Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Praktis Membuat Laporan Keuangan dalam Bisnis

 
Tips praktis membuat laporan keuangan dalam bisnis

Ada banyak contoh aplikasi keuangan bagus salah satunya adalah aplikasi Majoo, selain itu  apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membuat laporan keuangan yang simpel? 

Percuma saja jika kamu sudah menggunakan aplikasi mahal tetapi tidak tahu bagaimana menggunakannya untuk membuat laporan. 

Aplikasi akuntansi berfungsi memudahkan kamu untuk membuat laporan, tapi sebelumnya kamu perlu tahu bagaimana cara membuat laporan itu sendiri. 

Laporan keuangan adalah bagian yang sangat penting dalam bisnis, jadi kamu perlu tahu bagaimana membuatnya agar mudah dibaca.

Tips Mudah Membuat Laporan Keuangan 

Fungsi dari laporan keuangan dalam bisnis adalah bukti pertanggungjawaban dari operasional bisnis selama beberapa periode. Jika perusahaan tersebut memiliki stakeholder maka laporan akan dikirim untuk mereka. 

Baik perusahaan berskala kecil atau besar harus memiliki laporan keuangan ini. Karena melalui laporan ini kondisi keuangan usaha akan terpapar dengan jelas. Sehingga jika terdapat operasional yang harus diperbaiki akan mudah diketahui. 

Tahapan pembuatan laporan secara umum adalah pencatatan transaksi, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo, pengumpulan data untuk jurnal, penyusunan neraca lajur dan terakhir laporan keuangan. 

Laporan keuangan pun ada beberapa jenis seperti laba rugi, perubahan modal, neraca dan juga arus kas. Supaya semua tahapan tersebut berjalan dengan lancar Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Semua Pengeluaran dan Pemasukan Perlu Dicatat

Setiap harinya usaha kamu pasti akan melakukan transaksi keluar dan masuk. Baik itu pembelian atau penjualan ke konsumen harus dicatat dengan terperinci. Lupa dalam mencatat transaksi ini adalah perilaku buruk yang harus dihindari.

Beberapa alasan karena malas atau terlalu banyak transaksi harus diatasi karena data transaksi ini sangat penting. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi kasir yang terintegrasi pada aplikasi keuangan. 

Jadi kamu hanya perlu memasukan data transaksi ke dalam aplikasi kasir kemudian data tersebut otomatis masuk ke aplikasi keuangan. Tak ada lagi kata malas dan terlalu banyak transaksi sehingga lupa untuk dicatat. 

Selalu Membuat Laporan Tepat Waktu

Sebuah laporan keuangan tidak boleh terlambat dibuat. Baik itu laporan harian, mingguan hingga bulanan. Komitmen dalam membuat laporan ini harus dipenuhi untuk menciptakan nilai sehingga laporan masih berfungsi.

Misalnya saja jika laporan hari Senin seharusnya dilaporkan sore hari namun terlambat menjadi hari Selasa. Maka laporan tersebut berkurang nilainya untuk bisa menciptakan strategi marketing di hari berikutnya. 

Kamu akan ketinggalan dengan pelaku bisnis lainnya hanya karena masalah laporan yang terlambat. Jadi jika sudah berkomitmen dan menentukan waktu pelaporan harus dikerjakan tepat waktu. 

Memiliki Sistem Akrual daripada Kas

Dalam ilmu akuntansi terdapat dua model pencatatan yang biasanya dipilih dalam pembuatan laporan keuangan. Kedua sistem itu adalah akrual dan juga kas, di mana keduanya selalu dipilih salah satu. 

Sistem laporan kas fokus pada pencatatan mengenai keluar dan masuknya kas perusahaan. Model laporan kas memang sangat mudah dan simpel, jadi sebagian besar pelaku usaha kecil menggunakannya. 

Beda lagi dengan sistem akrual yaitu pencatatan yang lebih luas bukan hanya kas perusahaan saja. Pada laporan akrual ada beberapa hal yang dilaporkan lainnya seperti utang piutang. 

Kelengkapan laporan ini membuatnya jadi lebih maksimal untuk digunakan. gambaran lengkap dari laporan membuat transaksi keuangan lengkap dan akurat. 

Penjelasan Laporan Harus Detail

Tips selanjutnya adalah pada saat membuat laporan tambahan beberapa penjelasan detail. Adaya penjelasan ini memudahkan siapa saja yang membacanya mengetahui gambaran keuangan perusahaan. 

Tidak perlu banyak pertanyaan kepada si pembuat laporan sehingga bisa mempersingkat waktu. Penjelasan ini juga harus dibuat dengan teliti sehingga tidak membuat timbulnya pertanyaan berlebih. 

Memanfaatkan aplikasi akuntansi

Terakhir adalah manfaatkan software atau aplikasi akuntansi yang mempercepat proses input. Bagi usaha kecil kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi keuangan gratis untuk memperlancar pembuatan laporan. 

Apabila aplikasi gratisan sudah dianggap memiliki keterbatasan dalam hal fitur, mulailah untuk menggunakan aplikasi berbayar. Dengan adanya aplikasi berbayar data laporan akan tersimpan di cloud jadi lebih aman. Laporan juga dibuat dalam bentuk digital. 

Pentingnya pembuatan laporan keuangan perusahaan memang tidak bisa dianggap remeh. Kamu harus tahu bagaimana pembuatan yang tepat dan lengkap. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya.

Salam, 

Posting Komentar untuk "Tips Praktis Membuat Laporan Keuangan dalam Bisnis "

Berlangganan via Email