Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai dan Melepas Softlens Agar Tidak Kering dan Iritasi

Cara memasang dan melepas softlens agar tidak kering dan iritasi

Cara memakai dan melepas softlens agar tidak kering dan iritasi perlu diketahui pemula. Penggunaan softlens tidak boleh asal. Setidaknya sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak kamu sudah harus tahu langkah-langkah yang tepat terkait penggunaannya.

Softlens adalah alat bantu yang umumnya digunakan oleh orang-orang yang memiliki masalah penglihatan seperti rabun jauh. Dibanding menggunakan kacamata, penggunaan softlens memang terlihat lebih menarik.

Bahkan saat ini minat penggunaan softlens semakin meningkat di kalangan perempuan karena dapat menunjang penampilan penggunanya. Itulah sebabnya banyak pula perempuan yang menjadikan softlens sebagai aksesoris wajib yang digunakan di hari bahagianya.

Saya juga dulu sempat beli softlens yang rencananya bakal saya gunakan di hari pernikahan. Namun sayang sekali hanya karena tidak tahu cara pemakaian yang benar dan khawatir mata iritasi saya akhirnya batal menggunakan lensa kontak tersebut.

Oleh sebab itu tidak cukup hanya dengan mengetahui tips memilih softlens terbaik untuk mata. Jangan sampai kamu juga mengalami hal serupa. Beli softlens tetapi ujung-ujungnya nggak kepakai.

Jadi sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak, minimal kamu sudah punya gambaran bagaimana cara pemakaiannya termasuk melepas softlens dengan tepat agar mata tidak kering dan iritasi.

Cara memakai softlens agar tidak kering  dan iritasi untuk pemula

Umumnya softlens terbuat dari campuran plastik khusus dengan air. Dengan bahan dasar tersebut oksigen dapat melewati lensa menuju kornea mata sehingga mata tetap merasa nyaman, tidak kering, dan tetap sehat. 

Salah satu penyebab penggunaan softlens menimbulkan iritasi atau kering karena mata tidak mendapat oksigen yang cukup. Bahkan penggunaan lensa kontak yang salah dapat membuat kornea mata  membengkak, mengganggu penglihatan dan juga gangguan lain yang lebih serius, seperti keratitis. Demikian penjelasan yang saya baca dari situs alodokter.

Lalu bagaimana cara memakai softlens yang tepat agar tidak kering hingga perih? 

Berikut cara memakai lensa kontak yang benar dan tepat ; 

Membersihkan tangan sebelum menggunakan softlens

Langsung memegang dan menggunakan softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan kuman penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens dan berakhir di mata.

Jadi pastikan sebelum menggunakan softlens kamu sudah mencuci tangan dengan sabun lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Kemudian, keringkan seluruh bagian tangan sebelum melakukan langkah memakai softlens selanjutnya.

Bersihkan softlens dengan cairan pembersih khusus sebelum digunakan

Khusus untuk sepasang softlens yang masih baru tidak perlu sering-sering dibersihkan karena kecil kemungkinan risiko terjadinya infeksi mata saat digunakan. 

Beda halnya dengan softlens lama. Meski disimpan dalam kondisi terendam tetap perlu dibersihkan lagi saat akan digunakan. Pastikan kamu membersihkannya dengan  cairan pembersih lensa kontak, bukan dengan air mengalir ya.

Ambil softlens dengan ujung jari lalu pasang ke mata 

Cara selanjutnya ambil softlens menggunakan ujung jari. Gunakan ujung jari telunjuk kanan untuk memasang softlens pada mata kiri dan  gunakan jari telunjuk kiri untuk memasang softlens pada mata kanan. Atau kamu bisa menggunakan ujung jari lain yang menurut kamu paling nyaman.

Ketika diambil dari wadahnya posisikan softlens berbentuk "U" sempurna seperti mangkuk. Hindari posisi softlens terbalik atau berbentuk setengah lingkaran sempurna. 

Selanjutnya buka dan tahan bagian bawah kelopak mata dengan jari. Sambil menghadap ke cermin, buka, tarik, dan tahan bagian atas dan bawah kelopak mata secara bersamaan menggunakan jari tangan lainnya.

Letakkan softlens pada bagian hitam bola mata dengn lembut dan perlahan. Langkah terakhir pejamkan mata beberapa saat lalu kedipkan beberapa kali hingga mata kamu  terasa nyaman. Softlens yang kamu gunakan akan  otomatis menyesuaikan posisi pada bagian tengah bola mata.

Demikian langkah-langkah memakai softlens yang benar dan dapat menghindari kamu dari risiko iritasi dan kering.

Cara melepas lensa kontak yang tepat

Setelah mengetahui cara memakai softlens yang benar, kamu juga perlu tahu cara melepas lensa kontak yang tepat.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Bersihkan dan keringkan tangan

Tidak hanya ketika hendak memasang, sebelum melepas lensa kontak pun kamu harus membersihkan kedua tangan menggunakan sabun dan air mengalir terlebih dahulu. Kemudian, keringkan kedua tangan menggunakan handuk bersih.

Lepaskan lensa kontak dengan lembut dan hati-hati

Gunakan jari tengah atau jari yang menurut kamu paling nyaman lainnya untuk menarik kelopak mata bawah.  Kemudian Arahkan bola mata ke atas atau ke samping.

Selanjutnya gunakan ujung jari telunjuk atau jari kamu yang nyaman untuk mengambil lensa kontak. Ambil lensa dengan lembut ke bagian putih mata. Cubit lensa kontak tersebut menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, lalu keluarkan lensa kontak dari mata.

Bersihkan softlens dengan cairan pembersih
Setelah softlens berhasil dilepas, letakkan pada telapak tangan dan basahi dengan cairan pembersih khusus lensa kontak. 

Gosok perlahan softlens tersebut selama kurang lebih 30 detik untuk membersihkannya dari sisa-sisa kotoran atau minyak yang mungkin menempel. Kemudian bilas dan kembalikan softlens pada wadahnya. Lakukan langkah  yang sama pada sisi mata lainnya.

Jika penggunaan softlens membuat mata tidak nyaman

Pertanyaan yang muncul kemudian bagaimana jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah memakai lensa kontak di atas namun mata kamu merasa tidak nyaman?

Bagi pemula atau yang belum pernah menggunakan lensa kontak sama sekali rasa tidak nyaman yang muncul itu sebenarnya adalah hal yang wajar.

Akan tetapi ketika ketidaknyamanan itu justru menimbulkan gatal hingga menyebabkan iritasi maka mungkin ada hal yang keliru baik dalam pemasangan maupun dari kontak lensanya sendiri.   

Bila hal tersebut terjadi kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Jangan menggosok mata

Jika rasa tidak nyaman menimbulkan gatal usahakan kamu jangan sampai menggosok mata. Menggosok atau mengucek mata hanya dapat merusak softlens dan membuat kamu merasa lebih tidak nyaman

Lepaskan softlens dan bersihkan ulang

Lepas lensa kontak dengan tangan yang sudah dicuci dan dalam keadaan kering. Bilas kembali softlens menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak.

Mungkin saja karena masih ada debu atau kotoran yang menempel pada softlens sehingga menyebabkan kamu merasa tidak nyaman.

Periksa kembali lensa kontak

Sebelum dipasang periksa lensa kontak dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada kerusakan robek. Apabila softlens sudah robek, sebaiknya buang dan gunakan yang baru. Sebaliknya jika lensa kontak tidak robek, kamu bisa lakukan cara memakai softlens kembali dengan hati-hati setelah dibilas dan dibersihkan.

Hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter spesialis mata

Jika lensa kontak masih terasa tidak nyaman meski sudah dibersihkan dan tidak ada kerusakan maka hentikan penggunaan softlens. Selanjutnta akan lebih baik jika kamu konsultasikan langsung dengan dokter spesialis mata.

Namun sebelum menghentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata saya ingin menyarankan atau merekomendasikan ke kalian untuk mencoba terlebih dahulu menggunakan softlens tersehat dan alami dari brand Miacare, ahlinya Silicone Hydrogel (SiHy) softlens.

Miacare, Rekomendasi Softlens Terbaik untuk Mata Agar Tidak Kering dan Iritasi

Softlens miacare
Softlens miacare

Dengan meningkatnya minat penggunaan softlens maka tentu ada banyak juga softlens dari berbagai brand yang muncul di pasaran. Salah satunya adalah softlens dari brand Miacare.

Kenapa saya merekomendasikan softlens miacare? Jawabannya karena softlens dari brand asal Taiwan ini telah menggunakan teknologi terbaru, Eutrasil Technology.

Bahkan softlens Miacare merupakan No.1 Healthy and Charming Softlens in the world.  Berbeda dengan softlens pada umumnya, Miacare sudah menggunakan Silicone Hydrogel (SiHy) yang memberi jaminan dalam pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika dipakai dalam waktu lama. 

