Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Makanan untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Aneka makanan untuk imunitas tubuh
berbagai makanan untuk imunitas tubuh/pixbay
Aneka makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh - Kesehatan menjadi kekayaan yang tidak ternilai harganya, karena itu selagi masih sehat sudah selayaknya kita untuk menjaga nikmat tersebut.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Semua orang rentan terkena virus yang menyebabkan COVID-19.  Oleh sebab itu penting sekali bagi kita agar selalu menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. 

Tentunya cara paling baik untuk meningkatkan imunitas adalah dengan menjalankan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, rajin berolahraga dan meninggalkan kebiasaan konsumsi alkohol dan rokok. 

Soal makanan, ada banyak makanan bergizi yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Beberapa makanan bernutrisi diantaranya sebagai berikut:

Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang diolah melalui proses fermentasi seperti tempe dan kimchi. 

Makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi banyak mengandung probiotik alami yang berperan membentuk bakteri baik di dalam tubuh. 

Semakin banyak bakteri baik dalam tubuh semakin bagus sebab bakteri tersebut akan berperang melawan bakteri jahat yang menimbulkan penyakit. Dalam memilih yoghurt pilihlah yang bebas gula atau mengandung pemanis dari buah dan madu.

Buah-buahan Asam

Sebagaimana diketahui vitamin C baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karenanya saat sakit disarankan mengonsumsi vitamin C. 

Kandungan vitamin C alami dapat ditemukan pada buah-buahan asam seperti jeruk, kiwi, lemon dan sebagainya. 

Vitamin C sendiri tidak dapat diproduksi tubuh oleh karenanya konsumsi buah asam setiap hari pada takaran yang pas sangat disarankan. 

Jumlah konsumsi harian yang disarankan untuk perempuan dewasa sebanyak 75 miligram dan untuk pria dewasa sebanyak 90 miligram.

Biji-bijian

Beragam nutrisi baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa ditemukan pada biji-bijian seperti kacang almond dan biji bunga matahari. 

Almond mengandung vitamin E berperan sebagai antioksidan dan juga lemak sehat. Sedangkan kuaci kaya akan nutrisi seperti fosfor, magnesium, vitamin E dan vitamin B6. 

Vitamin E penting untuk memelihara fungsi sistem kekebalan serta bekerja sebagai antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas. Pada kuaci juga mengandung selenium yang dipercaya mampu melawan infeksi virus.

Kerang-kerangan

Kabar gembira bagi pencinta seafood karena ternyata aneka kerang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidak cukup populer diketahui sebab memang kerang tidak mengandung vitamin dan mineral sebagaimana makanan lain. 

Namun kerang memiliki kandungan seng yang amat kaya. Seng ini berperan dalam membentuk sel imunitas agar berfungsi secara optimal. Tiram, kepiting, lobster dan kerang-kerangan lain sangat kaya dengan seng.

Kunyit

Mengonsumsi kunyit baik pada olahan makanan atau minuman baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Rempah berwarna kuning ini bersifat antioksidan dan anti inflamasi yang dipercaya mengobati penyakit akibat peradangan seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis

Kunyit juga mengandung kurkumin, senyawa yang membuat warna khas terbukti manjur dalam penyembuhan luka dan infeksi. Senyawa ini pula mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki sifat antivirus.

Rhea Health Tone

Suplemen alami yang diekstrak dari tanaman obat ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Terdiri dari Gardenia Jasminoides, Commiphor Myrrha, Boswellia Serrata, Daucus Carota, Foeniculum Vulgarae, Olea Europaea. Telah melalui riset bertahun-tahun serta telah lolos uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Bisa dikonsumsi anak-anak hingga dewasa yang sangat disarankan untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan.

Mengonsumsi makanan bernutrisi serta melengkapinya dengan konsumsi suplemen bisa menjadi cara untuk terus menjaga kesehatan. Pastikan kesehatan kamu dan keluarga selalu terjaga ya dengan mulai menerapkan pola hidup sehat.

Semoga bermanfaat. 

Salam,

Posting Komentar untuk "Aneka Makanan untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh"

Berlangganan via Email