8 Bahaya Ini Akan Kamu Alami Saat Terlambat Makan

Terlambat makan dapat membahayakan kesehatan apalagi jika terjadi terlalu sering. Yuk pahami efek terlambat makan agar kita dapat menghindarinya.


Bahaya terlambat makan

Makan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Jika tubuh tanpa asupan makanan yang bergizi, maka hal tersebut akan mendatangkan banyak penyakit. 

Begitu pula ketika kita terlambat makan, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan apalagi jika terjadi terlalu sering. Sebab, tubuh tidak memiliki energi dan ini bisa menyebabkan imun menurun secara perlahan-lahan.

Efek Buruk Terlambat Makan 

Bagi yang mempunyai kebiasaan buruk tidak pernah sarapan atau sering menunda makan karena kesibukan, sebaiknya tinggalkanlah kebiasaan tersebut. Hal ini menimbulkan banyak efek yang tidak baik bagi tubuh. 

Inilah berbagai bahaya dari terlambat makan:

1. Susah Konsentrasi

Saat perut kosong, tentu saja pikiran juga akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan kamu susah untuk berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan. 

Oleh sebab itu, saat perut lapar dan sudah waktunya jam makan, usahakan untuk meninggalkan pekerjaan dan makan terlebih dahulu agar konsentrasi bisa penuh dan perut pun kenyang. 

2. Mudah Lelah 

Orang yang lapar seperti halnya kendaraan yang tidak diisi bahan bakar. Kinerjanya akan menurun dan hal ini akan menyebabkan kelelahan pada manusia karena tidak ada energi yang dihasilkan dari tubuh dari makanan yang disantap. 

3. Makan Jadi Berlebihan 

Jika perut dalam kondisi kosong akibat telat makan, maka saat kamu akan makan kembali perasaan rakus dan menggebu-gebu dalam menyantap makanan pun muncul.

Akibatnya, makan akan sangat berlebihan dalam satu waktu dan hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan risiko obesitas. 

4. Asam Lambung Tinggi 

Bahaya lain dari kebiasaan makan yang telat adalah meningkatkan resiko tukak lambung. Sudah bukan rahasia umum jika kamu sering terlambat makan, hal itu akan menyebabkan asam lambung tinggi

Asam lambung yang naik akan menyebabkan berbagai penyakit lambung seperti halnya maag, tukak lambung, infeksi, dan lain sebagainya. Hal ini pun sangat berbahaya dan bisa mengganggu kesehatan tubuh. 

Memperparah Sindrom Iritasi Usus 

Ketika tidak ada makanan yang masuk ke usus, kinerja usus akan tetap berjalan dan hal tersebut bisa menyebabkan iritasi karena tidak ada makanan yang diproses.

Jika dibiarkan lama-lama, maka bisa menyebabkan iritasi usus akibat terlambat mengonsumsi makanan. 

6. Risiko Diabetes Meningkat 

Tahukah kamu bahwa terlambat makan dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dalam tubuh? Jika belum, maka ketahuilah bahwa seseorang yang mempunyai rutinitas makan tidak teratur akan mudah terserang diabetes karena gula darah mereka akan semakin mudah naik.

7. Berat Badan Bertambah

Sama halnya dengan diabetes, orang yang sering terlambat makan juga cenderung mudah mengalami obesitas karena kenaikan kadar gula dalam darah tersebut. 

Oleh sebab itu, ketika diet tetap aturlah pola makan dengan sebaik mungkin supaya diet berhasil dan tidak akan mengalami obesitas.

8. Mudah Sakit

Jika kamu sering terlambat makan atau mengurangi jatah makan yang seharusnya setiap hari, hal itu akan menyebabkan tubuh mudah sakit. 

Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh seseorang yang terlambat makan cenderung lemah sehingga mereka tidak kebal terhadap serangan berbagai macam virus dan juga bakteri jahat pembawa penyakit. 

Nah, sekarang kamu sudah paham tentang efek buruk yang ditimbulkan dari terlambat makan, bukan? 

Yuk, tinggalkanlah hal-hal yang akan membuat kamu menunda makan ataupun tidak sengaja mengalami terlambat mengonsumsi makanan. Aturlah makan dengan baik agar gizi bisa terpenuhi dan tubuh pun tetap sehat. 

Semoga artikel mengenai bahaya terlambat makan ini bermanfaat.

Salam,

Posting Komentar untuk "8 Bahaya Ini Akan Kamu Alami Saat Terlambat Makan"