Bahkan softlens ini bisa tetap nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan merasa tidak nyaman atau mengalami mata kering dan iritasi karena dipastikan sirkulasi udaranya untuk mata tetap ada.

Selain itu nilai plusnya lagi teknologi EutraSil yang dimiliki softlens Miracle ini merupakan formula yang dapat melindungi mata dari sinar UV. 

Perlu diketahui juga bahwa mencari softlens terbaik untuk mata tidak hanya dilihat dari warna dan water contain-nya saja. Kamu juga harus melihat oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t.

Nah, softlens ini memiliki DK/t 193 yang menjadi tertinggi di dunia untuk CONFiDENCE Monthly (Flash) yang tersedia dengan tiga warna yaitu Daisy pink, Icy Blue dan Ashley Grey.

Sedangkan untuk CONFiDENCE Daily (simmer) mencapai DK/t 151 yang juga tertinggi pada kelasnya. Tipe ini juga memiliki tiga warna yaitu Ocean Blue, Pearl Grey, dan Hazel Nude.

Softlens Miacare juga sudah terdaftar di Kemenkes jadi benar-benar aman pemakaiannya. Maka dengan semua keunggulan tersebut, tidak ada salahnya kamu menjatuhkan pilihan pada softlens  paling sehat dan cantik alami ini.

Kamu bisa order softlens warna SiHy ini di akun dr.Hsieh Official yang ada di Shopee. Demikian ulasan saya mengenai cara memakai softlens agar tidak kering dan perih. Cari softlens terbaik untuk mata? Miacare bisa jadi solusinya. Sekian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

45 komentar untuk "Cara Memakai dan Melepas Softlens Agar Tidak Kering dan Iritasi"

  1. Memang katanya pakai softlens itu harus tahu benar cara memasang dan melepasnya. Juga pastinya ekstra hati-hati dibandingkan kalau pakai kacamata. Soalnya salah, mata jadi iritasi ya, Mbak.
    Saya juga pernah baca, jangan sembarangan membeli softlens. Termasuk yang buat gaya itu.

    BalasHapus
  2. Baruuuu aja di lapak salah satu teman blogger aku baca review soal softlens. Aku selama 34 tahun ini gak pernah sekali pun pakai softlens mba. Hehehe. Tapi jujur, kalo lihat teman-temanku make ini, kok senang yaaa. Mereka jadi upgrade cantiknya. Hihihi. Hebat ya, softlens Miracle ini menggunakan teknologi EutraSil untuk melindungi mata dari sinar UV. Jadi gak waswas makainya.

    BalasHapus
  3. Aaaaa tetep belum berani pake softlens, tapi artikel ini setidaknya menambah pengetahuan saya soal cara memakai dan melepas softlens yang benar. Terima kasih mbak atas informasinya.

    BalasHapus
  4. Wah boleh deh ntar cek cek ke sana soalnya ntar Insya Allah saat jadi pengantin Ovi pun ingin memakai softlen juga hihi. Biar makin wadidaw

    BalasHapus
  5. Deg-degan kalau udah pas baca cara pakainya. Soalnya belum pernah mencoba pakai soft lens. Meski tertarik dengan warna warninya hehe

    BalasHapus
  6. Saya masih agak takut-takut saat menggunakan softlens. Tapi rasanya emang pingin banget. Kayaknya tu lebih cakep gitu kalau pake softlens. Kan saya pingin cakep juga. Hehehe

    BalasHapus
  7. Wah sebagai orang yang belum pernah pakai softlens, setelah baca ini setidaknya jadi punya bayangan gimana cara pakai dan lepas softlens yang aman

    BalasHapus
  8. Artha Nugraha Jonar16:16

    Dulu sempat berusaha menggunakan softlens. Banyak kendala, yang pertama gak tahu cara pakainya, dan yang kedua mata terasa perih. Padahal terkadang pengen banget bisa pakai softlens juga supaya lebih praktis

    BalasHapus
  9. Dulu khatam banget pakai dan lepas softlens saking sukanya pakai softlens. Sekarang udah nggak pernah lagi, entah masih inget atau enggak ya. Ini tipsnya bermanfaat sekali untuk yang baru mulai pake softlens.

