5 Manfaat Cat Dasar Tembok yang Perlu Diketahui

Daftar Isi
5 Manfaat Cat Dasar Tembok yang Perlu Diketahui

Sebelum memutuskan untuk mengecat tembok dengan berbagai warna pilihan, cari tahu dulu yuk manfaat cat dasar tembok.

Cat dasar atau primer merupakan jenis cat yang perlu dilapisi ke tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan dengan cat utama.

Pengaplikasian primer penting dilakukan untuk mendapatkan hasil cat dengan warna yang sempurna dan bisa bertahan lama pada permukaan tembok.

Namun biasanya karena alasan ingin menghemat biaya dan tenaga seringkali proses pengaplikasian primer sengaja dilewati. 

Padahal justru bikin boros karena hasil finishing cat tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga bisa dipastikan kamu akan membutuhkan proses primer dan perlu melakukan cat warna ulang.

Well, agar tidak mengabaikan langkah penting pengecatan tersebut simak yuk manfaat cat dasar berikut ini!

Manfaat Cat Dasar Tembok

Manfaat Cat Dasar Tembok
Salah satu jenis cat dasar yang recommended (source : avianbrands.com)

Melindungi tembok dari garam alkali

Manfaat cat dasar yang pertama adalah dapat mencegah timbulnya garam alkali (air garam dari semen) pada dinding.

Perlu diketahui bahwa berbagai masalah di dinding seperti munculnya jamur dan lumut, dinding basah, cat mengapur hingga lapisan cat mengelupas ditimbulkan oleh garam alkali.

Oleh karena itu, agar lapisan cat dan dinding lebih tahan lama terhadap serangan garam alkali perlu diberikan lapisan cat dasar.

Menjaga daya tahan cat pada dinding. 

Setelah pengaplikasian kamu pasti berharap warna cat ke depannya tidak mudah pudar dan mengalami berbagai permasalahan.

Nah, mengaplikasikan cat dasar sebelum mengecat dinding dengan cat utama merupakan solusi yang dapat membantu menjaga daya tahan cat pada dinding agar tetap terjaga.

Dengan adanya lapisan cat dasar kamu tidak perlu khawatir lagi hasil cat dengan warna favorit kamu akan berantakan atau cepat kotor.

Menghasilkan warna cat dinding yang sempurna

Manfaat pengaplikasian cat dasar berikutnya adalah menghasilkan warna cat yang sempurna. Warna dinding, batu bata, acian dan material dinding yang lain biasanya memengaruhi hasil warna cat dinding.

Untuk itu diperlukan cat dasar yang sifatnya netral yaitu berwarna putih transparan. Setelah melapisi dinding dengan warna tersebut akan membuat warna cat di atasnya lebih maksimal.

Hal ini juga berlaku jika kamu ingin mengganti cat dinding yang sudah kusam dengan cat baru, terutama untuk perubahan warna gelap ke terang.

Pasalnya tanpa penggunaan cat dasar, warna terang cat pada dinding tidak akan bisa menutupi warna dasar (warna gelap). Malah hasilnya akan terlihat campur aduk dan kurang nyaman dipandang.

Memberikan permukaan dasar yang konsisten

Pengecetan tanpa dilapisi cat dasar juga bisa membuat cat dengan warna pilihanmu tidak menempel dengan baik. Hasilnya, warna cat pada dinding menjadi tidak merata dan tidak enak dilihat.

Beda halnya jika kamu mengaplikasikan cat dasar ke dinding secara konsisten, akan membuat lapisan cat di atasnya melekat dengan mudah sehingga finishingnya pun akan memuaskan.

Menyembunyikan cacat pada tembok

Satu lagi manfaat cat dasar tembok yang perlu kamu ketahui. Penggunaan cat dasar dapat menyembunyikan cacat warna pada permukaan dinding.  

Jadi kalau ada bagian tembok yang cacat atau tidak sedap dipandang, kamu cukup mengatasinya dengan memanfaatkan cat dasar.
Itu dia beberapa manfaat primer yang sangat penting dalam proses pengecatan. 

So far, jika ingin melakukan pengecatan dinding ruangan jangan sampai lewatkan tahap pengaplikasian cat dasar ya untuk dapat hasil yang bagus dimana warna cat sempurna dan tahan lama.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar