Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman dan Cara Daftar Google AdSense Blogspot Langsung Diterima dalam Sehari


Cerita tentang pengalaman dan cara daftar Google AdSense blogspot langsung diterima dalam sehari ini sebenarnya sudah lama pengen saya bagikan di Kamar Kenangan ini cuma karena alasan sok sibuk akhirnya tertunda dan baru kesampaian sekarang.

Yap, saat pertama kali mendaftarkan diri sebagai mitra google, blog saya langsung diterima bahkan kurang dari 24 jam.

Wah, kok bisa? Bagaimana ceritanya? Banyak blogger yang mengalami penolakan sampai berkali-kali, kamu kok bisa cepat banget diterima sebagai publisher AdSense ? Apa rahasianya? Bagi dong tipsnya!

Well, tidak ada tips khusus sih karena meski pendaftaran yang saya ajukan cepat diproses tapi sejujurnya saya telah melewatkan waktu selama kurang lebih satu tahun baru bisa menayangkan iklan di blog.

Lho kok? Maksudnya gimana?

Baiklah, biar nggak bingung saya ingin ajak teman-teman flashback dulu ke masa pertama kali saya mengenal Google AdSense.

Pertama Kali Kenal Google AdSense : Surat Cinta Tak Sampai

Saya pertama kali kenal dengan Google AdSense tahun 2017, kalau nggak salah sekitar bulan November atau tepatnya tidak lama setelah saya membeli domain siskadwyta.com.

Waktu itu saya baru tahu kalau aktivitas ngeblog ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya ya dengan menjadi mitra google.

Namun saya belum begitu paham dengan prosedur pendaftaran dan cara kerjanya. Hanya karena banyak yang ngomongin soal monetisasi dengan cara tersebut saya jadi tertarik dan ikut-ikutan mendaftar Google AdSense .

Sayangnya pendaftaran yang saya lakukan tahun 2017 itu tidak tuntas. Kayaknya waktu itu proses pendaftaran saya cuma sebatas buat akun Google AdSense  saja deh, haha. 

Pasalnya setelah 'merasa' melakukan pendaftaran Google AdSense dengan benar saya tidak mendapatkan konfirmasi. Jadinya kan saya merasa kayak digantung gitu sama google, wkwk.

Padahal informasi yang saya dapatkan dari beberapa artikel, google selalu membalas surat cinta penggemarnya.  Entah itu diterima atau ditolak, pasti akan ada email pemberitahuan.

Email notifikasi tersebut biasanya dikirim google paling cepat sehari atau bisa sampai berhari-hari. Namun nggak mungkin deh sampai berbulan-bulan apalagi sampai menginjak jangka waktu tahunan. 

Masalahnya sampai berganti tahun saya tidak kunjung mendapat jawaban dari Google AdSense. Apa google lupa atau mungkin saya yang melakukan kekeliruan saat pendaftaran?

Saya memang tidak sempat melakukan pengecekan ulang setelah itu karena keburu hamil which is selama hamil anak pertama saya jarang buka blog otomatis saya juga lupa dengan Google AdSense.

Semangat saya untuk ngeblog baru muncul kembali paska melahirkan. Pas banget ketika saya mulai bergelut kembali dengan dunia blog ada tantangan ODOP dari Komunitas Blogger Perempuan Network yang dengan antusias langsung saya terima.

Nah, saat mengikuti tantangan ODOP Blogger Perempuan di penghujung tahun 2018 itulah baru saya teringat dengan pendaftaran untuk menjadi mitra google yang saya ajukan tahun sebelumnya.

Itu pun ingatnya karena lagi-lagi Google AdSense ini masih jadi topik yang ramai diperbincangkan banyak blogger termasuk para peserta ODOP.  Bahkan yang saya dengar, sekarang makin banyak orang yang pengen jadi blogger karena mengejar AdSense .

Makin penasaranlah saya dengan layanan Google yang menghasilkan uang itu. Akhirnya saya tergerak untuk menengok akun Google AdSense  yang pernah saya buat.

