Mengupas Reksadana Campuran yang Jarang Diketahui Orang

Mengupas Reksadana Campuran yang Jarang Diketahui Orang
Source : Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Investasi lewat Reksadana memiliki pilihan empat jenis instrumen yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu pilihan Reksadana yang banyak dilirik adalah Reksadana Campuran. Dimana Reksadana jenis ini relatif ideal karena pengalokasian dana untuk investasi bisa diletakkan pada beberapa instrumen.

Reksadana Campuran adalah jenis Reksadana yang penempatan dananya bisa dialokasikan ke beberapa instrumen seperti saham, pasar uang dan juga obligasi.

Umumnya mayoritas alokasi dana kamu lebih banyak ditempatkan pada saham. Alasannya tentu saja, agar kamu sebagai investor bisa mendapatkan potensi return yang lebih besar. 

Cara Kerja Reksadana Campuran

Untuk cara kerja Reksadana Campuran bila dijelaskan secara umum adalah sebagai berikut. Pertama pihak investor akan menyerahkan dana yang akan diinvestasikan ke Manajer Investasi. Setelah itu, Manajer Investasi akan menyusun portofolio dari kumpulan dana seluruh investor yang masuk.

Portofolio kamu disusun oleh Manajer Investasi dan akan dialokasikan ke beberapa instrumen. Umumnya penempatan atau pengalokasian dana pada instrumen saham, sebanyak 50 sampai 75% dan sisanya ditempatkan untuk instrumen obligasi dan pasar uang. Bisa juga disesuaikan berdasarkan tujuan investasi. 

Setelah itu portofolio kamu sebagai investor akan dikelola oleh Manajer Investasi supaya tetap mendapat keuntungan secara berkala. kamu sebagai investor akan menerima laporan,  bagaimana performa dari portofolio investasi kamu yang dikelola Manajer Investasi.

Jenis Reksadana Campuran

Perlu diketahui, bahwa Reksadana Campuran berdiri pula dari beberapa Reksadana dengan kelebihan masing-masing. 

Reksadana Campuran Defensif, 

Reksadana Campuran jenis ini punya profil risiko yang lebih rendah, dengan posisi penempatan dana kamu lebih besar ke obligasi dan instrumen pasar uang. Dana Anda juga akan dialokasikan ke pasar saham namun besaran dananya relatif lebih rendah. Reksadana jenis ini sangat cocok untuk investor dengan profil risiko yang relatif rendah, misalnya para pemula. 

Reksadana Campuran Berimbang

untuk Reksadana jenis ini memiliki pengalokasian dana yang relatif lebih seimbang antara obligasi, pasar uang dan pasar saham. 

Untuk profil risikonya, lebih tinggi namun tentu saja tingkat keuntungannya juga berpotensi tinggi. Reksadana Campuran berimbang sangat cocok bagi kamu para investor yang memiliki profil risiko moderat.

Reksadana Campuran Agresif

Reksadana jenis ini berbanding terbalik dari Reksadana Campuran defensif. Karena penempatan dana kami akan dialokasikan lebih besar pada pasar saham dengan tingkat risiko yang relatif lebih tinggi. 

Tingkat penempatan dana ke pasar saham sendiri bisa mencapai 79% dari total dana yang dialokasikan. Reksadana jenis ini, cocok bagi kamu yang punya profil risiko tinggi pula.

Reksadana Campuran Dinamis, Reksadana jenis ini bisa dikatakan sebagai Reksadana yang cukup unik. Penempatan dana kamu akan dilakukan secara dinamis tergantung dari pandangan Manajer Investasi. 

Manajer Investasi akan melihat dulu kondisi dan fundamental dari masing-masing aset, agar tahu dana kamu akan lebih diprioritaskan untuk instrumen yang tepat. 

Keuntungan Reksadana Campuran

Setelah mengetahui cara kerja dan jenis dari Reksadana Campuran, kamu juga perlu memahami apa saja keuntungan dari instrumen investasi Reksadana ini. 

Keuntungan Kompetitif

Reksadana jenis ini memiliki keuntungan yang terbilang cukup kompetitif. Potensi keuntungannya sendiri per tahun bisa mencapai 10 sampai 20%. 

Untuk keuntungan yang kompetitif ini biasanya mayoritas dana kamu diinvestasikan ke instrumen saham bisa mencapai 75%. Lalu sisanya ke instrumen investasi lain.

Waktu Investasi Lebih Fleksibel

Reksadana Campuran adalah yang cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu 3-5 tahun. Kemudian Reksadana jenis ini juga sangat fleksibel karena pilihan instrumen investasi yang beragam dan bisa menyesuaikan target investasi kamu.

Proses pencairan dana juga lebih simple dan relatif cepat, jika dibandingkan dengan instrumen investasi Reksadana lainnya. Cocok sekali bagi kamu yang membutuhkan dana darurat untuk berbagai kebutuhan.

Investasi Bebas Pajak 

Reksadana merupakan pilihan investasi yang bebas pajak, termasuk juga untuk investasi Reksadana Campuran. Jadi dana kamu ketika dicairkan, bisa diterima sepenuhnya oleh investor tanpa ada potongan sama sekali. 

Reksadana Campuran juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Sehingga sangat aman dan tidak perlu dikhawatirkan ketika ingin melakukan investasi dengan dana yang besar. 

Tidak Perlu Analisis Produk Secara Mendalam

Bagi Anda yang tidak terlalu paham cara mengelola dana investasi maka tidak perlu khawatir. Karena Reksadana Campuran dikelola dengan baik oleh Manajer Investasi. Meski begitu, kamu tentu harus tetap memeriksa portofolio investasi secara berkala. 

Cocok sekali bagi kamu yang tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk melakukan riset dan analisis produk investasi yang dipilih. 

Investasi Reksadana Campuran Hanya Di DBS Treasures

Investasi Reksadana Campuran Hanya Di DBS Treasures
Foto oleh Greta Hoffman dari Pexels

Saat ini pilihan mitra untuk investasi cukup banyak, salah satunya kamu bisa menjadikan perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra investasi yang tepat.

Kamu bisa mengalokasikan dana untuk investasi Reksadana Campuran melalui DBS Treasures dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. 

Dikelola profesional

Semua pilihan investasi di DBS Treasures akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan terkemuka yang akan mengoptimalkan kinerja produk Reksadana yang kamu pilih. 

Wawasan Berinvestasi

Saat melakukan investasi bagi yang belum mengetahui cara analisis investasi dana maka DBS Treasures  adalah pilihan yang tepat. Karena didukung oleh tim ahli finansial yang proaktif, dalam menganalisa pasar dan memberikan informasi peluang terkini yang pas dengan kebutuhan dan aspirasi Anda.

Kurangi Risiko dengan Diversifikasi

Investasi di DBS Treasures tentu saja dapat mengurangi risiko diversifikasi. Hal ini dikarenakan dana Anda akan disebar ke berbagai jenis aset investasi sehingga mengurangi risiko kerugian. 

Itu tadi pengertian, cara kerja, jenis dan keuntungan yang perlu kamu ketahui dari investasi Reksadana Campuran. Untuk yang ingin mengalokasikan dana investasi yang tepat dengan yakin, pilih hanya dari DBS Treasures.

Posting Komentar untuk "Mengupas Reksadana Campuran yang Jarang Diketahui Orang"