Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Noda Baju dengan Bahan Alami


Siapa bilang noda membandel hanya bisa dihilangkan dengan sabun atau cairan pemutih khusus? Pake bahan alami juga bisa kok. Apalagi kalau noda tersebut menempelnya di baju putih kesayangan kamu. 

Dont' worry. Saya punya cara ampuh menghilangkan noda dengan bahan alami. Termasuk cara mudah menghilangkan luntur di baju putih dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar.

Bahan alami untuk menghilangkan noda

Anak saya, Zhaf dan Fath suka sekali bermain kotor makanya pakaian mereka paling rentan terkena noda. Mulai dari noda makanan, minyak hingga lipstik. Upst!

Namanya anak-anak ya. Semua benda bisa dijadikan mainan termasuk lipstik bundanya. Padahal saya pikir saya sudah menyimpan pewarna bibir itu di tempat yang aman tapi masih bisa juga dijangkau si kakak. 

Alhasil bukan cuma tembok yang habis tercoret, baju dia dan adiknya juga penuh dengan lipstik. Itu baru drama dengan noda lipstik. Belum dengan noda lainnya. 

Sebenarnya tidak masalah sih baju mereka penuh noda asal mudah dibersihkan, yang berat itu kalau nodanya susah hilang, badan bunda yang pegel, hehe.

Karena sudah sering berhadapan dengan noda yang susah dihilangkan saya jadi tahu berbagai cara menghilangkan noda di pakaian. Tidak hanya mengandalkan sabun atau detergen, beberapa bahan alami juga ampuh lho.

Beberapa bahan alami yang ampuh membersihkan noda pakaian adalah cuka, baking soda, lemon dan perasan air jeruk. 

Selain itu menjemur pakaian di bawah terik matahari pun dapat membuat pakaian menjadi lebih bersih karena sifatnya tidak hanya mengeringkan tetapi juga dapat memecah ikatan kimia di noda baju.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan noda di pakaian. Namun di antara semua bahan tersebut, saya lebih sering membersihkan noda pakaian dengan cuka dan atau baking soda. 

Nah, cara menghilangkan noda dengan  kedua bahan alami inilah yang akan saya bahas. Simak yuk.

Cara menghilangkan noda pakaian dengan baking soda

Baking soda yang selama ini sering kita gunakan sebagai pengembang kue ternyata juga dapat berfungsi sebagai pembersih noda pakaian secara alami.

Cara membersihkan pakaian dengan baking soda pun tidak sulit. Jika kamu mencuci dengan tangan maka cukup campurkan baking soda dengan deterjen secukupnya ke dalam ember. Lalu masukkan air dan pakaian yang hendak kamu cuci.  

Selanjutnya rendam pakaian minimal 30 menit kemudian kucek atau sikat. Pastikan kamu menguceknya dengan lembut atau sikatlah dengan gunakan sikat yang bagus dan tidak mudah merusak baju.

Jika masih sulit dibersihkan, taburkanlah baking soda di bagian baju yang bernoda. Baking soda dapat membantu mengangkat noda yang membandel sehingga pakaian lebih mudah dibersihkan.

Kalau menggunakan mesin cuci, kamu hanya perlu mencampurkan 1/4 gelas baking soda dan detergen secukupnya ke dalam mesin cuci. Selanjutnya  nyalakan mesin cuci untuk melarutkan baking soda dan deterjen dalam air.

Pastikan juga baju tidak dijemur apalagi disetrika terlebih dahulu ya sebelum nodanya benar-benar hilang, karena akan lebih sulit menghilangkan noda pada pakaian yang telah kering.

Oh ya baking soda juga dapat membasmi kuman dann bakteri yang menempel di baju sehingga dapat berfungsi sebagai. Disinfektan.

Dengan demikian dibandingkan mencuci dengan detergen dan air saja sebaiknya tambahkan baking soda juga karena hasilnya akan membuat baju lebih bersih, higenis dan bebas virus.

Cara menghilangkan noda baju dengan cuka

Seperti halnya baking soda, cuka juga memiliki manfaat yang bagus untuk menghilangkan noda terutama pada baju putih.

Ya, cuka dapat digunakan sebagai pemutih pakaian. Tidak hanya itu, cuka ampuh mengangkat, menghilangkan bau tidak sedap, melembutkan dan mencegah statis agar rambut tidak menempel pada pakaian.

Adapun cara mencuci pakaian putih dengan cuka cukup mudah. Namun sebelum itu pastikan kamu menggunakan sarung tangan ketika hendak merendam pakaian dengan air cuka karena asam dari cuka dapat merusak tangan. Kamu juga harus menjauhkan botol berisi cuka dari jangkauan anak-anak.

Nah, kalau dirasa sudah aman kamu bisa memilih membersihkan pakaian dengan cuka putih distilasi. Jika memilih cara manual, yang perlu kamu lakukan adalah cukup dengan mengambil kain bersih yang dibasahi cuka dan air. 

Gosokkan kain tersebut ke bagian pakaian yang ternoda. Dengan begitu cuka dapat membantu mengangkat noda yang membandel sekali pun.

Sebaliknya jika menggunakan alat, kamu tinggal larutkan cuka dan air lalu masukkan ke dalam mesin cuci. Ingat ya cuka yang digunakan haruslah cuka yang didistilasi sebab cuka yang tidak didistilasi bukannya membersihkan tetapi malah dapat merusak pakaian.

Demikian cara menghilangkan noda baju dengan bahan alami. Dalam hal ini bahan yang dibahas adalah baking soda dan cuka yang terkenal ampuh membersihkan noda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,


Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Noda Baju dengan Bahan Alami"