Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Donal Bebek Kartun Favorit Masa Kecil

Selain hobi nonton film kartun, saya juga suka baca komik waktu kecil. Nah, Donal Bebek, Kartun Favorit Masa Kecil saya. Yuk, kita nostalgia dengan Donal Bebek dan tokoh lainnya di komik ini.

Donal bebek kartun favorit masa kecil

Kenangan masa kecil selalu menjadi topik yang seru untuk diperbincangkan. Apalagi bagi generasi 90-an yang hari-harinya diwarnai dengan berbagai macam hiburan.

Waktu itu belum ada smartphone dan teknologi belum secanggih sekarang, tapi kami tidak kehilangan hiburan sama sekali.

Mulai dari permainan tradisional hingga dimanjakan dengan berbagai film kartun yang tayang setiap hari Minggu di layar TV.

Siapa nih anak generasi 90-an yang punya hobi bangun pagi-pagi sekali demi nonton serial anime kesayangannya? Cung angkat tangan, hehe.

Well, saya masih ingat sekali, kebiasaan saya setiap hari Minggu sudah mandi dan duduk manis di depan TV dari jam 8 pagi Waktu Indonesia Timur untuk marathon nonton anime kesayangan saya di RCTI dan Indosiar.

Ninja Hatori, Hamtaro, P-Man, Doraemon, Shincan, Detective Conan, Sailormoon. Demikian deretan film kartun yang sering saya tonton waktu kecil.

Selain hobi nonton anime saya juga suka baca komik dong. Namun masih lebih besar kesukaan pada kartun anime dibanding manga. Itu sebabnya saya nggak punya koleksi buku bergambar.

Bisa baca komik pun dari hasil pinjam sana-sini. Entah pinjamnya sama siapa saya juga lupa. Duh, ingatan saya payah sekali tapi saya masih ingat kok dengan dua komik yang sering saya baca dulu yaitu doraemon dan detective conan.

Di era 90-an manga atau komik yang berasal dari Jepang memang hits banget. Namun yang justru menjadi komik favorit saya pada masa itu bukan Manga tapi komik Disney.

Hayoo ada yang bisa tebak komik yang saya maksud.

Yup, Donal Bebek😍

Donal Bebek, Komik Favorit Masa Kecil

Source : koleksi majalah komik donal bebek /Instagram @theheartpreloved

Sebenarnya saya sudah lama meninggalkan komik Donal Bebek. Saya lupa kapan terakhir kali membacanya, sepertinya saat saya masih mengenakan seragam putih merah.

Kalau komik yang lain saya benar-benar lupa pinjam punya siapa saja, tapi khusus untuk komik Donal Bebek ini, saya ingat saya pinjam ke tetangga samping yang berlangganan majalahnya.

Berbeda dengan komik pada umumnya, Donal bebek memang terbit dalam bentuk majalah. Nama komiknya pun lebih dikenal dengan sebutan Album Donal Bebek.

Donal bebek menjadi komik favorit saya karena kisah petualangan Donal Duck sangat menghibur, lucu dan kocak, bahkan sampai mengocok perut.

Apalagi selain si bebek berbaju pelaut biru banyak tokoh Disney lainnya yang juga dihadirkan dalam album Donal Bebek dengan karakter uniknya masing-masing.

Sayangnya saya sudah lama tidak mengikuti petualangan Donal Bebek bersama tiga keponakannya Kwek, Kwik, Kwak serta Paman Gober dan tokoh lainnya.

Malah saat hendak menulis postingan ini baru saya tahu lho, ternyata komik Donal Bebek sudah tidak tayang lagi di Indonesia setelah merilis Album pamungkasnya dengan no. 2019 pada 29 Juni 2020 lalu.

Mengenang Tokoh Komik Donal Bebek

Meski saya bukan pembaca setia Album Donal Bebek, komik disney ini tetap memiliki kenangan tersendiri bagi saya. Setidaknya masa kecil saya pernah diwarnai dengan karakter Disney yang muncul dalam komik ini.

Nah, karena sudah lama tidak baca Komik Donal Bebek dan nggak punya koleksi albumnya jadi maaf saya tidak bisa bercerita panjang mengenai isi komik.

Sudah saya bilang ingatan saya parah sekali. Untungnya saya nggak lupa dengan tokoh-tokoh dari komik legendaris yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1976 ini.

Siapakah tokoh-tokoh tersebut? Yuk, kita bahas.

Donal Bebek


Tokoh pertama dari komik Donal Bebek ya tentu saja Donal Bebek itu sendiri. Karakter disney yang satu ini tentu lekat diingatan anak-anak generasi 90-an.

Donal Bebek adalah seekor bebek yang selalu menggunakan baju pelaut biru dilengkapi dengan dasi merah dan sering pula mengenakan topi yang senada dengan warna bajunya.

Selain itu yang identik dari penampilannya, si Donal tidak pernah menggunakan celana, hehe.
Donal memiliki karakter yang sangat menggemaskan. Dia dikenal sebagai bebek yang tidak hanya cerewet tetapi juga mudah marah.

Nah, karena sifat pemarahnya itulah sehingga Donal sering kali dipecat dari pekerjaannya dan langganan gonta-ganti pekerjaan.

