Cari PTS Terbaik? Begini Cara Memilihnya

Cari PTS terbaik? Begini cara memilih kampus PTS terbaik
Source : kompas.com

Sedang cari PTS terbaik? Tentunya tidak sedikit dari siswa SMA kelas 12 termasuk kamu yang saat ini yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN, karena kualitas pendidikannya yang terjamin. 

Bahkan semua jalur masuk PTN berusaha kamu ikuti, mulai dari SNMPTN, UTBK SBMPTN, hingga Ujian Mandiri. 

Mudah-mudahan keinginan kamu untuk dapat masuk ke kampus impian membuahkan hasil. Namun, apabila ternyata kamu belum berpeluang untuk masuk PTN, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa mempertimbangkan universitas swasta sebagai tempat kuliah.

Kuliah di kampus swasta bukan berarti kamu bodoh atau kamu akan kehilangan masa depan. Saat ini banyak Universitas Swasta yang bagus dan berkualitas yang tidak kalah keren dengan Universitas Negeri. 

Bahkan, terdapat beberapa Universitas Swasta yang memiliki program menjanjikan untuk dunia kerja, lho. Mau tahu cara memilih PTS terbaik? Simak penjelasan di bawah ini, ya.


Tips Memilih PTS Terbaik

Sebenarnya terdapat banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan universitas swasta terbaik. Namun, kali ini kita hanya akan membahas lima cara penting yang wajib kamu ketahui. 

Berikut cara-caranya :

Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan

Mengapa mengecek akreditasi penting untuk dilakukan? Langkah ini penting dilakukan karena dengan mengecek akreditasi kamu bisa mengetahui kualitas pendidikan di tempat yang kamu tuju. 

Akreditasi kampus dan jurusan adalah cermin suatu lembaga pendidikan. PTS dan jurusan yang memiliki akreditasi yang jelas dan bagus, sudah bisa dipastikan memiliki standar pendidikan yang bagus bahkan tidak perlu diragukan lagi. 

Dalam artian, melalui akreditasi ini, mutu dan kualitas pendidikan universitas sudah dijamin oleh pemerintah.

Untuk mengecek akreditasi, kamu tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke kampus langsung. Kamu bisa mengecek secara online melalui halaman resmi Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Khusus untuk program studi di bidang kesehatan, kamu juga bisa mengeceknya melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Fasilitas Kampus

Fasilitas kampus PTS terbaik
Source : kompas.com

Universitas swasta terbaik tentunya memiliki fasilitas yang memadai, sehingga dapat mendukung proses pembelajaran. 

Sebelum memutuskan untuk berkuliah di universitas swasta, kamu perlu mengecek fasilitas yang disediakan, baik fasilitas kampus, fakultas, maupun program studi. 

Misalnya, ketika kamu akan mengambil jurusan saintek, wajib banget buat kamu mengecek kelengkapan ruang laboratorium di kampus tersebut.

Selain mengecek kelengkapan fasilitas yang disediakan kampus, kamu juga perlu untuk mengecek program-program yang disediakan untuk mahasiswanya. 

Karena penting untuk kamu ketahui bahwa masa-masa kuliah bukan sekadar mengejar nilai akademis saja. 

Kampus swasta yang bagus harus menyediakan wadah bagi mahasiswanya agar mampu mengembangkan keterampilan yang berguna di dunia kerja. 

Sebagai gambaran, di Universitas Gunadarma tersedia fasilitas-fasilitas berupa olahraga, pers mahasiswa, poli klinik, perpustakaan, wisma/asrama/hotel, tempat ibadah, public area,  laboratorium pusat pelatihan bahasa dan masih banyak lagi lainnya. 

Fasilitas semacam ini tentunya sangat bermanfaat untuk menunjang proses perkuliahan kamu,

Rekam Jejak Alumni

Rekam jejak alumni kampus juga menjadi salah satu pertimbanganmu dalam memilih PTS terbaik. 

Mulailah dengan mencari tahu bagaimana prospek kerja alumni kampus tersebut? Apa bidang pekerjaan yang banyak dicari alumni? Serta seberapa banyak alumni yang sukses setelah lulus? 

Cara seperti ini akan memudahkanmu menilai bagaimana standar pendidikan di kampus yang akan kamu tuju. 

Selain itu, memilih PTS yang memiliki banyak alumni sukses juga bisa menjadikanmu lebih mudah untuk mengembangkan relasi saat memasuki dunia kerja. 

Maka dari itu, saat kuliah, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengenal lebih banyak senior melalui kegiatan kampus, seperti UKM, webinar, maupun magang.

Biaya Kampus

Perlu kamu ketahui bahwa biaya kuliah di universitas swasta jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan PTN. 

Namun, biaya yang dikeluarkan ini sebanding dengan fasilitas, metode pembelajaran, serta program yang ditawarkan. 

Tapi, tidak semua kampus swasta memiliki biaya kuliah yang mahal, lho. Maka dari itu, sebelum mendaftar kuliah, sebaiknya kamu riset PTS terbaik yang sesuai dengan budget pendidikan kamu, ya. 

Saat ini pun sudah banyak kampus swasta yang menyediakan beasiswa pendidikan untuk mahasiswanya. Salah satu program beasiswa yang disediakan adalah Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Salah satu universitas swasta yang menerima KIP-K adalah Universitas Gunadarma. Kamu bisa juga cek daftar Perguruan Tinggi Swasta penerima KIP-K di laman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id pada menu Profil Perguruan Tinggi.

Peringkat Kampus

Sama halnya dengan akreditasi, peringkat kampus juga menentukan kualitas kampus. Semakin tinggi peringkat Perguruan Tinggi Swasta, maka semakin bagus kualitas pendidikan dan popularitasnya.

Itulah sebabnya mengapa kamu perlu mengetahui peringkat PTS yang kamu tuju sebelum mendaftar kuliah. 

Seperti pada Universitas Gunadarma yang saat ini menduduki menduduki peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics.

Saat ini juga banyak lembaga pemeringkatan perguruan tinggi baik nasional maupun internasional yang bisa kamu kunjungi untuk mengecek peringkat kampus yang kamu tuju.

Kamu bisa mengunjungi beberapa website resmi pemeringkatan lembaga seperti Kemenristekdikti, Webometrics, QS World University Rankings, The World University Rankings, dan masih banyak lagi.

Dari beberapa cara di atas, mungkin sekarang kamu sudah tidak kebingungan lagi menentukan tempat kuliah. Biar kamu punya  banyak referensi, berikut ini beberapa daftar universitas swasta yang bagus di Indonesia. Ada apa saja, ya?

  • Universitas Telkom
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Pelita Harapanñ⁷
  • Universitas Surabaya
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Ahmad Dahlan

Selain nama-nama kampus di atas, tentunya masih banyak universitas swasta yang bagus di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan. 

Intinya, baik dalam memilih PTN atau PTS, kamu harus membuat riset terlebih dahulu agar menemukan yang paling baik, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhanmu, ya.


Posting Komentar untuk "Cari PTS Terbaik? Begini Cara Memilihnya"