Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bermain untuk Anak Speech Delay dan Testimoni Generos

Ide bermain untuk anak speech delay dan testimoni Generos perlu diketahui oleh orang tua yang anaknya mengalami keterlambatan bicara. Seperti apa ulasannya? Baca yuk postingan ini sampai selesai.

Ide bermain untuk anak speech delay dan testimoni Generos

Usia kakak Zhaf sudah lebih dari tiga tahun namun dia belum bisa menyusun kalimat dengan benar. Sebenarnya sudah banyak kosakata yang dia hafal, hanya saja kalimat yang diutarakan sering terbalik.

Padahal saya perhatikan anak-anak sebayanya bahkan umur di bawahnya sekitar dua tahun lebih rata-rata sudah lancar berbicara.

Kalau sesuai dengan perkembangan bicara anak usia 3-4 tahun normalnya seperti itu, kan?

Sesuai dengan beberapa referensi yang saya baca termasuk dari situs parenting.co.id, menurut psikiater anak dan remaja dr. Gitayanti Hadisukanto, SpKJ(K), dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), balita di usia 3-4 tahun sudah dapat mengucapkan 3-5 kata per kalimat dengan jelas. 

Mereka bahkan sudah mampu bercerita hingga mengadu panjang lebar jika ada temannya yang nakal.

Nah, si Zhaf ini jangankan bercerita panjang lebar, ucapkan 5 kata saja dia masih kesulitan, huhu.

Sebagai orang tua saya jelas merasa khawatir, karena kalau dilihat dari perkembangan bahasanya, si Zhaf bisa dibilang mengalami speech delay atau keterlambatan bicara.


Sekilas tentang speech delay

Melansir dari KidsHealth.org, anak yang mengalami speech delay mungkin dapat mengucapkan beberapa kata dengan baik tetapi mereka kesulitan untuk menyusunnya menjadi suatu kalimat yang baik.

Selain itu, anak yang mengalami keterlambatan bicara juga kerap menggunakan kata-kata dan frasa untuk mengekspresikan ide-ide tetapi sulit untuk dipahami.

Speech delay dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari gangguan mulut, seperti masalah dengan lidah atau langit-langit lidah, frenulum pendek (lipatan di bawah lidah yang membatasi gerakan lidah), gangguan pendengaran hingga gangguan saraf.

Tentunya anak yang mengalami speech delay harus segera ditangani dengan terapi wicara atau stimulasi dari orang tua.

Jadi selain menjalani terapi wicara, orang tua juga dapat membantu menstimulasi perkembangan bicara si kecil dengan melakukan beberapa hal seperti berikut  :

  • Sering mengajak anak berbicara setiap hari, lakukan secara intens
  • Membacakan cerita untuk anak, buat jadwal membaca buku misalkan setiap malam sebelum anak tidur
  • Menyanyikan lagu sederhana
  • Batasi penggunaan gawai
  • Tanggapi perkataan anak dan perbaiki. Misalnya saat saya tanya "ayah dimana sekarang, nak?" Si kakak sering jawabnya "ayah kantor". Respon sebagai orang tua jangan langsung menyanggah atau menyalahkan tetapi bantu perbaiki dengan kalimat yang tepat. "Iya, ayah di kantor".
  • Ajukan pertanyaan agar anak memilih seperti "kakak mau makan ikan atau telur?"
  • Bermain bersama anak, bukan sekadar menemani anak bermain tetapi kita juga harus terlibat aktif bermain bersama si kecil.

Itulah beberapa stimulasi yang saya lakukan untuk membantu mengatasi keterlambatan bicara Zhaf.

Berbicara mengenai aktivitas bermain, ada beberapa permainan yang bagus untuk anak speech delay. Kita bahas yuk!

Ide bermain untuk anak speech delay

Memiliki anak dengan kondisi speech delay tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Kita harus berusaha dan bersabar dalam menstimulasi anak agar lancar berbicara.

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu cara menstimulasi perkembangan bicara anak adalah dengan mengajaknya bermain.

Kita semua tentu sepakat, dunia anak adalah bermain. Oleh sebab itu anak-anak akan lebih cepat belajar ketika dirinya sedang bermain. 

Hal ini sesuai dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa metode belajar paling cepat bagi anak adalah melalui permainan. Sehingga bermain bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi speech delay.

Permainan untuk anak speech delay tidak harus menggunakan mainan yang mahal. Kita bisa menstimulasi mereka dengan permainan yang sederhana, yang tidak sampai menguras dompet.

Berikut ini ide permainan untuk menstimulasi anak yang mengalami speech delay :

Bermain balok 

Salah satu permainan yang bagus untuk anak dengan kondisi spech delay adalah bermain balok atau mainan susun karena dapat melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi mata dan tangan.

Hal lain yang menarik dari permainan balok adalah dapat membantu memperluas imajinasi dan kreativitas mereka dalam menyusun balok menjadi berbagai bentuk, seperti, rumah, gedung, kereta api dan lain sebagainya.

Sambil melakukan permainan balok kita dapat mengajak anak berbicara. Misalnya, "kakak ingin bikin bangunan apa?" "Mau susun berapa tingkat?" 

Atau kalau balok-balok yang disusun itu memiliki banyak warna kita bisa juga sekaligus mengajarkan anak mengenal warna. "Balok ini warna apa kak?". "Warna hijau yang mana?" Kurang lebih seperti itu. 

Intinya sambil bermain bersama anak kita juga harus aktif mengajak anak berbicara.

Bermain puzzle dengan gambar hewan

Permainan lain yang tidak kalah asyik bagi anak-anak adalah puzzle. Apalagi jika puzzle tersebut merupakan gambar hewan. Anak-anak pasti senang. Zhaf juga suka sekali dengan hal-hal yang berkaitan dengan hewan. 

Sambil melakukan permainan ini, kita bisa memberikan clue dengan mengeluarkan suara hewan sesuai dengan puzzle yang disusun. 

Jangan lupa tekankan bunyi suara hewan dengan nama hewan aslinya sehingga anak bisa mengenal setiap kata dari nama-nama hewan yang dimaksud. 

Tentunya permainan ini juga bagus untuk mengembangkan kemampuan kognitif, sekaligus melatih keterampilan motorik halus si kecil saat mencoba menyelesaikan puzzle.

Bermain mobil-mobilan

Anak laki-laki biasanya suka bermain mobil-mobilan. Beda halnya dengan anak perempuan yang lebih tertarik bermain boneka.

Bermain mobil-mobilan bersama si kecil juga tidak kalah seru sekaligus merupakan momen yang bagus untuk melatih bicara anak.

Agar mudah berinteraksi pastikan kita juga memegang mobil sendiri lalu mengajak anak ngobrol. 

Misalnya "ayo ikuti mobil bunda. "Tarik ke depan". "Mundur ke belakang". "Tolong ambil mobilnya". "Terima kasih"

Ucapkanlah istilah-istilah sederhana yang mudah dipahami anak saat sedang bermain dengannya. Dengan demikian bisa membantu menambah kosa kata anak sekaligus mengajarinya merangkai kata hingga menjadi kalimat sederhana.

Bermain flash card

Satu lagi permainan yang sangat bagus untuk mengajari anak berbicara yaitu bermain flash card.

Flash card merupakan permainan kartu berisi kata-kata sederhana yang disertai dengan gambar dan warna menarik.

Ada banyak manfaat dari bermain flash card, diantaranya dapat memperbanyak perbendaharaan kosa kata anak, melatih konsentrasi si kecil, meningkatkan daya ingat dan menstimulasi otak si kecil.

Ada beragam cara yang bisa kita lakukan saat bermain flash card bersama anak. Sebagai awalan, kita bisa perkenalkan terlebih dahulu satu per satu gambar yang ada pada kartu secara bertahap.

Jika anak sudah mengenali gambar-gambar yang ada pada flash card kita bisa memintanya menyebutkan kata yang kita tunjuk pada kartu dan sebaliknya memintanya untuk mencari kartu sesuai dengan kata yang kita sebut.

Itu dia beberapa permainan yang dapat dimainkan bersama si kecil untuk mengajarkannya berbicara.

Oh ya selain melakukan berbagai cara untuk stimulasi perkembangan bicara anak saya juga memberikan Zhaf vitamin Generos yang dapat membantu mengatasi gangguan speech delay sekaligus meningkatkan kecerdasan dan stimulasi otak.

Atasi Speech Delay Anak dengan Generos

Generos nutrisi terbaik otak

Berawal dari testimoni Generos yang pernah saya baca di media sosial membuat saya tertarik mencoba suplemen otak ini untuk Zhaf.

Ya, usaha yang saya lakukan untuk menangani speech delay si kakak bukan hanya dengan memberikan stimulasi mulai dari sering mengajaknya berbicara hingga bermain bersama. 

Menurut saya stimulasi saja tidak cukup tapi nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya juga perlu diperhatikan. Karena itu saya mencari suplemen yang tepat untuk anak speech delay. Ketemulah saya dengan Generos ini.

Generos obat apa? Nah, mungkin ada yang bertanya seperti itu atau mengira Generos adalah sejenis obat.

Genius for Neuron atau lebih dikenal dengan nama Generos adalah vitamin otak yang diformulasi khusus untuk mengatasi speech delay sekaligus sehingga dapat menunjang tumbuh kembang anak di masa generasi emas.

Fungsi utama Generos vitamin otak adalah membantu mengatasi gangguan terlambat bicara atau speech delay, anak autis dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Jadi Generos bukan obat ya melainkan vitamin untuk anak speech delay, anak autis, ADHD dan lain sebagainya.

Adapun cara kerja Generos adalah dengan membantu merangsang saraf verbal anak untuk lancar bicara dan menutrisi perkembangan kecerdasan pada anak.

Generos mengandung 5 kebaikan alami untuk nutrisi otak yaitu :

  • Ikan Zidat (Anguililiformes)memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi sehingga dikenal juga sebagai ratunya gizi. Ikan ini mengandung omega 3, vitamin B1, B2 dan protein albumin.
  • Pegagan (Centella asiactica), zat asioticasida yang terdapat pada pegagan dapat menstimulasi pertumbuhan otak sehingga jika mengonsumsinya anak dapat berubah menjadi periang, aktif, komunikatif dan kooperatif.
  • Madu hutan (Mel depuratun), mengandung 3 probiotik alami yaitu Lactobacillus kunkeei, Lactobacillus SP dan Lactobacillus vermiform yang bagus untuk meningkatkan kemampuan pencernaan manusia.
  • Mengkudu (Morinda citrifolia), , memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas pada otak, meningkatkan kecerdasan berpikir dan dapat mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan faktor degeneratif.
  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza rhizoma), mengandung zat germakron yang berfungsi meningkatkan saraf pusat. Tanaman ini juga kaya akan kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan rangsangan otak dan nafsu makan pada anak.

Dengan kandungan gizinya yang tinggi tersebut maka tidak salah lagi bila orang tua menjadikan Generos vitamin yang tepat untuk mengatasi speech delay serta berbagai permasalahan dalam tumbuh kembang anak.

Khasiat dan Manfaat Generos

Khasiat dan manfaat Generos

Berdasarkan kandungan yang terdapat dalam Generos, banyak sekali khasiat yang didapatkan setelah mengonsumsi suplemen otak ini, mulai dari menutrisi otak, meningkatkan daya ingat, mengaktivasi neuron otak, menambah kecerdasan, meningkatkan fungsi syaraf pusat, melancarkan peredaran darah, hingga merangsang otak untuk nafsu makan. 

Adapun manfaat Generos untuk anak-anak yaitu dapat mengatasi speech delay, meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan daya paham, menstabilkan emosi serta baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus, gangguan belajar, masalah autis dan yang mengalami masalah hiperaktif.

Tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak, manfaat Generos juga dapat dirasakan oleh orang dewasa khususnya untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti infeksi bakteri, virus, jamur, parasit, amandel, sinusitis, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Wah, khasiat dan manfaatnya sungguh luar biasa ya. Tidak hanya membantu mengatasi masalah speech delay tapi juga banyak manfaat lainnya yang didapat setelah mengkonsumsi Generos.

Testimoni Generos vitamin untuk anak speech delay

Testimoni Vitamin Generos

Sebelum memberikan testimoni Generos ada baiknya saya jelaskan sedikit dulu ya tentang produk Generos itu sendiri.

Generos dikemas dalam box premium yang terdiri atas 3 lapis kemasan dan kunci magnet sehingga benar-benar safety. 1 box terdiri atas 2 botol dengan masing-masing botol berisi 30 ml.

Harga Generos per box adalah Rp400.000, namun jika beruntung kalian bisa dapat promo Generos dengan harga Rp375.000. 

Sering-sering saja kepoin Generos.id karena di website resminya biasa ada promo. Atau boleh juga cek di marketplace karena Generos di apotik tidak tersedia.

Berikut aturan mengonsumsi Generos :

  • 9 bulan – 1.5 tahun : 5 tetes
  • 1.5 tahun – 6 tahun : 7-10 tetes 
  • 7tahun – 16 tahun  : 11-14 tetes 
  • > 17 tahun                 : 15-20 tetes

Untuk efek terbaik sebaiknya Generos diminum 15 menit sebelum makan. Boleh juga 15 menit setelah makan.

Sedangkan untuk cara minumnya bisa diteteskan langsung ke mulut atau kalau tidak bisa diteteskan boleh dilarutkan dalam satu sendok air hangat lalu dicampur ke dalam susu atau makanan berkuah.

Generos vitamin otak

Kalau Zhaf diteteskan langsung dia menangis karena dikiranya obat jadi untuk mengakalinya saya selalu menambahkan larutan Generos ke dalam susunya.

Nah, kalau sebelumnya saya cuma baca testimoni Generos dari orang lain sekarang giliran saya nih pengen juga memberikan review jujur setelah hampir sebulan Zhaf mengonsumsi vitamin ini.

Jujur saya sangat puas dan bersyukur sekali bertemu dengan vitamin Generos. Walau belum genap sebulan Zhaf minum susu plus dicampur dengan larutan Generos namun mulai kelihatan hasilnya.

Memang belum banyak kalimat yang bisa dia rangkai, tapi setidaknya dia sudah bisa bicara beberapa kalimat dengan 3-4 kata. Kalau sebelumnya dia malas bicara sekarang dia mulai rajin ikuti kalimat yang saya ucapkan. Menambah kosa kata baru juga. 

Senang deh dengan perkembangan bicara Zhaf setelah konsumsi Generos.

Saya optimis kalau rutin memberikan Zhaf Generos sesuai aturan pakainya plus distimulasi dengan permainan dan berbagai cara lain yang sudah saya sebutkan di atas maka tidak lama lagi Zhaf akan bisa bicara dengan lancar.

Target saya paling tidak di usia 4 tahun dia sudah cerewet lah, bisa menyusun banyak kalimat. Semoga. Aamiin ya Rabb

Eniwei, buat kalian yang tertarik dengan Generos, tidak perlu khawatir karena keamanan Generos sudah terjamin.

Generos sudah secara resmi terdaftar di BPOM RI, TR 193 633 201 dan juga mendapatkan sertifikat halal dari MUI, LPPOM MUI 12130007021219.

Selain itu efek samping generos tidak ada karena terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi anak-anak hingga lansia.

Namun kalian perlu hati-hati karena di luar sana telah beredar Generos palsu. Untuk mengetahui apakah Generos asli atau palsu dapat dilihat dari kemasannya. Dimana Generos asli berada dalam  kemasan premium dan tersegel dengan stiker hologram. 

Penutup

Generos

Sebagai orang tua kita pastinya khawatir ketika menghadapi kenyataan bahwa anak kita terdeteksi speech delay. Rasa sedih juga pasti ada karena anak kita belum lancar bicara seperti teman-teman sebayanya.

Namun, jangan biarkan diri kita larut dalam perasaan tersebut. Speech delay pada anak tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kita harus berusaha agar anak bisa bicara lancar meski terlambat.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi speech delay, mulai dari  melakukan terapi wicara setelah konsultasi dengan dokter ahli, menstimulasi anak agar berlatih bicara dimana salah satunya dengan bermain hingga mengonsumsi Generos vitamin untuk anak speech delay.

Jangan lupa berdoa, minta pada Tuhan agar anak kita dimudahkan dalam proses belajar bicara karena ikhtiar saja tentu tidak cukup. 

Demikian ulasan mengenai ide bermain untuk anak speech delay serta sharing saya terkait Generos, vitamin untuk membantu mengatasi speech delay yang dialami anak pertama saya. Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam hangat,

182 komentar untuk "Ide Bermain untuk Anak Speech Delay dan Testimoni Generos"

  1. Wah aku malah kebalikan. Krn mamanya kerja, si kecil biar ngga rewel aku kasih gawai. Tentu dgn batasan tertentu ya. Si kecil malah bawel banget sekarang. Udh bisa ngomong panjang lebar plus kosakata bahasa Inggris. Padahal usianya baru 3 tahun Maret nanti.

    Tapi yang kayak gini kasuistik ya. Ada juga anak tetangga yang udh 10 tahun masih terbata2 ngomongnya. Kayaknya aku bakalan ngasih suplemen otak Generos ini deh buat membantu dia biar lancar bicaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti anak saya kalau gitu. Dikasih aplikasi dan nonton yutub, eh jadi suka ngomong bahasa Inggris meski gak jelas. Brother finger masa jadi wadoping. Hahaha

      Hapus
  2. Krucil saya juga mengalami hal ini, Mbak. Usia 3 tahun dia masih malas bicara. Kalau pun ngomong, pake bahasa planet yang awalnya tidak dimengerti.
    Dan memang, peran orang tua sangat penting. Selalu diajak bicara. Diputarkan lagu anak-anak. Diperbaiki kosa katanya, termasuk jangan diajak bicara dengan bahasa cadel.
    Satu lagi, tantangan terbesar itu dari para tetangga. Biasa, anak satu dengan anak lainnya selalu dibanding-bandingi. Padahal setiap kemampuan anak memang berbeda. Sekali lagi, peran orang tua sangat penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, tantangan terbesar itu adalah dari eksternal a.k.a lingkungan tempat tinggal. Tetangga maunya simpati eh ternyata malah menyakitkan hati sama omongannya "Kok si adik belum bisa bicara?" atau ada yang menghakimi pola asuh yg salah juga..

      Hapus
  3. Pegagan, mengkudu, temulawak, ternyata kalau diolah oleh ahlinya bisa jadi ramuan yang sangat bermanfaat dan jadi pendukung tumbuh kembang anak ya.
    Terimakasih informasinya Mbak. Sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diolahnya jadi lebih praktis ya, sehingga mudah untuk dikonsumsi oleh si kecil

      Hapus
    2. Saya juga baru tahu, kalau disini biasanya temulawak dijadikan ramuan, pengen beli nih buat anak biar mendukung pertumbuhan otaknya juga

      Hapus
  4. Nah ini yang sangat penting untuk para orang tua yang sedang memeiliki Bayi, permainan jangan sembarangan apalagi kasi nonton HP terus. note kak, keren nih mah

    BalasHapus
  5. Wahh kak, aku baru tahu flashcard dan puzzle pun juga bisa membantu anak2 speech delay. dan Generos ini jujur baru tau bangett, bisa nih aku sarankan ke temenku yg anaknya juga speech delay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main flashcard tuh anak jadi ikut ngomong. Lumayan buat tambahan kosa kata yang bisa mereka pelajari. Terus tambahan vitamin otak jika perlu

      Hapus
  6. Beruntung banget sekarang ada Generos yang dapat membantu mengatasi speech delay selain melakukan permainan untuk mereka ya. Harus direkomendasikan ke kenalan yang anaknya speech delay nih.
    Makasih infonya mba.

    BalasHapus
  7. Salah satu ponakan saya juga mengalami speech delay dan bener banget sih, salah satu terapinya adalah dengan intens terus diajak berkomunikasi setiap hari dan juga sering dibacakan buku anak-anak. Alhamdulillah saat ini sudah mulai terlihat efek positifnya dan ia mulai bisa berkomunikasi dengan bahasa sehari-hari secara bertahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, gimana pun penting banget yaa ngajak komunikasi meskipun ke bayi, dan dia belum bisa ngomong, menginisiasi dia tahu sama human talk

      Hapus
    2. intinya orang tua kayaknya harus selalu aktif ya memberikan stimulasi kepada anaknya agar kemampuan berbicaranya meningkat

      Hapus
  8. ternyata melakukan beberapa permainan juga bisa jadi aktivitas untuk mengatasi speech delay ya mba, selain dikasih asupan nutrisi otak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk menstimulasi otak dengan permainan2 di atas , mungkin biar seimbang juga yaa asupan dari dalam dengan generos. btw suka banget sama packaginya.

      Hapus
  9. Intinya anak yang mengalami terlambat bicara harus terus diajak ngobrol ya Mbak, sambil diajak bermain dan melibatkan kemampuan otaknya. Baca Generos jadi ingat Lala 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget ya mba, orangtua harus hadir dan ngobrol dalam keseharian anak utk jiwanya, bukan hanya sekedar ada saja, untuk asupan otaknya juga diberikan Generos. Lengkap ya.

      Hapus
  10. Thanks banget mom udah ingetin kita agar terus menstimulasi biar cepat bicaranya. Juga ide bermain buat anak. Reminder bangey buat aku yang mungkin nggak lama lagi anak bisa bicara.

    BalasHapus
  11. Makasih infonya kak, pas banget anak lagi usia" banyak ngoceh tapi belum lancar. Tipsnya mantap

    BalasHapus
  12. Anakku pun mengalami speech delay, kak..
    MashaAllah~
    Rasanya beneran nangis tiap malam dan memohon sama Allah buat diberi petunjuk. Sedikit demi sedikit, dengan saran berbagai sumber, aku lakukan.

    Alhamdulillah,
    Kini sudah 8 tahun dan uniknya, justru anak yang paling teliti dan kritis. Bahkan ia berani "beda" dengan lingkungannya.

    Generos, solusi bagi orangtua untuk pertumbuhan dan perkembangan ananda.

    BalasHapus
  13. Anaknya teman aku tuh 2 tahun baru bisa bilang ah eh aja loh Mak, kalau manggil mamanya teriak ehhh dan sekarang tiap seminggu 2 kali di terapi. Nanti bisa nih aku rekomendasikan generos ini sekaligus ide bermainnya.

    BalasHapus
  14. Orangtua yang memiliki anak Speech delay bisa mengikuti ide bermain ini dan memberikan asupan vitamin Generos yang bisa ditambahkan ke makanan kesukaan anak ya.

    BalasHapus
  15. Ide mainnya saya saved. Saat ada yang mengalami speech delay tinggal bahas lagi dan mempraktikkan nya deh

    BalasHapus
  16. Anakku sepupuku ada yg speech delay gini mbak, selain udh terapi wicara, sering diajak bermain permainan yang mampu menstimulasi dia bicara dengan baik dan merangkai kata. Alhamdulillah semakin lama semakin ada peningkatan. Nah tinggal ditambah Generos vitamin ya

    BalasHapus
  17. Aku pernah lihat anak speech delay yang justru asik main gawai. Seharuanya seperti yang mba Siska tulis ya anak harus diajak bermain dan diajak seperti ngobrol gitu ya biar memancing anak belajar ngomong.

    BalasHapus
  18. Semangat ya untuk Zhaf dan mamanya. Iya speech delay memang sebaiknya jangan dianggap remeh. Kalau perlu konsultasi ke ahlinya. Ide bermainnya pun bagus. apalagi zaman sekarang emmang banyak anak yang lebih suka pegang gadget

    BalasHapus
  19. Banyak manfaatnya suplemen anak Generos ini ya mbak, masyaAllah. selain penting untuk meningkatkan konsetrasi anak juga bisa mengatasi speech delay juga yaa. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  20. Masya Allah jadi ingat dulu si bungsu saya juga speech delay. Alhamdulilah sudah mulai normal. Sekarang masih di stimulus juga untuk lebih lancar lagi. Makasih rekomendasi dan ulasannya mbak tentang Generos.