Tuh, kan benar saja. Ternyata saya telah melakukan kekeliruan yang sangat fatal. Pantesan google tidak memberi surat balasan sama sekali. Tidak menerima, tidak juga menolak.  Gimana google mau kirim surat balasan coba wong surat cinta saya nggak sampai, wkwkw.

Duh, kenapa juga saya bisa seceroboh itu sampai melewatkan poin penting dalam pendaftaran Google AdSense . Apa karena waktu itu saya daftarnya tidak sambil lihat tutorial kali ya? 

Atau apa mungkin yang saya lakukan bukan mendaftar AdSense tapi hanya memunculkan menu penghasilan di dasbor blogger saya? Entahlah, ingatan saya benar-benar payah.

Sekilas Tentang Google Adsense


Teman-teman blogger maupun youtuber tentu tidak asing lagi dengan layanan Google yang satu ini. Namun barangkali masih ada Pembaca Kamar Kenangan yang belum tahu, apa itu Google AdSense? 

Google AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) dari Google yang memungkinkan penggunanya menjadi mitra untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang.

Tentunya bila ingin menjadi mitra google kita harus menyiapkan ruang untuk menayangkan iklan. Ruang menayangkan iklan yang dimaksud bisa berupa website/blog maupun youtube.

Itu sebabnya salah satu syarat yang harus dipenuhi bila ingin menjadi publisher AdSense  adalah harus punya website/blog atau channel youtube.

Namun walau sudah punya ruangnya belum tentu setelah mengajukan pendaftaran kita bisa langsung diterima sebagai mitra Google ya. Ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi agar blog atau channel yang kita miliki bisa menayangkan iklan.

Kalau di youtube untuk bisa diterima sebagai publisher AdSense kita harus punya minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Lalu bagaimana dengan blog?

Kalau di blog ini syaratnya beda lagi, tapi sepengetahuan saya masih belum jelas ketentuannya.

Ada yang bilang umur blog/domain harus sekian tahun, ada yang mengatakan harus memiliki postingan blog minimal 20 ke atas, ada pula yang berpendapat navigasi menu mesti jelas. Sedangkan yang lain mengatakan harus punya pengunjung tetap dulu, minimal 100-200 visitor unik setiap hari.

Nah, ini mana yang benar? Nanti kita bahas. 

Keuntungan Menjadi Publisher AdSense

Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan bila diterima menjadi publisher AdSense. Walau keuntungan tersebut tidak langsung nampak setelah blog kita dapat menayangkan iklan tapi percayalah kesabaranmu akan membuahkan hasil, hihi.

Jadi apa saja keuntungan menggunakan Google AdSense?

Menghasilkan pundi-pundi rupiah

Oh ini jelas dong. Pekerjaan sebagai mitra Google memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang besar, bisa sampai puluhan hingga ratusan juta. Woow banget ya.

Mungkin kamu sudah sering dengar penghasilan para youtuber ternama di negeri ini? Mereka bisa meraup penghasilan sampai ratusan juta perbulan. Gimana nggak menggiurkan coba.

Tidak heran di zaman sekarang banyak orang berlomba-lomba pengen jadi youtuber. Dibanding blogger, youtuber memang lebih populer. Namun jangan salah lho, penghasilan sebagai blogger juga tidak kalah menjanjikan.

Pendaftaran Mudah dan Gratis 

Keuntungan selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah proses pendaftarannya yang mudah dan tidak dipungut biaya sepersen pun. Kalau pun ada biaya yang keluar ya cuma buat beli kuota internet tapi itu nggak perlu masuk hitungan. Toh, data yang dihabiskan buat daftar Google AdSense nggak seberapa kok.

Proses pendaftarannya juga nggak butuh waktu lama. Tidak sampai hitungan jam. Kurang dari 5 menit juga bisa selesai tapi pastikan surat cinta yang kamu ajukan sampai ke Google ya.

