5 Manfaat Bermain Game bagi Ibu Rumah Tangga


Manfaat bermain game bagi ibu rumah tangga, memangnya ada? Aktivitas bermain game masih sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, dianggap buruk karena hanya membuang-buang waktu.

Padahal kalau ditelusuri lebih jauh justru bermain game memiliki banyak sekali manfaat yang juga bisa dirasakan oleh ibu yang bekerja di ranah domestik.

Yup, game merupakan aktivitas yang boleh dimainkan oleh siapa saja. Jadi siapa bilang game hanya untuk anak-anak dan bapak-bapak saja. Ibu-ibu pun kalau ada yang senang main game, hayoo.

Apalagi setelah diketahui bahwa game memiliki sejumlah manfaat khususnya bagi kaum perempuan. Lantas apa saja manfaat game bagi ibu rumah tangga? Yuk kita bahas!

Manfaat Bermain Game bagi Ibu Rumah Tangga

Meningkatkan mood

Namanya perempuan dari masa masih single hingga punya anak pasti sering banget mengalami masalah suasana hati yang berujung dengan mood swing.

Apalagi saat tamu bulanan muncul. Bawaannya moody-an melulu. Nggak jelas maunya apa.

Sebenarnya kondisi mood pada perempuan merupakan hal yang wajar dan bersifat hormonal tapi kalau tidak ditangani dengan baik dapat berujung pada stres bahkan depresi.

Oleh sebab itu saya sendiri kalau lagi mood swing selalu berusaha untuk bisa mengalihkan dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan bisa bikin suasana hati saya membaik.

Biasanya saya cari hiburan dengan menulis, blogwalking, nonton drakor atau bermain game. Iya, aktivitas bermain game juga bisa membantu memperbaiki mood lho.

So far, kalau mom lagi PMS dan dilanda mood swing, coba deh alihkan dengan main game pasti mood mom akan kembali membaik. Ini bukan cuma saya yang bilang ya, tapi memang sudah banyak yang membuktikan manfaat bermain game yang satu ini.

Menghilangkan stres

Jangan dikira pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu gampang. Meski tinggal di rumah saja, pekerjaan seorang IRT seperti nggak ada habis-habisnya, bahkan nggak ada liburnya.

Alhasil karena kerap kecapaian ditambah lagi dengan pengaruh hormon membuat seorang ibu rentan mengalami stres. Itu sebabnya penting sekali bagi ibu rumah tangga untuk menjaga kewarasan dirinya.

Nah, salah satu cara agar mom bisa tetap waras adalah menyisihkan waktu untuk me time dengan melakukan hal yang menghibur dan menyenangkan.

Tentunya bermain game bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mom  untuk mengusir stres karena sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bermain game dapat menghilangkan stres.

Meredakan rasa sakit dan kecemasan

Tidak hanya menghilangkan stres, bermain game juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengurangi rasa sakit dan kecemasan khususnya pada ibu hamil.

Biasanya mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) ibu hamil mulai dilanda kecemasan. Pun ketika kontraksi ia akan merasa kesakitan.

Nah, untuk meminimalisir kecemasan maupun rasa sakit akibat kontraksi mom yang tengah atau akan berjuang di ruang persalinan bisa mencoba mengatasinya dengan bermain game.

Pasalnya game terbukti memiliki manfaat yang dapat membantu mengatasi rasa cemas dan sakit saat persalinan.

Seperti yang dilansir dari situs esports.skor.id, sebuah penelitan dari Journal of Pediatric Pschology menunjukkan bahwa dengan menggunakan perangkat elektronik seperti televisi, telepon atau tablet terbukti mengurangi rasa sakit saat bersalin.

Dalam sebuah penelitian lain yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, ibu yang sedang merasakan kontraksi diminta untuk bermain game dengan smartphone.

Para ibu ini kemudian mengaku lebih tenang dan rileks setelah bermain game. Dengan demikian bisa dibilang bermain game berkhasiat mengurangi rasa sakit yang dirasakan ibu hamil.

Wah, mom yang sementara hamil bisa coba cara ini nih untuk meredakan rasa sakit saat menjalani persalinan nanti. 

Meskipun manfaatnya tidak serta merta menghilangkan rasa sakit akibat konstrasi tapi setidaknya dapat meminimalisir.

Meningkatkan daya ingat

Setelah melahirkan anak pertama saya menjadi orang yang mudah lupa. Apa itu efek setelah melahirkan atau karena hal lain , entahlah?

