Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Bersama Gopay, Waspadai Penipuan Online

Semakin marak penipuan online, sebagai pengguna dompet digital kita juga harus berhati-hati. Yuk simak tips aman bersama GoPay berikut ini.

Tips Aman Bersama Gopay

Akhir-akhir ini mungkin kamu dengar kasus penipuan yang menimpa para pengguna dompet digital. Penipuan online tentu terjadi bukan tanpa sebab. Kalau kamu pernah mengalami hal tersebut maka kemungkinan besar kamu kena scam.

Sekarang ini kasus penipuan digital memang kerap terjadi, dan si pelaku pun semakin pintar mengelabui korbannya dengan berbagai modus.

Padahal aplikasi transaksi pembayaran virtual seperti GoPay sudah memiliki fitur keamanan yang sangat canggih, tetapi kenapa masih ada saja kasus penipuan yang menimpa para pengguna GoPay?

Jawabannya bisa jadi karena kelalaian penggunanya sendiri. Oleh sebab itu lewat postingan ini saya ingin teman-teman khususnya pengguna GoPay untuk waspada dengan berbagai modus penipuan online. Yuk kita cari Aman Bersama GoPay.

Aman Bersama GoPay, Waspadai Penipuan Online


Kehadiran GoPay tentunya sangat memudahkan kita dalam melakukan transaksi digital. Mulai dari bayar jajanan, belanja online, isi kuota internet sampai mau transfer-transferan saldo pun bisa.

Ya, GoPay adalah alat pembayaran digital yang dapat diandalkan, dilengkapi dengan fitur yang mengutamakan keamanan penggunanya.

Sayangnya kemudahan menggunakan alat transaksi digital ini tidak lepas pula dari penipuan online. Karena modus penipuan online juga semakin marak dan mungkin masih banyak pula pengguna Gopay yang kurang berhati-hati.

Oleh sebab itu melalui postingan ini saya ingin ajak teman-teman untuk #AmanBersamaGopay.

Scam atau penipuan yang dapat merugikan kamu sebagai pengguna GoPay bisa dicegah dengan mengetahui terlebih dahulu seperti apa modusnya.

Modus Penipuan Saat Mau Belanja Online

Banyak pengguna GoPay yang menjadi korban penipuan pada saat melakukan top up atau pembayaran secara online.

Biasanya, si penipu akan menyamar menjadi penjual dan menjual dengan harga jauh lebih murah dari pasaran. Seringkali mereka juga gonta-ganti username sosial media. Penipuan seperti ini dikenal dengan istilah MAGIS yakni manipulasi psikologis.

Untuk itu pastikan kamu selalu waspada sebelum berbelanja online. Periksa kembali pihak ketiga yang menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran.

Kamu juga harus telusuri terlebih dahulu jejak dan reputasi penjual untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitu pula ketika kamu ingin beli aplikasi atau top up game, sebaiknya pilih rekan usaha yang memang resmi bekerjasama dengan GoPay seperti Google Play, Codashop, UniPin, MPL, dan Wawa Games agar transaksi aman.

Modus Penipuan Mengatasnamakan GoPay

Sekarang ada banyak penipuan yang mengatasnamakan Gopay. Jadi kamu harus hati-hati dengan pihak-pihak yang menghubungi kamu dan mengaku dari GoPay. 

Kamu juga perlu waspada dengan akun-akun di media sosial yang usernamenya melekat nama GoPay.

Untuk itu kamu harus tahu dan mengenali akun resmi GoPay. Tidak sulit untuk membedakan mana akun GoPay asli dan mana yang akun GoPay palsu.

Cara paling mudah adalah dengan mengecek tanda centang biru, sebab semua akun resmi GoPay memiliki tanda tersebut.


Atau agar lebih mudahnya lagi perlu kamu ketahui bahwa GoPay hanya memiliki akun resmi di Instagram, Youtube dan Twitter dengan username sebagai berikut :
  • Instagram: @gojekindonesia, @gopayindonesia, dan @gopaypromo
  • Twitter: @gojekindonesia, @gopayindonesia, dan @gopaypromo
Jika kamu mendapatkan pesan yang mengatasnamakan GoPay dari akun-akun selain yang disebutkan di atas lebih baik baik jangan ditanggapi. Apalagi kalau mereka meminta data pribadimu, segera laporkan ke customer service.