    BalasHapus
  10. Jujur saya belum pernah memakai softlens jadi tidak tau softlens bisa kering atau bahkan bisa buat iritasi, tapi saya pernah lihat kakak saya pakai softlens, selang beberapa jam dipakai mata nya langsung perih, ini menandakan bahwa harus serius dalam memilih softlens yang bagus, karna ini berkaitan dengan fungsi mata secara langsung.

    BalasHapus
  11. Kepengen pake banget sebenarnya pake softlens tapi belum dikasih ni. Belum lagi, saya masih agak ngeri ngebayangin kalo softlens lupa dicabut saat tertidur.
    Tapi penasaran sama miacare. tampaknya dengan teknologi eutrasil bikin mata gak kering ya kak.

    BalasHapus
  12. ah iya, dulu oast pake softlens aku juga seperti itu waktu pasang dan lepas
    dan emang pilih softlens nggak bisa sembarangan ya mbak

    BalasHapus
  13. Kadang pengen nyobain gimana rasanya punya penampilan berbeda dgn warna mata yg berbeda. Tapi bayangin masang softlens kok ngeri, hehe. Masangnya aja blm berani apalagi melepaskannya, lebih gak kebayang lagi...
    Emang kudu ekstra hati-hati ya Mbak, masang/melepas softlens gak boleh sembarangan, biar aman

    BalasHapus
  14. Aku belum berani deh pakai softlens karena suka garuk garuk mata soalnya hehe

    BalasHapus
  15. Aku masih nggak berani pakai softlens. Padahal kalau lihat beberapa teman pakai kok tampak fresh gitu hehe.

    Oh iya aku tahu nih merk Miacare, karena ada teman yang pernah cerita tentang merk softlens yang dia gunakan.

    BalasHapus
  16. Kalau lihat teman-teman yang pakai softlens tuh, kok kayaknya gampang aja pasang-lepasnya. Udah terbiasa kali yaa mereka. Dan gak sembarangan yaa, emang mesti hati-hati

    BalasHapus
  17. Kirain selama ini orang beli softlens asal apa aja ternyata memang harus memilih yang berkualitas dan sehat untuk kornea ya Mbak

    BalasHapus
  18. Softlens jadi tren nih. Gak hanya kebutuhan tapi sebagai penampilan juga. kudu tau trik masang soft lens. Softlens Miacare yang sudah terdaftar di Kemenkes bisa jadi pilihan nih

    BalasHapus
  19. ternyata sangat mudah banget melepas softlens, jadi tangan harus serba bersih dan juga harus pelan" membuka softlens nya, informasi yang bagus

    BalasHapus
  20. saya sudah pernah latihan mba, sengaja beli softlens buat trial wkwkk trus beli cairan dan tempatnya segala, sambil berkali2 liat youtube, tapi kok masih gagal ya, berkali2 mencoba akhirnya saya menyerah ga mau beli2 softlens buat di pakai latihan lagi

    BalasHapus
  21. kadang kalo gak ngikutin tahap-tahap yang benar dalam memakai dan melepas softlense bisa bikin mata jadi iritasi trus perih

    BalasHapus
  22. Aku suka pake softlens tapi males unt ngerawatnya krn aku pake sesekali aja. Tapi sekarang udh bisa buka softlens ga pake ribet hihihi. Yg penting cuci tangan biar ga iritasi.

    BalasHapus
  23. pakai sofltlense mesti apik dan bersih,penting banget soalnya mata sensitif kan , bahaya kalau tidak higienis

    BalasHapus
  24. Keren banget nih softlens nya ada perlindungan dari sinar UV juga ya, keliatannya nyaman untuk dipakai, aku juga pengguna sotlens, bisa jadi pilihan softlensku berikutnya, thanks infonya ya

    BalasHapus
  25. Dengan softlens warna iris mata bisa diubah ya. Kalau orang kita kan rerata warna irisnya coklat, bisa jadi biru gitu kalau pakai softlens. Tapi yang terpenting memang keamanan dari softlens tersebut, beruntungnya Miacare menjamin itu

    BalasHapus
  26. Pengen coba-coba deh pakai softlens buat merasakan gimana punya mata biru kayak bule hihi.. Pakainya harus hati-hati dan merawatnya juga seksama ya..