Beberapa kali saya masak nasi di rice cooker tapi setelah sejaman nasinya tak kunjung matang karena ternyata saya lupa menekan tombol untuk cooking. 

Begitupula dengan kacamata, baru saja saya lepaskan namun sejenak kemudian saya sudah lupa meletakkannya di mana. 

Pernah juga dapur di rumah nyaris kebanjiran karena saya lupa menutup kran setelah menggunakan air dan masih banyak lagi insiden lain yang terjadi gara-gara saya lupa.

Bersyukurnya penyakit lupa ini berhasil teratasi semenjak saya rutin bermain game. Nah, ternyata benar lho, bermain game dapat meningkatkan daya ingat.

Masih dilansir dari situs esports.skor.id, riset yang diterbitkan oleh The Journal Of Neuroscience, penelitian di California Amerika Serikat meminta 69 partisipan untuk bermain game.

Game yang disarankan untuk dimainkan dalam penelitian tersebut adalah game 3D seperti game Mario Bros. Selama tiga minggu, responden penelitian memainkan game tersebut.

Selanjutnya partisipan diminta untuk melakukan tes. Hasilnya cukup menakjubkan, mereka yang bermain game 3D dapat lebih pandai dalam hal mengingat, dibandingkan mereka yang tidak bermain game sama sekali.

So, kalau mom merasa daya ingat mulai berkurang atau atau mudah  lupa coba deh latih daya ingat mom dengan rutin bermain game minimal 15-30 menit saja dalam sehari dan lihat hasilnya.

Meningkatkan kecerdasan

Bermain game seringkali dicap sebagai aktivitas yang buruk. Pun mungkin mom  sering mendengar pernyataan, main game dapat membuat orang menjadi bodoh, malas dan susah bergaul di lingkungannya. Benarkah demikian?

Melansir dari situs elearn.id, sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Molecular Psychiatry menemukan bahwa otak mereka yang bermain game mengalami peningkatan pada jumlah grey matter, komponen utama di pusat saraf, di bagian otak yang berhubungan dengan memori, perencanaan strategis, dan juga kemampuan motorik tangan dibandingkan mereka yang tidak bermain game. 

Saat itu, studi ini meminta para peserta untuk bermain game ‘Super Mario 64’ selama 30 menit per hari selama lebih dari dua bulan dan hasilnya terbukti meningkat kecerdasan pemainnya.

So, kalau  kita mengacu pada temuan ini, bisa disimpulkan bahwa bermain game memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mengasah otak.

Dengan demikian, berarti game tidak selamanya membawa pengaruh buruk lho. Justru sebaliknya menjadi 'alat' yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Oh tentu, jadi ibu rumah tangga harus cerdas.

Karena ibu memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak-anaknya. Karena mendidik anak juga butuh ilmu yang tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah atau kuliah saja.

Oleh sebab itu, selain sebagai hiburan mom bisa memanfaatkan game sebagai aktivitas yang dapat membantu mengasah otak dengan cara yang menyenangkan. Entah itu untuk mengasah otak mom sendiri maupun melatih kecerdasan anak dengan menemaninya bermain game.

Itulah beberapa manfaat bermain game untuk ibu-ibu yang hari-hari berkutat dengan urusan domestik. 

Mengetahui manfaatnya yang besar maka tidak ada salahnya bagi mom untuk menyisihkan waktu barang setengah jam setiap harinya untuk bermain game. Yup, minimal tiga puluh menit saja, jangan sampai berlebihan, apalagi sampai kecanduan.

Sampai di sini mungkin ada mom yang berminat mengisi waktu luang dengan main game tapi bingung, bagusnya main di mana? Sini saya bisikin tempat bermain game online yang bagus dan cocok banget buat ibu-ibu.

Rekomendasi Situs Bermain Game Online untuk Ibu-Ibu

Jadi baru-baru ini saya ketemu dengan situs yang asyik banget buat bermain game online yaitu di plays.org. Asyiknya main game di situs ini karena sangat praktis, nggak perlu unduh aplikasi, nggak perlu login juga.

Cukup buka situsnya dan kita akan menemukan ratusan game online mulai dari game jadul hingga game kekinian. Ke depannya pun situs ini masih terus update dengan menghadirkan game-game terbaru yang bisa dicek di sini.

Menariknya lagi, semua game yang ada situs ini dapat kita mainkan secara gratis dan bebas iklan lho. Makanya saya sangat merekomendasikan bukibuk yang lagi cari hiburan game, yuk mainnya di plays.org saja.

