Dukung Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol' untuk Jaga Kelestarian Laut Indonesia

Yuk dukung program Blackmores Peduli 'Tukar Botol' untuk jaga kelestarian laut Indonesia. 

Dukung Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'  untuk Jaga Kelestarian Laut Indonesia

Kondisi laut Indonesia saat ini tidak sedang baik-baik saja. Bahkan boleh dibilang sangat memprihatinkan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian laut.

Setidaknya itu yang saya saksikan dengan mata kepala sendiri. Rasanya sungguh menggemaskan sekali ketika suatu hari saya yang tengah duduk di pinggiran pantai tak sengaja melihat seseibu dengan entengnya membuang sampah rumah tangganya ke laut.

Pantas saja pantai yang lokasinya tak jauh dari rumah om saya itu penuh dengan sampah. Rupanya oleh masyarakat setempat pantai tersebut sudah dijadikan seperti bak sampah. 

Namun bukan baru kali itu saya menyaksikan perbuatan orang yang mengotori laut. Justru sudah sering saya menyaksikan pemandangan laut yang keindahannya tertutupi karena banyaknya sampah berserakan. Entah itu laut di Papua maupun laut di Sulawesi.

Sebenarnya pengen menegur sih tapi saya tidak punya keberanian untuk berkata-kata dan hanya bisa merutuk dalam hati.

Namun kalau dibiarkan begitu saja bagaimana mesyarakat di sekitar saya akan sadar. Harus ada aksi yang saya lakukan. Saya tidak boleh tinggal diam.

That's why saya excited sekali saat tahu Blackmores menghadirkan Program Blackmores Peduli "Tukar Botol" untuk Jaga Kelestarian Laut Indonesia.

Lindungi Laut Indonesia dari Sampah Plastik

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia seharusnya masyarakat Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian laut. 

Namun fakta yang terjadi di masyarakat justru sebaliknya. Masyarakat Indonesia masih suka membuang sampah, khsususnya sampah plastik ke laut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menyebutkan bahwa limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun,  dimana diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton diantaranya merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut. 

Sedangkan dilansir dari sdgsummit.id berdasarkan hasil riset menunjukkan bahwa terdapat hingga 594 ribu ton sampah plastik yang dihasilkan oleh Indonesia dan telah mencemari kelautan Indonesia di 18 titik.

Selain itu Data National Plastic Action Partnership (NPAP) menunjukkan ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik, dimana sebanyak 48% diantaranya dibuang ke alam terbuka dan 9% dari sampah plastik berakhir di laut. 

Bagaimana kondisi laut tidak memprihatinkan jika masalah sampah plastik yang mencemari laut tak kunjung tuntas bahkan masih terus meningkat dari tahun ke tahun.

Isu lingkungan yang satu ini tentu patut menjadi perhatian kita semua. Pasalnya keberadaan sampah plastik dapat mengancam ekosistem laut.

Apalagi sampah plastik butuh waktu hingga ratusan tahun sebelum terurai sempurna. Masalahnya lagi, dalam prosesnya sampah-sampah tersebut akan hancur menjadi partikel-partikel kecil (mikro plastik) lalu menyebar ke seantero perairan dan akan membahayakan hewan-hewan di laut.

Makhluk hidup di laut yang mengonsumsi mikro plastik akan mati. Bahkan dalam jangka panjang manusia juga akan terkena dampaknya. Hal tersebut terjadi lantaran manusia mengonsumsi ikan dan produk-produk dari laut.

Ikan-ikan dan hewan laut lainnya yang menelan mikro plastik akan menyerap racunnya. Racun itu kemudian akan berpindah ke manusia yang memakannya dan menimbulkan penyakit membahayakan. Dampaknya sangat buruk, bukan?

Bayangkan, ketika plastik yang lama belum habis terurai dan masih terus bertambah sampah plastik baru, bagaimana nasib laut Indonesia ke depannya dan dampak buruknya terhadap anak cucu kita kelak?

Selamatkan Laut Indonesia, Blackmores Hadirkan Program Blackmores Peduli "Tukar Botol"

Selamatkan Laut Indonesia, Blackmores Hadirkan Program Blackmores Peduli "Tukar Botol"

Sampai hari ini permasalahan sampah plastik memang masih menjadi salah satu isu lingkungan yang dihadapi Indonesia yang harus segera dituntaskan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa permasalahan yang perlu jadi perhatian mulai dari jumlah sampah yang besar, pengelolaan sampah yang kurang bertanggung jawab, dan perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan sehingga mencemari lingkungan, terutama lingkungan laut Indonesia.

Pemerintah sendiri memiliki target menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025.  Namun untuk mewujudkan target tersebut membutuhkan dukungan dan kerjasama semua pihak.

Dalam hal ini PT. Kalbe Blackmores Nutrition atau lebih dikenal dengan nama “Blackmores Indonesia” melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil kembali meluncurkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. 

Program ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, karena menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan

Melalui program ini, masyarakat diajak untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun agar bisa dikelola atau didaur ulang dengan baik sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut. 

Yuk Jaga Kelestarian Lingkungan dengan Ikut Program Blackmores Peduli "Tukar Botol"

Yuk Jaga Kelestarian Lingkungan dengan Ikut Program Blackmores Peduli "Tukar Botol"

Saat peluncuran program Blackmores Peduli "Tukar Botol" pada 1 September kemarin, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, Astrid Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Blackmores sudah lebih dari 90 tahun terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. 

Hal tersebutlah yang mendasari Blackmores Indonesia untuk terus mendukung segala upaya dalam menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol'.

Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ menjadi komitmen dan harapan Blackmores untuk semua pihak ikut berpartisipasi menjaga lingkungan. Jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, terutama lingkungan laut, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga.

Pada kesempatan itu hadir pula Tasya Kamila selaku Pemerhati Lingkungan. Menurut Tasya, sampah plastik telah menjadi permasalahan yang harus dituntaskan bersama, karena lingkungan yang bersih tanpa sampah plastik merupakan keinginan semua makhluk hidup. 

Dalam sambutannya Tasya juga mengungkapkan apresiasi kepada Blackmores sekaligus ajakan kepada semua masyarakat untuk ikut serta menjadi agen perubahan melalui program ini.

Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Blackmores yang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan masalah sampah plastik, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Misi dari penukaran botol plastik vitamin ini jelas, yaitu mengurangi sampah botol plastik bekas vitamin, dengan mengurangi sampah, berarti memberi kontribusi pada kelestarian lingkungan. Mari bersama-sama kita menjadi agen perubahan dengan mengumpulkan sampah botol plastik bekas vitamin untuk menjaga laut tetap bersih.”

Selain itu ada juga testimoni dari Diana Agustina seorang konsumen wanita berusia 36 tahun yang ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Dalam testimoninya beliau mengaku senang dan menyambut baik adanya program ini.
“Saya selaku konsumen sangat senang ada program seperti yang dilakukan Blackmores ini. Dengan partisipasi dalam program Blackmores Peduli, saya bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kerbersihan ekosistem laut dari sampah botol plastik. Karena saya menyadari kalau banyak sumber alami dari laut yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak ikan yang sering saya gunakan.” 

Cara Ikut Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'

Program Blackmores Peduli menjadi komitmen berkelanjutan jangka panjang untuk selalu peduli dan akan terus melakukan lebih demi menjaga laut tetap bersih untuk sekarang dan masa depan

Nah, buat kamu yang ingin ikut berpartisipasi dalam program ini caranya mudah banget. Cukup dengan mengumpulkan botol plastik bekas vitamin merek apapun lalu membawanya ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik Mall di Indonesia untuk ditukarkan.

Selain itu sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang mendukung program ini Blackmores telah menyiapkan voucher belanja.

Jadi untuk setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja. Wah, menarik sekali ya? Hanya dengan menukarkan botol plastik bekas vitamin kamu sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan sekaligus dapat voucher belanja.

Selain itu, untuk membantu proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul, Blackmores juga menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle. Program yang sangat bermanfaat sekali ya.