Donal juga sering mengalami kesialan. Namun dibalik karakter dan nasib buruknya, si bebek yang merupakan ikonik Disney ini memiliki sisi positif. Dia lucu dan jenaka dan juga punya karakter tangguh karena tidak mudah berputus asa.

Paman Gober


Selanjutnya ada Paman Gober, tokoh dalam Album Donal Bebek yang terkenal sebagai bebek paling kaya sekaligus paling pelit.

Paman dari Donal Bebek ini digambarkan sebagai bebek tua yang sangat kaya, memiliki jenggot dan memakai kacamata.

Sebelum menjadi bebek terkaya, Gober sempat bekerja sebagai tukang semir sepatu. Setelah mendapatkan penghasilan pertama dari semir sepatu, Gober mendapatkan ide untuk membangun bisnis dan memutuskan ke Amerika Serikat.

Dalam perjalanannya itu Gober mendapatkan banyak harta karun dan membuat dirinya menjadi bebek terkaya di bumi. Seiring waktu berlalu, Gober semakin terobsesi dengan kekayaannya.

Hal itu membuat Gober semakin serakah dan kehilangan orang-orang terdekatnya. Namun meski Gober sangat pelit, Donal tetap menyayangi  pamannya.

Dalam setiap kisahnya, Gober lebih sering digambarkan sebagai bebek yang suka menyendiri dan suka menghabiskan waktunya untuk menghitung uang yang ia miliki.

Terkadang, Gober juga suka menghabiskan waktunya untuk menyelam ke tumpukan emasnya, seolah-olah emas tersebut adalah kolam berisi air.

Kwik, Kwek, Kwak


Cerita komik ini semakin seru dengan kehadiran Kwik, Kwek dan Kwak, tiga bebek kembar yang merupakan keponakan Donal Bebek. Ketiganya terkenal sebagai bebek nakal, susah diatur dan suka jail.

Kenakalan keponakannya membuat Donal sering jengkel dan suka menghukum mereka tapi yang terjadi malah Donal yang dikerjai sama si trio bebek kecil itu. Namun Kwik, Kwek dan Kwak sudah nggak terlalu jahil lagi sejak gabung di Pramuka.

Oya untuk membedakan ketiganya gampang sekali, tinggal lihat baju yang mereka pakai. Kwik selalu menggunakan baju warna merah, Kwek dengan baju kuningnya sedangkan Kwak yang berbaju warna biru.

Untung Angsa


Untung angsa adalah sepupu dari Donal Bebek yang memiliki sifat pemalas tetapi selalu beruntung.

Biasanya keponakan-keponakan Donal, Kwik, Kwek dan Kwak berusaha melawan keberuntungannya, tetapi malah membuat ia lebih beruntung dari biasanya.

Lang Ling Lung


Lang Ling Lung adalah penemu terkenal Kota Bebek. Dalam beberapa cerita, Lang Ling Lung juga terlibat dengan Paman Gober dan Super Donal (Superhero dari Donal Bebek) dalam menciptakan temuan-temuan khusus. 

Lang Ling Lung digambarkan sebagai karakter yang jenius namun terkadang ceroboh. Ia selalu ditemani oleh Lampu

Desi Bebek


Desi Bebek adalah tokoh yang dihadirkan sebagai kekasih Donal Bebek. Desi juga memiliki karakter cerewet dan mudah marah seperti Donal, tetapi ia lebih bisa mengontrolnya dan lebih sabar dari kekasihnya. 

Selain Donal, Untung Angsa juga menyukai Desi sehingga seringkali Donal bertengkar dengan sepupunya yang selalu beruntung itu.

Itulah beberapa tokoh dalam Komik Donal Bebek. Setiap tokoh memiliki karakter yang unik dan juga menggambarkan sifat manusia.

Ada yang pemarah, cerewet, nakal, pelit, cerdas, dan ada juga yang lebih bisa mengontrol emosinya. Tentunya selain menghibur, kita juga bisa memetik banyak pelajaran dari karakter setiap tokoh maupun jalan cerita komik disney ini.

Penutup

Demikian sedikit sharing saya mengenai Donal Bebek, kartun favorit masa kecil. Sayang sekali keberadaan Komik Donal Bebek di Indonesia sudah usai. Saya terlambat sekali mengetahui info ini.


Membaca kalimat perpisahan di atas membuat saya turut merasa sedih. Biar bagaimana pun kehadiran Donal Bebek pernah mewarnai masa kecil saya dan membuat saya tumbuh menjadi anak yang suka baca.

Terakhir, sebelum menutup postingan ini saya mengutip satu kalimat yang bikin saya kangen dengan masa kecil dan merasa beruntung menjadi pembaca Donal Bebek.
Ceritakanlah bahwa pernah di suatu masa ada bebek berbaju kelasi dari Kota Bebek yang menghibur pembacanya di Indonesia selama 44 tahun.
Selamat Tinggal Donal Bebek, Sampai berjumpa lagi di lain waktu. Ya, tentu kita berharap Donal Bebek hanya pamit sebentar lalu kembali lagi dengan versi terbarunya. Semoga.

Salam Hangat,

Posting Komentar untuk "Donal Bebek Kartun Favorit Masa Kecil"

Berlangganan via Email