Modalnya cuma gawai dan kuota internet doang  Bisa dimainkan lewat tablet, android/iphone, maupun PC. Lewat Smart TV juga bisa. Dan ini dia beberapa game yang sudah saya coba mainkan.
Pertama ada Pac Rat. Waktu pertama kali main game ini saya langsung suka dong karena salah satu game favorit saya waktu kecil adalah Pac Man. 

Nah, Pac Rat ini game yang terinspirasi dari arcade clasic, bedanya karakter yang kita mainkan di sini adalah tikus sedangkan musuh yang mengejar-ngejar kita adalah kucing. 

Agar bisa menang kita harus bisa menghabiskan keju dan menghindari kucing soalnya kalau ketemu musuhnya ini si tikus akan dimangsa.

Kita baru bisa mengalahkan musuh kalau berhasil makan keju yang membuat tubuh si tikus otomatis membesar sehingga bisa memangsa kucing. Lucu deh ada efek suara kucing kalau kita mengalahkannya.

Kalau Pac Man terinspirasi dari Pac Man maka Neon Invaders merupakan remake modern yang terinspirasi dari Space Invaders klasik arcade.

Game menembak alien dengan meriam laser untuk menghasilkan skor setinggi mungkin ini juga game favorit saya waktu kecil. 

Yup, di plays.org kita bisa nostalgia dengan banyak game jadul yang sudah di-remake dengan visual dan sound yang lebih modern.

Game selanjutnya yang menarik perhatian saya adalah Guardians Devenders of Mathematica Arithmetic Operations. Dari nama permainannya saja sudah kelihatan keren banget, kan?

Ini merupakan permainan dengan latihan matematika bertema fantasi yang cocok dimainkan untuk siswa. Dengan permainan ini tentu belajar operasi aritmatika menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Saya sendiri tertarik dengan permainan ini karena sudah lama nggak berkutat dengan soal-soal matematika sekaligus pengen mengasah otak juga.

Untuk bisa memenangkan permainan ini memang disarankan kudu siapkan alat perang (pulpen dan kertas untuk coret-coret).

Gamenya seru banget lho. Kita bisa memilih satu dari 24 karakter berbeda seperti ksatria, penjaga hutan, prajurit, penyihir, dan elf.

Agar bisa menang dalam pe IMMr KKtempuran matematika kita harus menjawab siketidaknya 7 dari 10 pertanyaan dengan benar. 

Nantinya setelah berhasil memenangkan permainan kita akan mendapatkan satu perisai untuk kategori tersebut. Tantangannya di sini kita harus mengumpulkan 4 perisai per kategori dan buka sebanyak mungkin senjata dan aksesori.

Meski game ini ditujukan untuk siswa tapi tidak ada salahnya dimainkan oleh ibu-ibu. Apalagi lewat game ini kita bisa mengajarkan anak-anak belajar operasi hitungan dengan cara yang sangat menyenangkan. 

Game selanjutnya yang tidak kalah seru adalah Batman Gotham City Speed. Saya tertarik memainkan game ini bukan karena saya penggemar batman ya tapi memang dari sononya saya selalu suka dengan permainan bertema kecepatan, seperti balapan mobil.

Eh tapi ini bukan game balapan mobil. Ini adalah game mengumpulkan lego. Dalam permainan ini kita akan mengemudi dan terbang dengan mengontrol Batmobile untuk mengumpulkan lego serta melawan musuh dan menghindar dari rintangan

Untuk memainkan game ini kita cukup bergerak ke kanan dan kiri untuk mendapatkan kancing lego dan menghindari musuh.

Itu dia beberapa game menarik yang ada di plays.org. Di setiap permainan ada petunjuk jelas terkait cara bermain sehingga kita tidak akan bingung.

Memang sebagian besar permainan yang ada di situs ini belum saya eksplor tapi sejauh ini saya merasa sangat terhibur dengan berbagai game yang sudah saya mainkan.

Demikian ulasan saya mengenai manfaat bermain game untuk ibu rumah tangga. Ternyata game tidak selamanya buruk ya. Justru ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bermain game selama kita pandai mengatur waktu dengan baik.

Asalkan tidak sampai kecanduan, game dapat membantu ibu rumah tangga seperti saya dalam menjaga kewarasan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Banyak hal yang bisa bikin kita stres selama di rumah saja. Nah, bermain game di situs game online seperti plays.org bisa jadi hiburan yang sangat menyenangkan 

Salam,

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Bermain Game bagi Ibu Rumah Tangga"