    BalasHapus
  21. Anakku dulu sempat speech delay juga mbak, kata dokternya diminta ajakin ngobrol dan kurangin gadget juga. Selain stimulasi emang sebaiknya diberi nutrisi yang baik juga tambahan2 vitamin, salah satunya vitamin otak kyk gtu yaaa.

    BalasHapus
  22. Speech delay memang selalu menjadi kekuatiran terbesar orangtua ya, mbak. Memang mengajak anak berbicara secara intense setiap hari akan sangat membantu. Ternyata banyak juga permainan utk melatih anak2 supaya ga speech delay ya, mbak 😊

    BalasHapus
  23. Menjadi orangtua juga kudu kuat dan belajar menerima.
    Ikhtiar terbaik ketika diberi ujian anak speech delay, selain di terapi sendiri atau di terapi oleh terapis, tapi juga jangan lupa untuk memberi asupan vitamin otak Generos.

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah, ikut seneng dengan kemajuan Zhaf, Bun. Semoga semakin hari, semakin pesat perkembangannya. Bagus ya Generos ini. Kandungannya juga bagus. Pas untuk tumbuh kembang otak anak. Jadi kepengen nih ngasih ke bocil di rumah.

    BalasHapus
  25. Wahh benaran ampuh bisa mengobati speech delay yaa?
    Jadi ingat anak pertamaku dulu yang telat bicara, tapi alhamdulillah di usia 3 tahun langsung cerewet banget

    BalasHapus
  26. Wow Generos dengan 5 bahan alami kebaikan, udah terbukti bahan2nya menyehatkan yaa.
    Apalagi dengan ide2 bermain di atas bisa membantu anak2 speech delay yaaa

    BalasHapus
  27. Ternyata kandungan Generos ini sangat baik untuk tumbuh cerdas otak anak yah, anakku alhamdulillah gak speech delay cuma untuk mengurutkan kata-kata itu masih belum lancar

    BalasHapus
  28. Banyak ide untuk bermain bersama anak ya, anak saya suka juga suka bermain mobil-mobilan. Sambil diajak ngobrol tentunya anak bisa bicara secara perlahan ya mba, Generos sering dengar ini cuman baru tau kandungan & manfaatnya

    BalasHapus
  29. dulu keponakanku speech delay, mungkin faktor gagdet, tapi alhamdulillah skrg berangsur membaik. memang orang tua harus peka terhadap tumbang anak, termasuk kapan anak seharusnya mulai bicara dll

    BalasHapus
  30. Hmm tapi gak ada salahnya juga ya Kak, ngasi mobil-mobilan ke anak cewek. Ya mungkin beda lagi konsepnya kalau mobil balap (meski pebalap juga ada yang cewe).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... ini anak saya banget. Dia cewek, sukanya mobil-mobilan. Tapi, sama dia dipakai buat sosio drama.

      Hapus
  31. Hmm tapi gak ada salahnya juga ya Kak, ngasi mobil-mobilan ke anak cewek. Ya mungkin beda lagi konsepnya kalau mobil balap (meski pebalap juga ada yang cewe). Sebagai anak cewe, saya suka main mobil kayak sedan, truk, gitu2 dulu. Walau sempat main tamiya juga sih wkwk. Mobil-mobilan remot.. sama yang bisa dinaikin.. wah seru! hahaha

    BalasHapus
  32. stimulasi menjadi kunci ya?

    saya punya keponakan yang bapak ibunya bekerja dari pagi hingga malam hari

    sehari-hari dia ditemani ART yang malah ninggalin keponakan, dikunci di dalam rumah untuk nyuci /nyetrika di tetangga

    bicaranya baru lancar sesudah ayahnya resign dan bekerja sebagi freelancer

    BalasHapus
  33. Informasi Generos dan speech delay penting dalam pengasuhan anak istimewa, mereka punya hak tumbuh kembang maksimal

    BalasHapus
  34. Banyak ya mom idenya untuk anak Speech Delay dalam bermain.Selain melatih bicara tentunya si anak lebih kreatif ya

    BalasHapus
  35. Sebagai orangtua kita harus kreatif dan hadir dalam permainan bersama anak selain memenuhi asupan gizinya. Apalagi jika anak mengalami keterlambatan bicara, harus usaha lebih lagi. Untung Generos bisa membantu sebagai asupan tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar mbak. Stimulasi untuk anak-anak memang penting ya. palagi misalnya anak terdeteksi speech delay. Butuh tambahan nutrisi lagi. Dengan Generos insyaallah bisa bantu untuk tambahan nutrisinya ya.

      Hapus
  36. Waah asik nih ide bermainnya, bisa aku rekomenin ke ponakan aku yang mengalami speech delay juga, seru-seru pastinya suka. Ditambah lagi suplemen Generos yang membantu mengatasi speech delay.
    Hihiii, beneran kreatif ya, bisa dimasukin ke susu biar yang ga doyan jadi tetep bisa diminum.

    BalasHapus
  37. Sangat bermanfaat Mba. Saya punya adik yang cacat karena kecelakan. Akhirnya tidak bisa bicara lagi. Semoga bisa pakai ini yaa

    BalasHapus
  38. Zhaf lucu banget fotonya, udah besties dengan generos kayaknya ya

    BalasHapus
  39. Ternyata permaianan sederhana juga bisa membantu anak yang speech delay ya mbak, terima kasih infonya ya Mbak, semoga bisa diterapkan nih untuk ibu-ibu yang anaknya speech delay. Karena biasanya panik kalau tau anak speech delay

    BalasHapus
  40. perjuangan banget ya mbak, jika anak speech delay. salut, sebaai emak tetap berusaha bahkan nyari ide bermain yang bisa menstimulasi perkembangan anak. ditambah generos pula.

    BalasHapus
  41. Anak sulung saya mengalami speech delay. Sampai usia 3tahun tak satupun kata yang keluar dari mulutnya. Sudah dibawa berobat kemana-mana bahkan ke psikolog. Kesimpulannya adalah hal ini disebabkan oleh kami jarang mengajaknya bicara. Tidak ada stimulan.

    Alhamdulillah setelah menjalankan arahan dari psikolog, anak saya mulai mau diajak untuk konsentrasi berkomunikasi. Sekalinya dia bisa bicara, ngomongnya gak bisa berhenti-henti dan penguasaan kata serta kalimatnya pun luas. Plus tidak cadel layaknya anak-anak balita.

    BalasHapus
  42. Fawwaz, 4thn masih suka terpotong-potong juga kalau bicara, masih cadel, dia belum bisa sebut S, R, Z dan sekarang Faiz pun hampir 3thn kayak meniru langkahnya Fawwaz, huhuh.
    kayaknya butuh Vitamin Generos juga deh ini, secara kalau stimulasi lewat bermain dan baca buku sih rasanya cukup apalagi kan mamaknya lumayan cerewet.
    mau kepoin webnnya Generos juga ah :)

    BalasHapus
  43. Generos ternyata boleh untuk orang dewasa juga ya.
    Semoga ibu dan anak tetap sehat agar bisa berkegiatan bersama seperti ide bermain di atas.

    BalasHapus
  44. Ternyata untuk melatih anak dengan speech delay nggak cukup mengandalkan dengan mengikutkannya terapi wicara ya. Orang tua juga bisa terus memberikan stimulasi secara konsisten di rumah. Untuk pengobatan, bisa dikasih minum generos juga

    BalasHapus
  45. temanku ada yang anaknya speech delay juga mbak, boleh nih artikel ini saya share sama dia buat rekomendasi :)

    BalasHapus
  46. Baca artikel ini jadi ingat anak pertamaku yang dulu juga belum bisa ngomong di usianya yang kedua. Mertua sampe ngatain anakku bodoh, huhuhu. Alhamdulillah di usia yang ketiga tahun dia langsung lancar ngomong dan lincah tanpa cadel. Ingin ku katakan pada mertua "lihat nih anakku yang cerdas, tidak seperti yang mama katakan! "

    BalasHapus
  47. Ada banyak metode untuk mencegah speech delay ya, semoga kita semua diberikan kesehatan.

    BalasHapus
  48. Satu sisi emang kita juga harus kreatif ya mba untuk melatih anak buat berbicara ya mba. Bahkan lewat permainan mobil-mobilan juga bisa melatih anak. Makasih informasinya ya, mba

    BalasHapus
  49. Wah memarik. Ya generos banyak banget khasiat nya, aku baru tau soal cara main utk anak speech delay gini mba..

    BalasHapus
  50. Anak bungsu saya speech delay. Sekarang sudah ceriwis, alhamdulillah ada kemajuan setelah dia konsumsi produl herbal sekitar 6 tahun lalu. Pernah pula saya berikan Generos ini tapi belum lanjut lagi. Kayaknya pengen lanjut lagi, mau cek promonya di website Generos dulu.

    BalasHapus
  51. Baru tau aku ada vitaminnya untuk speec delay ini semoga vitamin ini banyak yang tahu ya jadi kalau ada tanda-tanda anak speech delay bisa langsung kasih aja namun tetap ya melakukan terapi.

    BalasHapus
  52. Lumayan banyak ya bun ide bermain untuk anak speech delay.Semoga saja para bunda diluaran sana yang mengalami buah hatinya speech delay bisa menerapkan permainan ini agar tercipta komunikasi lancar

    BalasHapus
  53. Anak-anak dengan speech delay ini memang butuh treatment khusus yaa, didukung juga dengan multivitamin yang pas

    BalasHapus
  54. Setuju banget mbak, stimulasi saja tidak cukup namun harus disertai nutrisi yang lengkap seperti Generos. Kalau lihat khasiat Generos yang luar biass banyak, wajar saja harganya lumayan mahal. Semoga dengan ikhtiar Generos masalah Speech Delay pada Ananda bisa teratasi ya mbak.

    BalasHapus
  55. Makasih loh pengalamanya, ide-ide permainannya untuk anak2 speech delay memang sangat membantu banget yak. Didukung lagi dengan mengkonsumsi Generos, suplemen untuk anak speech delay. AKu mau infoin ke adek iparku jugaa. Btw sehat selalu ya Zhaaf..

    BalasHapus
  56. Banyak orang tua yang kurang peka dengan speech delay ini. Khususnya di daerahku. Mereka banyak percaya kalo dibiarkan, lama-lama juga akan bisa. Iya sih memang, cuma kan harusnya bisa distimulasi ya. Biar bisa lebih cepat kemajuannya. Dan tentu, tak hanya stimulasi aja. Faktor gizi dan nutrisi untuk otak juga ngaruh. Kudu dikasih ekstra. Kayak Generos ini.

    BalasHapus
  57. Waah bisa dimasukkan ke dalam susu ya mbak ternyata pas minumnya. Kalau dimasukkan ke susu gitu mengurangi khasiatnya gak mbak? Kayak misalnya kita mau minum obat itu kan harus ada jeda minimal satu jam jangan minum susu dulu biar obatnya bekerja. Atau memang generos ini beda sama obat jadi bisa dicampur susu?dan khasiatnya tetep sama?

    BalasHapus
  58. Aku awalnya berpikir kalau speech delay itu karena jarang dilatih berbicara eh ternyata karena memang ada masalah di fisiknya ya.... jadi memang butuh terapi khusus.

    BalasHapus
  59. Semoga Kakak Zhaf makin sehat, cerdas, dan kuat ya. Semangat selalu bermain dan belajar ya plus minum vitamin ya πŸ’ͺ☺️

    BalasHapus
  60. Wah bisa untuk orang dewasa juga ya, satu vitamin untuk seluruh keluarga.
    Memang selain penambahan vitamin orang tua juga harus telaten, tanpa itu mungkin progressnya tak secepat yang diharapkan...

    BalasHapus
  61. Halo Zhaf, hayuuuk sini kita main bareng yuukk. Alhamdulillah ya Mba sebagai ibu pasti senang sekali ketika melihat perkembangan kemampuan bicara anak-anak. Tetap semangat yaaa... Konsisten melatih Zhaf bermain dan bergembira, banyak berkomunikasi, jangan lupa juga ya Generos tetap diberikan sebagai penambah ikhtiar.

    BalasHapus
  62. Salah satu ponakanku sempat lho mengalami speech delay. Sampai usia 4 tahun, kosakatanya sedikit banget waktu itu. Dan menurut dokter, karena terjadi kebingungan bahasa. Waktu itu dia suka nonton tayangan bahasa Inggris. Mamanya ngomong bahasa Ambon campur Indonesia, dan kami waktu itu banyak pake bahasa Banjar juga klo ngobrol. Campur2. Sekarang enak nih ada generos yang bisa jadi vitamin untuk atasi speed delay

    BalasHapus
  63. Jadi inget saat anakku mengalami speech delay juga, kak..
    Rasanya setiap hari cari buku, cari inspirasi dan anaknya kudu ngobrol hadap-hadapan sama Ibunya. Ini tips dari mertua.
    Alhamdulillah, perlahan anaknya memahami dan bisa komunikasi apa yang diinginkan, dirasakan.

    Senang sekali.

    BalasHapus
  64. Ternyata utk anak yang speech delay, selain di stimulasi, ada vitaminnya juga ya.. supaya cepat terangsang ya motoriknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menstimulasi dari dalam dan luar bakalan lebih maksimal sepertinya ya mbaa.. Bagus juga nih metode yang diterapkan ini. Semoga anak2 dengan speech delay bisa segera teratasi masalahnya dengan ide bermain yang oke plus mengonsumsi Generos secara intensif.

      Hapus
  65. Kesabaran adalah kunci ya bu, apalagi ternyata kita belajar jadi orang tua melalui anak. Si kaka alhamdulillah sudah kayak beo meski pelafalan kadang belum jelas

    BalasHapus
  66. Jadi keinget deg deg splash pas anak-anak masih malas ngomong walau sudah 20 bulan.
    Lha, sekalinya pada mau ngomong, mrepeett semuaaa.. :-))

    BalasHapus
  67. Menarik sekali ulasan tentang Generos dan ide bermain untuk anak speech delay ini Mba. Aku jadi tahu bagaimana cara menstimulasi anak supaya dia 'cerewet'. Bukannya cuma nangis aja tantrum karena tidak bisa menyampaikan apa yang dimaksud.

    BalasHapus
  68. Anak saya yang pertama hampir kena speech delay mba dan saya pake tehnik baca buku cerita sama masukin dia ke playgroup (sebelum pandemi) jadi dia ada interaksi sama temen temennya.

    BalasHapus
  69. Kalo kitanya sabar dan telaten, banyak ya hal yang bisa kita lakukan dalam menstimulasi anak untuk bisa belajar bicara. Bahkan dengan cara menyenangkan yang disukai anak-anak. Semoga para orang tua aware dengan ini.

    BalasHapus
  70. Ahhh, paling seneng bermain puzzle hewan, anak2 pasti suka banget. Ayo Zhaf ate temenin mainnya yuk..
    Makasih loh tips ide bermainnya dan suplemen Generos nyaaa.

    BalasHapus
  71. Kunci utamanya dikomunikasi ya, Mbak. Jadi meskipun udah diberi mainan pun, orangtua sebaiknya gak diam aja. Tetapi, harus aktif.