Supaya lebih aman dan tenang, jika kamu mengalami kesulitan segera hubungi customer service melalui halaman bantuan pada aplikasi Gojek atau email ke customerservice@gojek.com, sehingga kamu dapat terhindar dari penipuan mengatasnamakan GoPay di sosial media.

Modus minta PIN atau Kode OTP

Pelaku penipuan online tidak kehilangan akal untuk melancarkan aksinya. Berbagai cara pun dilakukan termasuk mengambil alih akun korban melalui modus meminta PIN atau kode OTP.

Biasanya si pelaku akan mengatakan salah melakukan transaksi dan meminta calon korbannya untuk memberikan kode dari pesan yang didapatkan.

Dia menipu dengan mengatakan bahwa kode yang terdiri atas 4-6 angka itu adalah kode verifikasi untuk mendapatkan hadiah.

Itulah beberapa modus yang kerap terjadi di dunia digital dan bisa menimpa siapa saja. Oleh sebab itu jangan sampai lengah dan JAGA baik-baik GoPay kamu.

Tips Aman bersama GoPay


Agar transaksi atau pengisian GoPay kamu selalu aman dan terjaga, jangan lupa untuk pasang PIN (Personal Identification Number).

Selain itu jangan pernah membagikan kode OTP (One Time Password) saat kamu log in di aplikasi Gojek karena GoPay tidak pernah meminta PIN atau kode OTP dengan alasan apapun.

Oh ya kamu bisa waspada menghindari modus penipuan mengatasnamakan GoPay dengan menerapkan JAGA di setiap transaksi yang hendak kamu lakukan.

Ingat Selalu JAGA

J: Jangan transfer pembayaran di luar aplikasi, jangan asal transfer ke nomor yang tidak dikenal
A: Amankan data pribadi, jangan bagikan kode OTP
G: Gunakan PIN GoPay untuk bertransaksi dan
A: Adukan hal mencurigakan melalui email dan halaman resmi GoPay

Jika kamu mengalami kendala atau menerima permintaan mencurigakan, segera adukan melalui email customerservice@gojek.com.

Manfaatkan fitur keamanan GoPay

Agar aman bersama GoPay, dompet digital ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih. Bukan hanya hadir dengan Fitur Keamanan 2 Langkah Verifikasi, tetapi GoPay juga punya fitur sidik jari dan scan wajah sehingga keamanan bertransaksi jadi lebih aman.

GoPay juga punya Program Saldo GoPay kembali lho. Jadi kalau misalkan kamu terlanjur kehilangan saldo GoPay akibat penyalahgunaan di luar kendali kamu seperti kehilangan ponsel dan pencurinya menyalahgunakan akun kamu atau ketika pesanan kamu tidak diantar (tidak kamu terima) maka tidak perlu sedih dan khawatir.

GoPay akan memberikan perlindungan ekstra dari Program Jaminan Saldo Gopay Kembali sehingga saldo GoPay kamu yang hilang 100% akan kembali, tanpa berkurang serupiah pun.

Namun yang perlu diperhatikan, program ini hanya berlaku untuk pengguna yang sudah upgrade akun ke GoPay Plus, sudah pula mengaktifkan kode PIN untuk otentikasi sebelum kasus yang dijamin terjadi dan belum pernah mendapatkan klaim Jaminan Saldo GoPay Kembali dalam 6 bulan.

Oh ya GoPay juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security Management System - ISMS Keamanan Informasi sejak Oktober 2020 lalu sebagai bentuk komitmennya untuk terus terus menjaga keamanan informasi penggunanya

Dilansir dari gojek.com ISO 27001 adalah standar internasional dalam penerapan sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management Systems (“ISMS”) yang diterbitkan oleh lembaga International Organization for Standardization (ISO), bekerjasama dengan International Electrotechnical Commission (IEC).

Demikian tips agar kamu dapat aman bersama GoPay. Selalu ingat JAGA dan manfaatkan fitur keamanan dari aplikasi dompet digital ini sebaik mungkin.

Penutup

GoPay sudah memberikan kelengkapan fitur keamanan yang dapat mengamankan setiap transaksi GoPay yang dilakukan penggunanya.

Namun dengan adanya fitur keamanan yang canggih itu bukan berarti kamu bisa terlepas sepenuhnya dari kasus penipuan online.

