TIKI Solusi Belanja Online Aman dan Nyaman Saat Pandemi

TIKI solusi belanja online aman dan nyaman saat pandemi

TIKI Solusi Belanja Online Aman dan Nyaman Saat Pandemi. Belanja online sudah menjadi aktivitas yang digemari banyak kalangan, terutama emak-emak. Ya kan, memang sudah dari sononya kaum emak terkenal doyan berbelanja, hehe.

Apalagi di masa pandemi dan PPKM seperti sekarang. Aktivitas di luar rumah serba dibatasi. Mau keluar buat belanja juga bawaannya was-was, khawatir terpapar virus. 

Banyak orang yang kemudian lebih memilih berbelanja dari rumah. Bersyukur pandemi COVID-19 melanda dunia ketika teknologi sudah canggih.

Saya sendiri memang lebih suka belanja online ketimbang offline. Alasannya tentu saja karena belanja secara daring mudah dan praktis. Enaknya lagi bisa dilakukan sambil rebahan di kasur.

Sementara belanja offline, tahu sendiri kan gimana emak-emak kalau shopping? Bisa menghabiskan waktu sampai berjam-jam. Keliling dari toko A sampai Z hanya untuk mendapatkan barang dengan harga terbaik, tapi ujung-ujungnya kembali lagi ke toko A, haha.

Kayak nggak ada capeknya emak-emak kalau pergi berbelanja. Setiba di rumah baru mengeluh badan pegal-pegal. Hayoo siapa yang sering mengalami hal kayak gini?😂

Tentunya drama belanja yang berujung dengan rasa letih itu tidak akan kita alami jika berbelanja di e-commerce. Sudah hemat waktu, tenaga, banyak diskonnya pula, hehe.

Meski demikian bukan berarti belanja online bebas dari drama. Kekurangannya juga ada kok. Nah, masalah yang pernah saya alami saat berbelanja online kerap berhubungan dengan jasa ekspedisi.

Honestly, waktu kuliah dulu saya sempat kecewa dengan salah satu jasa pengiriman karena barang pesanan saya tak kunjung diantarkan ke kos hingga saya sendiri yang terpaksa menjemput di kantor cabangnya.

Alamat yang tertera tidak lengkap, itulah yang menjadi penyebab paket saya tertahan di kantor ekspedisi tersebut. Namun jelas-jelas selain alamat ada juga keterangan nomor hp.

Nah, ini yang bikin saya jengkel dan nggak terima, kenapa pihak ekspedisi tidak mencoba menghubungi terlebih dahulu. Lagian gunanya nomor hp disertakan dalam pengiriman untuk itu, kan? Agar memudahkan si kurir kalau-kalau kesulitan menemukan alamat penerima.

Masalahnya saya nggak dihubungi sama sekali. Alhasil paket yang seharusnya sampai di tangan saya dengan estimasi waktu 3-5 hari setelah pengiriman malah baru saya dapatkan setelah hampir dua pekan.

Padahal saya sudah memilih layanan tercepat lho, tapi jadinya malah terlambat sampai di tangan, tidak diantarkan pula. Apes banget.

Karena punya pengalaman buruk seperti itu saya jadi menyadari pentingnya memilih jasa ekspedisi. Ya, selama ini saat berbelanja lewat gawai mungkin kita hanya lebih fokus mencari online shop terbaik saja. 

Yang penting toko tempat kita belanja online terpercaya dan memiliki banyak ulasan positif kita sudah langsung merasa aman dan nyaman. Padahal keamanan dan kenyamanan saat berbelanja online pun tidak terlepas dari peran jasa ekspedisi. 

Tips memilih jasa ekspedisi yang tepat


Seiring dengan berkembang pesatnya e-commerce semakin banyak pula jasa ekspedisi baru yang bermunculan. Banyaknya jasa pengiriman yang ada sekarang tentu akan membuat kita bingung memilih mana yang terbaik.

Saya pun demikian. Tidak ingin kejadian menjemput paket sendiri di kantor ekspedisi terulang kembali membuat saya cukup selektif ketika memilih jasa pengiriman barang.

Setidaknya berikut ini beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama saya dalam memilih ekspedisi :

Kecepatan pengiriman sesuai estimasi waktu

Jika dihadapkan pada berbagai perusahaan ekspedisi dengan estimasi waktu yang berbeda-beda, tentunya pilihan saya akan jatuh ke jasa logistik terpercaya dan memiliki estimasi waktu paling cepat

Ya, kecepatan pengiriman menjadi poin utama saya dalam memilih jasa ekspedisi. Siapa sih yang nggak senang mendapati paket belanja online yang baru dipesan sampai dengan cepat.

Estimasi waktu pengiriman barang yang saya pesan dari daerah Jawa dan sekitarnya ke daerah tempat tinggal saya di Gowa, Sulawesi Selatan sendiri biasanya memakan waktu sekitar 3-5 hari.

