IDN Media dan Fortune Indonesia, Media Bisnis Milenial dan Gen Z

Daftar Isi

IDN Media dan Fortune Indonesia, media bisnis milenial dan gen Z. Indonesia saat ini telah didominasi oleh generasi Z dan milenial. Pernyataan ini sesuai dengan data hasil Sensus Penduduk tahun 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Januari 2021 kemarin.

Data tersebut menunjukkan bahwa komposisi penduduk di Indonesia didominasi oleh Gen Z sebesar 27,94% lalu disusul oleh generasi milenial dengan persentase sebesar 25,87%.

Wah, fakta yang cukup mencengangkan karena itu berarti Indonesia telah mengalami bonus demografi yang bukan baru berada di gerbang melainkan sudah di puncaknya.

Data sensus penduduk 2020
Gambar : beritasatu.com

Puncak bonus demografi ini ditandai dengan menurunnya penduduk usia tua dan semakin meningkatnya penduduk usia produktif.

Padahal banyak yang mengira bonus demografi baru akan terjadi pada awal 2030 namun siapa sangka kesempatan emas ini datang lebih cepat.

Tentu saja momentum bonus demografi yang tengah berlangsung di masa pandemi saat ini menjadi tantangan berat bagi Indonesia. 

Pasalnya bonus demografi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Pemerintah harus gencar meningkatkan kualitas SDM jika tidak justru akan menyebabkan bencana.

Tantangan yang tidak mudah memang, tapi kita harus optimis Indonesia pasti bisa melewati masa bonus demografi dengan baik. 

Apalagi seperti yang kita ketahui, kalangan milenial dan Gen Z sudah banyak yang terjun di dunia bisnis berbasis teknologi. Terbukti dengan semakin maraknya perusahaan rintisan atau start up yang pencetusnya berasal dari kedua generasi ini

Bahkan berdasarkan hasil survey Startup  Ranking.com per, Indonesia saat ini berhasil menempati posisi kelima negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia, yaitu mencapai total 2.229 startup di bulan April 2021.

Nah, salah satu start up yang populer di kalangan milenial dan Gen Z adalah IDN Media. Start up yang bergerak di bidang media berbasis digital memang tidak begitu pesat perkembangannya seperti di bidang lain.

Meski demikian IDN Media mampu menunjukkan eksistensinya. Sejak awal berdirinya pada 8 Juni 2014 IDN Media terus berinovasi dan telah menghadirkan berbagai macam progam yang menargetkan audiensnya dari kalangan anak muda. Itu sebabnya IDN Media dikenal juga sebagai platformnya milenial dan gen Z.

Nah, kabar baiknya untuk membangun ekosistem bisnis IDN Media yang lebih baik perusahaan yang didirikan oleh kakak beradik Winston Utomo dan William Utomo ini akan segera berkolaborasi bersama Fortune.

Kolaborasi IDN Media dan Fortune Indonesia untuk Milenial dan Gen Z

Pada kuartal tiga 2021, IDN Media akan segera menghadirkan majalah bisnis global yakni Fortune Indonesia. Rencana untuk membangun ekosistem bisnis global bersama Fortune ini jelas mengundang berbagai reaksi dan pertanyaan.

Fortune Indonesia adalah media bisnis global terkemuka yang berkomitmen untuk menciptakan karya jurnalisme dengan standar akurasi, transparansi, dan legalitas yang tinggi di Indonesia. 

Sebagai media bisnis, jelas Fortune akan menyasar para pengambil keputusan, eksekutif, pebisnis profesional, wirausahawan, dan pemimpin yang aspiratif sebagai target audiensnya. 

Sementara IDN Media merupakan perusahaan media teknologi sekaligus merupakan platform konten terkemuka yang berfokus pada milenial dan gen Z di Indonesia.

Nah, dari sini saja sudah jelas bahwa target audiens Fortune dan IDN Media bertolak belakang. Pertanyaan yang muncul kemudian, bagaimana IDN Media dapat tetap merangkul Millennial & Gen Z dengan kehadiran Fortune di ekosistem bisnis IDN Media?

Untuk menjawab hal tersebut, yuk simak penjelasan CEO IDN Media, Winston Utomo, terkait bagaimana kehadiran Fortune Indonesia dapat membawa #PositiveImpact bagi Milenial & Gen Z.

Dampak Positif Hadirnya Fortune Indonesia di Ekosistem Bisnis IDN Media

Winston Utomo dan William Utomo, dua bersaudara dibalik suksesnya IDN Media

Menurut Winston Utomo selalu CEO IDN Media kehadiran Fortune Indonesia ke Ekosistem Bisnis Media tentu akan memberikan dampak positif terutama dalam bidang bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan. 

Mengapa beliau bisa beransumsi demikain? Setidaknya ada tiga aspek yang melatarbelakangi :

Akses pada informasi yang berkualitas 

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang media berbasis teknologi dan memiliki lebih dari 70 juta pengguna aktif setiap bulannya IDN Media tentu saja sudah mempertimbangkan berbagai hal sebelum resmi memutuskan untuk membawa Fortune ke Indonesia. 

Salah satunya adalah pertimbangan mengenai dampak positif apa yang bisa Milenial & Gen Z dapatkan dengan kehadiran Fortune.
“Meski Fortune menargetkan pebisnis profesional sebagai audiens utamanya, hal ini sama sekali tak mengurangi fokus IDN Media pada Milenial & Gen Z,” ujar Winston 
Beliau berharap hadirnya Fortune dapat memperkaya ekosistem bisnis di IDN Media, sehingga jenis informasi yang disediakan oleh para publisher di IDN Media pun menjadi semakin beragam. 
“Kehadiran Fortune ini pada dasarnya juga kami tujukan untuk Milennial & Gen Z yang memiliki ketertarikan seputar bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, market research, dan keuangan, ya. Dengan terus memperhatikan akurasi dan kredibilitas informasi, kami ingin perkaya wawasan dan pengetahuan mereka,” terang Winston lagi

Pentingnya literasi terhadap aspek finansial  bagi Milennial & Gen Z 

Alasan berikutnya sejalan dengan upaya pemerintah yang ingin meningkatkan kualitas SDM dengan mendorong penduduknya yang berada di usia produktif yakni generasi milenial dan Gen Z untuk turut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Oleh sebab itu sudah sewajarnya kaum milenial dan Gen Z dituntut agar melek literasi terutama pada aspek finansial 
Tentunya wawasan dan pengetahuan mengenai hal ini tidak hanya dapat diperoleh melalui pendidikan formal saja

Akses pada informasi yang berkualitas juga dapat menjadi salah satu alternatif lain yang dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan seseorang. 

Berkaitan dengan kehadiran Fortune di Indonesia, Winston menjelaskan bahwa 
“Literasi terhadap aspek finansial menjadi salah satu hal paling penting yang sebetulnya wajib Milenial & Gen Z pahami. Untuk itu, Fortune ingin menjadi sumber informasi yang lengkap, akurat, dan terpercaya, serta membantu membuka perspektif baru terkait fokus mereka pada aspek finansial.” 

Millenial & Gen Z memiliki karakter kolaboratif dan berjiwa wirausaha 

Berdasarkan penjelasan kedua poin di atas, dapat disimpulkan bahwa IDN Media optimis terhadap keinginan milennial & gen Z untuk berwirausaha. 

Mewakili IDN Media, Winston percaya bahwa atribut yang signifikan dari generasi ini adalah karakter kolaboratif dan jiwa wirausaha. 
“Milenial & Gen Z adalah pengambil risiko. Mereka memiliki jiwa wirausaha yang besar. Dengan karakter kolaboratif yang mereka miliki, mereka akan menggunakan kinerja tim sebagai landasan dalam membangun sebuah bisnis,” demikian ujar Winston menyampaikan pendapatnya.
“Collaboration allows teachers to capture each other's fund of collective intelligence”, sebuah pepatah yang menggambarkan betapa kolaborasi menjadi salah satu elemen terpenting untuk membangun kerja sama dengan Milenial & Gen Z.

Menurut Winston sebelum mengakhiri penuturannya, milenial dan Gen Z memiliki prinsip perusahaan yang kooperatif guna menciptakan kemitraan yang efektif. Kolaborasi dapat diwujudkan hanya dengan komunikasi yang baik dan sehat. Oleh sebab itu keduanya akan cenderung membangun lingkungan yang inklusif, di mana setiap orang dihargai.

Penutup

Sangat menarik 'mendengar' pemaparan Winston Utomo terkait Fortune Indonesia yang tidak lama lagi akan menjadi bagian dari ekosistem bisnis IDN Media.

Kabar ini sudah seharusnya menjadi angin segar bagi kita semua terkhusus kalangan milenial dan Gen Z. Mengingat di masa Indonesia sedang mengalami bonus demografi kedua generasi dituntut harus memiliki jiwa kreatif, inovatif dan produktif, terutama dalam bidang bisnis dan teknologi.

Ya, hadirnya Fortune di IDN Media jelas dapat menambah wawasan milenial dan Gen Z dalam ranah finansial dan wirausaha. Pastinya juga dapat menjadi referensi bisnis terpercaya yang memberi banyak manfaat.

Wah jadi tidak sabar nih melihat kerjasama IDN Media dan Fortune Indonesia dalam menghasilkan konten-konten bisnis dan wirausaha yang disajikan dengan konsep yang khas untuk milenial dan Gen Z. Apakah juga memikat? Yuk, kita tunggu saja kehadiran Fortune di Ekosistem Bisnis IDN Media.

1 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.
IDN Media dan Fortune emang kolaborasi yang mantap. Fortune media bisnis global, IDN media punya basis pembaca anak muda. Keduanya memang akan memberikan dampak positif dalam mencerahkan bisnis anak muda.