Baca dan pahami dulu baik-baik prosedur pendaftarannya atau boleh juga sambil lihat tutorial biar nggak terjadi kekeliruan fatal seperti yang pernah saya lakukan, wkwkw. 

Mudah memasang dan mengatur iklan

Setelah diterima menjadi publisher AdSense , tugas kamu tinggal menyalin beberapa kode ke blog dan tunggu beberapa saat hingga iklan di blog muncul. 

Cara pasang AdSense di blog tidak sulit, kamu bisa dengan mudah mengatur ukuran maupun bentuk iklan sesuai keinginan. Kamu juga bebas dalam menentukan jumlah dan penempatan iklan di blog. 

Misal kamu cuma ingin dalam satu tayangan, cuma ada tiga iklan saja dan letaknya hanya dalam postingan dan sidebar. Semua itu bisa dengan mudah kamu atur agar sebisa mungkin tidak mengganggu kenyamanan pembaca blog.

AdSense sendiri memiliki beberapa jenis iklan diantaranya iklan display, iklan dalam feed, iklan dalam artikel, ikan yang relevan (sesuai isi konten) dan mesin telusur. Kamu bebas memilih mau menampilkan jenis iklan apa saja. Atau kalau mau praktis bisa pilih iklan otomatis.

Oh ya umumnya iklan yang diterbitkan Google AdSense tidak mengandung konten vulgar dan berbahaya. Justru rata-rata iklan yang muncul itu sesuai dengan isi konten blog. 

Misal kamu memiliki konten tentang tips memilih domain dan hosting maka di postingan tersebut bisa muncul iklan jasa domain dan hosting. Kurang lebih seperti itu.

But misalkan kamu melihat ada iklan yang aneh atau tidak kamu sukai, kamu bisa memblokir iklan tersebut sehingga tidak muncul lagi di blog kamu.

Ada saran pengoptimalan pendapatan

Enaknya lagi setelah diterima menjadi mitranya, Google AdSense  tidak lepas tangan begitu saja tapi juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk menguji efektivitas iklan. Tentunya fitur tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengoptimalkan pendapatan.

Bahkan jika pendapatan kita menurun Google AdSense akan menurunkan tim pakarnya untuk  meninjau situs kita lalu memberikan saran pengoptimalan iklan agar pendapatan kita bisa meningkat kembali.

Meski demikian Google AdSense  juga punya aturan yang cukup tegas lho. Jika publisher-nya ada yang main curang, google tidak akan segan-segan memutuskan kerjasama. 

So, jangan karena mentang-mentang sudah diterima sebagai mitra, kita seenaknya menghalalkan segala cara agar iklan yang tampil di blog kita bisa mendapat banyak klik. 

Ingat, google bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan yang terjadi di blog mitranya jadi jangan coba-coba main curang ya kalau nggak mau blog kita kena banned sehingga tidak bisa menayangkan iklan lagi.

Menyajikan laporan statistik lengkap


Tidak hanya menyediakan saran pengoptimalan, Google AdSense juga menyajikan laporan statistik dan analisis terkait penghasilan yang lengkap.

Laporan tersebut bisa kamu temukan di akun dashboard. Kamu bisa lihat berapa penghasilan yang kamu peroleh hari ini, kemarin atau bulan lalu serta jumlah saldo yang berhasil terkumpul.

Selain itu kamu bisa mengecek kinerja AdSense  di blog kamu yang meliputi tampilan halaman, RPM halaman, tayangan jumlah klik, CPC, dan RKM halaman.

Menariknya lagi kamu bisa menghubungkan layanan ini  dengan Google Analytic sehingga bisa memantau visitor maupun pageviews blog kamu di dasbor AdSense.

Transaksi pencairan saldo mudah

Dari informasi yang saya dapatkan, ada beberapa metode pencairan saldo Google AdSense, tapi yang sering digunakan adalah Western Union dan Wire Transfer. Saya sendiri memilih Wire Transfer karene menurut saya metode itu yang praktis.

Dengan metode Wire Transfer atau transfer kawat ini pembayaran akan langsung dikirim ke rekening bank kita yang sebelumnya sudah diverifikasi terlebih dahulu oleh Google. Kita tinggal mengeceknya melalui sms banking atau internet banking.

Tentunya pencairan dana Google AdSense baru bisa dilakukan setelah saldo kita mencapai ambang batas minum pembayaran yakni $100 atau  sebesar Rp1.300.000.

Oh ya In syaa Allaah bulan Juli ini saldo AdSense saya mencapai $100 itu artinya gajian pertama saya dari google sudah di depan mata dong

Duh jadi nggak sabar nih  pengen segera terima gaji pertama dari Google. Penantian selama lebih dari dua tahun lebih lho ini , haha.

Cara Daftar Google AdSense Blogspot

Proses registrasi Google AdSense sangat mudah karena kamu bisa melakukannya sambil rebahan di rumah, tidak perlu menyiapkan banyak berkas dan tidak membutuhkan biaya juga.

Kamu hanya perlu menyiapkan tiga hal berikut ini :
  • Akun Google, kalau kamu sudah punya akun Google atau gmail otomatis kamu juga sudah punya akun Google AdSense kalau belum silakan buat dulu
  • Nomor telepon dan alamat surat, poin kedua ini diperlukan untuk proses verifikasi  yang berkaitan dengan pembayaran 
  • Website/blog,  akan ada kode dari Google AdSense yang harus ditambahkan di blog agar iklan bisa muncul.
Selanjutnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses registrasi Google AdSense yaitu membuat akun AdSense, mengaktifkan akun AdSense, membuat iklan AdSense dan menambahkan iklan AdSense ke dalam blog.

Oh ya karena blog yang saya daftarkan untuk Google AdSense adalah platform blogger atau blogspot sehingga saya tidak mengulas cara melakukan verifikasi atau menambahkan kode AdsenSe ke dalama WordPress di sini, terkait hal itu kamu bisa cari tutorialnya sendiri.

Membuat akun AdSense

  • Kunjungi halaman sign up AdSense
  • Isi form yang tersedia, masukkan alamat website dan email 
  • Simpan dan lanjutkan dan kamu akan diarahkan masuk dengan akun google lalu pilih negara
  • Selanjutnya ada ketentuan dan persyaratan yang harus kamu setujui. Beri tanda centang dan klik buat akun
Selamat akun Google Adsense kamu sudah tersedia namun jangan kegirangan dulu ya karena masih ada tahapan penting berikutnya yang tidak boleh kamu skip.

Mengaktifkan akun AdSense

Sampai saat ini saya masih bertanya-tanya, kenapa saya sampai melewatkan tahapan urgen ini? Kenapa saya bisa teledor hingga merasa sudah cukup dengan punya akun Google Adsense saja? KENAPA? 

Namun ah sudahlah, kamu jangan sampai mengikuti jejak kesalahan yang pernah saya lakukan ya, wkwkw. Intinya tahapan kedua ini tidak boleh kamu lewatkan.

Jadi setelah proses pembuatan akun selesai selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi penting, diantaranya nomor telepon, alamat rumah serta rekening pembayaran. 

Pastikan kamu memasukkan semua informasi tersebut dengan benar ya karena menyangkut proses pencairan gaji AdSense. Kalau salah bisa-bisa gaji kamu nggak bakal cair.

Selanjutnya kamu diminta untuk melakukan verifikasi yakni dengan menyalin beberapa baris kode dan menempelkannya ke dalam blog. 

Silakan masuk dulu ke dasbor pilih tema, edit html lalu masukkan kode tersebut sesudah tag <head> atau sebelum tag </head> dan simpan tema. 

Setelah menambahkan kode dalam blog kembali lagi ke dasbor tadi dan beri centang di bagian "saya telah menambahkan kode ke dalam website saya" lalu klik selesai. 

Jika berhasil akan ada pemberitahuan yang meminta kamu menunggu beberapa hari karena Google AdSense akan melakukan peninjauan terlebih dahulu apakah blog kamu layak menayangkan iklan atau tidak.

Kamu akan menerima email jika permintaan pengaktifan akun AdSense berhasil. Begitupula jika pengajuan kamu ditolak, Google akan mengirimkan email berisi pemberitahuan serta keterangan mengenai alasan penolakan tersebut.

Membuat Iklan AdSense

Tahapan ini hanya bisa kamu lakukan bila pengajuan akun AdSense telah aktif.  Kalau belum jangan langsung menyerah ya tapi coba evaluasi dulu. 

Apa-apa saja yang kurang di mata google sehingga blog kamu mengalami penolakan, itu yang harus kamu benahi. Perbaiki dulu baru kemudian daftar kembali. 

Kalau masih ditolak lagi ya tetap nggak boleh patah semangat. Banyak kok blogger yang mengalami penolakan sampai belasan hingga puluhan kali tapi mereka terus berjuang hingga akhirnya mendapat pengakuan dari google. Kamu juga harus gitu. Pantang mundur sebelum diterima *eaa.

Nah, maksudnya membuat iklan di sini adalah kamu bebas mengatur tipe, bentuk dan ukuran iklan yang ingin kamu masukkan ke dalam blog. Kamu bahkan bisa mengubah warna dan font teks iklan. Sangat menarik, bukan?

Sayangnya saya belum terlalu mengeksplor cara mengatur iklan AdSense karena sejauh ini saya lebih suka menggunakan iklan otomatis.

Dengan menggunakan iklan jenis ini saya hanya cukup memasukkan satu potongan kode ke dalam blog maka iklan otomatis akan secara otomatis menyesuaikan dengan setiap perubahan yang saya buat pada situs dan setelan iklan.

Intinya jenis iklan ini cocok banget buat pemula atau bagi publisher yang pengen praktis dan nggak mau rempong.

Menambahkan Iklan AdSense ke Blogspot


Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan iklan ke dalam blog. Jika iklan yang ingin kamu tayangkan adalah iklan otomatis kamu bisa langsung meluncur ke dasbor blogger, klik menu penghasilan, pilih iklan otomatis lalu simpan.

Atau kamu bisa menggunakan cara manual yaitu dengan menyalin kode iklan otomatis lalu menempelkannya di laman HTML yang ada pada menu tema, tepatnya antara tag <head> dan </head>.

Sedangkan untuk iklan kustom kamu bisa ikuti langkah berikut, copy kode iklan yang sudah kamu atur lalu masuk ke menu tata letak pilih tambahkan widget HTML kemudian paste kode tersebut.  Untuk penempatannya iklan ini bisa kamu atur sendiri sesuai keinginan ya. 

Biasanya iklan akan muncul di blog sekitar 20-30 menit setelah menambahkan kode atau bisa lebih cepat atau lebih lambat dari itu.

Kalau iklan sudah muncul di blog kamu itu artinya kamu sudah sah jadi mitra google dan selamat berjuang mengumpulkan pundi-pundi rupiah

Tips Daftar Google AdSense Blogger Agar Cepat Diterima

Baiklah sekarang waktunya saya berbagi tips daftar google adsense berdasarkan pengalaman saya pribadi. Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, saya pertama kali kenal dengan program google yang menghasilkan uang ini sejak 2017 dan sudah mencoba mendaftar saat itu juga.

Namun proses yang saya lakukan pada saat itu ternyata tidak tuntas. Saya baru mengaktifkan akun AdSense saya di pertengahan bulan Desember 2018 dan tanpa menunggu lama saya langsung diterima.

Saya masih ingat saya mengajukan pengaktifan AdSense malam tanggal 14 Desember 2018 lalu keesokkan paginya saya saya buka email eh sudah ada email berisi ucapan selamat dari Google Adsense.


Kalau saya hitung waktu dari pengajuan pengaktifan akun AdSense hingga mendapat email dari Google AdSense memang kurang dari 1x24 jam sehingga bolehlah saya katakan saya diterima AdSense dalam sehari. 

Saya juga belum pernah mengalami penolakan dari Google AdSense sama sekali jadi itu adalah pengalaman saya pertama kali daftar dan langsung diterima.

Sempat kaget dan heran juga sih bisa diterima secepat itu. Pasalnya kalau dengar cerita orang-orang, daftar Google AdSense itu susah makanya banyak yang mengalami penolakan. Banyak juga yang bilang sebelum diajukan ke Google AdSense blog harus memenuhi kriteria ini, itu dan bla bla dulu.

Benarkah demikian? Nyatanya saya sendiri bisa lolos menjadi publisher AdSsense  dengan mudah dan cepat. Tentunya saya tidak akan diterima oleh Google AdSense bila blog yang saya ajukan belum memenuhi kriteria.

Kriteria blog seperti apa yang diinginkan Google AdSense? Nah, ini masih menjadi tanda tanya besar. Saya sudah singgung di atas, tidak seperti Youtube yang ketentuan agar sebuah channel dapat menayangkan iklan sangat jelas min 1000 subscriber dan menghasilkan 4000 jam tayang.

Sementara blog?

Ok saya akan ajak kalian untuk melihat kondisi blog saya saat saya ajukan pendaftaran AdSense
  • Menu navigasi tidak jelas (belum ada laman about me, privacy policy, disclaimer, portofolio, dll)
  • Usia domain 1 tahun 1 bulan
  • Postingan sudah banyak karena mulai  menulis di blog ini sejak  2013
  • Pengunjung masih sedikit (persisnya saya tidak tahu apakah saya memiliki pengunjung tetap atau tidak, sudah pasti saya juga tidak tahu jumlah visitor dan pageviews blog saya setiap bulannya karena saat itu saya belum kenal dengan tools Google Search Console dan Google Analytic)
  • Belum paham SEO sehingga postingan yang saya buat saat itu tidak ada yang SEO Friendly
  • Mengajukan pendaftaran saat saya sementara ikut ODOP which is saya rutin memublikasikan satu postingan baru setiap hari selama sebulan
Kira-kira apa yang dilihat dari Google AdSense sehingga blog saya bisa langsung diterima dan dianggap sudah layak menampilkan iklan?

Apa karena domain saya yang sudah berusia setahun lebih? Atau karena jumlah postingan di blog saya sudah banyak? atau karena saat itu momennya memang lagi pas banget karena saya sementara ikut ODOP sehingga tim AdSense menilai blog saya tergolong aktif maka tanpa pertimbangan panjang mereka langsung menerima? Of course, bisa jadi.

Selanjutnya kalau saya compare dengan pengalaman blogger lain, ada yang usia blognya baru sebulan ajuin AdSense langsung diterima, padahal pengunjung blognya juga masih sedikit. 

Namanya juga blog baru ya tapi kenapa bisa Google AdSense menilai blog itu sudah layak menampilkan iklan. 

Mari kita selidiki. Oh rupanya meski baru tapi blog itu tidak kosong, sudah banyak postingannya.

Nah, itu dia tips yang bisa saya bagikan ke teman-teman. Kekuatan dan daya tarik sebuah blog ada pada konten atau postingan. Sudah pasti itu juga menjadi kriteria utama Google Adsense dalam menilai layak atau tidaknya sebuah blog.

Jadi tips jitu dari saya buat teman-teman yang ingin daftar AdSense cuma satu. Fokus ke konten. Usahakan blog kalian sudah punya banyak konten sebelum diajukan. Pastikan juga konten yang kalian publish bukan hasil copas sana-sini ya tapi wajib konten personal atau karya sendiri.

ODOP atau One Day One Post juga bisa kaliam jadikan sebagai trik lho agar bisa dengan mudah dan cepat  lolos daftar AdSense. Coba saja deh, kali saja berhasil seperti yang saya lakukan.

