Kamu Mahasiswa? Yuk, Kelola Keuangan dengan Rekening Online PermataME!

Kelola Keuangan dengan Buka Rekening Online PermataME!
Source : istockphoto.com

Sebagian besar mahasiswa tentu masih mendapatkan jatah uang saku dari orang tua. Meskipun begitu, tahukah kamu jika seorang mahasiswa juga harus pandai mengatur keuangannya sendiri? Terutama jika hidup dalam perantauan. 

Jika kamu sebagai seorang mahasiswa tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, khawatir kamu akan kesulitan memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. 

Nah, salah satu cara efektif mengelola keuangan bagi mahasiswa ialah dengan buka rekening online di bank yang terpercaya seperti PermataBank. 

10 Tips Kelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Anggaplah mengelola keuangan saat menjadi mahasiswa merupakan latihan untuk menjalani dan mengelola kehidupan di masa yang akan datang. 

Inilah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuangan, simak penjelasannya! 

Pandai Mengendalikan Diri

Hal yang penting ketika kamu ingin mengelola keuangan ialah pandai-pandailah mengendalikan diri untuk hal-hal yang sebetulnya tidak diperlukan. 

Misalnya berbelanja fashion stuff secara berlebihan seperti tas, baju, sepatu dan aksesoris lain.

Mulai saat ini kamu harus bisa menyusun prioritas atas berbagai hal dan dapat memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan begitu, kamu dapat menghemat pengeluaran agar dapat digunakan untuk kebutuhan lain.

Buatlah Anggaran

Jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan yang kamu miliki. Ketidakseimbangan seperti ini akan sangat menyulitkan kamu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Sebaiknya kamu membuat anggaran untuk dapat mengontrol keuangan kamu sehari-hari dengan membuat beberapa rekening untuk keperluan berbeda. 

Kamu bisa buka rekening online yang praktis. Setelah kamu merancangnya dengan baik, realisasikanlah anggaran tersebut secara konsisten dan disiplin.  

Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukan

Mulailah mengelola keuangan kamu dengan mencatat segala pengeluaran dan pemasukan yang kamu miliki. Catatan seperti ini juga dapat menjadi bahan evaluasi kamu untuk bulan selanjutnya agar pengelolaan keuangan kamu menjadi lebih baik.

Tips mengelola keuangan dengan buka rekening
Source : istockphoto.com

Coba Berinvestasi

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa berinvestasi? Mahasiswa juga bisa lho berinvestasi. Kini instrumen investasi beragam jenisnya. Selain itu, pada beberapa jenis investasi, nominal untuk memulai investasinya pun terbilang sangat terjangkau. 

Jangan tergesa-gesa untuk memulainya, pastikan kamu mencari informasi mendalam mengenai investasi tersebut. Kamu dapat menyisihkan sedikit demi sedikit dari uang bekal yang diberikan oleh orang tua. 

Sisihkan Untuk Dana Darurat

Dana darurat atau dana cadangan merupakan dana yang diperuntukan untuk kebutuhan yang bersifat mendesak seperti memperbaiki kendaraan yang rusak atau biaya pengobatan jika sewaktu-waktu kamu sakit.

Untuk besarannya kamu dapat menyesuaikannya dengan kemampuanmu sendiri. Simpanlah dana darurat tersebut di tempat yang sekiranya aman, misalnya kamu dapat menyimpannya di dalam toples lalu simpanlah toples tersebut di dalam lemari. 

Jika ingin lebih aman, kamu dapat menyimpan dana darurat tersebut dengan cara buka rekening online PermataME. Dengan begitu, kamu tidak perlu merasa khawatir uang hilang atau rusak.

Menabung

Nasihat untuk menabung sejak kecil ternyata cukup berguna di masa depan. Uang tabungan yang kamu miliki, nantinya dapat digunakan untuk hal yang memang sudah kamu inginkan dan butuhkan sejak lama. 

Saat kamu akan mulai menabung, tentukan tujuan dari uang tabungan tersebut terlebih dahulu, misalnya untuk membeli handphone yang kamu inginkan atau hal lainnya. Kamu dapat menyimpan tabungan kamu dengan buka rekening online PermataME dari PermataBank.

Bekerja Paruh Waktu

Sebagai seorang mahasiswa, satu-satunya pemasukan mungkin hanya uang saku yang diberikan orang tua. Namun jika kamu ingin mendapatkan uang saku tambahan, kamu dapat mencoba bekerja paruh waktu. 

Banyak pekerjaan paruh waktu yang cocok bagi mahasiswa, misalnya bekerja sebagai guru les, pegawai di restoran, atau penulis lepas. 

Uang hasil kerja paruh waktu dapat kamu tabungkan di rekening PermataME yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan atau bahkan membantu meringankan orang tua membayar uang kuliahmu. 

Miliki Alternatif Untuk Berbagai Hal

Sebagai salah satu cara kamu berhemat adalah dengan mencari alternatif untuk berbagai hal. Misalnya dari segi pola makan, kamu dapat mengganti konsumsi protein dari daging-dagingan menjadi tahu, tempe atau telur. Selain lebih murah tentu saja lebih sehat. 

Gunakan Aplikasi Online

Untuk membantu mengelola keuangan sehari-hari, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi online yang khusus diperuntukkan untuk mengelola keuangan. 

Sebagai penunjang pengelolaan keuangan, kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas rekening online PermataME dari PermataBank untuk mempermudah melakukan berbagai transaksi yang dibutuhkan. 

Hindari Hutang

Biasakan menghindari utang mulai dari hal-hal sepele seperti meminjam uang teman berapapun jumlahnya. Karena jika kamu melakukannya apalagi secara terus menerus, akan menjadi kebiasaan buruk yang mungkin terbawa hingga masa yang akan datang.

Rekomendasi Tabungan Bagi Mahasiswa

Dengan buka rekening online PermataME, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya :

Mudah dan Cepat

Proses pembukaan rekening sangatlah mudah dan juga cepat karena hanya melalui aplikasi PermataMobile X

Banyak Cashback Menguntungkan

Dengan buka rekening online PermataME, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan berupa cashback 10% setiap transaksi transportasi online, 20% setiap belanja online dan 30% setiap transaksi ngopi atau nonton.

Gratis Biaya Tarik Tunai

Kamu bisa melakukan tarik tunai di semua ATM dalam dan luar negeri yang punya logo VISA/PLUS dengan gratis biaya tarik tunai (untuk saldo minimal Rp1.000.000 sebelum transaksi).

Kartu Debit Eksklusif

Dengan buka rekening online, dapatkan kartu debit PermataME yang didesain secara khusus bagi seluruh nasabah PermataME.

Promo Eksklusif Bagi PermataME Debit Card

Bagi pemilik kartu debit PermataME akan mendapatkan berbagai promo eksklusif dari PermataBank.

Gratis Biaya Transfer Online

Nasabah yang sudah buka rekening online PermataME akan mendapatkan fasilitas gratis biaya transfer online jika menggunakan PermataMobile X, PermataNet, dan PermataATM.

Bagaimana mudah dan banyak keuntungan bukan dengan buka rekening online PermataME? Yuk, buka rekening kamu sekarang juga agar memudahkan mengelola keuangan sendiri! 

Posting Komentar untuk "Kamu Mahasiswa? Yuk, Kelola Keuangan dengan Rekening Online PermataME!"