Tips Sukses Investasi Reksadana Saham 2022

Tips sukses investasi reksadana saham 2022
Foto oleh Karolina Grabowska by Pexels

Investasi Reksadana saat ini telah menjadi opsi alternatif bagi masyarakat untuk menanamkan modalnya. 

Terutama bagi kalangan dengan modal terbatas atau minim pengalaman berinvestasi, maka Reksadana adalah investasi yang cocok. 

Investasi Reksadana juga ada beberapa jenis, salah satu yang populer adalah  investasi Reksadana saham. 

Investasi tersebut tidak jarang diartikan sebagai investasi saham. Namun, investasi saham atau beli Reksadana itu berbeda dengan investasi Reksadana. 

Apabila berminat bermain saham, sebaiknya perlu memahami investasi Reksadana saham dan investasi saham. Simak, penjelasannya berikut ini. 


Apa Itu Investasi Reksadana Saham?

Reksadana saham adalah investasi berupa Reksadana dengan nilainya yang paling sedikit sebesar 80% dalam bentuk saham.

Nilai investasi tersebut sekurang-kurangnya 80% berasal dari aktivanya yang berbentuk Efek dan bersifat Ekuitas. Artinya, investasi ini dilakukan pada saham. 

Meski menanam modal pada saham, tetapi namanya Reksadana maka akan dikelola manajer investasi. 

Sementara investasi saham merupakan investasi yang dananya dikelola langsung oleh pemilik modal atau investor. Berikut beberapa hal tentang Reksadana saham.

Tingkat resiko

Investasi Reksadana memang dikenal dengan tingkat resikonya yang lebih rendah dibandingkan investasi lainnya. Untuk itu, investasi Reksadana saham resikonya juga lebih rendah dibandingkan investasi saham secara langsung. 

Keuntungan saham

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, investasi Reksadana saham ini dikelola oleh pihak manajer investasi sehingga ada fee. Fee tersebut dikenakan apabila investor ingin melakukan penarikan dana. 

Namun untuk investasi saham karena dikelola mandiri maka tidak perlu mengeluarkan fee

Meski demikian, investor umumnya perlu melakukan pembayaran untuk mengetahui trading saham. Selain itu, kedua investasi tersebut juga memiliki high return saham.

Tidak dikenakan pajak

Berbeda dengan investasi lainnya yang dikenakan pajak, maka investasi Reksadana saham sama sekali tidak dikenai pajak. Tetapi, pihak investor tetap wajib melaporkan keuntungan yang diperoleh melalui laporan SPT Tahunan. 

Tips Memilih Investasi Reksadana Saham 

Tips memilih investasi reksadana saham
Foto oleh nappy dari Pexels

Investasi Reksadana saham termasuk jenis investasi Reksadana yang memiliki high return dibandingkan jenis investasi Reksadana lainnya. Ditambah lagi, investor tidak perlu pusing memikirkan sistem atau strategi dalam berinvestasi tersebut karena sudah dikelola ahlinya. 

Bagi kamu yang berminat investasi tersebut bisa mencoba tips sebagai berikut. 

Menyesuaikan tujuan investasi

Sebelum memilih saham yang akan dibeli, langkah awal yang perlu diketahui adalah menentukan tujuan investasi tersebut. Investasi ini memang memberikan peluang keuntungan yang tinggi, tetapi risikonya juga besar tergantung dari kondisi saham.

Sebaiknya investasi tersebut dimanfaatkan untuk tujuan keuangan dalam jangka waktu 10 tahun kedepan atau lebih. Misalnya, untuk persiapan dana pensiun atau barangkali tabungan masa depan. 

Mengetahui strategi pengelolaan

Meski dikelola oleh manajer investasi, kamu sebagai pemodal disarankan pula mengetahui cara kerja atau strategi dalam mengelola jenis Reksadana tersebut.

 Investasi ini ada beragam pilihan saham yang bisa dibeli. Dengan menerapkan strategi pengelolaan, kamu bisa beli Reksadana yang memang sesuai tujuan investasi. 

Memperhatikan konsistensi kinerja dalam periode menengah panjang

Faktor terpenting dalam investasi tersebut adalah nilai peringkat dan konsistensi dari kinerja Reksadana. Untuk mengetahui nilai tersebut, kamu bisa melihat peninjauan dari beberapa perusahaan baik domestik maupun global.

Beberapa perusahaan tersebut telah memberikan pemeringkatan pada Reksadana berupa rating bintang dari 1-5 pada produk dengan usia minimal 3 tahun. Tips ini setidaknya memberikan gambaran prospek saham kedepannya. 

Investasi Tepat Reksadana Saham dengan digibank by DBS 

Buat kamu yang tertarik investasi ini tetapi minim pengalaman berinvestasi bisa mencoba produk investasi Reksadana saham melalui digibank by DBS

Investasi Reksadana di digibank by DBS ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

Praktis dalam satu aplikasi

Cukup dengan Aplikasi digibank by DBS, kamu tidak perlu repot harus dapat ke lokasi atau berpindah dari bank ke platform untuk melakukan transaksi. 

Aplikasi digibank by DBS tersebut telah menyediakan fitur pembelian, penjualan, daftar Single Investor Identification (SID) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, bahkan switching investasi. 

Selain itu, ada beragam informasi yang bisa diperoleh seperti produk-produk dalam investasi, info seputar Reksadana, serta syarat dan ketentuan dari bank tersedia dalam dokumen. Dengan demikian, berinvestasi menjadi lebih mudah dan praktis. 

Ada lebih dari 50 produk Reksadana yang bisa dipilih

digibank by DBS telah menyediakan lebih dari 50 produk Reksadana yang bisa kamu investasikan. Banyaknya pilihan tersebut akan membuatmu memiliki beberapa produk produk investasi Reksadana yang tepat. 

Tersedia 3 pilihan Reksadana dengan beberapa kategori

Terdapat tiga pilihan Reksadana berdasarkan kategori, yaitu Reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. 

Pilihan Reksadana bisa berdasarkan yang banyak dibeli atau kinerjanya terbaik. Selain itu, agar lebih pasti kamu juga disediakan info scoring terbaik dari daftar Reksadana tersebut. 

Scoring tersebut diterbitkan oleh PT Invofesta Utama, sebuah perusahaan riset dan teknologi independen yang dipercaya memberikan solusi bagi pasar modal dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan PT Bank DBS Indonesia. Jadi, kamu bisa menentukan produk Reksadana yang tepat dan aman.

Pembelian saham lebih fleksibel 

Setelah memperoleh Single Investor Identification (SID) saat registrasi, kamu bisa secara langsung beli Reksadana dari Aplikasi digibank by DBS. 

Ditambah lagi, pembelian saham makin fleksibel karena kamu bisa mengubah nominal investasi per bulan dan tanggal pendebetan secara mudah melalui aplikasi tersebut. 

Modal mulai dari Rp100.000

Buat kamu yang risau karena terbatas modal, tidak perlu khawatir karena investasi Reksadana di digibank by DBS bisa dimulai dari nominal Rp100.000. 

Demikian penjelasan mengenai investasi Reksadana saham dan tips untuk berinvestasi Reksadana tersebut. Beberapa keunggulan yang diberikan digibank by DBS juga menunjukkan investasi tersebut bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi. 

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Investasi Reksadana Saham 2022"