    Kalan anak tidak mengalami speech delay, boleh mengkonsumsi Generos? Kalau lohat kandungannya sepertinya bagus

    BalasHapus
  72. Metode mengajarkan anak speech delay untuk berbicara cukup menyenangkan ya... Dengan mengajak mereka bermain lalu sambil diajak berbicara. Anak pastinya akan senang sekali

    BalasHapus
  73. dari ekspresinya Si Kakak, kayaknya Generos ini disukai anak-anak ya, apalagi bisa dicampur dengan makanan maupun minuman kesukaan mereka ya jadi gak berasa minum obat/vitaminnya langsung ya :)

    BalasHapus
  74. Masya Allah bener-bener bantu banget ni untuk kebutuhan anak-anak speech delay ya

    BalasHapus
  75. Peran orang tua sangat penting ya mbak dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Apalagi jika anak menunjukkan tanda-tanfa Speech Delay, harus dirangsang motoriknya dengan berbagai permainan dan sering diajak berbicara supaya tidak berlarut-larut kondisinya. Apalagi sekarang ada Generos yang kaya manfaat, pastinya membuat masalah Speech Delay cepat teratasi dengan baik.

    BalasHapus
  76. aku baru tau nih mba ada Generos dan ternyata bisa sangat membantu untuk anak - anak yang mengalami speech delay ya

    BalasHapus
  77. Ide bermain kreatif bersama ananda ini akan menjadi panduan bagi para orangtua.
    Karena biasanya memang kalau sudah jenuh, permainannya jadi gak kreatif lagi yaa.. Dan anak-anak malah seneng berinteraksi dengan gadget nantinya.

    BalasHapus
  78. Sepertinya saya harus kasih tahu teman yang punya anak speech delay tentang generos ini

    BalasHapus
  79. Untuk anak bisa lancar bicara, orangtuanya kudu mau ikut ajak anak ngomong, kasih stimulasi dan vitamin otak bila perlu. Gak masalah juga buat dicoba apalagi Generos ini herbal

    BalasHapus
  80. Jenis-jenis permainannya kreatif nih, merangsang anak untuk makin lancar berkomunikasi ya ketika kita menemaninya sambil terus mengobrol.

    BalasHapus
  81. usaha praktik dibarengi dengan usaha lain seperti pemberian vitamin. kolaborasi stimulasi yang tepat ya, mbak.

    BalasHapus
  82. Banyak anak-anak temanku juga mengalami speech delay. Ada suplemennya ya buat mencegah speecch delay. Info berguna banget ini kak.

    BalasHapus
  83. wah bagus banget nih idenya yaa mba untuk yang anaknya speech delay plus ya memang dikasih suplemen juga bisa turut membantu ya seperti minum generos ini

    BalasHapus
  84. Allhamdulilah ya mba Siska, sekarang ada generous ini jadi banyak yang tergantikan jika speech delay terjadi. Semoga semua anak Indonesia sehat selalu aamiin

    BalasHapus
  85. Sebelum anakku usia 2 tahun perkembangan bahasanya termasuk slow dibanding temannya. Waduh aku udah khawatir aja nih mengarah ke speech delay meski perlu konsul dulu ya ke dokter.
    Alhamdulillah mbaa dengan stimulasi terus-menerus dan kurangi gawai, jadi lebih baik. Lebih ceriwis walau kadang saya masih nebak dia ngomong apa. Heheh
    Semangat belajar dan bermain yaa

    BalasHapus

  86. Wah ide bermainnya bisa dicoba nih. Emang penting ya kasih nutrisi yang bermanfaat buat otak anak. Pingin nyoba ah buat anakku

    BalasHapus
  87. Anak-anak juga harus distimulasi sesering mungkin ya, agar jika mengalami speech delay, bisa menstimulasi bicaranya lebih lancar. IDtambah lagi ada generos, semakin menstimulus dari dalam.

    BalasHapus
  88. Laily Fitriani09:11

    Bermain bersama anak perlu ilmu juga ya Mbak? perlu banyak kosakata juga dalam rangka melatih kemampuan anak menyerap kosakata dan belajar mengucapkannya. SO, Generos ini kandungannya oke banget ya? banyak zat-zat yang memang dibutuhkan oleh otak. Sehat selalu buat ananda Mbak.

    BalasHapus
  89. Banyak juga ya ide bermain untuk anak speech delay. Banyak juga manfaat Generos ya, Mbak.

    BalasHapus
  90. Wah, artikel ini bisa aku kasih tunjuk ke temenku nih, mba
    Oh iya, aku pernah baca artikel katany penyebab lain speech delay juga karena si anak bingung bahasa (diajari lebih dr satu bahasa)

    BalasHapus
  91. generos ini pastinya sangat membantu ya bagi orang tua dengan anak berkebutuhan khusus seperti autis atau speech delay karena merupakan nutrisi untuk otak. tentunya juga dibarengi dengan stimulasi dari orang tua agar hasilnya lebih maksimal

    BalasHapus
  92. Memang anak speech delay itu perlu distimulasi lebih sering lagi ya mbak. Bisa dengan permainan2 juga ya. Selain itu juga diisringi dengan pemberian gizi yang baik serta pemberian vitamin kyk Generos ini utk membantu menstimulus syaraf2nya.

    BalasHapus
  93. Bermain bersama anak memang menyenangkan.
    Anak akan merespon waktu dan perhatian kita asalkan bersungguh-sungguh, in syaa Allah masalah speech delay ini akan teratasi. Semoga anak-anak sehat selalu..

    BalasHapus
  94. selain permainan ini, permainan peran juga bagus, biasanya sih ini untuk anak cewek ya, Mama jadi pasiennya, anak jadi dokternya atau sebaliknya biar ada interaksi, Mama nanya anak menjawab.
    Generos ini khasiatnya banyak ya, bahannya pun alami dan diproses sebegitu detailnya ya hingga dapat hasil seperti ini, jadi ingin coba untuk Faiz dan Fawwaz ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bermain memang memiliki manfaat yang sangat baik ya, mbak buat anak kita. salah satunya mengatasi speech delay pada anak

      Hapus
  95. Mantap nih, ide bermain plus ada pula suplemen yang komplit kandungannya untuk anak dengan speec delay.

    BalasHapus
  96. Dulu sama dokter tumbuh kembang disuruh terapi, tapi kata dokter rehab medisnya malah dibilang engga usah... Jadi stimulasi di rumah aja, plus pengen coba generos deh...

    BalasHapus
  97. Bagus ya mbak manfaat Generos ini untuk tumbuh kembang anak. Coba saya rekomendasikan kepada teman sya yg anaknya juga ada masalah dengan jantung.. kira-kira bisa tidak mbak minum generos ini? Soalnya pertumbuhan nya sedikit terhambat sepertinya

    BalasHapus
  98. Pernah nemu di marketplace dan belum banyak baca ulasannya. Terjawab sudah rasa penasaran saya.

    BalasHapus
  99. Anakku susah banget nih makannya. Kasih generoa aja kali ya karena bisa menambah nafsu makan. Selain itu, bagus untuk otak si kecil juga.

    BalasHapus
  100. noted nih kak,aku share ke adik aku ya,biar anaknya tambah lancar dan jelas ngomongnya πŸ€—

    BalasHapus
  101. Alhamdulillah kalau sudah ada solusinya. Kalau anak speech delay, ortunya yang ditanyain mulu sama nenek, tante2 & tetangga. Padahal ortu pastilah cari jalan keluar. Cuma perlu dikasih waktu & space aja.

    BalasHapus
  102. Saya waktu anak-anak masih kecil juga suka belikan puzzle, soalnya melatih otak mereka banget, efeknya bahkan masih terasa sampai anak-anak udah remaja sekarang

    BalasHapus
  103. Sebaiknya emang hati hati membeli produk sebagus ini. Sarannya memang beli yang asli yang ada stiker hologram biar hasilnya juga nyata terbukti

    BalasHapus
  104. Suplemen generos ini termasuk salah satu suplemen yang ampuh yaa untuk mengatasi speech delay.

    Setuju banget agar anak cepat bisa bicara, harus rangsang dengan metode yang menarik seperti diajak main games.

    BalasHapus
  105. Iya setuju banget kalau belajar sambil bermain anak-anak jadi lebih mudah menangkap pelajaran. Terima kasih tulisannya bisa jadi referensi nih...

    BalasHapus
  106. terima kasiiihhh...
    info tentang Generos ini akan aku teruskan buat teman-teman yang mengalami punya anak yang delay speech, karena kadang clueless sbg orang tua harus gimana.

    BalasHapus
  107. Waahh sekarang mama yang mengalami speech delay pada anak ada solusi yang ditawarkan Generos untuk tumbuh kembang anak. Perkembangan ilmu memang luar biasa.

    BalasHapus
  108. Generos manfaatnya bagus bgt ya buat membantu menstimulasi anak cepat bicara. Kakak aku dulu waktu kecil juga ngalamin soeech delay gini kata mama. Cuma dulu belum ada generos gini dan edukasi mengenai speech delay.

    BalasHapus
  109. Gawai seperti pisau berkepala dua satu sisi membantu dan sisi lainnya menghancurkan, jadi harus cermat banget ys

    BalasHapus
  110. Selamat ya adek semoga makin pinterr aamiin
    Btw, khasiat vitaminny enggak hanya untuk ank2 yg speech delay saja rupany y mba, tp jg untuk mereka yg sangat aktif. Sepertiny saya mesti coba buat anak🀭

    BalasHapus
  111. Anak speech delay, jika di"tangani" Dengan baik insyaallah bisa diatasi yaa salah satunya dengan vitamin otak seperti generos ini

    BalasHapus
  112. setiap anak memang unik ya Bun, dan untunglah Zhaf memiliki ibu yang telaten, terus mendampingi dengan cara yang menyenangkan...
    Untungnya juga sudah kenal dengan Generos, semoga progresnya semakin cepat...

    BalasHapus
  113. Di tempat terapi si sulung dulu, banyak anak juga yang mengalami speeech delay, ternyata bisa diatasi juga ya dengan pemberian vitamin, makasih infonya ya

    BalasHapus
  114. Anak saya yang bungsu juga seneng banget sama puzzle, balok, mobil-mobilan ini lebih karena mengasah kemampuan kognitifnya. Sekarang suka minta lagi dibeliin puzzle yang lain biar ada kegiatan kreatif di rumah

    BalasHapus
  115. pas anakku usia 24 belum bisa mengucap 1 kata yang berarti mba, karena ada gangguan oromotorik. Makanya dia dulu sempat terapi. Dan ternyata bisa juga ya distimulasi sambil bermain gini, anakku cowok bisa juga pakai mobil2an. Hehe. Aku baru tahu Generos banyak banget manfaatnya buat anak, coba tahu dari dulu nih.

    BalasHapus
  116. Intinya anak speech delay memang harus sering-sering diajak ngobrol ya Mbak. Sambil main atau sambil makan dipancing untuk bicara supaya kemampuan untuk berpikir dan berbicara seimbang. Produk Generos kok ingatnya sama Lala yang pinter ngomong itu sih, hehe

    BalasHapus
  117. fitrahnya anak memang bisa berbicara semua ya, kadang terjadi speech delay karena kurangnya interaksi dengan orang lain, tidak diajak berbicara dan sebagainya sehingga dia enggak tahu harus jawab apa. Anakku pernah speech delay karena faktor bahasa, anakku pulang dair jepang, usia 3 tahun, di sekitarnya semua pakai bahasa sunda, dia eggak ngerti hehe jadi aja dia diam saja, alhamdulillah setelah dimasukan ke TK dia akhirnya ngomongnya lancar

    BalasHapus
  118. Anak-anak selalu suka asalkan mainnya sama Mama.
    Mama pun jadi happy karena tumbuh kembang anak selalu dipantau dengan baik. Dibantu menggunakan vitamin otak dari Generos, tentunya..

    BalasHapus
  119. ide bermainnya saya save ya mba.. soalnya juga ada ketakutan saya sama tiara karena ini msh belum mau belajar ngoceh..tapi dia selalu merespon yg saya omongin sih.

    BalasHapus
  120. Bermanfaat banget nih informasinya. Soalnya jarang sekali yang membahas tentang vitamin untuk speech delay. Oh iya mau tanya itu beneran nggak sih vitaminnya bisa ditambahkan pada susu? Karena sering baca kalau susu itu bakal menghilangkan efek obat atau vitamin lainnya ketika dikonsumsi secara bersamaan.

    BalasHapus
  121. Speech delay itu kayak ga bs ngucapin kata2 dgn jelas ga sih? Soalnya aku pny sodara yg umurnya 3 thn masih blum jelas ngucapin kata2nya. Emg dia dulu prematur sih. Jdnya kekurangan gizi. Pgn mau beliin Generos ini deh smg bs ngebenerin cara ngomongnya.

    BalasHapus
  122. Anak-anakku minum Generos juga mbak. Katanya enak. Jadi langsung tetes aja ke mulut mereka. Aku juga happy soalnya Generos kan banyak banget manfaatnya

    BalasHapus
  123. Speech delay ini harus dilatih tapi menurutku memang penting untuk juga konsumsi vitamin generous vitamin otak ini

    BalasHapus
  124. speech delay memang sesuatu yang harus segera ditangani ya mba.. dan good to know Generos helps ya

    BalasHapus
  125. Pastinya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk bisa menstimulasi anak yang speech delay yah mbak, untunglah sekaran ada Generos yang bosa membantu yaaah

    BalasHapus
  126. Generos cocok nih buat anak-anak yang udah mulai masuk sekolah. Apalagi bisa meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan daya paham. Harus nyoba nih.

    BalasHapus
  127. Aamiin. Aamiin. Semoga target mbak tercapai.

    Stimulasi dengan permainan kreatif dan pemberian nutrisi yang tepat semoga bisa membantu dedenya bisa banyak merangkai kata kelak. Semangat, ya, Mbak Siska.

    BalasHapus
  128. Aku rasanya banyak melihat iklan ini di media sosial. Dan shabira, si anak tiktok yang lagi viral itu juga mengonsumsi generos deh. Aku mau rekomendasikan ini ke temenku yang punya masalah yang sama deh.

    BalasHapus
  129. Ternyata Generous ini banyak manfaatnya ya. Gak hanya untuk anak-anak tapi juga buat orang dewasa. Jadi pengen nyobain ini buat si sulung.

    BalasHapus
  130. Bermanfaat banget ini mom untuk ibu2 yg kadang nggak sadar kalo anaknya tuh speech delay

    BalasHapus
  131. Anak terlambat berbicara memang jadi kekhawatiran bagi orang tua. Apalagi ditambah tantangan sekita. Baik teman sebaya atau tetangga yang suka membanding-bandingkan. Makanya harus terus bantuan dan dukungan orang tua. Salah satunya memang sering diajak berbicara, termasuk saat bermain.

    BalasHapus
  132. treatment untuk anak speech delay memang harus telaten yaa mba, plus didukung dengan suplemen dan asupan nutrisi yang baik, insya Allah bisa tertangani dengan baik, btw generos ini bisa untuk anak usia SD juga kah?

    BalasHapus
  133. Generos membantu tumbuh kembang anak ya mba, nantinya saya akan rekomendasikan untuk anak temanku yang ada masalah dalam berbicara atau mungkin sama yg dimaksud adalah speech delay.

    BalasHapus
  134. Beberapa temenku juga punya anak yang speech delay, Sis. Semangat menstimulasi si kecil, yaaa.

    BalasHapus
  135. Ide bermainnya sangat bisa menjadi inspirasi bagi ayah bunda lainnya.
    Kebutuhan aktivitas anak terpenuhi dari bermain, kebutuhan asupannya dapat dipenuhi dengan Generos yak.

    BalasHapus
  136. aih iya banget yaa, aku nggak kepikiran kalau speech delay ternyata butuh nutrisi tertentu juga. untngnya sekarang ada nutrisi yang mednukung peningkatan untuk anak2 speech delay nih

    BalasHapus
  137. Banyak banget nih permainan yang bisa melatih kemampuan anak dengan speech delay sehingga bisa bisa membuat pertumbuhan lancar. Pasti bakalan banyak yang membantu

    BalasHapus
  138. Beri asupan vitamin otak ini dan dilatih terus dengan bermain sambil belajar, maka bisa menjadi solusinya ya kak

    BalasHapus
  139. Nice info kak, pas banget anakku masuk fase ngoceh. Beberapa bulan kedepan udah mulai ngomong. Baca ini jadi punya gambaran mbimbingnya.

