6 Cara Mengobati Luka Kecelakaan Motor yang Baik dan Benar

6 Cara Mengobati Luka Kecelakaan Motor yang Baik dan Benar
Source : pexels.com

Kecelakaan motor memang jadi resiko berkendara yang harus diwaspadai, karena bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. 

Selain memahami cara berkendara yang aman agar tidak celaka, penting juga mengetahui cara mengobati luka kecelakaan motor yang baik dan benar. 

Sebab, hal ini akan sangat berguna jika musibah sudah terlanjur terjadi sehingga Anda harus bisa mengobatinya dengan baik. Lalu, seperti apa pengobatan luka yang baik itu? 

Pengobatan Luka Kecelakaan Motor

Ketika seseorang mengalami cedera akibat jatuh dari sepeda motor tentu harus ada penanganan yang tepat agar luka yang diderita tidak menjadi serius. 

Meski terkadang luka kecelakaan motor hanya berupa lecet, tetap saja cara mengobatinya harus baik dan benar. Inilah beberapa cara mengobati luka kecelakaan motor yang baik dan benar: 

1. Sterilkan Luka

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengobati luka kecelakaan motor adalah membersihkan dan mensterilkan terlebih dahulu luka tersebut. 

Hal ini mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah ketika selesai diberi obat. Caranya adalah mencuci luka dengan air mengalir selama beberapa menit. 

Nanti debu, tanah, dan pasir yang menempel akan hanyut dan luka jadi bersih. Sebelum mencuci luka pastikan tangan yang digunakan juga sudah dicuci menggunakan sabun. 

2. Hentikan Pendarahan

Apabila luka sudah bersih namun masih ada darah yang keluar, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan perban untuk menghentikan pendarahan tersebut. Jika tidak ada perban bisa menggunakan kain bersih untuk menekan luka kurang lebih 15 menit. 

3. Berikan Obat

Ketika pendarahan sudah berhenti maka selanjutnya berikan obat salep atau obat merah pada luka tadi. Disarankan di sini untuk memberikan obat salep antibiotik dengan tipis pada permukaan luka. 

4. Tutup luka

Luka yang sudah diolesi atau dibalur dengan obat, selanjutnya harus ditutup. Penutup yang biasa digunakan adalah perban atau kasa steril yang kemudian diberi plester. 

Ini bertujuan agar luka yang sudah diberi obat tidak terkena debu dan kotoran karena hal tersebut memicu infeksi. 

Jika infeksinya parah luka tak kunjung mengering dan sembuh, malah akan semakin terasa sakit dan meradang. 

5. Ganti Penutup Luka Secara Rutin 

Selama luka masih belum sembuh dan masih membutuhkan obat, maka penutup atau perban harus diganti dengan rutin. 

Setidaknya ganti perban satu hari dua kali setiap selesai mandi. Ganti perban dengan yang baru dan selalu oleskan obat sebelum menutup lukanya. 

Luka yang masih dalam tahap penyembuhan harus dijaga kebersihannya agar tidak memicu infeksi yang fatal. Perban juga bisa diganti lebih dari dua kali apabila dalam kondisi basah dan kotor. 

6. Minum Obat Pereda Nyeri 

Jika luka kecelakaan motornya cukup parah hingga penderita merasakan sakit yang tak tertahan, disarankan untuk meminum obat pereda nyeri. Ini agar tubuh bisa istirahat dan luka juga bisa segera sembuh. 

Itulah beberapa cara mengobati luka kecelakaan motor yang bisa kamu ikuti. Sebagai tindakan antisipasi, sebaiknya setiap pengendara motor memiliki asuransi kecelakaan diri dari Bank Danamon yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, yaitu PT Zurich Asuransi Indonesia, Tbk.

Asuransi kecelakaan
Source : danamon.co.id

Asuransi ini nanti akan sangat membantu sekali bagi pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas. 

Biaya berobat dan penyembuhan pasca kecelakaan akan ditanggung oleh pihak penyedia asuransi, sehingga kamu tidak perlu pusing dan cemas memikirkan biaya berobat. Premisnya cukup terjangkau dan cara klaimnya tidak ribet. 

Apalagi asuransi kecelakaan diri dari Bank Danamon ini juga berlaku di seluruh Indonesia. Selain itu, bagi peserta yang sudah memiliki asuransi lain, perlindungan dari asuransi kecelakaan diri Bank Danamon ini tetap dibayarkan. 

Ditambah adanya call center 24 jam sehingga kamu tidak perlu khawatir kesulitan dalam menggunakan asuransi ini. 

Pada intinya, selalu berhati-hatilah ketika mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. Utamakan selalu keselamatan dan memiliki asuransi jiwa atau asuransi kecelakaan diri Bank Danamon sebagai bentuk perlindungan diri dan juga keluarga! 

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengobati Luka Kecelakaan Motor yang Baik dan Benar"