Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi


Apakah Kota Solo menjadi destinasi yang kamu dan orang-orang terdekatmu pilih untuk berlibur? Jika iya, maka kamu wajib mencari tahu terlebih dahulu tentang lokasi-lokasi tempat wisata yang akan kamu kunjungi di sana. 

Nah, berikut ini, ada 3 rekomendasi tempat wisata di Solo yang bisa bisa jadi referensi buat kamu.


Tempat Wisata di Solo yang Menarik untuk Dikunjungi

Jika ke Solo rasanya tidak lengkap bila tidak mengunjung berbagai tempat wisata yang saya bahas di bawah ini. Penasaran destinasi wisata apa saja yang saya maksud? Yuk kita bahas!

Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum
Gambar : travel.kompas.com

Berkunjung ke museum menjadi salah satu pilihan yang tepat ketika berada di Solo. Nah, salah satu tempat yang harus kamu kunjungi untuk menikmati keindahan seni ialah Tumurun Private Museum. 

Uniknya kata tumurun sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari turun-temurun. Pasalnya, Tumurun Private Museum merupakan museum yang didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto.

Didirikan sebagai bentuk penghormatan beliau terhadap mendiang ayahnya yang merupakan seorang kolektor seni. Itu sebabnya, seperti namanya semua koleksi di Tumurun Private Museum merupakan koleksi milik pribadi. 

Setiap pengunjung yang masuk akan terlebih dahulu mendapatkan arahan dari petugas. Terdapat dua lantai yang menghadirkan berbagai koleksi karya seni, baik yang modern maupun yang kontemporer. 

Salah satu karya yang ada di Tumurun Private Museum yang menarik banyak perhatian ialah “Changing Perspective.” 

Karya seni yang dibuat oleh Wedhar Riyadi ini merupakan bola-bola mata raksasa berwarna merah dan hijau. 

Sebagai pengunjung kamu juga dapat berkeliling ke museum ini dan akan diberikan waktu berfoto selama 15 menit, namun foto tersebut tidak diperkenankan menggunakan flash.

Tumurun Private Museum berlokasi di Jl. Kebangkitan Nasional No. 2, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Tidak ada tiket masuk yang perlu kamu beli, akan tetapi kamu tetap harus melakukan reservasi.

River Moon Pusur

Gambar : travelingyuk.com

Kalau kamu suka berkunjung ke tempat yang menguji adrenalin, maka River Moon Pusur merupakan pilihan yang tepat. Di sana, ada dua jalur yang bisa kamu pilih, yakni fun tubing 300 meter serta river tubing 2 km. 

Jadi, apapun pilihan kamu, baik jalur yang pendek maupun jarak yang panjang, kedua jalur sama-sama akan memberikan kamu pengalaman yang seru. Apalagi aliran sungainya sangatlah segar sehingga akan membuat pikiran dan badan kamu menjadi lebih rileks.

Bukan itu saja, ada tantangan bebatuan alami dan debit air yang akan membuat pengalaman menelusuri River Moon Pusur semakin seru. Wisata ini kiga aman untuk segala usia sehingga kamu bisa mengajak serta anggota keluarga tercinta. 

Jika banyak yang ikut tentu perjalanan wisatamu akan semakin menyenangkan, bukan? Namun pastikan untuk selalu mengenakan helm serta pelampung agar keamanan dan keselamatanmu tetap terjaga.

Oh ya menariknya lagi di River Moon Pusur kamu uga bisa berkemah maupun outbound bersama dengan teman-teman. Tarif yang dikenakan di tempat wisata ini dibanderol mulai dari Rp15.000 dan lokasinya ada di Pusur, Karanglo, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia 57474. 

Museum R Hamong Wardoyo

Museum R Hamong Wardoyo
Gambar : travelingyuk.com

Setelah dari River Moon Pusur, yuk berkunjung juga ke wisata sejarah Solo tepatnya di Museum R Hamong Wardoyo dikenal sebagai Louvre ala Boyolali lantaran ketika berada di luar Museum R Hamong Wardoyo pengunjung memang akan langsung merasakan suasana yang menyerupai Museum Louvre, sebuah museum yang ada di Kota Paris, yakni museum yang memiliki piramida kaca. 

Museum R Hamong Wardoyo sendiri merupakan museum pertama yang ada di Kota Boyolali.Ketika masuk ke museum yang berbentuk piramida kaca ini, kamu akan menelusuri sejarah Boyolali. Ada banyak peninggalan budaya yang bisa kamu saksikan di sana.

Museum R Hamong Wardoyo berlokasi Jl. Pandanaran No.19, Tegalmulyo, Siswodipuran, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57313. Tidak ada biaya yang perlu kamu keluarkan ketika ingin masuk ke museum ini.

Sekian ulasan saya mengenai tempat wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi karena akan memberi pengalaman yang pastinya menarik dan menyenangkan.

Posting Komentar untuk " 3 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi"