Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik untuk Pelaku Usaha

Kamu punya bisnis rumahan tapi masih melakukan pencatatan transaksi secara manual? Jangan lagi dong, sekarang kan sudah ada aplikasi kasir yang dapat memudahkan kamu dalam menjalankan usaha.

Rekomendasi aplikasi kasir terbaik
Foto oleh Obsahovka (pexels.com)

Berbisnis di era digital memang harus mengikuti perkembangan teknologi. Jangan  sampai bisnis kamu tertinggal hanya karena kamu masih bertahan dengan cara lama.

Sebagai pembeli, saya pribadi lebih suka berbelanja di toko yang sudah update teknologi ketimbang mendatangi toko yang masih melakukan pencatatan transaksi secara manual.

Oh ya, saya punya pengalaman berbelanja di toko kelontong yang terbilang besar di daerah tempat tinggal saya ini. Baru beberapa waktu lalu sih.

Ketika hendak membayar saya sempat menggerutu karena agak lama menunggu petugas kasir menghitung semua barang belanjaan saya dengan kalkutor yang mana hitungannya ada kesalahan hingga diulang sampai dua kali.

Pun ketika saya meminta nota pembelian, saya masih harus menunggu lagi si petugas mencatat semua belanjaan saya di secarik kertas. Benar-benar nggak efisien banget.

Untung waktu itu masih sepi pembeli. Kebayang dong ribetnya kalau toko tersebut punya banyak pengunjung dan pemiliknya masih melayani semua transaksi secara manual. Pembeli juga pastinya tidak betah mengantri lama.

Well, dalam hati saya sempat membatin ''toko sebesar itu kok nggak punya mesin kasir atau kenapa nggak pake aplikasi kasir saja"

Sekilas Tentang Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir atau dikenal juga dengan sebutan POS (Point of Sale) merupakan aplikasi yang berfungsi membantu para pemilik usaha untuk bisa melakukan transaksi penjualan dengan mudah, praktis dan cepat.

Dibanding mesin kasir biasa, aplikasi kasir lebih canggih. Tidak hanya berfungsi sebagai alat pencatatan transaksi digital, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi semua transaksi secara otomatis dan berbagai keunggulan lainnya.

Cukup dengan mengunduh aplikasi kasir digital menggunakan ponsel androidmu kamu sudah dapat mengaksesnya secara gratis atau berlangganan dengan harga terjangkau untuk dapat menikmati fitur premium. Sangat menarik, bukan?

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik

Dengan POS digital kamu tidak perlu repot lagi dengan urusan transaksi, mulai dari pencatatan keuangan, laporan hingga memonitor stok barang.

Kini, ada banyak aplikasi kasir yang dapat dengan mudah kamu unduh dan akses dengan satu genggaman tangan.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi kasir terbaik yang dapat menjadi referensi buat kamu. Kita bahas yuk!

iReap POS Lite

Aplikasi kasir iReap POS Lite

Jika kamu baru memulai usaha atau baru ingin mencoba aplikasi kasir, iReap POS Lite dari PT. Sterling Tulus Cemerlang merupakan pilihan yang tepat.

Aplikasi kasir gratis tanpa batasan data dan transaksi ini berjalan secara offline yaitu tanpa koneksi internet dan juga tanpa iklan. Dengan tampilannya yang simple, aplikasi ini sangat mudah digunakan.

iReap POS Lite dapat menunjang berbagai usaha seperti toko ritel, kios, apotek, bengkel, online shop, bisnis franchise dan lain sebagainya

iReap POS Pro

Aplikasi kasir online iReap POS pro

Rekomendasi berikutnya masih aplikasi kasir keluaran PT. Sterling Tulus Cemerlang. Bedanya iReap POS Pro mempunyai fitur yang lebih lengkap dan dapat diakses secara online.

Bagi kamu yang memiliki banyak toko, aplikasi ini sangat bisa kamu andalkan. iReap POS Pro dapat menganalisis semua data transaksi dari beberapa toko yang tersebar di berbagai kota bahkan negara dengan sangat mudah dalam beberapa detik saja secara real-time.

Tidak hanya itu, software POS premium ini juga dapat memantau pergerakan barang antar toko cabang. Sebagai pemilik usaha, kamu dapat melacak apakah barang tersebut telah dikirim dari toko pengirim, dalam proses perjalanan, atau telah diterima oleh toko penerima. Semuanya dapat kamu monitoring secara online.

Selain terhubung internet, aplikasi ini juga dapat digunakan secara offline dengan fungsi yang tidak kalah penting yaitu bila mengalami gangguan internet proses transaksi dapat tetap berjalan lancar dan semua data akan tersimpan aman di dalam perangkat.

Ketika koneksi internet terhubung atau kembali online, aplikasi kasir akan segera mengirim data transaksi offline tadi ke server iReap POS.

Menariknya lagi, aplikasi kasir iReap POS Pro bisa pindai barcode sehingga mempercepat proses input transaksi, menerima pembayaran dengan metode QRIS, dan bisa print struk transaksi lengkap dengan logo bisnis kamu.

Moka POS

Moka POS kasir digital

Rekomendasi aplikasi kasir selanjutnya adalah Moka POS yang dapat menjadi solusi untuk bisnis kamu.

Aplikasi kasir digital ini juga sudah menggunakan sistem berbasis cloud sehingga cocok untuk kamu yang memiliki bisnis di banyak tempat karena kamu bisa mengontrol semuanya secara real time kapan saja dan di mana saja.

Selain memiliki berbagai fitur yang menarik, keunggulan Moka POS lainnya bisa kamu dapat dari metode pembayarannya yang beragam. Selain menerima pembayaran e-wallet, Moka POS juga sudah terintegrasi dengan GoBiz plus EDC.

Pawoon

Pawoon aplikasi kasir digital

Aplikasi kasir berbasis cloud berikut ini juga bisa kamu pertimbangkan untuk melancarkan bisnis kamu.

Pawoon akan membantu kamu melakukan berbagai transaksi usaha dengan cepat, mengatur multi outlet dengan mudah hingga pantau bisnis dengan 18+ laporan keuangan dengan praktis, semuanya cukup dalam satu aplikasi.

Software kasir online ini cocok untuk kamu yang memiliki usaha F&B, retail, barbershop, salon, dan berbagai bisnis lainnya.

Pawoon juga menerima berbagai metode pembayaran baik tunai, menggunakan kartu maupun pembayaran via e-wallet.

Qasir

Software POS Qasir

Aplikasi kasir recommended berikut cocok untuk semua jenis usaha. Mulai dari usaha F&B, fashion & aksesoris, kelontong & minimarket, toko elektronik dan lain-lain.

Dengan berbagai fitur dasarnya seperti sistem kasir digital & cetak struk, mengelola produk tanpa batas, pembayaran cashless dengan QRIS, laporan penjualan 30 hari terakhir dan catat kasbon kamu sudah dapat mengakses aplikasi ini secara gratis.

Namun untuk dapat menikmati berbagai fitur premiumnya dimana salah satunya adalah mendapat laporan lengkap, detail dan  tanpa batasan maka kamu perlu berlangganan. Tenang saja, biaya untuk mengakses Qasir Pro cukup terjangkau kok

Itu dia rekomendasi aplikasi kasir yang dapat kamu manfaatkan untuk mengelola bisnis. Sebenarnya masih banyak aplikasi kasir online lainnya, namun setidaknya lima aplikasi kasir yang saya sebutkan di atas termasuk yang populer.

Penutup

Dengan banyaknya rekomendasi aplikasi kasir mungkin kamu bingung saat memilih. Saran saya pilihlah aplikasi kasir digital yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. 

Jika masih pemula kamu bisa menggunakan aplikasi kasir gratis seperti iReap Pos lite atau untuk kamu yang memiliki banyak toko iReap Pos pro dengan fitur-fitur canggihnya bisa menjadi pilihan.

Kuy, jangan sampai bisnis kamu tertinggal karena kamu tidak mengikuti perkembangan teknologi. Yuk buruan donwload aplikasi kasir iReap dan nikmati berbagai keunggulannya.


2 komentar untuk "Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik untuk Pelaku Usaha"

  1. PR bagi para pengguna aplikasi kasir ialah gimana membuat para customer percaya bahwa toko ini menggunakan aplikasi kasir.

    BalasHapus
  2. Wah cocok banget ini aku rekomendasiin ke teman-teman yang lagi buka usaha
    Dengan aplikasi tentunya urusan pembukuan keuangan jadi lebih rapi dan tertata
    Dan yang pasti mencegah kebocoran jadinya

    BalasHapus