Oh ya, untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang pernah saya alami dulu pastikan alamat dan nomor hp yang diberikan sudah benar ya.

Namun perusahaan jasa ekspedisi terbaik tentunya tidak akan mengabaikan nomor penerima yang bisa dihubungi sesuai keterangan yang ada di paket apabila alamatnya kurang jelas.

Pilih jasa ekspedisi dengan tarif terjangkau

Selain ketepatan dan kecepatan waktu pengiriman, hal lain yang patut kamu pertimbangkan adalah harga. Pilihlah perusahaan ekspedisi yang memberikan biaya pengiriman cukup terjangkau. 

Apalagi pengiriman ke luar wilayah Jawa tarifnya terbilang mahal. Kalau ke Sulawesi sendiri ongkos kirimya berada di kisaran Rp40.000-Rp60.000/kg. Jadi biar lebih hemat sebaiknya pilih ekspedisi yang menawarkan tarif paling murah. 

Namun kamu juga harus hati-hati ya, jangan langsung tergiur dengan harga miring. Cek dulu kualitas dari perusahaan tersebut.
Biasanya ada perusahaan ekspedisi yang memang sengaja kasih harga murah tapi keamanan barangnya tidak terjamin.

Memiliki layanan ekspedisi beragam


Salah satu keunggulan jasa pengiriman paket terdapat pada layanannya. Of course, perusahaaan dengan berbagai layanan akan mendapat nilai lebih di mata pelanggannya. Adanya beragam layananan juga pastinya dapat memudahkan pelanggan.

Contohnya saja seperti layanan jemput gratis. Sebelumnya saya suka merasa rempong kalau harus ke luar rumah untuk mengirim barang dengan kondisi punya dua balita di rumah ditambah lagi sekarang masih pandemi.

Mengharapkan suami nggak mungkin karena pagi-pagi sekali beliau sudah berangkat kerja dan baru kembali ke rumah saat langit sudah gelap. 

Nah, sudah pasti urusan mengirim barang menjadi mudah dan praktis dengan adanya layanan gratis penjemputan. Itu baru satu contoh layanan.

Layanan yang juga bisa menarik  pelanggan pengguna jasa logistik antara lain tersedianya layanan drive trhu, cash on delivery, pick up delivery dan lain sebagainya.

Terdapat jaminan keamanan barang

Tentunya kamu tidak ingin kan paket yang kamu pesan sampai dalam keadaan rusak atau bahkan hilang. Apalagi jika kamu memesan barang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu agar tidak mengalami kerugian pastikan jasa pengiriman yang kamu gunakan menyediakan jaminan keamanan seperti asuransi.

Pastikan juga perusahaan ekspedisi yang kamu pilih menjalankan protokol kesehatan dengan ketat sehingga paket yang kamu pesan bisa sampai dalam keadaan aman dari kerusakan dan juga bebas dari virus.

Terdapat fitur tracking

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih layanan ekspedisi yang memiliki fitur tracking atau pelacakan. Jasa ekspedisi yang profesional pastinya akan menyediakan fitur ini untuk membantu pelanggan memantau keberadaan paketnya. 

Dengan adanya fitur ini, kamu cukup memasukkan nomor RESI saja maka informasi mengenai keberadaan paketmu dapat segera diketahui. 

Memiliki rute dan jangkauan yang luas

Jelas saya tidak mungkin memilih jasa pengiriman dengan jangkauan terbatas atau rutenya tidak sampai ke daerah saya. 

Termasuk bila ingin mengirimkan barang ke orang tua saya di Papua atau ke keluarga dan kerabat saya yang tinggal di daerah agak terpecil, tentu saya harus memilih jasa pengiriman barang yang memiliki rute dan jangkauan luas.

Itulah beberapa tips memilih jasa logistik ketika berbelanja online. Kita semua pasti ingin agar aktivitas belanja online selama pandemi bisa berjalan aman dan nyaman. 

Untuk itu kalau teman-teman membutuhkan rekomendasi jasa ekspedisi yang memenuhi tips di atas maka layanan dari TIKI sangat bisa diandalkan.

TIKI, Solusi Belanja Online Aman dan Nyaman


TIKI bukan perusahaan logistik yang baru berdiri kemarin sore. Perusahaan yang bergerak di bidang layanan antar barang ini sudah ada sejak tahun 1970. 

Di usia yang tidak muda lagi TIKI terus berkembang hingga saat ini telah beroperasi di 65 kota besar dan didukung oleh 500 kantor cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

TIKI juga telah membawahi sekitar 3700 gerai yang selalu siap melayani pengiriman barang ke berbagai daerah bahkan hingga ke luar negeri. Jangkauan TIKI sangat luas karena mencakup 34 Provinsi di Indonesia dan 452 Kabupaten.

