7 Strategi Pemasaran Produk yang Tepat untuk Hasil Optimal

Source : Canva

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis kamu harus mengetahui strategi pemasaran produk yang tepat. Ada banyak strategi menjual produk yang dapat kamu terapkan, apalagi di zaman yang canggih seperti saat ini.

Strategi pemasaran produk adalah usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha atau pebisnis dalam mempromosikan produknya dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Jika ingin usaha jualan kamu sukses maka kamu harus mengusahakan agar barang atau jasa yang kamu tawarkan dikenal banyak orang. Karena itu kamu perlu mempromosikannya.

Namun mempromosikan produk tentu bukan hal yang mudah. Butuh strategi pemasaran yang tepat agar hasil yang didapatkan pun optimal.

Lantas seperti apa strategi memasarkan produk yang tepat dan meningkatkan omzet penjualan? Yuk kita bahas!

Kenali Strategi Pemasaran Produk yang Tepat

Source : Canva

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keuntungan suatu usaha tidak terlepas dari usaha promosi yang dilakukan. Percayalah bahwa cara atau strategi promosi yang tepat akan memberikan hasil penjualan yang optimal.

Nah, berikut beberapa strategi pemasaran produk yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan omset penjualan ;

Kenali target pasar atau pelanggan

Agar produk yang kamu jual dapat tepat sasaran tentu saja kamu harus mengetahui terlebih dahulu target market kamu.

Cara pertama ini dapat kamu lakukan dengan melakukan riset pasar lebih dulu. Pertimbangkan kira-kira siapa saja yang membutuhkan produk jualan kamu.

Untuk itu kamu perlu memperhatikan beberapa parameter tertentu mulai dari yang paling umum seperti gender, usia hingga yang lebih spesifik seperti profesi, minat dan lain sebagainya.

Dengan mengenali calon pelanggan atau target pasar akan memudahkan kamu menerapkan strategi ini dalam menjual produk.

Buat anggaran khusus promosi produ

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk. Salah satunya yang cukup efektif adalah dengan memanfaatkan digital marketing atau kamu bisa memilih menggunakan jasa influencer.

Namun perlu kamu ketahui bahwa strategi ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Itu sebabnya sebelum melakukan promosi yang mengharuskan adanya pengeluaran kamu wajib membuat anggaran terlebih dahulu.

Promosikan melalui media sosial

Di zaman serba canggih ini kamu bisa menerapkan promosi dengan mudah melalui berbagai media. Salah satu media yang paling tren dan dapat kamu manfaatkan untuk memasarkan produk adalah media sosial.

Media sosial memiliki jangkauan yang sangat luas dan tidak terbatas oleh waktu maupun wilayah tertentu. Dalam artian, promosi yang kamu lakukan di media sosial dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Ditambah lagi di masa pandemi ini semakin banyak orang yang lebih tertarik berbelanja secara online sehingga tepat sekali jika kamu memilih media sosial sebagai tempat memasarkan produk.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai membuat akun bisnis di media sosial lalu membuat konten-konten informatif terkait produk yang kamu jual dengan desaina menarik sehingga dapat menarik perhatian followers kamu.

Mengadakan giveway

Strategi pemasaran berikut yang dapat kamu terapkan adalah memberi sampel produk yang dapat menarik perhatian banyak orang. Namun pastikan jangan memberi secara cuma-cuma ya.

Buatlah konsep yang natural seperti mengadakan giveaway. Pastinya banyak yang tertarik untuk ikut ajang yang kamu adakan, sehingga ini juga menjadi trik yang bagus untuk mempromosikan barang jualan kamu.

Bangun hubungan baik dengan pelanggan

Setiap pelanggan pastinya akan suka dan tertarik dengan toko yang penjualnya ramah dan pelayanan bagus

Bahkan konsumen tersebut tidak akan pindah ke toko lain jika sudah menemukan toko dengan pelayanan yang membuatnya nyaman.

Salah satu cara membangun hubungan baik yang dapat kamu lakukan sebagai penjual atau pemilik bisnis adalah dengan memberi rewards kepada pelanggan setia toko kamu. Dengan begitu mereka akan tertarik untuk belanja terus di toko kamu.

Manfaatkan digital marketing

Strategi pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun terbilang cukup efektif. Itu sebabnya strategi yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan.

Pemasaran secara digital yang dapat kamu lakukan adalah dengan beriklan di media sosial, e-marketing, memanfaatkan SEO dan lain sebagainya.

Membuat website toko online

Salah satu trik yang juga cukup ampuh menarik konsumen adalah membuat website toko online. Strategi ini juga bagus untuk membangun branding bisnis kamu lho.

Dengan memiliki website jualan sendiri kamu akan mendapat banyak keuntungan. Diantaranya usaha kamu terlihat lebih profesional dan terpercaya, toko kamu juga akan lebih mudah ditemukan pelanggan.

Untuk bisa membuat website toko online sendiri kamu membutuhkan domain dan hosting. Tidak susah mendapatkannya karena sekarang ini sudah banyak situs penyedia jasa domain dan hosting.

Nah, kalau kamu ingin beli domain dan hosting murah kamu bisa dapatkan di Dewaweb. Situs penyedia jasa hosting terpercaya ini memiliki berbagai macam paket hosting yang dapat menunjang kelancaran bisnis pelanggannya.

Seperti paket Dewastore yang merupakan hosting toko online dan memang dikhususkan untuk pelaku UMKM dan juga pemula.

Dimana paket ini akan memudahkan kamu sebagai pemula dalam mengelola toko online, mulai dari pesanan, ongkos kirim sampai dengan pembayaran produk.

Selain itu masih banyak pilihan paket lain untuk bisnis. Lebih jelasnya kamu bisa intip langsung di website Dewaweb ya.

Demikian ulasan mengenai strategi pemasaran produk yang tepat untuk dapat hasil optimal. Semoga dengan menerapkan strategi di atas peningkatan jualan kamu bisa langsung terlihat. Aamiin.

Salam,




Posting Komentar untuk "7 Strategi Pemasaran Produk yang Tepat untuk Hasil Optimal"