Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Memulai Investasi Kripto? Pilih Wallet Kamu Di sini

Ingin memulai investasi kripto? Yuk cari tahu dulu seputar investasi kripto. Apa itu mata uang kripto dan apa pentingnya memiliki Wallet Bitcoin. Simak jawabannya di sini ya. 

Ingin memulai investasi kripto

Di bulan November ini, Bitcoin mencatat nilai aset all time high baru dimana nilainya mencapai lebih dari $68,000. 

Walaupun nilai asetnya sudah menurun saat ini, tapi tidak ada yang tahu kapan Bitcoin akan mencapai nilai aset all time high yang baru di kemudian hari. 

Cepatnya perubahan harga dalam investasi mata uang kripto, membuat para trader harus menjadi pintar dan jeli dalam mengambil kesempatan serta membaca arah pasar untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari dana yang telah mereka tanamkan ke aset investasi mereka. 

Akan tetapi sebelum mulai menanamkan modal, ada yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, yaitu membuat Wallet Bitcoin.

Apa itu Wallet Bitcoin? Mengapa kita harus membuatnya? Simak ulasannya di bawah ini yuk.


Sekilas Tentang Investasi Kripto

Mata uang kripto adalah aset investasi yang digunakan dalam Investasi Kripto. Mata uang kripto tidak memiliki bentuk fisik dan tidak di-backing dengan aset atau pengaman yang nyata. 

Aset kripto diperdagangkan antara pihak-pihak yang memiliki persetujuan tanpa melalui dan dipantau oleh broker melalui buku besar.

Berinvestasi pada mata uang kripto berarti berinvestasi pada nilainya di masa depan yang banyak dipercayai oleh investor bahwa mata uang ini akan menggantikan mata uang yang beredar sekarang karena keunggulan yang dimilikinya. 

Ramainya transaksi secara online dan digital saat ini membuktikan bahwa uang kartal saat ini telah berkurang frekuensi penggunaannya dan online ‘token’ mulai mengambil alih posisinya dalam transaksi pembayaran.

Memahami Apa itu Mata Uang Kripto

Mata uang kripto adalah sistem yang membuat pembayaran online menjadi aman. Disederhanakan dalam bentuk virtual token, mata uang kripto dicatat dalam buku besar internal di dalam sistem.

Kripto pada dasarnya merujuk pada serangkaian algoritma enkripsi yang bermacam-macam dan teknik kriptografi yang mengamankan data-data ini. 

Mata uang kripto utamanya digunakan sebagai alat pembayaran transaksi dunia digital. Dengan serangkaian pengamanan tersebut yang disimpan di dalam sistem blockchain, mata uang crypto tidak bisa dipalsukan dan digandakan sehingga aman ketika digunakan dalam pembayaran.

Lalu, darimana uang kripto itu didapatkan dan dimana disimpannya?

Disitulah kita membutuhkan apa yang namanya wallet bitcoin terpercaya.

Pentingnya Memiliki Wallet Bitcoin

Untuk ikut berinvestasi kripto, hal pertama yang harus kamu buat adalah wallet bitcoin. Wallet bitcoin adalah dompet yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang kripto yang kamu miliki. Konsepnya sama seperti dompet yang selama ini ada, hanya saja dalam bentuk digital.

Ada tiga macam Wallet Bitcoin yang bisa kamu pilih, antara lain:

Mobile Wallet

Mobile wallet adalah wallet yang dibuat di handphone. Mobile wallet ini praktis, sehingga bisa dibawa kemana-mana dan cocok; ideal ketika melakukan transaksi secara langsung. 

Hanya saja wallet jenis ini memiliki kekurangan dimana App Marketplace dapat me-remove wallet yang sudah kamu buat sehingga untuk menerima update selanjutnya akan menjadi sulit dan apabila terjadi kerusakan pada device memungkinkan kamu kehilangan dana juga. 

Desktop Wallet

Desktop wallet adalah wallet yang dibuat pada komputer desktop. Dengan wallet ini, kamu memiliki kontrol penuh atas dana yang kamu miliki.

Beberapa desktop wallet menawarkan Hardware Wallet Support dan bisa memvalidasi dana kamu dalam transaksi dan dan blocks dari validitas yang lain.

Kekurangan wallet ini adalah sulitnya menggunakan QR code ketika bertransaksi dan rawan terhadap virus yang bisa mencuri Bitcoin.

Hardware Wallet

Merupakan salah satu metode paling aman untuk menyimpan dana. Wallet jenis ini sangat ideal untuk menyimpan Bitcoin dalam jumlah besar. 

Akan tetapi, kekurangan wallet jenis ini adalah sulit digunakan ketika kamu hendak bepergian dan tidak didesain untuk scan QR code. 

Selain itu jika hardware yang digunakan hilang, akan sulit untuk mendapatkan dana yang tersimpan dalam wallet itu kembali.

Demikian ulasan tentang investasi kripto dan berapa jenis wallet yang dapat dipilih. Masing-masing wallet memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun informasi yang dipaparkan di atas setidaknya dapat membantu kamu menemukan pilihan wallet yang tepat.

Nah, kalau begitu, tunggu apa lagi? Jika anda tertarik berinvestasi dengan mata uang kripto, silahkan kunjungi website Pintu dan buat wallet kamu.

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. 

Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu lewat Play Store dan App Store kamu!

Semoga informasi tentang investasi kripto ini bermanfaat ya.

Salam, 

Posting Komentar untuk "Ingin Memulai Investasi Kripto? Pilih Wallet Kamu Di sini"