung menjadi salah satu peserta yang mendapat notifikasi sms dari kartu prakerja. Jadi kamu nggak perlu bingung lagi ketika hendak memilih platform yang akan digunakan untuk mengikuti pelatihan prakerja. 

Atau mungkin kamu belum tahu bahwa selain mendapatkan dana intensif, peserta yang lolos kartu prakerja juga akan mendapatkan dana bantuan pelatihan.

Kalau begitu ada baiknya saya kasih sedikit informasi dulu ya. Jadi kalau misalkan kamu lolos pendaftaran kartu prakerja, kamu bakal dapat saldo sebesar satu juta rupiah.

Saldo tersebut harus kamu gunakan untuk membeli pelatihan di situs kursus prakerja yang dapat membantu meningkatkan skill sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Sebaliknya jika dana tersebut tidak kunjung kamu gunakan berarti kamu sendiri yang rugi. Selain kehilangan kesempatan memperoleh pelatihan secara gratis, kamu juga tidak akan menerima dana intensif yang sudah dijanjikan di awal. Pasalnya syarat untuk pencairan bantuan intensif adalah mengikuti pelatihan.

Pelatihan prakerja ini dapat kamu ikuti di platform kursus online yang bekerjasama secara resmi maupun tidak dengan kartu prakerja, dimama salah satunya adalah Skill Academy by Ruang Guru.

Sekilas Tentang Skill Academy

Siapa yang tidak kenal dengan Ruang Guru? Perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Hingga saat ini Ruang Guru telah memiliki  lebih dari 22 juta pengguna dan 100 bidang pelajaran.

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruang Guru yang dalam jangka waktu satu setahun setelah berdirinya telah digunakan oleh lebih dari 4 juta pengguna dan telah mendapatkan ulasan sebanyak 350.000+ yang semuanya memberi rating 5 sempurna.

Dengan pencapaian tersebut platform yang baru dirintis tahun 2019 ini telah berhasil meraih penghargaan dari Daily Social dan Best Personal Growth App dari Google Play Store.

Seperti yang kita ketahui, Ruang Guru dikenal sebagai bimbingan belajar online untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Nah, Skill Academy ini dikhususkan untuk kalangan mahasiswa, profesional dan umum. Tujuannya adalah untuk meningkatkan technical dan soft skill penggunanya di berbagai bidang.

Kelas Pelatihan SEO untuk Pemula di Skill Academy vs PijarMahir.id

Program Kartu Prakerja telah bekerjasama dengan berbagai platform kursus online. Banyaknya platform digital yang tersedia inilah yang membuat peserta biasanya bingung menentukan pilihan. 

Agar tidak bingung, caranya cukup mudah. Cari satu topik pelatihan yang sama pada dua platform. Lalu kamu tinggal bandingkan berdasarkan informasi yang kamu peroleh di sana. 

Misal saya mencari topik terkait SEO untuk pemula. Saya menemukan topik pelatihan tersebut tersedia di Skill Academy dan PijarMahir.id. 

Berikut ini hasil perbandingan yang saya peroleh :

Tampilan

Dari segi tampilan website Skill Academy berlatar hitam dengan paduan biru. Menurut saya tampilannya cukup unik dan menarik.

Latar selain putih memang jarang digunakan pada website/blog karena dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan mata. But seriously, saya sama sekali tidak terganggu dengan warna tampilan situs Skill Academy. 

Tulisan yang tercantum di sana juga jelas dibaca karena menggunakan font yang kontras. Navigasi pun jelas dan mudah diakses.

Sedangkan pada platform PijarMahir.id menurut saya tampilan websitenya biasa saja, seperti website pada umumnya yang rata-rata memilih background putih.

Judul materi

Pijarmahir.id menawarkan topik pelatihan dengan judul Basic SEO untuk Pemula. Sedangkan Skill Academy dengan topik yang kurang lebih sama hadir dengan judul SEO 101 : Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google"

Khusus poin ini saya ingin bertanya kepada pembaca mana kira-kira judul yang lebih memikat?

Deskripsi


Skill Academy memaparkan deskripsin pelatihannya dengan singkat, jelas dan juga rapi. Saya suka dengan bagaimana cara Skill Academy menjelaskan mengenai detail kelasnya. Boleh dibilang bahasanya cukup menjual.

Bagaiman dengan deskripsi yang tertera pada pijarmahir.id?


Seperti pemberian judul, deskripsi pelatihan juga dijelaskan dengan cara yang to the poin. Selebihnya no comment.

Instruktur


Instruktur yang akan membawakan materi tentang SEO 101 adalah Ilman Akbar yang juga merupakan praktisi SEO. Keterangan mengenai instruksur disampaikan dengan jelas. Intinya instruktur yang membawakan materi SEO di Skill Academy ini memang langsung ahlinya jadi tidak perlu diragukan lagi.

Bagaimana dengan instruktur di pijarmahir.id. Sayangnya tidak ada keterangan jelas mengenai siapa yang akan menjadi mentor atau instruktur  yang akan membawa materi Basic SEO untuk Pemula ini.

Silabus / Topik yang Dibahas



Menurut saya topik yang dibahas di Skill Academy mengenai SEO ini lebih lengkap dan menarik dibanding silabusnya pijarmahir.id.

Menariknya lagi Skill Academy juga memberikan bonus tambahan yang tidak ada pada pijarmahir.id

Harga dan durasi waktu

Dengan materi yang padat dan dapat bonus tambahan belajar SEO di Skill Academy menghabiskan waktu selam 5 Jam 27 menit. Jadi kalau ditanya harga mungkin kita akan mengira harga kursus SEO di Skill Academy jauh lebih mahal.

Durasi kursus di pijarmahir.id 3-4 jam dengan materi yang tidak lebih banyak dari materi yang diberikan Mas Ilman Akbar. Harga yang perlu dikeluarkan untuk membeli pelatihan ini di pijarmahid.id adalah sebesar Rp300.000, -Sementara di Skill Academy kami hanya cukup mengeluarkan Rp272.000,-

Oke, setelah membaca ulasan di atas pastinya kamu sudah bisa menyimpulkan sendiri kan mana platform yang sebaiknya kamu pilih jika ingin belajar tentang SEO.
Kamu juga bisa membandingkan dengan topik pelatihan yang lain. Mungkin khusus topik ini Skill Academy lebih unggul tapi bisa jadi di topik yang lain Pijarmahir yang terdepan. Setiap platform pelatihan online memang punya keunggulan masing-masing.
Jadi tugas kita tinggal memilih mana platforn yang tepat dan terbaik buat kita. 

Posting Komentar untuk "Review Kelas Pelatihan SEO untuk Pemula di Skill Academy vs Pijarmahir.id"

Berlangganan via Email