Cara Efektif Iklan Lewat SMS dengan Location Based Advertising (LBA)

Daftar Isi

Ingin tahu cara efektif iklan lewat SMS, yuk kenalan dengan Location Based Advertising.

Cara efektif iklan lewat sms

Saat berada di lokasi dekat dengan pusat perbelanjaan atau di daerah tertentu kamu mungkin kerap mendapatkan pesan singkat berupa iklan yang pengirimnya itu bukan menggunakan nomor handphone melainkan nama sebuah gerai atau perusahaan.

Nah, sms yang kita terima itulah yang disebut SMS LBA. LBA sendiri merupakan kepanjangan dari Location Based Advertising. Ini merupakan cara efektif iklan lewat SMS.


Mengenal Location Based Advertising (LBA)

Location Based Advertising (LBA) adalah strategi pemasaran langsung yang memanfaatkan perangkat seluler seperti ponsel pintar untuk mengiklankan produk kepada pelanggan yang berada di lokasi tertentu.

Strategi ini didasarkan pada fakta bahwa sekarang ini telepon selular sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang. Bahkan termasuk barang wajib yang dibawa kemana pun saat bepergian.

Selain itu, tidak sedikit pula dari pengguna ponsel yang bersedia memberikan izin kepada aplikasi di ponselnya-nya untuk mengakses lokasinya melalui GPS.

Fakta inilah yang memberikan peluang bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produknya dengan mengirimkan SMS yang disesuaikan dengan lokasi tertentu secara realtime.

Nah, dengan memanfaatkan SMS LBA kita bisa mengirimkan SMS kepada orang lain sesuai dengan lokasi dimana dia berada atau di lokasi yang terjangkau oleh orang tersebut.

Cara Efektif Iklan Lewat SMS dengan Location Based Advertising (LBA)

Memang masih zaman ya beriklan lewat SMS? Eits jangan salah. Aktivitas SMS memang sudah mulai jarang dilakukan karena orang-orang di era digital lebih suka berinteraksi lewat media sosial maupun aplikasi chat seperti WhatsApp dan Telegram.

Meski demikian, layananan SMS tidak sepenuhnya ditinggalkan kok. Buktinya kita masih sering kan terima SMS walau isinya kebanyakan iklan, hehe.

Jadi ternyata masih banyak perusahaan yang tetap memilih untuk memasarkan produknya lewat SMS. Yup, salah satu strategi marketing yang masih tetap eksis hingga saat ini adalah SMS marketing. Skala perusahaan lho yang menerapkan strategi marketing ini.

Hal tersebut menunjukkan bawah memasarkan produk lewat SMS masih sangat efektif. Apalagi sudah didukung  pula dengan teknologi canggih seperti LBA.

Teman-teman yang punya bisnis dan tertarik menemukan cara efektif iklan melalui SMS boleh mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pemasaran berdasarkan lokasi ini.

Nah, mungkin ada yang penasaran, mengapa promosi produk lewat SMS LBA bisa dibilang  sangat efektif? Atau kenapa bisnis kamu harus menggunakan Location Based Advertising? Berikut alasannya :

Hampir semua masyarakat Indonesia punya ponsel

Rasanya aneh ya kalau zaman sekarang masih ada yang belum memiliki ponsel. Kalau kita perhatikan, sebagian besar masyarakat terutama dari kalangan Milenial dan Gen Z pasti punya aktivitas yang nggak jauh-jauh dari gadget.

Bahkan rata-rata ponsel yang mereka punya adalah ponsel pintar. Meski masih ada juga kalangan yang masih betah menggunakan ponsel jadul.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fakta ini menjadi peluang tersendiri bagi para marketer. Terlebih lagi beriklan via SMS bisa menjangkau segala jenis ponsel sehingga tentunya dapat menjangkau pula segala usia dan tingkat sosial sosial ekonomi calon konsumen.

Tepat sasaran

Teknologi LBA juga memungkinkan kamu untuk mengirimkan promosi produk sesuai dengan profil calon konsumen.

Ya, melalui LBA kita dapat menentukan sendiri profil target konsumen seperti jenis kelamin dan umur.

Misal, kamu adalah pemiliki toko salah satu skincare lokal dari brand ternama di sebuah Mall yang menargetkan calon konsumen berjenis kelamin perempuan dengan usia 20-40 tahun. 

Otomotis ketika menggunakan LBA, hanya konsumen di daerah tertentu yang profilnya sesuai dengan target kamulah yang akan menerima promosi dari kamu. Dengan demikian promosi yang kamu lakukan menjadi lebih tepat sasaran.

Cara ini jelas sangat efektif dibanding kamu mengirim promosi ke konsumen yang nggak sesuai dengan target marketing kamu.

Persentase Dibaca Tinggi

Kalau melihat iklan di media sosial atau platform lain banyak pengguna yang langsung skip. Beda halnya dengan promosi yang didapatkan lewat SMS.

Karena sifatnya lebih personal sehingga pesan berupa iklan yang kamu kirimkan kepada pengguna yang berada di lokasi (koordinat) tertentu secara real time tentu bisa  langsung menarik perhatian sehingga persentase dibaca pun tinggi dan memungkinkan bisnis kamu dibanjiri konsumen

Cepat, praktis dan efisien

Dibandingkan beriklan lewat brosur, flyer atau spanduk, mempromosikan produk via SMS LBA jelas lebih cepat, praktis dan pastinya efisien juga.

Bayangkan saja, untuk pembuatan brosur misalkan, harus melalui tahap desain dulu, baru kemudian dicetak dalam jumlah banyak. Setelah itu masih harus mengeluarkan tenaga lagi untuk menyebarkannya. Minesnya lagi  sulit untuk mengetahui efektivitas dari brosur iklan yang sudah kita sebarkan itu. 

Beda halnya dengan beriklan lewat SMS. Misal kamu buat iklan dengan diskon sekian persen untuk pelanggan yang menunjukkan sms tersebut. Nantinya kamu bisa dengan mudah mengetahui efektivitas dari iklan yang kamu sebarkan itu.

Mudah dan murah

Nah, jika dibandingkan juga dengan strategi marketing digital yakni melalui media sosial maupun platform lainnya jelas lebih mudah dan murah menggunakan SMS LBA. 

Pasalnya kamu tidak perlu capek-capek membuat desain gambar atau flyer beserta caption yang panjang dan menarik. Cukup bukan pesan singkat dengan kata-kata yang bisa mengundang ketertarikan calon konsumen.

Biaya untuk menggunakan layanan LBA juga relatif terjangkau, dalam artian kamu nggak perlu mengeluarkan budget besar. Sangat menarik, bukan?

Demikian ulasan mengenai cara efektif iklan lewat sms. Jadi kuncinya ada pada strategi pemasaran melalui LBA atau location based advertising. Yuk, manfaatkan.

Semoga informasi yang saya bagikan di artikel ini dapat bermanfaat ya.

Salam,

Posting Komentar