Dengan pengalaman selama setengah abad, keunggulan TIKI di bidang eskpedisi tentu tidak diragukan lagi.

Saya dan keluarga sendiri sudah sering mengirim barang lewat TIKI. Dari zaman saat masih tinggal bareng orang tua di Papua hingga saat saya sudah berkeluarga dan tinggal jauh dari orang tua karena ikut suami merantau ke Sulawesi.

Walau tinggal berjauhan jarak bukanlah penghalang. Komunikasi saya dan orang tua tetap lancar. Termasuk ketika saya ingin mengirimkan sesuatu kepada orang tua pun sebaliknya. TIKI selalu menjadi jasa ekpedisi andalan kami. 

Well, mungkin teman-teman ada yang penasaran, kenapa TIKI bisa menjadi solusi belanja online aman dan nyaman? Atau apa sih keunggulannya sehingga saya merekomendasikan TIKI sebagai jasa ekspedisi terbaik dan terpercaya di Indonesia. Yuk, kita bahas!

Belanja Online Saat Pandemi #PakeTikiAja


Sekali pun sudah lama menjadi pelanggan TIKI namun jujur saja saya belum begitu mengenal jasa ekspedisi yang termasuk pelopor perusahaan logistik di Indonesia ini dengan begitu baik.

Makanya saya merasa bersyukur sekali dapat kesempatan ikut webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas Emak-Emak Blogger (KEB) bekerjasama dengan TIKI pada 14 Juli 2021 kemarin. 

Webinar yang berlangsung via Zoom dan mengangkat tema "Aman dan Nyaman Berbelanja Online" itu menghadirkan Bapak Cahyadi atau akrab disapa Pak Upay yang merupakan Marketing Communication Manager at PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) sebagai narasumber utama.

Dalam pemaparannya Pak Upay memberitahukan kepada kami mengenai berbagai produk dan layanan TIKI, termasuk layanan baru yang mendukung keamanan dan kenyamanan berbelanja online.

Beliau juga menyampaikan hal-hal terkait pelayanan TIKI selama pandemi  berlangsung dimana perusahaannya dengan ketat melaksanakan protokol kesehatan yang meliputi :
  • Hand sanitizer tersedia di seluruh gerai TIKI
  • Rutin dilakukan penyemprotan desinfektan baik di gerai-gerai maupun pada paket-paket yang masuk dan akan dikirimkan
  • Staff dan Mas TIKI (sebutan untuk kurir TIKI) diwajibkan untuk selalu menggunalan masker termasuk memakai sarung tangan saat mengirimkan paket ke pelanggan
  • Setiap hari kerja dilakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan staff dan kurir yang masuk hanya mereka yang sehat 100%
  • Baik staff, kurir maupun pelanggan diwajibkan untuk saling menjaga jarak.
Jadi teman-teman tidak perlu khawatir kirim barang pake TIKI, apalagi selama ini TIKI juga selalu berusaha memberi pelayanan yang terbaik dan maksimal untuk semua pelanggannya. 

#PakeTIKIAJA, Jasa Logistik Terbaik dan Terpercaya



TIKI memiliki pengalaman yang panjang dalam bidang logistik. Perusahaan ini bahkan sudah bertahan selama 5 dekade dan sampai hari ini masih tetap melayani negeri kita tercinta.

Sejauh ini TIKI pun telah berhasil meraih sejumlah penghargaan, diantaranya :
  • Superbrands Indonesia 2017 dari Superbrands Indonesia, 
  • Netizen Courier Service Choice 2017 dari Majalah Warta Ekonomi, 
  • Top Brand Award dari Frontier dan Majalah Marketing
  • Indonesia Wow Brand 2015 dari Markplus
  • Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 dari MarkPlus
  • Service Quality Award 2016 dari Service Excellence, pertama di Indonesia TIKI Self Service Machine dari Tras n Co, 
  • Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 dari Tras n Co, Indonesia E-Commerce Brand Award 2016.
  • Indonesia Business Development Award 2018  kategori "The Best Freight Forwarding Company in Service and Customer Satisfaction of the Year 2018" oleh Indonesia Development Achievement Foundation
  • Top Brand Category: Courier Service " in recognition of outstanding achievement in building the top brand "; SQ Category : Courier "For achieving excellent total service quality satisfaction based on customer perception survey SQIndex 2018"
  • Top Innovation Choice Award 2021
Ya, baru-baru ini TIKI kembali menerima penghargaan sebagai salah satu Top Innovation Choice Award 2021 atas inovasi layanan terbarunya untuk mendukung para pelaku UMKM atau pelapak online di masa pandemi. 

Mengenai inovasi layanannya yang sangat bermanfaat dan menguntungkan para penjual online ini akan saya bahas di bawah. Baca sampai tuntas ya.

Dengan semua pencapaian tersebut dan pengalaman panjangnya tidak salah lagi bila kita memercayakan pengiriman paket pada TIKI sebagai jasa logistik terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Terlebih lagi, walau berumur tua TIKI tidak ketinggalan zaman, perusahaan pelopor bidang logistik ini terus berinovasi dan  telah menghadirkan berbagai produk dan layanan yang senantiasa up to date.

Produk unggulan TIKI



Menjelang usianya ke 51 tahun, TIKI mengusung konsep #beraniberubah dan #makepeoplehappy dalam hal ini membahagiakan pelanggannya.

Itu sebabnya kini TIKI hadir dengan berbagai produk menarik yang pastinya bisa bikin pelanggan jadi happy.

Ada 7 produk unggulan TIKI yang dapat kita nikmati lho. Yuk kita ulas satu-satu.

SDS (Same Day Service)


Produk pertama ada Same Day Service atau lebih dikenal dengan singkatannya SDS. Produk ini cocok banget buat kamu yang nggak sabaran dan pengen barang kiriman cepat sampai.

Yap, seperti namanya, dengan SDS kamu bisa pesan atau mengirim barang dari dan ke kota-kota besar di Seluruh Indonesia hari ini dan di hari yang sama pula barang yang kamu pesan atau kirimkan akan sampai di tujuan. 

Misal nih, hari ini kamu pesan barang dari Jakarta dengan tujuan pengiriman ke Makassar pake SDS, maka kamu tidak perlu menunggu sampai 2 atau 3 hari karena barang yang kamu pesan akan sampai di hari ini juga. Asyik banget, kan?

Mumpung lagi bahas tentang SDS, sekarang di TIKI juga lagi ada promo SDS KITA (Kuliner Nusantara) lho. 

Dengan memanfaatkan promo ini kamu bisa kirim makanan dari Makassar ke Jakarta hanya dengan bayar 50K sampai di hari yang sama atau kalau dari Bandung ke Jakarta hanya 25K. Waah, menarik sekali.

Eh tapi ingat, promo ini hanya berlangsung dari tanggal 18 Mei-15 Agustus 2021 jadi jangan sampai ketinggalan ya. Perhatikan juga syarat dan ketentuannya yang berlaku.

ONS (One Night Service)


Selain SDS ada juga nih One Night Service atau ONS. Bedanya kalau pake SDS barang sampai tidak sampai sehari, sementara ONS membutuhkan waktu sehari saja untuk paket sampai ke tujuan.

Masih termasuk pengiriman kilat ya, karena kita tidak perlu menunggu lama. Kirim hari ini besoknya barang sudah sampai di tangan penerima.

TDS (Two Days Service)


Produk lain yang ditawakan TIKI adalah TDS, singkatan dari Two Days Service. Dengan memilih TDS, TIKI memberikan estimasi waktu barang akan sampai dalam waktu 48 jam atau dua hari.

Reg (Regular Service)


Jika tiga layanan lainnya seperti yang disebutkan di atas hanya menjangkau daerah-daerah tertentu saja terutama kota-kota besar maka layanan yang satu ini menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Jika memilih layanan Reg, TIKI akan memberikan estimasi waktu pengiriman kurang dari tujuh hari kerja atau sekitar 3-4 hari.

ECO (Economy Service)


Selanjutnya kalau kamu termasuk tipe orang yang bisa dengan sabar menunggu kedatangan paket atau memang dalam kondisi tidak terburu-buru,  Economy Service atau ECO ini bisa jadi pilihan tang tepat buat kamu.

Dengan memilih ECO, estimasi waktu pengiriman yang dibutuhkan adalah sekitar 6-14 hari. Memang lama sampainya tapi kamu bisa hemat ongkos lho kalau kirim  barang pake ECO. 

TRC (Trucking Service)


Kalau kamu ingin mengirim atau pesan barang dengan berat lebih dari 10 kg atau dalam jumlah banyak seperti partai maka produk TIKI yang tepat buat kamu adalah TRC atau trucking service.

Pasalnya biaya yang dikenakan untuk kirim barang banyak pake TRC  lebih murah dibanding menggunakan produk lainnya seperti TDS atau reguler.

Ya, produk satu ini cocok banget buat kamu yang punya bisnis online dan hendak kirim barang ke reseller atau pembeli lainnya yang membutuhkan barang dalam jumlah banyak.

INT (International Service)

Rute dan jangkauan TIKI tidak hanya  di dam negeri saja tetapi juga meluas hingga ke International.

So, kalau kamu ingin kirim barang ke luar negeri kamu bisa pilih produk INT yang merupakan singkatan dari International Service.

Untuk estimasi waktu kirim barang pake INT sendiri tergantung jarak tempuh ke negara tujuan. Biasanya berkisar antara 3 -15 hari.

Layanan Terbaik TIKI



Sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman termuka di Indonesia, TIKI selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua pelanggannya.

Untuk itu TIKI telah menghadirkan berbagai layanan maupun fitur canggih yang tidak kalah menarik. 