    BalasHapus
  27. kalo liat tutorialnya kayaknya gampang banget gitu tapi dipake sendiri susah banget, aku cuma sekali pake softlense waktu make up pengantin aja hehe

    BalasHapus
  28. Aku juga suka pakai mba soalnya senang yang warnanya ungu hehehe. I usually wear them on special occassions

    BalasHapus
  29. seumur-umur aku belum pernah pakai softlens, bermanfaat banget mba ini postingnya untukku. Aku baru tahu juga kalau memasang softlens pun gak bisa seenaknya dan merawatnya juga diperlukan agar softlens tetap baik untuk digunakan kembali kemudian

    BalasHapus
  30. aku sampai sekarang belum nemu softlens yang bisa dipake lama di mata ku.. jadi pengen coba miacare ini, penasaran sama yang daily nya ^^

    BalasHapus
  31. Ini produk udah berseliweran dari kemarin, super kepoooo :) semoga bisa coba next ah!

    BalasHapus
  32. penyakitnya kadang suka iritasi

    BalasHapus
  33. Pas awal pakai softlens juga sama hahaha. Setelah dilepas mataku jadi agak merah. Bener mesti hati-hati sih.

    BalasHapus
  34. Aku udh lama bgd ga pake softlens. Jd pengen coba lagi

    BalasHapus
  35. Duluuuu pas nikah aku pake softlens. Tapiii ya Allah, aku ga nyangkaaaaa kalo masangnya susah beneeeer wkwkwkwkkw.

    Ngeliat adikku pake, kok kayaknya gampang, pas dipasang. Trus nyoba sendiri, astahgfirulla, sampe keringetan . Butuh 30-45 menit utk 1 mata. Wkwkwkwkwk

    Tp memang kalo udh pake softlens, mata berasa cantik aja :D . Aku ga lama pake ini, Krn memang ga telaten juga. Pernah sampe kering itu softlens nya. Sejak itu, ya sudahlaah balik ke kacamata lagi :p.

    Walopun kdg msh kepengen bgt pake beginian. :D. Cuma inget pas masang, jd mundur lagi hahaha

    BalasHapus
  36. aku biasa make softlens udah cukup lama tapi emang sih masih aja takut takut tiap proses pasang lepasnya itu, mungkinkrna contact lgsg ke mata kali ya

    BalasHapus
  37. Pemakaian softlense memang mesti hati-hati, terlihat mudah tapi jangan sampai lupa soal kehigienisannya. Perkara mata ini penting banget lho, jangan sampai iritasi atau terluka

    BalasHapus
  38. Mana suaranya yang belum pernah pake softlens? Aku belum pernah pake softlens, jangankan make, liat temen pake softlens aja ngeri, gimana dong ini? Haruskah aku mencoba sekarang juga?

    BalasHapus
  39. Aku udlu juga menggunakan softlens saat kuliah, sesekali.
    Kalau sedang lelah, prefer pakai kacamata.
    Sekarang softlens makin banyak yang nyaman dan juga modelnya keren-keren kalau dipakai.

    BalasHapus
  40. Huuhuuu.. Saya mi ini paling nda bisa pake softlens.
    Tempo hari pengen coba pake, biar mataku cantik kayak horang2, tapi Ya Allah.... Susahnya masuk! Haha.. Mataku sampe merah, berair.
    Akhirnya batal deh pake softlens, soalnya masukinnya aja susah.

    BalasHapus
  41. Awalnya dulu pertama kali pake nggak enak, tapi hepi tanpa kaca mata akhirnya
    cuma aku pakenya pas ada acara tertentu macem nikahan gitu Kak. Sekarang udah ga pernah lagi. Wajib banget pake yang berkualitas sih setuju diriku.

    BalasHapus
  42. Wah ternyata gak asal-asalan ya mbak pakai softlens ini, kalo aku termasuk orang yang gak pernah pake softlens mbak. Tapi adek ku dia sering banget pake. Izin share tulisannya ya mbak, bermanfaat banget nih untuk adek ku yang juga pengguna softlens

    BalasHapus
  43. Ah ada brand softlens baru lagi nih. Harganya kira2 berapaan ya sis? As a softlens user mau jg nyoba2 brand lain

    BalasHapus
  44. Aku kok ga bisa pake softlens ya mba, blm make udah takut duluan. ngeri aja sesuatu dimasukin ke mata gitu. Soalnya pernah liat teman aku pake kok rada ribet juga, hihi *dasar aku aja yg ndeso ya mbaa

    BalasHapus
  45. pengen banget pake softlens karena warnanya yang cantik-cantik tapi apa daya tangaku basah terus, jadi berisiko ada kotoran yang menempel huhuhu
    Tapi aku juga jabrah seih orangnya hehhehe

    BalasHapus