So, jangan sampai ketinggalan. Program Blackmores Peduli ini sudah berlangsung dari tanggal 1 September dan masih akan berlanjut hingga 30 November 2022.

Penutup

Jika terus menerus dibiarkan masalah sampah akan menjadi besar. Hal ini tentu akan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan laut yang juga akan berdampak pada kelangsungan hidup manusia.

Permasalahan ini pun akan semakin sulit terselesaikan bila hanya mengandalkan satu pihak saja. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung upaya pengelolaan sampah secara bertanggung jawab agar tidak mencemari lingkungan, baik di daratan maupun perairan Indonesia. 

Tidak hanya pemerintah, tetapi dari pihak swasta, asosiasi, komunitas, dan masyarakat Indonesia semua punya tanggung jawab untuk menjaga laut Indonesia agar tetap bersih dan terbebas dari sampah plastik yang membahayakan.

Kita pun punya peran dalam mendukung kelestarian lingkungan dan itu bisa kita lakukan dengan mengikuti program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'.

So far, jangan sampai lupa tukarkan botol plastik vitamin bekas kamu di apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik Mall di Indonesia ya. Catet, batasnya hanya sampai tanggal 30 November mendatang.

Semoga informasi ini bermanfaat.

10 komentar untuk "Dukung Program Blackmores Peduli 'Tukar Botol' untuk Jaga Kelestarian Laut Indonesia"

Comment Author Avatar
suka gemes pengen jewer ya, kalau melihat ada orang buang sampah sembarangan, atau gemes liat sampah2 berserakan, apalagi ini di laut, gregetannya lebih2. Alhamdulillah ada program bagus dari black mores ya...
Comment Author Avatar
Salut nih dengan campaign Blackmores, Tukar Tutup Botol ini, semoga banyak yang ikut untuk berpartisipasi dalam program ini ya demi membantu program Pemerintah juga mengurangi sampah (botol) plastik menjadi 70% di tahun 2025 mendatang, udah tinggal dikit lagi lho itu, semoga bisa terealisasi. Kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan saat ini.
Comment Author Avatar
Aku suka banget produk blackmores ini kandungaannya aman, kualitasnya bagus banget, dan ternyata ini mereka pakai sistem limbahnya berkelanjutan ya jadi bumi lestari
Comment Author Avatar
Bagus banget program dari blackmores ini sebagai langkah menurunkan sampah plastik laut. Wah, kita juga bisa ikut berpartisipasi juga yaa kumpulin botol plastik bekas lalu bawa ke apotek yang tersedia dropbox. Makasih infonya Mba
Comment Author Avatar
Program yang keren. Pastinya ini bermanfaat banget dalam mengurangi sampah botol plastik. Kudu banyak nih yang ikutan. Selain untuk bumi, kita juga berkesempatan dapat voucher belanja ya.
Comment Author Avatar
keren blackmores, semoga semakin banyak perusahaan lain yang mengikuti jejak ini sehingga sampah plastik bisa ditekan jumlahnya
Comment Author Avatar
Semua ikut berpartisipasi dan bertanggungjawab penuh dengan apa yang telah digunakan ya...
Termasuk untuk peduli terhadap lingkungan dengan sampah plastik yang dihasilkan. Senang sekali ada program dari Blackmores Peduli "Tukar Botol".
Sehingga botol vitamin yang kita miliki tetap bisa didaur ulang dengan cara yang benar.
Comment Author Avatar
Anonim 22:38
Wah programnya ada lagi ya. Btw untuk suplement kesehatan aku di rumah juga konsumsi dari blackmores hehe.
Comment Author Avatar
Keren banget ya program blackmores ini. Btw keluarga kami juga konsumsi produk dari blackmores lho.
Comment Author Avatar
Semoga manusia makin bijak dalam kehidupannya, termasuk dalam penggunaan barang berbahan baku plastik. Bagus tuh program dari Blackmores, wujud peduli pada lingkungan ya, kita bisa menukarkan kemasan botol produknya agar tidak terbuang begitu saja di tempat sampah.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.