Mobile Apps

Kamu bisa mengakses TIKI lewat website resminya di tiki.id. Namun bila ingin menggunakan seluruh layanan TIKI dalam satu genggaman akan lebih baik jika membukanya lewat aplikasi.

Dengan layanan Mobile Apps ini urusan mengirim barang lewat TIKI pun menjadi mudah dan praktis karena semua fitur tersedia lengkap di aplikasinya 

Mulai dari  cek resi, cek ongkir, booking, JEMPOL, TUKAR hingga cek lokasi. Bahkan terdapat juga lho fitur GAMES seru di aplikasi TIKI  yang untuk bisa memainkannya kamu cukup masukkan kode berupa nama Mas TIKI yang kamu ketahui. 

JEMPOL GRATIS

TIKI juga punya layanan JEMPOL gratis. Hayoo siapa yang sudah pernah coba? Well, ini termasuk layanan favorit saya karena urusan mau kirim barang jadi praktis banget.

Tinggal minta JEMPOL saja di aplikasi TIKI lalu tunggu beberapa saat, nanti Mas TIKI akan datang ke rumah ambil paket yang mau kita kirimkan.

Ya, JEMPOL atau jemput online adalah layanan berbasis aplikasi yang disediakan TIKI untuk memudahkan pelanggannya dengan adanya penjemputan paket secara GRATIS, dari mana dan kemana saja tanpa minimum berat. Pembayaran ongkos kirim dilakukan pada saat kurir menjemput barang.

PUTAR

Selain JEMPOL, TIKI punya layanan Jemput Antar (PUTAR). Layanan ini berbasis via WhatsApp dan sangat memudahkan pelanggan yang ingin mengirim paket dengan estimasi waktu super kilat yakni  maksimal sekitar 3 jam saja.

Sayangnya layanan ini baru berlaku untuk pelanggan yang tinggal di daerah DKI Jakarta saja. 

Realtime Tracking

Sebagai jasa logistik profesional TIKI sudah dilengkapi pula dengan fitur tracking. Namun selain mengecek RESI di aplikasinya kamu juga bisa kok melakukan pengecekan status kiriman langsung secara real time melalui telepon ke nomor hotline TIKI 1500125

Sales Counter 24 Jam

Layanan terbaik berikutnya yang diberikan TIKI adalah adanya sales counter yang selalu siap siaga. Ya, untuk memaksimalkan pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan mengirim barang tanpa mengenal waktu TIKI memiliki gerai-gerai yang buka selama 24 jam di kota-kota besar di Indonesia.

Drive thru

TIKI hadir pula dengan layanan Drive Thru-nya yakni gerai pengiriman barang yang memudahkan pelanggan melakukan pengiriman barang atau dokumen tanpa perlu turun dari kendaraan dan buka selama 24 jam. 

Sekadar informasi, TIKI adalah pelopor dalam layanan ini lho. Untuk saat ini Drive Thru 24 Jam TIKI berada di Jakarta TIKI Pemuda, TIKI Duren Tiga & TIKI TB Simatupang serta di TIKI Pekanbaru.

Cash on Delivery (COD)

Belakangan ini COD jadi layanan favorit di kalangan emak-emak yang doyan belanja online. Memang lebih praktis sih kalau belanja online dan bayarnya di tempat, hehe.

Nah, dengan menggunakan jasa TIKI di beberapa e-commerce tertentu, kamu juga bisa menikmati COD atau layanan bayar di tempat ini yakni saat kurir memberikan paket.

Email notification

Dengan layanan notifikasi email pengirim/ penerima akan mendapatkan email pemberitahuan saat barang akan dikirimkan dan email pemberitahuan ke pengirim ketika barang telah diterima.

SMS Resi

Selain notifikasi email pengirim/penerima juga akan mendapatkan sms pemberitahuan saat barang akan dikirimkan dan sms pemberitahuan ke pengirim ketika barang telah diterima

E-Signature

E-signature atau tanda tangan digital akan diminta ketika barang diantarkan oleh Mas TIKI sebagai bukti jika paket sudah sampai ke tujuan.

Bukti berupa e-signature inilah yang akan diperlihatkan pada pihak pelanggan yang melakukan pengiriman paket.

Packaging

Untuk menambah kenyamanan & keamanan kiriman, TIKI menyediakan layanan pengemasan. Kalau kamu kesulitan dalam melakukan pengemasan sendiri kamu bisa menggunakan layanan ini, kurirnya juga akan dengan senang hati membantu.

Layanan asuransi

Tidak perlu khawatir kirim paket pake TIKI karena perusahaan ini juga memiliki layanan asuransi yang menambah keamanan saat proses pengiriman barang.

Pick up Delivery

Untuk menambah kenyamanan & keamanan pelanggan, TIKI menyediakan layanan penjemputan menggunakan mini bus van sehingga tentu barang kamu dijamin aman dari terpaan hujan maupun panas.

