Ini Perbedaan CCTV Outdoor dan Indoor yang Perlu Diketahui

Ini Perbedaan CCTV outdoor dan indoor
Source : pexels.com

Sebelum membeli cari tahu dulu yuk perbedaan CCTV outdoor dan indoor. Kamera CCTV menjadi salah satu perangkat yang berperan penting dalam meningkatkan sistem keamanan, baik di rumah maupun di tempat-tempat komersial. 

Secara umum, ada dua kategori kamera pengawas yaitu CCTV outdoor dan indoor yang mana keduanya dirancang untuk kegunaan yang berbeda.  

Meskipun mempunyai fungsi utama yang sama, dua kategori kamera CCTV tersebut memiliki fitur dan material yang berbeda. 

Mungkin bagi orang awam, kedua kategori CCTV tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena dari desain dan model umumnya hampir sama. 

Jika kamu berencana memasang kamera CCTV di rumah atau di tempat usaha, sebaiknya pahami perbedaan kamera CCTV indoor dan outdoor terlebih dulu.


Perbedaan Kamera CCTV Outdoor dan Indoor yang Perlu Dipahami

Kamera cctv outdoor dan indoor
Source : pexels.com

Kamera pengawas atau CCTV  (Closed Circuit Television) terdiri dari beragam jenis berdasarkan fitur yang diusung. 

Namun, bila dikategorikan berdasarkan tata letak penggunaannya kamera CCTV dapat dibedakan menjadi dua. 

Kamera CCTV outdoor dan indoor pada dasarnya memiliki fungsi utama yang sama.  amun, ada beberapa hal yang membedakan antara keduanya yang perlu kamu pahami sebelum memutuskan untuk membeli kamera CCTV

Berikut ini perbedaan antara kamera CCTV indoor dan outdoor:

Perbedaan dari Segi Penggunaan

Hal paling dasar yang membedakan antara kamera CCTV indoor dan outdoor pada segi penggunaannya. 

Kamera CCTV outdoor lebih dikhususkan untuk penggunaan di luar ruangan karena memang dirancang untuk kebutuhan outdoor meskipun bisa juga dipasang di dalam ruangan. 

Tapi jarang sekali ada orang yang menggunakan kamera CCTV outdoor untuk mengawasi kondisi di dalam ruangan.

Sementara kamera CCTV indoor hanya bisa digunakan untuk mengawasi keadaan di dalam ruangan dan tidak dianjurkan dipasang di luar bangunan yang berhadapan langsung dengan paparan debu, panas matahari dan air hujan.

Perbedaan dari Segi Material

Perbedaan selanjutnya berkaitan dengan material yang digunakan untuk membuat kedua jenis kamera CCTV tersebut.

Umumnya kamera CCTV indoor diproduksi menggunakan material utama yang terbuat dari jenis plastik fiber. 

Material tersebut tidak terlalu kuat terhadap paparan debu, sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus dalam jangka panjang.

Sementara kamera pengawas outdoor terbuat dari material yang cukup kuat dan dibuat secara khusus supaya tahan terhadap paparan debu, sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. 

Kamera CCTV outdoor terbaik minimal harus memiliki sertifikasi rating IP66 (Ingress Protection Code) dengan begitu ketahanannya terhadap paparan debu & air hujan cukup baik. 

Sertifikasi rating IP66 menyatakan bahwa produk kamera CCTV outdoor mampu bertahan dari tekanan semprotkan air.

Sedangkan untuk rating IP67 menandakan bahwa sebuah produk dapat tetap bertahan saat berada di kedalaman 1 meter di bawah permukaan air. 

Rating IP ini tidak juga berlaku pada produk-produk gadget lainnya, seperti smartwatch.

Perbedaan dari Segi Fitur

Dari segi fitur yang disematkan, kamera CCTV indoor dan outdoor cukup berbeda karena dari segi penggunaannya juga berbeda. 

Kamera pengawas outdoor digunakan untuk mengawasi tempat yang lebih luas dalam kondisi pencahayaan yang berubah-ubah mengikuti pencahayaan di sekitarnya.

Supaya mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi pencahayaan rendah dibutuhkan fitur khusus, salah satunya adalah penggunaan infrared. 

Infrared pada kamera CCTV outdoor umumnya menggunakan teknologi IR light emitting diode (LED). IR LED tersebut akan menghasilkan cahaya infrared yang akan menyinari lokasi di sekitarnya. 

Ditambah lagi dengan fitur night vision yang memungkinkan hasil gambar yang direkam menjadi lebih tajam dan jelas di malam hari. 

Sedangkan kamera CCTV indoor memiliki fitur efek kamera semi fisheye yang memberikan tampilan yang lebih lebar. Kamera CCTV indoor mempunyai ventilasi udara untuk membuang suhu tinggi di bagian chipset. 

Perbedaan dari Segi Bentuk

Meskipun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama, tapi tetap keduanya bisa dibedakan dengan mudah. 

Biasanya bentuk kamera pengawas outdoor mempunyai bentuk yang lebih besar dan bobot yang lebih berat. 

Sementara kamera pengawas indoor bentuknya lebih minimalis. Bahkan ada beberapa brand yang mengeluarkan desain unik, contohnya berbentuk seperti bohlam lampu dan jam dinding. 

Perbedaan dari Segi Harga

Perbedaan CCTV outdoor dan indoor yang terakhir dilihat dari segi harganya. Kamera CCTV indoor tentunya lebih murah bila dibandingkan dengan kamera pengawas outdoor

Hal ini bisa kamu lihat dari segi material dan fitur yang disematkan di dalamnya. Jadi pastikan siapkan dana yang cukup ketika berencana memasang kamera CCTV di beberapa sudut rumah atau tempat usaha. 

CCTV Outdoor Terbaik dengan Teknologi AcuSense dari Hikvision 

Teknologi AcuSense yang ditawarkan oleh Hikvision mampu menghadirkan produk CCTV outdoor terbaik dengan berbagai fitur dan kelebihan. 

Berikut kelebihan menggunakan CCTV dengan teknologi AcuSense dari Hikvision:

Alarm Peringatan Lebih Akurat

Teknologi AcuSense yang disematkan memungkinkan CCTV memberikan alarm peringatan ketika mendeteksi pergerakan seseorang dan kendaraan yang berusaha masuk. 

Dengan menggunakan teknologi AcuSense akan mendeteksi pergerakan dengan akurat. Serta meminimalisir adanya alarm palsu yang ditimbulkan dari pergerakan hewan kecil atau benda-benda lain yang tidak berpotensi membahayakan.

Peringatan Visual dan Auditori

Kamu akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik dengan adanya fitur peringatan secara auditori dan visual. Pengguna dapat menyesuaikan fitur tersebut dengan kebutuhannya dan sudah didukung dengan fitur audio dua arah.

Mencari Hasil Rekaman Menjadi Lebih Cepat

Kamu bisa mencari hasil rekaman CCTV dengan lebih cepat dan mudah karena teknologi AcuSense yang disematkan pada CCTV Hikvision. 

Mampu mengurutkan hasil perekaman berdasarkan jenis objek (manusia dan kendaraan). 

Bagaimana, apakah kamu tertarik menggunakan kamera CCTV outdoor dengan teknologi AcuSense dari Hikvision? Kamera CCTV dengan teknologi AcuSense ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperketat keamanan di semua jenis properti.

Posting Komentar untuk "Ini Perbedaan CCTV Outdoor dan Indoor yang Perlu Diketahui"