    BalasHapus
  140. Banyak sekali dan luarbisa sekali manfaat dari Generos ini gal cuma untuk tumbuh kembang anak, akupun juga pernah cobain produk generos untuk nutrisi otak

    BalasHapus
  141. speech delay, mungkin karena kurang stimulasi ya, kakak. Tapi memang diajak bermain sambil belajar begitu akan cepat menstimulasi otak. Untung lagi ada generos. setelah distimulasi dengan baik ditambah minum generos, insyaAllah nggak akan lama proses lancar speechnya

    BalasHapus
  142. Wah bagus banget ya manfaat vitamin otak generos ini
    Bisa juga untuk menstimulasi anak speech delay

    BalasHapus
  143. Pas baca bagian bahan penyusunnya, saya kaget banget. Ini multivitaminnya bagus banget ya buat kesehatan anak terutama membentuk daya tahan tubuh serta kecerdasan otak anak.

    BalasHapus
  144. Wah baru denger nih tentang generos, kayanya oke juga buat anak anak ya kak.. mo coba kepoin produknya dl aaaah

    BalasHapus
  145. Memang penting untuk mengetahui perkembangan anak dan yang pastinya butuh juga suplemen pendukung yaaa

    BalasHapus
  146. wah makasih tipsnya kak, perlu banget nih aku rekomendasiin produk generos untuk ponakanku yang udah usia 3 tahun masih speech delay

    BalasHapus
  147. Ibuku dulu suka bilang "Kalau punya anak kecil tuh..kudu siap dibilang orang gila, karena ngomong-ngomong sendiri..dijawab-jawab sendiri..."
    Ternyata, ya gitu yaa...
    Dalam rangka menstimulasi anak dalam tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  148. wah baru tahu ada produk ini, jujur saja aku selama ini tahunya cukup distimulasi aja tumbang anak ternyata danya asupans eperti ini bisa menodorng lebih cepat ya prkembangannya .

    BalasHapus
  149. Saya punya keponakan yang mengalami speech delay. Kasihan saya, anaknya jadi suka marah dan ngamuk karena susah mengutarakan maksud keinginannya. Semoga generos ini cocok untuk ponakan saya mbak.. terimakasih infonya!

    BalasHapus
  150. Selain dengan bantuan dan dukungan orang tua dan orang terdekat, anak memang harus dirangsang dengan hal lain. Misalnya anak dari sepupu saya, dia diurut rutin. dan bagus juga Generos ini diberikan.

    BalasHapus
  151. Kandungan Generos protein tinggi sepertinya ya Mbak. Pengen nyoba juga ke bocil di rumah. Belum lancar bicara juga nih...Udah terapi macem-macem...

    BalasHapus
  152. Selain diberikan stimulasi yang tepat, anak anak speech delay juga perlu nutrisi yang baik ya mbak
    Salah satunya dengan mengosumsi vitamin otak generos ini

    BalasHapus
  153. Rupanya, bukan hanya stimulasi semisal mengajak bermain bersama dan mengobrol termasuk memperbaiki kalimatnya si kecil saja ya Mba yang bisa dijadikan ikhtiar. Namun pemberian multivitamin pun penting. Baru nih saya tahu tentang Generos.

    BalasHapus
  154. In syaa Allah nanti Zhaf bisa lancar ngomong secepatnya apalagi sekarang distimulasi dengan kegiatan-kegiatan positif oleh ibunya dan minum Generos

    BalasHapus
  155. Toss Mbak,, anak saya juga saya kasih Generos, Alhamdulillah ia tumbuh jadi anak yg ceria, aktif, dan gak pasif lagi. Lima kandungan herbal yg ada di dalam Generos, juara semua khasiatnya ya

    BalasHapus
  156. Generos cocok sekali untuk anak usia sekolah ya, jadi asupan otaknya makin lengkap, pertumbuhan dan daya pikirnya pun jadi lebih optimal. Masa kanak-akank memang sebaiknya ditunjang dengan berbagai nutrisi tambahan agar tumbuh kembang anak optimal.

    BalasHapus
  157. Sebenarnya, saya termasuk orang tua yang masih bisa tenang dan berpikir jernih ketika ada suatu keterlambatan pada anak. Bisa memutuskan harus ngapain. Namun, paling nggak kuat mental dengan orang terdekat yang memberikan komentar negatif. Apakah dengan mengatakan hal-hal yang menyudutkan kita sebagai orang tua, memberikan label negatif bagi anak yang ada kekurangan, dll. Tapi, namanya juga orang lain yang tidak bisa kita kendalikan ya, memang harus kuat juga.
    Anak saya usia 2 tahun dan belum juga bisa mengucapkan kata2 dengan jelas, apalagi merangkainya menjadi kalimat. Saya jadi kurang inisiatif bukan karena tidak tahu harus apa, tapi lemah oleh kritik orang sekitar. Karena jadi orang tua itu tidak mudah, malah dijatuhkan. Hmmm jadi curhat deh aku. Hiks

    BalasHapus
  158. Generos ini bisa untuk usia sampai 17 tahun, ya. Manfaatnya luar biasa ya, bisa untuk membantu anak yang speech delay.

    Selain itu, kita sebagai orang tua juga harus aktif mengobrol sama anak, bermain sama anak juga.

    BalasHapus
  159. Anak yang mengalami speech delay ini tentunya harus diberikan terapi atau aneka permainan yang tepat ya. Begitu juga tentu dengan adanya vitamin yang dikonsumsi pun harus tepat agar tumbuh kembang menjadi lebih baik ya,Mba.

    BalasHapus
  160. anakku speech delay dan autis ringan...jadi kepo dengan generos ini serius bisa bikin anak lancar bicara ? kalau iya alhamdulillah banget moga kalau aku cobain untuk anakku hasilnya juga bagus

    BalasHapus
  161. Generos ini ternyata punya segudang manfaat ya mbak. Apalagi untuk anaknyang tumbuh kembangnya agak terhambat. Akupun pernah cobain generos untuk dewasa di mana dia bisa membantu menutrisi otak.

    BalasHapus
  162. sempat bahas produk ini dengan teman, katanya memang bagus dan sangat membantu anaknya yang mengalami masalah ini, kandungan bahannya pastinya lengkap banget

    BalasHapus
  163. Keterlambatan bicara pada anak itu keturunan apa bukan ya? Abang saya dulu lambat bicara, anak-anaknya juga sama mengalami keterlambatan bicara. Baru lancar di usia 4 apa 5 tahunan.

    BalasHapus
  164. bersyukur ya teknologi makin berkembang dan benar-benar bermanfaat banget buat semua bidang termasuk untuk perkembangan anak. Jadi sedikit terobati kekhawatiran para orang tua kalau ada vitamin yang bisa membantu

    BalasHapus
  165. Semangat mbaa, semoga kaka Zhaf segera lancar ngomongnya. Btw, aku baru tau Generos ini. Boleh nih aku referensiin ke temen temen yang anaknya ada kendala speech delay juga. Makasih mba infonya.

    BalasHapus
  166. Punya anak batita atau balita itu banyak tantangannya yaa, salah satunya adalah speech delay ini, syukurlah sekarang sudah ada vitamin otak seperti generos ini, sebagai salah satu ikhtiar membantu orang tua yang memiliki anak speech delay

    BalasHapus
  167. Baru tau saya tentang generos ini, belum punya anak sih tapi mngkin bisa direkomendasiin ke ponakan

    BalasHapus
  168. Alhamdulillah, progresnya kelihatan ya mbak... Semoga semakin membaik dan generos ini bisa menjadi solusi bagi anak-anak yang mengalami speech delay. Aamiin...

    BalasHapus
  169. Anak speech delay harus banyak di stimulasi yah supaya cepat berbicara, namun kadang orang tua abaikan masalah speech delay .

    BalasHapus