Sobat TIKI

Sobat TIKI merupakan program keanggotaan yang ditujukan untuk semua pelanggan setia TIKI di seluruh Indonesia. 

Program ini bisa diikuti oleh semua pelanggan TIKI kecuali pelanggan koorporat dan SERLOK.

Cara bergabung menjadi SOBAT TIKI gampang banget, kamu tinggal daftar lewat aplikasi dengan mengisi data-data yang diminta secara lengkap. 

Setelah itu kamu akan menerima email validasi yang menginformasikan bahwa kamu sudah terdaftar sebagai member TIKI.

Tentunya dengan menjadi SOBAT TIKI akan ada banyak benefit yang bisa kamu peroleh seperti mengumpulkan poin yang bisa direedem dengan gratis pengiriman, mendapatkan kecepatan pelayanan, reward, hingga potongan harga saat ada promo.

SERLOK, Inovasi TIKI Dukung UMKM di Masa Pandemi


Selain 14 layanan di atas masih ada lagi lho layanan unggulan TIKI yang tidak kalah menarik, yaitu Seller Online Booking (SERLOK). Karena masih baru jadi saya sengaja ingin bahas layanan ini secara terpisah dan lebih rinci.

Selama ini TIKI percaya bahwa eksistensi bisnisnya tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan dari masyarakat. 

Oleh sebab itu TIKI sangat mendukung UMKM di Indonesia dan turut mengembangkan kapabilitas pelaku bisnis dengan berbagi pengalaman terkait pengelolaan sistem distribusi. 

Nah, salah satu bentuk dukungan TIKI terhadap UMKM terutama di masa pandemi adalah dengan menghadirkan SERLOK.

SERLOK adalah inovasi layanan terbaru yang diluncurkan TIKI pada pertengahan 2020 lalu dan diperuntukkan khusus bagi para online seller. 

Layanan ini akan memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan lebih bagi para UMKM dalam hal ini para pelapak online yang melakukan transaksi pengiriman menggunakan produk TIKI.

TIKI bahkan berhasil memperoleh penghargaan bergengsi, Top Innovation Choice Award 2021 atas inovasi layanan Seller Online Booking (SERLOK) untuk para pengusaha online.
Online seller di masa pandemi ini semakin membutuhkan mitra pengiriman terpercaya yang dapat mengerti kebutuhan mereka. Layanan SERLOK diluncurkan untuk mendukung bisnis mereka dengan memberikan lebih banyak kemudahan dan keuntungan tambahan antara lain kemudahan transaksi mulai dari pick up hingga fleksibilitas pembayaran, dan harga yang lebih kompetitif dengan berbagai bonus dan reward tambahan.”
Demikian yang disampaikan Yulina Hastuti selaku Direktur Utama TIKI saat menerima penghargaan dalam ajang bergengsi tersebut.

Wah pantesan ya, TIKI sampai mendapat penghargaan berkat SERLOK karena layanan ini memang sangat dibutuhkan para penjual online di masa sulit seperti sekarang. 

Oh ya agar dapat menikmati layanan ini penjual online harus memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :
  • Mempunyai Toko Online minimal online shop di Facebook dan Instagram. (Toko online di luar marketplace / ecommerce)
  • Jumlah pengiriman tidak ada batasan jumlah hariannya.
  • Satu akun diwajibkan hanya dengan satu identitas yang berlaku.
  • Isi form yang disediakan di platform TIKI, lengkapi data lalu submit.
Syaratnya mudah banget, kan? Nggak mesti harus memiliki badan usaha dulu, asal punya toko online saja baik itu di facebook maupun Instagram (bukan marketplace ya) kamu sudah bisa menikmati layanan ini.

Bahkan meski penjualan kamu baru 1 pcs per hari, karena sama sekali nggak ada batasan jumlah pengiriman. Namun ingat ya pendaftarannya cukup dengan menggunakan satu identitas saja.

Nah, kalau sudah terdaftar di SERLOK kamu berhak mendapatkan keuntungan, mulai dari mendapat diskon ongkir sebesar 18% plus free pick up hingga berpeluang mendapat rewards.


Selain keuntungn yang disebutkan di atas, TIKI juga memberikan pelatihan terkait peningkatan usaha UMKM bagi kamu yang sudah terdaftar di SERLOK. Seperti kelas marketing, branding dan lain sebagainya.

Layanan yang cocok banget nih buat pemula. Tidak cuma diberi diskon maupun reward tapi dikasih juga ilmu mengenai strategi pemasaran yang tepat dan dapat diaplikasikan untuk memajukan usaha online.

Oh ya acara webinar yang saya ikuti kemarin juga menghadirkan Mak Rina Susanti, salah satu member KEB yang juga merupakan seller online.

Pada kesempatan itu Mak Rina berbagi mengenai pengalaman beliau dalam menekuni usaha online di bidang tanaman hias dan bunga anggrek.

Seperti yang kita ketahui, di awal pandemi tanaman hias menjadi booming di tengah masyarakat. Untuk mengatasi rasa jenuh tinggal di rumah saja banyak orang yang kemudian menekuni hobi berkebun dan menghiasi rumahnya dengan berbagai tanaman.

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap tanaman hias maka bermunculan pula para penjual tanaman, salah satunya ya Mak Rina ini. 

Namun ternyata beliau sudah menekuni usaha jualan anggrek dan tanaman hias lainnya sejak 2017. Berawal dari hobi lalu iseng jualan hingga akhirnya diseriusi. 

Nah, karena jualan online yang ditekuni Mak Rina adalah tanaman hias tentu beliau harus memilih ekpedisi yang tepat. Menurut Mak Rina pemilihan ekspedisi ini adalah adi pertimbangan yang paling penting. 

Beliau harus memilih ekspedisi yang bisa membawa paket dengan aman dan sampai tepat waktu ke seluruh Indonesia.

Mak Rina pun menjatuhkan pilihannya pada TIKI yang sudah berpengalaman sejak tahun 1970 selain karena jangkauannya yang luas hingga  ke seluruh Indonesia, TIKI  menjamin dapat membawa paket berupa tanaman hias dengan aman serta sampai tepat waktu di tempatnya.


So far, buat kamu yang ingin belanja tanaman hias secara online atau tertarik mengikuti jejak Mak Rina mau buka usaha online tanaman hias boleh banget #PakeTikiAja karena dijamin aman dan nyaman. Apalagi kalau daftar SERLOK, untungnya jadi berlipat.

Eh tapi untuk saat ini pendaftaran SERLOK baru terbuka khusus seller online  yang berdomisili di DKI Jakarta. Yaa... sayang sekali. 

Tapi nggak usah kecewa, toh kita yang tinggal di luar ibu kota juga masih dimanjakan kok dengan layanan TIKI lainnya.

Yah, berdoa saja semoga layanan SERLOK segera segera hadir juga di wilayah lain di seluruh Indonesia agar semakin banyak para seller online yang merasakan maanfaat keberadaan TIKI dalam mendukung para UKM maupun UMKM.

Sementara buat kamu yang tinggal di Jakarta jangan sampai deh melewatkan peluang emas ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan SERLOK, silakan langsung kunjungi saja website resmi TIKI di tiki.id atau hubungi sales marketingnya di 0812-9142-2175 atau 0811-1955-630.

Penutup

Keamanan dan kenyamanan adalah dua hal 
yang penting dalam aktivitas berbelanja online. Memilih belanja di toko online yang terpercaya saja tidak cukup. Kamu juga harus memastikan menggunakan jasa eksedisi terbaik.

Untuk itu, TIKI sebagai perusahaan ekspedisi yang sudah memiliki pengalaman panjang dan terkemuka di Indonesia bisa menjadi solusi yang tepat.

Dengan berbagai produk dan layanannya, TIKI memberi jaminan keamanan dan kenyamanan bagi setiap pelanggannya. 

TIKI juga memiliki program SERLOK yang menunjukkan bukti kepedulian dan dukungannya pada para penjual online di masa pandemi.

Banyaklah keunggulan yang dimiliki jasa ekspedisi yang satu ini jadi jangan ragu belanja online #PakeTikiAja. Mau jualan online juga jangan lupa #PakeTikiAja karena ada SERLOK yang bikin usaha online kamu makin lancar.

Kuy, sepertinya sudah panjang lebar ya saya membahas mengenai TIKI, solusi belanja online aman dan nyaman saat pandemi. Saya cukupkan sampai di sini dulu. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Salam,

25 komentar untuk "TIKI Solusi Belanja Online Aman dan Nyaman Saat Pandemi"