Menulislah selama 5 atau 15 hari berturut-turut kemudian ajukan pendaftaran Google Adsense dan mari kita lihat hasilnya. Semoga saja beruntung.

Mengenai poin-poin lainnya seperti menu navigasi yang harus jelas, usia domain, jumlah visitor dan lain sebagainya itu nggak mesti jadi patokan. 

Misal blog kamu baru lahir, baru usia bulanan, sepi pengunjung, kamu juga belum sempat atur navigasinya  tapi sudah pengen daftar AdSense ya nggak masalah, poinnya di sini yang penting blog kamu sudah menghasilkan banyak konten jadi coba saja dulu.

Atau kamu mau menunggu sampai usia blog sekitar 6 bulan sambil memperbanyak konten dan merapikan isi blog termasuk navigasinya lalu didaftarin. Itu juga nggak masalah malah bisa jadi nilai plus buat blog kamu

Jika tips yang saya berikan ini berhasil saya ucapkan selamat tapi jika tidak maka saya ingin bilang jangan berkecil hati dan langsung menyerah ya. Kamu bisa fokus untuk membangun blog dulu atau sambil mencari penghasilan blog dari jalan lain. 

Yap, penghasilan yang bisa kamu dapatkan sebagai blogger bukan cuma dari AdSense saja kok. Kamu bisa menerima kerjasama dengan brand atau agency melalu content placement, sponspored post atau review produk serta lewat afiliasi denga fee yang juga lumayan menambah saldo di rekening.

Namun tentu untuk mendapatkan penghasilan dari blog membutuhkan sebuah yang proses yang tidak instan. Jadi jangan mimpi bisa jadi blogger sukses tanpa usaha.

Penutup

Sebagai penutup saya ingin sampaikan ke teman-teman bahwa mendaftar Google AdSense itu baru proses awal. 

Kalau di proses pendaftarannya saja kita sudah merasa berat karena sering ditolak, bagaimana setelah diterima?

Padahal jalan untuk mendapatkan gaji sebagai publisher AdSense itulah baru perjuangan yang sebenarmya.

Saya saja butuh waktu dua tahun lebih baru saldo AdSense bisa mencapai 100$. Setahun pertama penghasilan yang saya dapatkan dari iklan yang muncul di blog ini nggak sampai 50ribu. Bayangkan! Kalau kayak gitu kapan gajiannya, haha. 

Saya sempat pesimis waktu itu tapi alhamdulillaah seiring berjalannya waktu baik pengunjung maupun pageviews blog ini meningkat sehingga penghasilan AdSense yang dulunya sebulan cuma dapet di bawah Rp1000 sekarang sudah bisa sampai Rp100.000.

Jujurly, penghasilan blog yang saya dapatkan di luar AdSense memang jauh lebih besar dan lebih cepat cairnya tapi tentu ada rasa kepuasan dan kesenangan tersendiri ketika saya bisa mendapatkan gaji dari Google. 

So far, buat teman-teman yang baru mau memulai AdSense, mungkin punya pemikiran yang sama seperti saya dulu. Berekspektasi tinggi, mengira setelah blog menayangkan iklan kita bisa langsung kaya.

But kenyatannya tidak, Gaes. Setelah diterima sebagai publisher AdSense kamu masih harus berjuang. Besar atau kecil penghasilan yang kamu dapatkan dari iklan itu tergantung usaha kamu dalam membangun blog. Ujung-ujungnya nanti balik lagi ke konten.

Yes, Content is King. Apakah konten yang kamu hasilkan bisa menarik banyak pengunjung dan mengundang banyak klik atau tidak? Nah, ini juga masih jadi PR besar buat saya. 

Yuk, sama-sama berjuang :)

Sekian sharing pengalaman dan Cara daftar Google Adsense blogspot Langsung Diterima. Adsense. Semoga membantu.

Salam hangat,



Posting Komentar untuk "Pengalaman dan Cara Daftar Google AdSense Blogspot Langsung Diterima dalam Sehari"

Berlangganan via Email