Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Kulit tangan mengelupas oleh sebagian orang dianggap sepele. Namun tak bisa dipungkiri, kondisi ini bisa cukup mengganggu rasa percaya diri kita. Bahkan pada tahap tertentu, pengelupasan ini bisa mengganggu aktivitas.

Pengelupasan kulit sebenarnya adalah kondisi peradangan yang dialami oleh kulit. Secara khusus, tangan cenderung meradang karena tangan terpapar berbagai zat yang dapat mengeringkan kulit. Dalam keadaan kering inilah kulit mudah mengelupas.

Kulit terkelupas adalah suatu kondisi yang terjadi ketika lapisan atas kulit hilang. Tentunya kita akan merasa tidak nyaman ketika kulit di tangan mengelupas karena mempengaruhi penampilan. 

Apalagi saat berjabat tangan dengan orang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab dan cara menanganinya.

Sebab, jika dibiarkan dalam waktu lama, rasa tidak nyaman akibat kulit terkelupas bisa menimbulkan ketidaknyamanan lain seperti gatal-gatal dan kulit kering.

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Tangan terkelupas dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari gesekan dan cuaca hingga paparan bahan kimia. Tangan kering, terlalu banyak terpapar sinar matahari dan terkena infeksi juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

Jika terus berlanjut dan tidak segera diobati, kulit menjadi rentan terhadap infeksi bakteri. Oleh karenanya kondisi ini membutuhkan perawatan.

Walau pengelupasan kulit sebenarnya termasuk fenomena alam, proses alami tubuh mengganti sel kulit mati dengan lapisan kulit baru.

Namun, pengelupasan yang terjadi karena kerusakan pada kulit akibat pengaruh lingkungan atau penyakit tertentu patut diwaspadai. 

Tangan terkelupas terkadang bisa disertai dengan gejala lain, tergantung penyebabnya, seperti kulit kering, gatal, merah, atau bahkan nyeri.

Cara Mengatasi Kulit Mengelupas di Tangan 

Jika kulit kamu mengelupas karena iritasi berikut cara alami  untuk merawatnya : 

  • Kompres tangan yang mengelupas dengan air dingin
  • Oleskan pelembab setelah mandi. 
  • Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan 
  • Oleskan tabir surya saat keluar di bawah sinar matahari untuk mengurangi risiko kulit terbakar. 
  • Hindari kontak dengan bahan kimia yang dapat memperparah iritasi kulit, seperti deterjen, pembersih lantai, atau sabun antiseptik. 
  • Hindari menggaruk saat kulit di tangan terkelupas untuk menghindari kondisi tangan semakin buruk

Jika pengelupasan kulit tidak membaik atau memburuk, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan cara ini, kamu dapat mengatasi penyebab tangan mengelupas  dengan perawatan yang tepat. 

Segera cari pertolongan medis jika gejala kulit mengelupas memburuk atau disertai dengan gejala lain seperti ruam, nyeri sendi, mual dan muntah, pembengkakan wajah, dan kesulitan bernapas. 

Ada sejumlah kondisi medis yang dapat menyebabkan tangan mengelupas dalam beberapa kasus. Sebagai contoh: 

  • Kaki atlet 
  • Berkeringat meningkat 
  • Kanker, termasuk efek pengobatan kanker 
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh 
  • Infeksi stafilokokus dan jamur 
  • Penyakit Kawasaki 
  • Sindrom syok toksik 
  • Eritema 
  • Infeksi cacing gelang 

Adapun secara umum, pengobatan untuk  tangan mengelupas adalah sebagai berikut: 

Gunakan pelembab tangan 

Salah satu cara mengatasi tangan terkelupas adalah dengan menggunakan pelembab tangan. Langkah ini bisa dilakukan sesering segera setelah mencuci tangan. 

Tujuan penggunaan pelembab adalah untuk mempertahankan kelembapan yang hilang selama mencuci tangan.  

Selain itu, penggunaan pelembab dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi lapisan kulit, meningkatkan tingkat kelembapan epidermis, menenangkan kulit, serta memperbaiki penampilan dan tekstur kulit.  

Menurut American Academy of Dermatology, kamu bisa mencari krim tangan yang mengandung minyak jojoba, dimethicone, gliserin, asam hialuronat, asam laktat, lanolin, minyak mineral, minyak tanah, atau shea butter.  

Hindari paparan alergen 

Jika penyebab  tangan terkelupas adalah alergi, pengobatan untuk tangan terkelupas adalah dengan mengidentifikasi zat (alergen) yang dapat menyebabkan alergi  dan menghindari kontak dengan zat tersebut.  

Pilih sabun dengan deterjen yang tidak terlalu mengiritasi 

Cara mengatasi tangan terkelupas selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih yang lembut untuk meminimalkan iritasi. Pembersih yang bebas dari pewangi atau pewarna kimia dan diberi label sebagai hypoallergenic atau hypoallergenic direkomendasikan. 

Jangan berlebihan mencuci tangan 

Seperti disebutkan di atas, penyebab tangan mengelupas bisa karena kebiasaan sering mencuci tangan.

Mencuci tangan memang merupakan bagian dari pola hidup bersih dan sehat. Namun, jika kamu melakukannya terlalu sering atau herlebihan, kulit  bisa menjadi kering, kasar dan bersisik sehingga kamu perlu membatasi aktivitas ini.

Kamu bisa mencuci tangan pada waktu-waktu tertentu, seperti sebelum dan sesudah makan, setelah bersih-bersih, setelah dari kamar mandi, sebagai cara untuk mengatasi kulit terkelupas di tangan.

Adapun mencuci tangan yang dianjurkan adalah menggunakan air suam-suam kuku atau suam-suam kuku.  Hindari air yang sangat panas karena kulit telapak tangan bisa mengering. Gosok dengan lembut di antara telapak tangan dan jari. 

Pilih sabun yang mengandung gliserin atau humektan seperti gliserin. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan produk sabun cair. Pasalnya, sabun batangan memiliki pH tinggi, yang dapat mengeringkan kulit. 

Selanjutnya, keringkan tangan dengan handuk bersih. Tangan yang masih lembap dan belum kering dapat mengeringkan kulit, karena minyak alami dapat membuat kulit mengelupas saat air menguap. Penguapan dapat mengiritasi lapisan kulit dan membuatnya kering.  

Konsultasikan dengan dokter 

Jika pengelupasan kulit pada telapak tangan disebabkan karena kondisi medis tertentu maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menemui dokter. 

Namun selain itu, kamu juga perlu memperhatikan penyebabnya agar pengelupasan kulit tangan tidak terjadi lagi.

Nah, jika kamu mengalami penyakit di atas atau penyakit lainnya dan membutuhkan informasu yang akurat kamu bisa mengunjungi KlikDokter yang merupakan website kesehatan terpercaya.

Semua artikel yang ada KlikDokter diolah dan  diambil dari beberapa Jurnal kesehatan, kemudiam di-review oleh dokter ahli sehingga tidak perlu diragukan keakuratannya. Semua informasi kesehatan yang tersedia di sana valid dan terpercaya.

So, buat kamu yang ingin cari tahu lebih detail terkait informasi seputar kesehatan termasuk penyakit yang kamu derita seperti kulit tangan mengelupas dan cara penanganannya coba deh baca di sini di KlikDokter untuk mendapatkan penjelasan langsung dari sumber terpercaya.

Posting Komentar untuk "Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya"