9 Cara Menghargai Diri Sendiri, Penting untuk Self Love

Daftar Isi

Cara menghargai diri sendiri adalah sikap yang seharusnya kita ketahui dan utamakan sebelum menghargai orang lain. Sayangnya perilaku yang menjadi bagian dari upaya mewujudkan self love ini kerap terabaikan.

Saya pun merasa selama ini saya belum sepenuhnya menghargai diri sendiri. Saya sering tidak jujur pada diri sendiri, jarang sekali memberikannya apresiasi dan terkadang masih susah juga memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang sudah saya perbuat.

Padahal seperti halnya menghargai orang lain, kita pun butuh untuk menghargai diri sendiri. Orang yang dihargai atau diberi penghormatan pasti akan merasa senang. Tentunya kita juga ingin dihargai oleh orang lain, bukan?
 
Jangan harap orang lain mau menghargai kamu kalau kamu sendiri tidak tahu menghargai mereka. Menghargai orang lain memang merupakan perilaku yang wajib kita lakukan agar dapat menjalin hubungan baik dengan sesama manusia.

Namun ingat, selain menghargai orang lain kita juga harus menghargai diri sendiri. Bahkan sudah selayaknya kita menghargai diri sendiri sebelum menghargai orang lain.

Cara Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri merupakan  elemen penting untuk menjalani kehidupan positif dan termasuk aspek utama dalam mencintai diri sendiri. 

Tentunya kalau kita sudah bisa menghargai diri sendiri maka akan lebih mudah untuk menghargai orang lain.

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk menghargai diri sendiri? Nah, terkait hal ini saya dapat tips yang sangat menarik nih dari Riliv.
 
Yuk mulai belajar menghargai diri sendiri dengan mengikuti tips berikut ini :

Maafkanlah dirimu atas kesalahan-kesalahan yang sudah kamu lakukan di masa lalu

Tidak ada manusia yang sempurna. Kita semua pasti pernah berbuat kesalahan. Namun jika ada kesalahan yang membuatmu merasa terusik bahkan tertekan, itu pertanda kamu belum bisa memaafkan dirimu sendiri.

Berbuat kesalahan adalah hal yang wajar dan manusiawi jadi kamu tidak perlu menjadikannya sebagai beban. Untuk bisa menghargai diri sendiri kamu harus bisa memaafkan dirimu.
Jangan terlalu larut dalam penyesalan karena toh tidak ada gunanya. Waktu tidak akan terulang kembali dan kamu hanya akan dihantui rasa bersalah terus-menerus.

Hal tersebut tentu tidak baik bagi kondisi psikologismu. Jadi yang perlu kamu lakukan cukup lepaskan masa lalu dan belajarlah dari kesalahan tersebut.

Maafkan juga mereka yang telah menyakitimu

Tidak cukup dengan memaafkan diri sendiri. Kamu juga harus bisa memaafkan siapapun yang pernah menyakiti dirimu.
 
Memaafkan memang bukan perkara yang mudah namun apa gunanya menyimpan rasa sakit di dalam hati?

Percayalah, kamu tidak akan bisa hidup tenang selama dirimu masih menyimpan rasa benci dan dendam terhadap orang lain. Oleh sebab itu kamu harus membebaskan perasaan tersebut.

Jangan biarkan dirimu menderita hanya karena menanggung beban sakit hati yang tidak seharusnya kamu pikul. Hargailah dirimu dengan memaafkan mereka yang menyakitimu karena hanya dengan begitu kamu bisa menjalani hidup yang lebih tenang.

Kelilingilah dirimu dengan orang-orang positif

Sekalipun sudah memaafkan kamu tidak harus bergaul kembali dengan mereka yang kehadirannya hanya menjadi toxic dalam hidupmu.

Justru untuk kebaikan mentalmu ada baiknya kamu menjauhi orang-orang yang membawa pengaruh negatif. Sebaliknya, mendekatlah ke lingkungan positif. Kelilingi dirimu dengan orang-orang baik yang bisa menerima dirimu apa adanya.

Yap, bergaul dengan orang-orang positif juga termasuk upaya yang bisa kamu lakukan lho untuk menghargai diri sendiri.

Bangunlah kepercayaan dirimu

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu pun demikian. Selain kelemahan, di dalam dirimu juga pasti ada kekuatan yang bisa kamu tonjolkan.

Kalau orang lain bisa, kenapa kamu tidak? Yuk, jangan jadi pribadi yang suka minder. Percayalah pada kemampuan dirimu bahwa kamu juga mampu melakukan hal yang terbaik.

Nah, tentunya akan lebih mudah membangun kepercayaan diri kalau kamu sudah bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu.

Jujurlah pada dirimu sendiri

Tips menghargai diri sendiri berikutnya adalah jujur. Ya, kamu harus mengatakan hal yang sebenarnya pada dirimu sendiri. Jangan berbohong karena itu hanya akan melukai dirimu.

Kalau kamu merasa kelelahan katakan yang sejujurnya bahwa kamu lelah dan butuh istirahat. Kalau kamu tidak suka terhadap sesuatu katakan tidak.

Tidak usah memaksakan dirimu untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan. Kamu tidak harus selalu mengiyakan omongan orang. Ini hidupmu dan kamu berhak menentukan sikap.

Kamu memang wajib memprioritaskan dirimu sebelum mendahulukan orang lain. Bukan berarti egois lho. Mencintai dan menghargai diri sendiri tidak sama dengan sikap narsisme. Ini hanyalah sebuah upaya agar kamu bisa menjalani hidup dengan positif.

Rawatlah tubuhmu dengan baik

Menghargai diri sendiri juga berarti kamu harus merawat tubuhmu dengan baik. Jagalah tubuhmu agar tidak rentan mengidap penyakit.

Rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi adalah sejumlah upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan fisik.

Selain itu kamu juga wajib memperhatikan kondisi mentalmu. Kesehatan fisikmu bisa saja menurun kalau kesehatan mentalmu terganggu. Untuk itu lakukanlah hal-hal positif yang bisa membuatmu bahagia dan jauh dari stres.

Selalu berpikir positif

Akan sulit menghargai diri sendiri jika kamu cenderung bersikap negatif thinking. Sadar atau tanpa disadari kita sendiri yang memang kerap memberi sugesti negatif sehingga tubuh kita juga merespon demikian.

Namun coba sebaliknya. Penuhilah otakmu dengan pikiran-pikiran positif. Atau kalau mau, bercengkramalah dengan dirimu dan ucapkanlah kata-kata yang bernada positif semisal, kamu kuat, kamu mampu, kamu sehat, kamu bahagia dan lihatnya hasilnya nanti. Kamu akan tumbuh menjadi orang yang berkepribadian positif.

Berikan apresiasi kepada dirimu

Dirimu pasti pernah melakukan hal terbaik yang membuatmu bahagia dan orang-orang di sekitar bangga padamu?
 
Saat itu terjadi apakah kamu memberikan ucapan selamat kepada dirimu?
Apakah kamu pernah memuji dirimu dan mengungkapkan rasa terima kasih karena telah berhasil melalui berbagai tantangan dalam hidup?

Hal yang kecil dan sederhana tapi sering terlupakan. Padahal ini penting sekali, bagaimana kamu bisa menghargai diri sendiri kalau memberikan apresiasi terhadap dirimu sendiri pun tidak?

Yuk, mulai sekarang apresiasi usaha yang berhasil kamu raih, sekecil apapun itu.
Bentuk apresiasi terhadap diri sendiri tidak mesti dengan memberi hadiah. Kamu bisa melakukannya dengan hal-hal yang sederhana saja seperti memberi pujian dan berterimah kasih kepada dirimu atau meluangkan waktu agar kamu bisa menikmati me time.

