Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Memilih Ziarah Religi bersama TRAC

Simak yuk ulasan saya mengenai 5 alasan memilih ziarah religi bersama TRAC yang  tidak hanya memberi keamanan dan kenyamanan, tetapi juga praktis karena dapat diakses lewat aplikasi TRAC To Go.


Tanggal 15 April kemarin usia pernikahan saya dan suami menginjak tahun keempat. Itu artinya sudah 4 tahun juga saya meninggalkan kampung kelahiran.

Setelah menikah saya memutuskan resign dari pekerjaan sebagai guru honorer di Papua dan hijrah ikut  suami ke Makassar. Sejak saat itu saya belum pernah pulang kampung. Oh ya kampung kelahiran saya di Serui, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Yapen. 

Jaraknya memang jauh, terbentang antar Pulau. Harus lewat jalur laut atau udara kalau mau ke sana. Itulah alasan kenapa saya nggak bisa sering-sering menjenguk orang tua. Apalagi di tahun pertama setelah menikah saya hamil anak pertama, lalu di tahun berikutnya hamil lagi, anak kedua.

Akhirnya keinginan mudik dan lebaran bersama orang tua di Bumi Cendrawasih tempat baru bisa saya rencanakan tahun 2020 kemarin. 

Qadarullaah rencana mudik lebaran tahun lalu batal karena pandemi COVID-19. Rencana pulang kampung tetap ada, namun entah kapan terealisasi.

Seperti yang teman-teman ketahui tahun ini pemerintah mengeluarkan aturan mengenai larangan mudik 2021 untuk mencegah penularan virus corona.

Aturan tersebut jelas akan membuat kita lagi-lagi merasa sedih dan harus kembali menahan rindu karena belum bisa berkumpul bersama keluarga yang tinggal berjauhan di hari idul fitri nanti. 

Namun demi kebaikan bersama kita harus patuh dengan aturan pemerintah. Sampai saat ini pandemi belum berakhir sehingga sudah menjadi tugas kita untuk membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19.

Lagipula meski pemerintah melarang mudik, bukan berarti kita tidak bisa keluar jalan-jalan, kan? Setidaknya kondisi pandemi 2021 tidak sama seperti awal COVID-19 masuk ke Indonesia. 

Dimana saat itu selama tiga bulan berturut-turut termasuk bulan ramadan, kita dianjurkan hanya tinggal di rumah saja. Bahkan di bulan puasa tahun lalu, jangankan mudik, tarawih di masjid pun dilarang.

Alhamdulillah ramadan kali ini kita sudah diperkenankan untuk melakukan ibadah tarawih di masjid. Kita juga sudah diberi kelonggaran untuk beraktivitas di luar rumah, termasuk ketika ingin bepergian atau mengunjungi destinasi wisata asal tetap mematuhi protokol kesehatan.

Nah, daripada galau mikirin rencana mudik yang tahun ini masih belum terlaksana, kenapa tidak memanfaatkan momen ramadan atau hari libur lebaran untuk melakukan ziarah religi dengan rombongan keluarga atau sahabat. Pasti sangat seru dan mengasyikkan. 

Alasan Memilih Ziarah Religi Muslim Bersama TRAC

Bus TRAC
Gambar : trac.astra.co.id

Dilansir dari kbbi, ziarah adalah kunjungan ke tempat keramat atau yang dianggap mulia. Maka yang dimaksud dengan ziarah religi muslim adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang berkaitan dengan agama Islam.

Di Indonesia sendiri, terutama di pulau Jawa ada banyak destinasi wisata religi muslim yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Jakarta hingga Jawa Barat, tersebar jejak-jejak bersejarah peninggalan para sunan dan tokoh-tokoh agama yang memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Jejak-jejak tersebut dapat kamu temukan dalam bentuk makam-makam keramat dan mesjid-mesjid bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi dan memukau.

Tentunya ada kesan tersendiri yang dapat kamu rasakan ketika melakukan wisata religi dibanding wisata pada umumnya. Selain itu, dengan melakukan ziarah religi jelas dapat menambah wawasan kamu mengenai sejarah Islam di Indonesia yang selama ini mungkin hanya kamu dapatkan dari pelajaran sejarah dan agama saat masih duduk di bangku sekolah.

Nah, kalau ingin ziarah religi di masa pandemi akan lebih baik bila menyewa bus khusus dan  perginya rombongan bersama orang-orang terdekat seperti dengan keluarga, sahabat atau tetangga. Tujuannya untuk menghindari berkerumun dengan orang-orang asing yang dapat memicu penyebaran COVID-19.

Well, kamu bisa memercayakan perjalanan wisata religi kamu dan rombongan pada TRAC, salah satu anak perusahaan dari ASTRA yang awalnya merupakan layanan rental mobil dan kini telah hadir dengan layanan sewa bus pariwisata.

Mengapa memilih TRAC? Berikut ini beberapa alasannya :

Memiliki paket ziarah religi yang beragam

Ketika merencanakan ingin melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata religi bersama TRAC tentu kamu dan rombongan tidak akan bingung karena layanannya paket komplit.

TRAC memberikan paket ziarah religi dengan layanan konsultasi agenda wisata sesuai dengan peraturan perundang-undangan perjalanan di masa pandemi untuk kebutuhan pelanggannya.

Sangat menarik, kan? Nggak hanya paket ziarah yang beragam, tetapi kamu juga bebas tanya-tanya atau konsultasi terkait agenda wisata yang aman di saat pandemi.

Paket ziarah religi TRAC sendiri terbagi atas beberapa zona, yaitu :

Zona Religi One Day Trip 

Paket pertama adalah zona religi dengan  perjalanan satu hari dan biaya sebesar  Rp 3.500.000 per orang.

Paket wisata religi  di zona ini meliputi :
  • Ziarah Banten (Jakarta-Banten) yang memakan waktu 16 jam perjalanan dengan tujuan Masjid Agung Banten, Gunung Santri, Batu Quran.
  • Ziarah Wali 5 (Surabaya-Gresik-Tuban) dengan destinasi Sunan Bungkul, Drajat, Ampel, Gresik, Bonang, dan Masjid Tiban Turen 

Zona Religi Overland

Paket ziarah selanjutnya adalah Zona religi dengan lama perjalanan lebih dari sehari. Paket wisata dengan Zona Religi ini terdiri atas :
  • Zona Religi Ziarah 9 Wali Start from Jakarta. (Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah) dengan tujuan Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Sunan Ampel, Sunan Gresik, dan diselingi dengan agenda wisata dengan biaya Rp 3.955.000. Lama perjalanan 6 hari 7 malam
  • Zona Religi Ziarah 3 Wali Start from Jakarta (Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah) dengan tujuan Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kalijaga, dan diselingi dengan agenda wisata dengan biaya Rp 4.000.000. Lama perjalanan 3 hari 2 malam.
  • Zona Religi Ziarah Panjalu (Jakarta, Jawa Barat) dengan tujuan Cirebon, Panjalu, Pamijahan, dan diselingi dengan agenda wisata dengan biaya Rp 3.999.000. Lama perjalanan 2 hari 1 malam.
Kamu bisa jelajahi zona-zona ziarah religi muslim bersama keluarga dan sahabat dengan paket perjalanan TRAC Bus Services yang selalu menjaga penumpangnya tetap aman dan nyaman, mulai dari Rp.3,5jt. Tinggal kamu pilih dan sesuaikan dengan budget atau kebutuhan.

Tersedia berbagai pilihan bus dengan fasilitas mumpuni

Alasan selanjutnya yang juga patut menjadi pertimbangan kamu adalah keamanan dan kenyamanan transportasi. TRAC menyewakan bus dengan berbagai unit dan fasilitas yang mumpuni.

Ada unit small bus, medium bus dan big bus dengan fasilitas berupa LCD, AC, TV, DVD player, sound system, soket listrik, bagasi, dan tentunya ada kursi penumpang yang nyaman.

Menerapkan SMART PROTOCOL

Tidak perlu was-was melakukan perjalanan bersama TRAC di masa pandemi karena bus pariwisata ini telah menerapkan SMART PROTOCOL (Sanitizer, Wear  a Mask and Ready To Go).
  • Unit bus selalu dicuci dan dibersihkan dengan desinfektan setelah dan sebelum dipakai
  • TRAC selalu fokus pada kebersihan di seluruh proses operasional dan organisasi mengacu pada Perlaku Hidup Bersih Sehat (PHBS)
  • Pengemudi yang bertugas telah melalui penyaringan kesehatan (suhu tubuh normal, tidak memiliki gejala batuk, flu, sakit tenggorokan, atau gangguan pernapasan)
  • Pengemudi meminimalisir kontak fisik dengan penumpang dan menggunakan masker serta sarung tangan
  • TRAC selalu menyediakan hand sanitizer dalam setiap unit
  • Pengemudi selalu menggunakan sarung tangan setiap membawa barang bawaan penumpang

Praktis, Tinggal Pesan Lewat Aplikasi TRAC To Go

Satu lagi alasan sekaligus menjadi keunggulan dari TRAC. Tidak hanya memberi keamanan dan kenyamanan, tetapi sewa bus di TRAC juga sangat praktis, karena dapat dilakukan lewat aplikasi bernama TRAC To  Go.

Bukan hanya untuk sewa bus, kalau misal kamu ingin sewa mobil, motor dan berminat dengan berbagai paket wisata lainnya kamu tinggal melakukan pemesanan melalui aplikasi tersebut.

Jadi, buat kamu yang merencanakan wisata religi, ataupun butuh kendaraan untuk antar-jemput ke dan dari bandara, cukup dengan aplikasi TRAC To Go maka semua bisa dilakukan hanya dalam genggaman. 

Aplikasi TRAC To Go ini bisa kamu unduh  di Google Playstore dan Appstore ya. Berikut ini  linknya :



Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket wisata, fasilitas kendaraan, jenis kendaraan, dan layanan TRAC, kamu bisa menghubungi Customer Assistance Center TRAC di 1500009 dan 08111177087.


Posting Komentar untuk "5 Alasan Memilih Ziarah Religi bersama TRAC"

Berlangganan via Email