Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Optik Makassar yang Bisa Kamu Kunjungi untuk Beli Kacamata dengan BPJS

Ingin klaim kacamata? Berikut ini aturan, cara klaim serta daftar optik Makassar yang bisa kamu kunjungi untuk pesan kacamata dengan BPJS. Simak selengkapnya ya.


Sebagai pemilik mata rabun jauh (minus) kacamata sudah menjadi barang paling penting yang selalu saya bawa ke mana pun saya pergi.

Ya iyalah tanpa kacamata saya tidak bisa melihat dengan jelas. Apalagi minus saya juga sudah lumayan tinggi di atas angka 8 gitu.

Saya sendiri menggunakan kacamata sejak duduk di bangku kelas 1 SMP dsn selama itu pula saya sudah sering ganti kacamata. 

Entah sudah berapa kali, saya tidak ingat persis saking seringnya saya gonta-ganti alat yang dapat membantu penglihatan saya itu.

Nah, selama ini kalau mau ganti kacamata saya biasanya memanfaatkan BPJS untuk  klaim kacamata. Dengan klaim ini tentunya saya bisa membawa pulang kacamata dengan harga yang lebih murah.

Aturan Klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Buat yang belum tahu, klaim kacamata ini merupakan salah satu manfaat dari sejumlah layanan kesehatan yang bisa didapatkan para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kalau misalkan kamu butuh kacamata karena mengalami gangguan seperti rabun jauh atau rabun dekat dan punya kartu BPJS, kamu bisa lho mengajukan klaim untuk mendapatkan harga kacamata yang lebih murah.

Harga yang lebih murah ya bukan gratis, hehe. Jadi yang dimaksud dengan klaim kacamata BPJS di sini adalah BPJS menanggung biaya pembelian kacamata dalam bentuk bantuan dana alias subsidi sehingga tidak sepenuhnya dibayarkan, paham ya?🤭

Yah meski tidak gratis namun setidaknya kita bisa mendapatkan potongan harga saat membeli kacamata. Lumayan kan bisa hemat ratusan ribu gitu, hehe.

Eniwei, untuk bisa klaim kacamata ada beberepa ketentuan dari BPJS yang perlu kamu ketahui.

Besaran subsidi

Besaran subsidi klaim kacamata ini disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang dipilih oleh peserta yang bersangkutan.
  • Peserta kelas I sebesar Rp300.000
  • Peserta kelas II sebesar Rp200.000
  • Peserta kelas III sebesar Rp150.000
Karena kartu BPJS saya terdaftar di kelas I sehingga saya mendapatkan potongan harga kacamata sebesar Rp300.000 dari harga asli. Jadi misalkan harga kacamatanya 700 ribu ya saya tinggal bayar 400 ribu. Lumayan banget, kan?

Waktu pembelian kacamata

Perlu kamu ketahui juga bahwa ada batasan untuk mengajukan klaim kacamata, tidak bisa setiap waktu.

Misalkan belum genap setahun kacamata yang baru kamu klaim rusak trus kamu mau beli baru lagi dengan cara yang sama, oh tidak bisa. 

Kamu harus menunggu dua tahun yang akan datang dulu baru bisa klaim kacamata lagi. Pasalnya pembelian kacamata menggunakan kartu BPJS Kesehatan hanya dapat dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Tapi kalau kamu mau beli kacamata baru di bawah dua tahun ya silakan. Itu hak kamu cuma semua biayanya tanggung sendiri ya, hehe.

Ukuran lensa

Selain bingkainya, lensa kacamata juga ditanggung BPJS. Namun ini juga ada aturannya.

BPJS menetapkan aturan ukuran lensa yang ditanggung, yaitu : 
  • Lensa spheris, minimal ukuran 0,5 dioptri
  • Lensa silindris, minimal 0,25 dioptri
Sayangnya karena ukuran lensa yang saya gunakan sudah melampaui batas minimal yang ditanggung BPJS jadi gak dapat subsidi. That's why, kalau saya beli kacamata selalu lebih mahal lensanya dibanding frame.

Cara Klaim Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Selanjutnya, langkah-langkah pengajuan pembelian kacamata dengan BPJS Kesehatan yaitu seperti di bawah ini:

Ambik surat rujukan di Faskes 1

Karena sistem berobat yang digunakan dalam BPJS Kesehatan adalah Sistem Rujukan Berjenjang sehingga kamu harus datang ke Faskes 1 terlebih dahulu untuk mendapatkan surat rujukan

Nantinya, dari faskes 1 akan merujuk kamu ke dokter  spesialis mata atau klinik terdekat yang telah ditentukan. 

