Tips Mendapatkan Staff Warehouse yang Berkualitas

Daftar Isi
Tips Mendapatkan Staff Warehouse yang Berkualitas
Source : pexels.com

Berkembangnya e-commerce membuat staff warehouse atau staff gudang dibutuhkan. Karena kebutuhan tersebut, banyak perusahaan yang ingin merekrutnya dan tentunya pihak perusahaan juga ingin staff ini memiliki kualitas yang baik. 

Untuk itu, yuk simak beberapa tips bagaimana cara merekrut staff gudang yang berkualitas.

Pengertian Staff Warehouse

Terkait staff gudang, tentunya timbul berbagai pertanyaan kenapa orang yang direkrut harus memiliki kualitas yang baik. 

Pada dasarnya tidak hanya staff gudang, perusahaan tentunya ingin semua karyawannya memiliki kualitas baik demi menunjang kelancaran alur perusahaan.

Lantas sudahkah kamu tahu mengenai staff gudang? Seperti yang diketahui, perusahaan yang mendistribusikan atau menghasilkan barang tentunya memiliki tempat atau gudang sebagai tempat penyimpanan.

Di sinilah staff gudang berperan dalam mengendalikan dan mengawasi barang-barang tersebut. Memastikan barang aman diletakkan dalam gudang adalah tugas dari staff gudang.

 Selain itu, staff ini bertanggung jawab untuk melakukan quality control, memproses pengeluaran dan penerimaan barang atau memproses barang agar sampai ke tangan konsumen dengan tepat.

Berbagai Tipe Staff Gudang

Staff gudang terdiri dari beberapa posisi pekerjaan. Diantaranya adalah:

  • Warehouse Worker. Staff ini bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengendalikan barang. Misalnya mengambil barang dari distributor, memastikan kualitas barang terjaga, memastikan barang telah dikirim ke konsumen atau menerapkan SOP dalam menghitung stok barang.
  • Admin GudangMenggunakan inventory log untuk memastikan jumlah dan kualitas stok barang.
  • Picker/Packer. Mendistribusikan barang menuju divisi lain adalah tugas picker sedangkan mengemas barang dengan mengikuti SOP gudang adalah tugas dari packer.
  • Helper. Mengupayakan agar proses kerja di gudang berjalan dengan aman dan kondusif.
  • QC (Quality Control). Tugas dari QC meminimalisir ketidakpuasan pelanggan sehingga harus dipastikan barang yang dikirim berkualitas baik dan sesuai dengan keinginan konsumen.
  • Kurir. Mengirim barang langsung ke konsumen sehingga mereka harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi).

Cara Mendapatkan Staff Gudang yang Berkualitas

Setelah mengetahui apa itu warehouse staff, posisi dan tugasnya. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar dapat merekrut karyawan salah satunya staff gudang yang berkualitas. 

Berikut ini adalah penjelasannya.

Mengikuti Acuan Kriteria Karyawan yang Berkualitas

Beberapa acuan yang menandakan bahwa karyawan yang kamu rekrut berkemungkinan memiliki kualitas yang baik adalah:

Latar Belakang Pendidikan

Mencari karyawan dengan latar belakang yang berkaitan tentunya dapat menunjang kualitas kerja yang diberikan. Paling tidak pendidikan dapat memberikan para calon karyawan gambaran bagaimana tugas akan dijelaskan.

Staff gudang dalam melaksanakan tugasnya harus bisa bekerja sama dengan karyawan lainnya. Untuk itu. pendidikan yang setara dengan karyawan lainnya juga mungkin dapat diterapkan ketika mencari karyawan baru.

Memiliki Kemampuan 

Pendidikan mungkin tidak selalu menjamin karyawan memiliki kemampuan untuk menjadi staff gudang. Oleh karena itu, dalam merekrut seseorang diperlukan uji kemampuan apakah bidang tersebut tepat untuk calon karyawan yang dituju.

Memiliki Pengalaman Kerja

Calon karyawan yang sudah pernah bekerja dinilai lebih mudah beradaptasi apalagi pekerjaan yang digeluti sebelumnya masih berkaitan. Namun, harus tetap diperhatikan lagi track record mereka selama bekerja.

Pemberian Pelatihan Secara Khusus

Pelatihan yang kamu berikan dapat berupa pengetahuan mengenai posisi yang digeluti. Ini dapat kamu terapkan pada karyawan yang belum aktif bekerja sehingga mereka dapat meningkatkan skill yang nantinya memberikan manfaat pada alur kerja.

Memberikan Jaminan Sosial dan Menerapkan Safety Wear Kepada Staff Gudang

Staff gudang akan sering dihadapkan pada barang-barang memiliki bobot yang berat dan bisa membahayakan. 

Untuk itu, dalam merekrut staff gudang, kamu perlu memberikan mereka jaminan sosial dan memberikan mereka safety wear.

Memberikan Upah dan Jobdesk yang Transparan

Sebelum calon karyawan aktif bekerja, sebaiknya kamu harus menjelaskan jobdesk apa saja yang akan dia lakukan sehingga karyawan tersebut dapat mempersiapkan diri. 

Kejelasan dalam pemberian upah atau gaji perlu dibicarakan sehingga jika karyawan setuju mereka dapat bekerja dengan semangat dan berupaya meningkatkan kualitas mereka.

Mencari Karyawan dengan Menggunakan Platform Terpercaya

Ada beberapa platform tertentu yang sering digunakan ketika perusahaan ingin menyebarkan info lowongan pekerjaan. Misalnya, media sosial, job board atau menggunakan website perusahaan itu sendiri. 

Kamu juga mungkin bisa menggunakan outsourcing dalam mencari staff gudang. Pilih  perusahaan outsourcing yang membantu kamu dalam merekrut staff gudang yang berkualitas.

Staffing Terbaik untuk Dapatkan Staff Gudang Berkualitas

Staffing Terbaik untuk Dapatkan Staff Gudang Berkualitas
Source : pexels.com

Kamu mungkin bisa menerapkan cara di atas untuk memperoleh staff gudang. Namun jika ingin melakukannya dengan cepat dan tepat, Staffing bisa menjadi solusi yang tepat.

Workmate Indonesia menghadirkan Staffing digital dengan menyediakan tenaga kerja yang berkualitas.

Kenapa kamu harus memilih Workmate Indonesia? Selain dapat meningkatkan produktivitas perusahaan, kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan bagi perusahaan yang diantaranya:

  • Cekatan dalam Menyediakan Calon Karyawan. Staffing digital yang menggunakan teknologi dimana proses perekrutan tidak memakan banyak waktu dan dilakukan dengan benar.
  • Menggunakan Aplikasi dalam Melakukan Timesheet. Absensi tanpa timesheet manual dapat kamu awasi dengan menggunakan Worker App yang disetujui oleh Supervisor App sehingga proses absensi dapat dipermudah.
  • Harga Terjangkau. Kamu berkesempatan untuk menghemat biaya hingga 30% dibandingkan menggunakan jasa outsourcing konvensional.
  • Proses Rekrutmen Lebih Efisien. Waktu kamu tidak akan banyak terbuang karena proses rekrutmen menggunakan sistem digital berupa screening dan melakukan penilaian pada calon karyawan.

Demikian penjelasan mengenai staff warehouse yang perlu kamu ketahui dan memang untuk posisi ini sebaiknya juga diisi oleh karyawan yang berkualitas. Selengkapnya tentang Workmate dapatkan di sini

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar