Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

Penyebab, gejala dan cara mengobati usus buntu

Nyeri yang dirasakan pada bagian perut merupakan gejala apendisitis yang paling umum pada pasien dengan apendisitis. 

Namun, ternyata gejala radang usus buntu pada orang dewasa dan anak-anak tidak terbatas pada sakit perut saja. 

Ada beberapa ciri lain dari radang usus buntu yang dialami oleh penderita radang usus buntu tergantung pada lokasi, usia, dan lokasi usus buntu yang dirasakannya. 

Penyebab Usus Buntu

Apendisitis pada dasarnya adalah penyumbatan yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan. 

Sebelum mengetahui apa itu gejala radang usus buntu, sebaiknya ketahui dulu penyebab radang usus buntu yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa penyebab dari usus buntu:

  • Keturunan. Hingga 56% kasus apendisitis adalah keturunan.
  • Kurang serat. Kekurangan serat menyebabkan sembelit, yang membuat feses mengeras dan menumpuk, sehingga menyumbat usus buntu.
  • Cedera. Adanya cedera akibat terjatuh, tertusuk, atau terkena pukulan di area perut, dapat menyebabkan usus buntu.

Gejala Usus Buntu

Di sini, Indozone berbagi beberapa ciri radang usus buntu yang umum, mulai dari gejala radang usus buntu yang ringan hingga yang parah.

Nyeri perut kanan bawah

Apendisitis biasanya ditandai dengan nyeri perut yang tiba-tiba.

Gejala usus buntu ini terjadi di perut kanan bawah. Hal ini terjadi karena lapisan dinding lambung menjadi teriritasi sehingga usus buntu menjadi meradang.

Sakit perut yang semakin parah saat kamu batuk, bersin, tertawa, mengejan, atau bernapas dalam-dalam.

Sakit saat buang air kecil 

Usus buntu meradang, yang akan mempengaruhi kondisi kandung kemih.Hal ini disebabkan oleh kedekatan apendiks dan kandung kemih satu sama lain.

Dengan demikian, kandung kemih cenderung mengalami peradangan yang sama, menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan. 

Saat ini, gejala radang usus buntu muncul pada wanita, ketika intensitas buang air kecil meningkat tetapi hanya sedikit urin yang dikeluarkan.

Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah salah satu ciri radang usus buntu yang sering diabaikan. Gejala radang usus buntu ini terjadi karena saluran pencernaan dan usus buntu meradang. Pasien apendisitis akan mengalami mual dan muntah yang berlangsung lebih dari 12 jam.

Nafsu makan menurun

Tanda lain dari radang usus buntu adalah kehilangan nafsu makan atau kurang nafsu makan. Gejala radang usus buntu ini disebabkan karena kembung, karena tubuh sulit mengeluarkan angin atau kentut. Ketika ini terjadi, ini menunjukkan penyumbatan usus, sebagian atau seluruhnya.

Sembelit atau diare

Beberapa orang dengan radang usus buntu juga akan mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit atau diare. Tidak seperti sembelit atau diare umum, radang usus buntu ditandai dengan sakit perut. Selain itu, jika tinja disertai lendir, usus buntu mungkin telah pecah.

Demam dan menggigil

Saat radang usus buntu semakin parah, suhu tubuh cenderung meningkat. Gejala radang usus buntu termasuk demam dan kedinginan.

Ini adalah respon tubuh terhadap infeksi pada usus buntu.

Perut kembung

Kembung dan kembung sering dianggap sebagai gejala radang usus buntu pada anak-anak. Perut yang bengkak akan terasa sakit bahkan dengan tepukan lembut. Kondisi ini disebabkan oleh usus buntu yang meradang atau bengkak. Namun, perut yang bengkak juga dapat mengindikasikan usus buntu yang pecah.

Cara Mengobati Usus Buntu

Apendisitis dapat diobati tanpa melewati proses operasi, asalkan kondisinya ringan dan tidak ada komplikasi penyerta atau pecahnya usus buntu. Berikut adalah beberapa perawatan non-bedah untuk radang usus buntu yang dapat dilakukan di rumah:

Konsumsi makanan tinggi serat

Menurut studi International Journal of Food Science and Nutrition, kurang mengonsumsi makanan berserat dapat memicu timbulnya usus buntu.

Oleh karena itu, penderita usus buntu sangat disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat di antaranya seperti:

  • Beras merah
  • Gandum
  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacanganm

Minum antibiotik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab usus buntu adalah infeksi virus. Maka, cara mengobati usus buntu dapat dilakukan dengan mengonsumsi antibiotik yang diresepkan dokter. 

Antibiotik yang diberikan dokter bisa dalam bentuk suntikan atau obat-obatan yang diminum. Perlu diingat, jangan sembarangan mengonsumsi obat sakit perut alami tanpa anjuran dokter.

Itulah gejala usus buntu yang paling sering dialami dan cara mengobatinya. Bila gejala usus buntu memburuk, sebaiknya segera cari bantuan medis agar usus buntu dapat ditangani!

Posting Komentar untuk "Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi"