5 Tips Memilih Tempat Pinjam Uang untuk Usaha

Tips ketika ingin memulai sebuah bisnis
Source : ekomomi.okezone.com

Modal merupakan faktor penting yang harus disiapkan ketika ingin memulai sebuah bisnis atau usaha. 

Menyiapkan modal yang cukup akan membantu kamu menjalankan usaha dengan lancar sampai mencapai kesuksesan. 

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mulai mendirikan bisnis jika belum memiliki modal. Sebab, saat ini telah tersedia banyak pihak yang menawarkan pinjaman uang untuk modal usaha. 

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang di tempat tertentu, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. 

Tujuannya adalah untuk mendapatkan pinjaman uang di tempat yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Lalu, bagaimana tips memilih tempat pinjam uang untuk usaha itu? 

Inilah 5 Tips Memilih Tempat Pinjam Uang untuk Usaha

Supaya tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih tempat pinjaman untuk usaha yang tepat: 

1. Pilih yang Sudah Terdaftar di OJK

Source : visioncorporation.co.id

Poin utama yang perlu kamu perhatikan dalam memilih tempat pinjam uang adalah memastikan keamanan tempat tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini tempat pinjam uang ilegal masih merajalela dimana-mana. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah tempat pinjam uang tersebut aman atau tidak. 

Caranya adalah dengan memastikan bahwa tempat pinjam uang tersebut sudah terdaftar sekaligus diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Nah, salah satu tempat pinjam uang yang telah terdaftar di OJK adalah Tunaiku. Produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. ini dijamin keamanannya karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sejak tahun 2014 lalu. Izin ini membuat Tunaiku legal dan aman untuk kamu gunakan. 

2. Pastikan Memiliki Bunga Pinjaman yang Rendah

Ketika memutuskan untuk melakukan pengajuan peminjaman uang sebagai modal usaha, kamu tentu tidak ingin terbebani dengan bunga cicilan yang besar bukan?

Maka dari itu, sebaiknya pilih tempat pinjam uang yang menawarkan bunga paling rendah. Bandingkan antara satu tempat dengan tempat lain untuk melihat seberapa besar bunga pinjaman yang ditetapkan oleh masing-masing tempat tersebut.

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah, sebaiknya lakukan pengajuan melalui aplikasi Tunaiku.

Pasalnya, Tunaiku menerapkan suku bunga yang terbilang rendah dibandingkan dengan tempat pinjam uang lainnya. Suku bunga yang ditetapkan hanya sekitar 2–5% saja per bulan. Hanya dengan KTP, kami bisa mendapatkan kredit tanpa agunan sampai Rp20.000.000,- dengan bunga yang sangat ringan.

3. Cari Tahu Keuntungan yang Didapatkan

Source : cermati.com

Setiap tempat pinjam uang biasanya menawarkan beberapa keuntungan untuk para nasabahnya. 

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan juga keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat memilih tempat pinjam uang tersebut. 

Beberapa keuntungan yang biasanya diberikan adalah bonus cashback, program referral, undian berhadiah, dll. 

Ingat bahwa tidak semua tempat pinjam uang menawarkan keuntungan tersebut. Jadi, pastikan untuk memilih tempat pinjam uang yang mengapresiasi nasabahnya.

4. Bandingkan Tenor dan Limit Pinjaman

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah limit pinjaman dan tenor angsuran yang ditetapkan oleh tempat pinjam uang tersebut. 

Apakah sudah sesuai dengan kemampuan dan tujuan kamu? 

Poin penting yang harus diperhatikan adalah jangan sampai cicilan atau angsuran pinjaman melebihi dari 30% pendapatan kamu setiap bulan. 

Tujuannya adalah supaya nantinya tidak membebani di kemudian hari.

5. Lihat Review dari Nasabah Terdahulu

Source : blog.mokapos.com

Untuk menambah keyakinan kamu mengenai layanan yang diberikan oleh tempat pinjam uang tersebut, sebaiknya lihat review yang diberikan oleh nasabah-nasabah sebelumnya. 

Review bisa kamu lihat melalui internet atau media sosial lainnya. Pastikan tempat pinjam uang tersebut memiliki reputasi yang baik dan tidak mendapatkan komentar jelek dari nasabah sebelumnya.

Nah, itulah beberapa tips memilih tempat pinjam uang untuk usaha. Pastikan kamu mengikuti tips-tips di atas agar bisa mendapatkan pinjaman uang di tempat yang aman dan terpercaya. 

Dengan memilih tempat pinjam uang yang aman, maka kamu bisa lebih mudah menjalankan bisnis kedepannya. 

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Tempat Pinjam Uang untuk Usaha"