Jangan sekali-kali membandingkan dirimu dengan orang lain

Last but not least, setiap manusia terlahir unik. Maksud unik di sini adalah antara manusia yang satu dengan manusia yang lain pasti ada perbedaan.
 
Bahkan orang kembar sekali pun, meski memiliki wajah dan bentuk tubuh yang sama persis namun tentu keduanya memiliki karakter yang berbeda.
 
Oleh sebab itu poin ini juga penting sekali. Kalau kamu ingin menghargai diri sendiri jangan sekali-kali membandingkan diri kamu dengan orang lain. Fokus saja dengan apa yang kamu miliki.

Kuy, itulah beberapa cara menghargai diri sendiri yang bisa kamu terapkan. Oh ya sengaja saya mengangkat tema tentang menghargai diri sendiri karena seperti yang sudah saya singgung di atas aspek ini erat kaitannya dengan self love atau mencintai diri sendiri.

Sebagaimana yang kita ketahui, zaman sekarang sudah banyak orang yang mulai peduli dengan kesehatan mental. Nah, mencintai dan sekaligus menghargai diri sendiri merupakan upaya yang bisa kita lakukan agar tetap waras dalam menjalani kehidupan.

Sayangnya tidak sedikit juga yang luput akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Apalagi untuk bisa menerapkan self love dan menghargai diri sendiri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Membahasnya saja yang kelihatan mudah dan sederhana tapi pengaplikasiannya bisa dibilang sulit. Oleh sebab itu kalau kamu sudah berusaha menerapkan tips di atas namun masih sulit menghargai diri sendiri maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung dengan tenaga profesional khususnya di bidang konseling.

Nah, kalau kamu butuh jasa konseling nggak perlu bingung dan pusing lagi mau cari dimana karena sekarang ini sudah ada aplikasi Riliv.

Aplikasi Riliv

Honestly saya excited sekali pas tahu di Indonesia sekarang sudah hadir aplikasi yqng bisa jadi solusi mudah ketika kita membutuhkan bantuan kesehatan mental.

Jadi, aplikasi Riliv ini adalah aplikasi kesehatan mental pertama di Indonesia yang menyediakan layanan meditasi dan konseling online.
 
Of course dengan aplikasi ini kita bisa dibantu untuk rutin melakukan meditasi demi menenangkan pikiran. Mau curhat ke psikolog kapan saja dan dimana saja pun bisa. Keren banget, kan?
 
Masih banyak fitur lainnya juga yang tidak kalah menarik lho, seperti Riliv journal dimana kita bisa menuliskan jurnal untuk membantu kita bangkit dari cemas dan rasa takut, mengenali diri sendiri, menjadi pribadi yang kuat, berdamai dengan kesalahan masa lalu dan masih banyak lainnya.

Ada juga fitur Riliv journey yang bisa membantu kita mewujudkan self love dengan menerima dan menghargai diri sendiri, berhenti overthinking, mengelola stres serta menghadapi perilaku toxic.

Untuk info lebih lengkapnya silakan langsung eksplor aplikasinya sendiri ya. Menurut saya aplikasi Riliv ini sangat recommended karena manfaatnya banyak sekali.

So, kalau kamu juga tertarik ingin menjaga kesehatan mental dengan cara yang mudah dan praktis, jangan ragu untuk menjadikan Riliv sebagai sahabat.

Oh ya aplikasi Riliv dapat kamu unduh di play store atau app store. Kalau sudah unduh jangan lupa untuk pake kode referral FHRIkl supaya kamu bisa menikmati semua konten meditasi hening yang ada di aplikasi Riliv secara gratis selama 7 hari.

Demikian sharing saya mengenai cara menghargai diri sendiri dan sekilas tentang aplikasi Riliv yang dapat membantu penggunanya menjaga kesehatan mental. Semoga bermanfaat.

Salam,

Posting Komentar