Kalau saya waktu itu dirujuk langsung ke Klinik Orbita Makassar yang jaraknya memang sangat dekat dengan Faskes 1 saya di Klinik Kimia Farma Pettarani.

Kunjungi dokter spesialis mata atau klinik mata sesuai surat rujukan

Setelah mendapatkan surat rujukan dari faskes 1, selanjutnya pergi ke dokter spesialis mata atau klinik yang telah ditunjuk BPJS Kesehatan.

Di sana nantinya kamu akan menjalani serangkaian pemeriksaan mata termasuk dan mendapat resep dari dokter untuk membeli kacamata.

Melegalisir resep dokter

Resep dari dokter  harus mendapat legalisir agar dapat digunakan untuk pembelian kacamata. Legalisir ini bisa kamu dapatkan dengan mendatangi  loket BPJS Kesehatan lalu mintalah tanda cap untuk resep tersebut  kepada petugas di sana.

Kunjungi optik terdekat

Kalau resep sudah dilegalisir selanjutnya kamu tinggal mengunjung optik terdekat.

Namun ingat ya, tidak semua optik menerima resep BPJS jadi pastikan kamu mengunjungi optik yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Daftar Optik Makassar yang kerjasama dengan BPJS

Nah, buat teman-teman yang tinggal di daerah Makassar dan sekitarnya saya punya daftar optik Makassar nih yang menerima resep BPJS.

Berikut beberapa optik Makassar yang bisa kamu kunjungi untuk beli kacamata dengan BPJS :

Optik Prima

Alamat: Jl. Gn. Merapi No.4, Kota Makassar
Jam buka: 09.00–17.30 WITA
Telepon: (0411) 310114

Optik Andrian

Jl. DR. Ratulangi No.156A, Bonto Biraeng, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90133
Jam buka : 09.00-18.00 WITA
Telepon : (0411) 851591

Optik Tunggal Jaya

Alamat : Jl. Rappocini Raya No.182, Kota Makassar
Buka : 09.00-18.00 WITA
Telepon: (0411) 852996

Optik Istana

Alamat : Jl. Timor No.26, Kota Makassar
Jam buka: 08.30–21.30 Wita
Telepon : (0411) 3611250

Optik Subur

Alamat: Jl. G. Bulusaraung No.21, Kota Makassar
Jam buka: 09.00–19.30 WITA (Minggu tutup)
Telepon: (0411) 3631288

Optik International 1

Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin No.24/288, Baru, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
Jam buka: 08.00–21.00 WITA
Telepon: (0341) 3630679

Optik International 2

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan KM.9 No.24, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Jam buka: 08.00–21.00 WITA
Telepon: (0341) 580664

Optik Surya

Alamat: Jl. G. Bawakaraeng No.48/18, Kota Makassar
Jam buka: 09.00–18.00 WITA
Telepon: (0411) 3617101

Optik Hokky

Alamat: Jl. Monginsidi No.106, Kota Makassar
Jam buka: 08.00–20.00 WITA
Telepon: (0411) 857839

Optik Omega

Alamat : Jl. Gn. Lompobattang No.21, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115
Jam buka: 08.00–20.00 WITA
Telepon: (0411) 3618385

Demikian daftar optik Makassar lengkap beserta alamat, jam buka dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Untuk memudahkan kamu bisa datangi optik yang lokasinya paling dekat dari jarak rumah kamu.

Oh ya dari daftar di atas baru dua optik yang pernah saya datangi untuk pesan kacamata yaitu di optik Adrian dan optik Omega.

Menurut saya dua optik tersebut lumayan recommended. Pelayanannya oke dan banyak pilihan kacamatanya juga. 

Kalau yang lain saya belum bisa kasih penilaian tapi yang pastinya semua optik yang saya sebutkan di atas merupakan mitra BPJS.

Kuy, semoga daftar tersebut dapat membantu kamu yang juga ingin melakukan klaim kacamata.

Salam

1 komentar untuk "Daftar Optik Makassar yang Bisa Kamu Kunjungi untuk Beli Kacamata dengan BPJS"

  1. aku baru tau ini mbak, keknya harus cek optik Denpasar nih, supaya bisa klaim kicimiti pake BPJS, hihi.. makasih infonya mbak Sis.

    BalasHapus