Secanggih apapun sebuah fitur keamanan, kalau penggunanya sendiri lengah atau tidak berhati-hati maka dia bisa saja kena kasus penipuan.


Faktanya, memang masih banyak pengguna yang merasa dirinya aman dari potensi scam yang ada di luar sana dan merasa akan percaya diri untuk melakukan transaksi kepada siapa saja, sampai melupakan bahwa adanya potensi kejahatan digital.

Oleh sebab itu, agar selalu #AmanBersamaGoPay sekarang giliran kamu yang perlu tetap waspada terhadap potensi kejahatan digital dengan selalu mengingat hal berikut:
  • Hati-hati transfer GoPay ke nomor tidak dikenal
  • Waspada akun sosmed palsu
  • Jangan bagikan kode OTP
Yuk, setelah baca postingan ini sampaikan informasi ke teman-teman dan keluargamu untuk selalu waspada penipuan pembayaran online dan menjaga keamanan GoPay!

Salam,

30 komentar untuk "Tips Aman Bersama Gopay, Waspadai Penipuan Online"

  1. sangat berbahaya banget apabila kita tidak dibekali pengetahuan yang mana penipuan yang mana bukan, makanya selalu lebih banyak baca dan mencari tau dulu agar terhindar penipuan online

    BalasHapus
  2. Kyaaa makasih kak Siska aku dapet wejangan keren nih, kebetulan lagi mau narik duitku yang ada di gopay. Jadi kudu hati-hati nih

    BalasHapus
  3. Jadi teringat dulu pernah sekali nyaris aja akun GoPay saya diretas, untung ld saat itu saldo gopay ku gak hilang. Skrg lbh aman lgi GoPay nya

    BalasHapus
  4. Kalau ada yang mengatasnamakan suatu pihak, ada baiknya kitanya teliti dulu ya, alias tabayyun biar gak merasa tertipu atau ditipu ya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih informasinya nih. Kemarin ini ada yg cerita tokonya palsu, akunnya gonta-ganti, padahal terlanjur transfer. Nyesek banget kalo gitu...

    BalasHapus
  6. saya pengguna setia gopay sejak hadir di fitur gojek, wah ini perlu diwaspadai memang agar tidak terjadi penipuan, apalagi yang sering bertransaksi lewat gopay wajib tahu soal ini

    BalasHapus
  7. Wiwin | pratiwanggini.net14:50

    Saya pengguna setia GoPay sejak Gojek masuk kota Yogya. So far alhamdulillah aman terkendali. Bulan ini saya merasa lebih nyaman lagi karena saat bayar GoRide pake GoPay diminta memasukkan pin. Makin hari makin baik.

    BalasHapus
  8. Setuju dengan tips2 yang ada di artikel ini, sekali lagi kita diingatkan bahwa pentingnya edukasi apalagi di era milenial seperti ini.

    BalasHapus
  9. Noted banget mbaaa saran2nya. Kadang aku suka trf via gopay kalau nominalnya kecil2 gitu karena bea admin kan murah banget yaak hehe. Tapi harus jadi peringatan bangett nih

    BalasHapus
  10. Pokoknya mah kagak ada ceritanya pemilik perusahaan minta kode OTP kepada pengguna. Segala alasan dapat hadiah mah bohong aja itu. Iya kan ya?

    BalasHapus
  11. Terima kasih ya infonya, berkat artikel super duper keren pisan ini, saya jadi lebih tau lagi gimana biar nggak tertipu. Soalnya biasanya penipu itu cerdik dan pinter. Jadi harus lebih waspada lagi nih dengan akun abal-abal tersebut.

    BalasHapus
  12. Waduh, serem banget ya ada modus penipuan di GoPay atau mengatasnamakan GoPay. Aku serius baru tahu. Ikut waswas karena aku pengguna setia GoPay. Dari token listrik, pulsa, sampe transfer donasi, aku pakai gopay jadi lumayan terbantu dengan kabar untuk lebih waspada soal scam ini. Kalau link mencurigakan sih memang jangan diklik, apalagi itu orang asing yg ga kita kenal. Kadang akun di FB aja bisa nyamar padahal itu penipu yg membajak akun teman kita sendiri. Makasih Kak atas informasinya. Sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  13. Paling sering memang modus minta nomor PIN atau kode OTP. Pernah suami ditelepon call center yang ngaku-ngaku go-jek Indonesia, karena suami selalu ngibulin nomor OTP, akhirnya si penipu kapok.