Comment Author Avatar
Wah layanan TIKI komplit yah Kak, pantesan aja banyak yang pakai jasa pengiriman ini. Sy pribadi sebagai buyer klu sellernya pake TOKO barangnya cepat sampai, kurirnya juga ramah banget
Comment Author Avatar
Iya Mbak layanan TIKI paket complete banget
Comment Author Avatar
Wah iya sih, selama pakai TIKI aku nggak pernah ada complain sama sekali. Pelayanan professional dan tracking barang pun jelas!
Comment Author Avatar
yap enak ya Mbak kalau pake layanan logistik profesional seperti TIKI ini, bisa puas dengan pelayanannya
Comment Author Avatar
Omong omong soal ekspedisi aku lebih sering pakai TIKI sih memang. Selain karena dekeeet banget sama rumah, tinggal jalan kaki aja nyebrang jalan haha. TIKI juga ngga pernah ngecewain. Beda sama ekspedisi ehem satunya yang pernah banget ga dikirim2 barangnyaa tapi status dah delivered. Ngga sekali, 3x lagi. Jadi balik lagi deh ke tiki. Meskipun selisih dua ribu tiga ribu doang tapi nyamannn
Comment Author Avatar
Emang gak enak banget kalau ketemu sama jasa kurir yang pelayanannya nggak maksimal. Untungnya pelayanan di TIKI selalu memuaskan ya Mbak
Comment Author Avatar
Belanja online memang jadi solusi saat pandemi. Gak usah keluar rumah. Tinggal dudul manis paket datang. Hanya pilih ekspedisi yg bagus. Biar nyampenya cepet dan aman. TIKI jadi salah satu pilihan yg tepat.
Comment Author Avatar
Benar banget Mbak. Praktis banget kalau belanja online apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Yang penting pastikan saja gak salah pilih jasa ekspedisi biar belanja onlinenya aman dan nyaman hehe
Comment Author Avatar
Saya sendiri belum pernah sih pakai jasa TIKI. Tapi kalo ngeliat ulasannya di artikel ini, saya semakin bertambah yakin dengan profesionalitas TIKI. Apalagi perusahaan TIKI telah berdiri sejak 1970. Jadi nggak perlu diragukan lagi kinerjanya. Mungkin agen TIKI nya perlu ditambah, soalnya saya jarang liat TIKI, yang banyak dan sering saya liat malah brand sebelah. Itu aja sih....
Comment Author Avatar
Asyik banget belanja jaman sekarang sambil rebahan ya mbak dan menggerakkan jari hihihi. Nah selanjutnya pilih jasa ekspedisi yang tepat supaya orderan kita sampai dengan selamat. Sekarang tiki juga bisa dipick up ya enak banget ini
Comment Author Avatar
Artha Nugraha Jonar 10:43
Tiki ini salah satu andalan untuk pengiriman barang yang sering aku pakai. Kebetulan ada agennya dekat dengan rumahku.
Comment Author Avatar
TIKI jasa pengiriman pertama yang aku pake
pengirimannya juga cepet dan harga murah
Comment Author Avatar
sekarang memang zamannya belanja online ya mbak
makanya penting banget buat pilih jasa pengiriman yang terpercaya seperti TIKI ini ya mbak
Comment Author Avatar
TIKI ekspedisi pertama yang saya kenal. Waktu di Jakarta saya sering memanfaatkan TIKI drive thru. Gak repot parkir mobil
Comment Author Avatar
udah nggak perlu ribet lagi ya belanja online dengan tiki
jasa ekspedisi legend banget sih ini
Comment Author Avatar
TIKI ini sudah puluhan tahun menjadi jasa ekspedisi. Jadi sudah terpercaya. Dan kini semakin berkembang seiring dengan berkembang program-programnya ya.
Comment Author Avatar
Kebetulan saya bisnis online, jadi TIKI ini salah satu penyelamat bisnis saya. Selain itu, saya juga sering belanja makanan lewat TIKI lho. Biasanya pakek TIKI ONS kalau mau ambil makanan dari luar kota. Cepet dan aman.
Comment Author Avatar
Tiki itu ekspedisi yg lumayan lama ya. Pastinya udah terpercaya dan punya nama. Jaman digital gini ngikuti perkembangan jaman . Sy juga dulu saat aktif kirim2 barang biasa pake tiki. Tp baru tahu ada fitur Jempol.
Comment Author Avatar
udah lama banget nggak pakai tiki. wah, sekarang udah makin banyak aja ya pilihannya.
Comment Author Avatar
Tiki nih salah satu yang udah senior banget yaaaa.. jadi gaperlu khawatir memepercayakan barang kita ke tiki. Deket rumahku juga tersedia tiki drive thru, jadi makin mudah kalo mau kirim paketan. Hehe
Comment Author Avatar
Hmmm... TIKI memang bisa jadi slusi belanja online, ditambah memudahkan banget kalau mau kirim-kirim sesuatu ke orang tua, secara rumah orang tuaku lebih mudah dijangkau dengan TIKI ketimbang lainnya
Comment Author Avatar
memang suka gimana gitu ya mbak, sama ekspredisi yang nggak komunikatif. Paling seneng tu kalau pakai ekspedisi yang responsif. Jadi enak kita nggak was-was barang kita nggak sampai. Dan memang dari dulu TIKI sudah banyak terbukti kalau cepet dan aman...
Comment Author Avatar
Perusahaan jasa pengiriman ini sudah dipercaya oleh masyarakat. TIKI atau titipan kilat sangat membatu UMKM untuk memberikan pelayanan pengiriman barang pada konsumen tepat waktu
Comment Author Avatar
selama ini memang belanja online adalah pilihan utama masyarakat.
Comment Author Avatar
jasa pengiriman pertama yang aku pake, sampe sekarang pun masih tetep pake, harganya udah murah menurutku

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.