Keunggulan Pipa HDPE Rucika untuk Instalasi Air Bersih

Butuh pipa untuk instalasi air bersih? Pipa HDPE solusinya. Apa saja keunggulan pipa HDPE Rucika? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Keunggulan pipa HDPE untuk instalasi air bersih

Di pasaran ada berbagai jenis pipa yang bisa kamu temukan. Mulai dari pipa besi, pipa baja hingga pipa plastik, termasuk pipa HDPE. Tentunya setiap jenis pipa dirancang untuk berbagai kebutuhan dan keperluan yang berbeda-beda.

Satu jenis pipa bisa cocok dengan satu kebutuhan saja namun ada juga yang dapat digunakan hingga dua atau tiga kebutuhan.

Untuk kebutuhan seperti pengairan, pipa yang disarankan adalah pipa berbahan plastik karena lebih aman dan tidak meninggalkan bau. 

Selain itu pipa plastik juga memiliki tingkat kepadatan yang tinggi jadi tidak mudah bocor dan aman jika dipasang di tempat-tempat yang terjal dan berliku.

Nah, buat kamu yang sedang mencari pipa plastik terbaik untuk pengairan dan berbagai kebutuhan lainnya Pipa HDPE adalah pilihan yang tepat karena memiliki banyak keunggulan.


Keunggulan Pipa HDPE

HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethylene. Pipa ini terbuat dari bahan plastik dengan karakteristik fleksibel dan tahan benturan sehingga kerap digunakan sebagai bahan dasar dari pipa.

Ciri khas dari Pipa HDPE yaitu berwarna hitam dengan empat strip biru sepanjang badan pipa. 

Pipa ini juga terkenal sebagai jaringan induk air bersih untuk distribusi rumah tinggal dan bangunan-bangunan lainnya.

Pipa HDPE dipilih sebagai jaringan induk air bersih karena memiliki banyak kelebihan, diantaranya :

Struktur pipa kuat

Keunggulan pertama pipa HDPE adalah memiliki struktur pipa yang kuat. Tidak heran karena pipa ini terbuat dari material terbaik yaitu polyethylene yang berasal dari minyak bumi dan diproses dengan menggunakan tekanan yang tinggi.

Dengan bahan tersebut Pipa HDPE memiliki tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi sehingga tidak mudah bocor. Sedangkan tingkat kepadatannya mampu menerima tekanan dari dalam dan luar.

Bahkan dengan strukturnya yang kuat pipa ini mampu bertahan terhadap berbagai cuaca, baik cuaca normal maupun cuaca ekstrim sekalipun.

Awet dan tahan lama

Keunggulan pipa HDPE berikutnya terletak pada sifatnya yang awet dan tahan lama.

Bahkan jika mau dibandingkan dengan pipa PVC, meski keduanya sama-sama berbahan plastik namun bahan penyusun pipa PVC tidak sekuat pipa HDPE sehingga mudah rusak dan tidak tahan lama.

Beda halnya dengan pipa HDPE yang mampu bertahan hingga lebih dari 50 puluh tahun.

Oleh sebab itu walau di pasaran harga pipa HDPE terbilang mahal namun tetap menjadi pilihan masyarakat untuk instalasi air bersih dibandingkan jenis pipa lainnya.

Standar food grade dan ramah lingkungan

Seperti yang sudah disinggung di atas, pipa HDPE terbuat dari bahan Polyethylene yang berdensitas tinggi.

Bahan dengan jenis ini tidak mudah mengalami kerusakan maupun mencemari aliran air bersih.

Selain itu bahan polyethylene sudah memenuhi standar food grade yang artinya aman digunakan.

Bebas racun, anti karat dan tidak berjamur

HDPE terkenal sebagai bahan plastik yang non toxic dan aman digunakan untuk air konsumsi karena tidak akan mencemari air bersih yang mengalir di dalamnya.

Selain itu, tudak seperti pipa besi atau baja yang mudah mengalami korosi atau karatan. Pipa HDPE tidak akan mengalami karat. 

Hal ini karena meski dialiri oleh air terus menerus tidak akan mengubah struktur pipa HDPE. Bahkan dengan penggunaan bertahun-tahun pipa ini tidak akan berjamur.

Proses penyambungan (fitting) mudah dan kuat

Pipa HDPE juga unggul dalam sistem penyambunganya dimana salah satunya dengan metode butt fusion, yaitu sebuah metode penyambungan pipa HDPE dengan menggunakan welding machine

Cara kerja mesin ini adalah dengan memanaskan kedua sisi pipa atau aksesoris yang akan disambungkan secara bersamaan. 

Setelah kedua sisi pipa meleleh sesuai dengan ketentuan yang direkomendasikan, maka kedua bagian tersebut bisa segera disatukan.

Dengan kelebihannya inilah pipa HDPE dipilih sebagai jaringan induk pipa air bersih dari mata air yang terletak di daerah pegunungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam. 

Pipa HDPE juga dapat menjadi solusi perpipaan pada daerah yang rawan gempa, longsor dan tanah yang labil karena sambungan pipa HDPE yang kuat, tidak dapat terlepas sehingga sangat aman digunakan pada kondisi daerah tersebut. 

Sebagai tambahan informasi, di Indonesia sendiri penggunaan pipa HDPE sudah sangat banyak, temasuk digunakan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

PDAM memilih pipa HDPE karena kualitas yang baik dan lebih unggul dibandingkan dengan pipa PVC biasa.

Nah, salah satu merek pipa HDPE terbaik  adalah Rucika Black yang merupakan produk keluaran PT. Wahana Duta Jaya Rucika.

Rucika Black, Rekomendasi Pipa HDPE Terbaik

Pipa HDPE
Source : rucika.co.id

PT. Wahana Duta Jaya Rucika sudah berdiri sejak tahun 1973 dan menjadi salah satu produsen pipa terbesar di Indonesia dengan fasilitas produksi yang tersebar di berbagai belahan nusantara.

Dengan pengalaman hampir 50 tahun dalam industri perpipaan, secara konsisten perusahaan ini telah menghasilkan berbagai jenis produk unggulan termasuk Rucika Black.

Rucika black merupakan sistem perpipaan yang terpercaya dengan menggunakan pipa HDPE.

Pipa ini memiliki karakteristik istimewa dan sesuai untuk aplikasi air minum karena terbuat dari Polyethylene (PE). 

Materialnya memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan tingkat keretakan yang rendah, sehingga memiliki life time lebih dari 50 tahun.

Pipa HDPE Rucika black tersedia dalam bentuk batangan dan gulungan (coil) sehingga memudahkan proses transportasi & instalasi. 

Sistem penyambungannya bisa dengan Fusion Welded Joints (Butt Fusion & Electrofusion) dan Mechanical Compression Joints. 

Pipa ini terdiri atas PE-100 dengan design stress 8 MPa. Diproduksi dengan ukuran diameter luar mulai dari 20 mm hingga 710 mm. Dirancang untuk transportasi & distribusi air, serta kebutuhan industri, pertanian dan perkebunan. 

Selain itu, dengan karakteristik istimewa yang dimilikinya, memungkinkan Rucika black digunakan dalam kondisi yang bervariasi yaitu untuk :

  • Mengalirkan air seperti pada jaringan pipa bawah air, 
  • Relining jaringan pipa drainase & air minum
  • Pemasangan pipa di daerah sulit (genang air, rawa-rawa, daerah rewan gempa, daerah labil, dan sebagainya.

Jadi buat kamu yang sedang mencari pipa HDPE, tidak perlu bingung lagi karena merek Rucika black ini sangat recommended. Apalagi merupakan pipa HDPE produksi dari perusahaan sistem perpipaan yang terkenal dan terbesar di Indonesia.

Penutup

Memilih pipa untuk saluran air memang tidak boleh sembarang. Pastikan kamu menggunakan jenis pipa dengan kualitas terbaik.

Setelah mengetahui kelebihan pipa HDPE, kamu pastinya tidak akan ragu lagi memilih pipa jenis ini. 

Sudah memiliki struktur yang kuat, ramah lingkungan, pipa anti karat ini juga bahkan awet dan bisa digunakan selama puluhan tahun.

Nah, untuk mencari pipa HDPE terbaik, kamu tidak perlu bingung, karena merek Rucika Black sudah terjamin kualitasnya. Demikian ulasan mengenai keunggulan pipa HDPE. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Keunggulan Pipa HDPE Rucika untuk Instalasi Air Bersih"