    BalasHapus
  14. Ngeri ya, Mbak, sekarang orang banyak melakukan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menipu. Memang harus hati-hati ketika bertransaksi menggunakan gopay, deh! Terutama kalau ada yang meminta data pribadi.

    BalasHapus
  15. Makin ke sini apa-apa serba digital, tapi kita juga hati-hati banget ya untuk mengakses dan memberikan info ke media digital. Karena penipuan yang berkedok Gopay juga banyak banget.

    BalasHapus
  16. Kudu ekstra hati-hati memang kalau berurusan dengan uang elektronik. Apa pun aplikasinya. Untung GoPay sebagai salah satunya bisa terus mengupayakan agar user-nya tidak banyak jadi korban penipuan

    BalasHapus
  17. Harus selalu aware ya supata ga kena penipuan GoPay. Banyak juga yang modus minta pin ya. GoPay sekarng ada perlindungan ekstra ya ternyata aku baru tau

    BalasHapus
  18. Wah informasinya penting bngt ini mba, sy sebagai pengguna baru gopay jd dpet pencerahan. Dr kemaren jga mau brtransaksi dengan jumlah banyak agak was was. Takut kena tipu kan lumayan juga nominalnya ya kalo ilang hehe

    BalasHapus
  19. Serem juga ya ada yang mengatasnamakan gopay. Bener banget harus cek ada centang birunya ga akun nya. Kalau yg modus penipuan pembelian go food kayak gitu gimana mba?

    BalasHapus
  20. Selain pakai OTP saya juga pakai Face ID untuk transaksi dengan GoPay. Semoga ini bisa jadi cara aman pakai GoPay.

    BalasHapus
  21. Emang bener banget secanggih apapun sistem keamanannya kalau penggunanya yang lengah maka akan mudah dibobol uga. Saatnya menjadi pengguna yang cerdas...

    BalasHapus
  22. Sayangnya kemudahan menggunakan alat transaksi digital ini tidak lepas pula dari penipuan online.

    cocok...bener banget ini

    apalagi dengan kesadaran untuk tidak memberikan kode OTP pada siapapun

    BalasHapus
  23. wuah aku baru tahu kalau ada ig gopaypromo
    boleh nih kupakai kalau mau pesen gofood
    mayan lah yaaa kalau dapat promoan gituuu

    BalasHapus
  24. Banyak banget emang ya modus penipuan yg mengatasnamakan Gopay ini. Minta kode OTP pula ya. Bener sekali nih, jangan mau bayar apapun di luar aplikasi. Tfs Mbak

    BalasHapus
  25. Sebagai yang termasuk penggemar berat Gopay, emang sih produk ini sangat memudahkan urusan finansial. Tapi kita sendiri sebagai pengguna juga harus bijak ya dalam urusan finansial biar nggak besar pasak daripada tiang

    BalasHapus
  26. Wah bermanfaat sekali tips2nya. Memang semakin banyak kemudahan.. semakin harus lebih hati2 ya. Selalu ada saja celah yang bisa dimanfaatkan orang2 yang berniat jahat. Semoga kita selalu dihindarkan dari para penipu.

    BalasHapus
  27. Walah makin marak ya penipuan disana sini. Kita sebagai pengguna berbagai dompet digital dan penyuka transaksi digital pun harus lebih berhati-hati lagi. Terimakasih ya mba tipsnya berguna banget

    BalasHapus
  28. Ngeri bgt ya mbak. Berbagai cara dilakukan penjahat untuk menipu korbannya. Termasuk penipuan secara online. Sayangnya masih ada saja orang yg terkena penipuan semacam itu.

    BalasHapus
  29. Paling sering banget nemuin bahkan beberapa kali sempat mengalami percobaan penipuan mengatasnamakan go pay, tapi beruntung banget karena ada fitur keamanan yang canggih kayak gini.

    BalasHapus
  30. Aku salah satu yang pernah jadi korban.mungkin lagi blank waktu itu,nggak ngeh dimintain kode otp.untung gak rugi banyak amat hahaha.harus lebih hati2 kedepannya

    BalasHapus