Kursus Online Arkademi untuk Peningkatan Skill di Dunia Kerja

Daftar Isi
Kursus Online Arkademi menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin meningkatkan keterampilan dan pemberdayaan diri. Bahkan di Indonesia pengguna platform Arkademi sudah mencapai tiga juta lho. Penasaran dengan penyedia layanan pelatihan online yang satu ini? Yuk kita ulas!
 
Kursus Online Arkademi Tingkatkan Skill di Dunia Kerja
Cari kerja zaman sekarang butuh skill (foto : freepik.com)

Seiring dengan bertambahnya lulusan baru semakin meningkat pula jumlah angkatan kerja dan pengangguran di negeri ini. 

Ya, mencari kerja di zaman sekarang memang tidak mudah. Modal ijazah dengan IPK bagus saja tidak cukup untuk mendapat pekerjaan idaman.

Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat menuntut kita untuk memiliki keterampilan lebih. Apalagi dengan adanya fakta bahwa sejumlah perusahaan mengaku kesulitan mendapat kandidat pekerja yang sesuai kebutuhan. 

Lowongan sebenarnya tersedia tetapi sayangnya kebanyakan kandidat yang mendaftar tidak memenuhi syarat yang dibutuhkan perusahaan.

Menurut Hilman Fajrian, CEO Arkademi, startup penyedia pelatihan online tersertifikasi, kondisi ini merupakan paradoks, pengangguran di Indonesia masih tinggi namun industri juga kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan perusahaan. Padahal yang dibutuhkan masyarakat dan industri bukan sekadar angkatan kerja, tapi angkatan siap kerja.

Artinya jika bebicara mengenai kompetensi,  memang ada celah yang besar antara permintaan dan penawaran kerja.

Karena itu Arkademi hadir sebagai solusi untuk memperkecil celah tersebut dengan menawarkan kursus online bersertifikat guna meningkatkan keterampilan dan pengembangan diri angkatan kerja.

Manfaat ikut kursus online

Manfaat ikut pelatihan online
Tingkatkan keterampilan dengan ikut kursus online (foto : freepik.com)

Era sekarang keterampilan dan pengembangan diri sangat dibutuhkan di dunia kerja. Karena itu tidak ada ruginya sama sekali jika selepas kuliah kita lanjut menimba ilmu dengan mengikuti kursus untuk upgrade skill

Bahkan sebenarnya bukan hanya fresh graduate saja lho, semua angkatan kerja baik yang masih atau sudah bekerja perlu ikut pelatihan online mengingat manfaatnya yang sangat bagus. Apa saja manfaat kursus online? Kita bahas dulu yuk!

Meningkatkan keterampilan

Seperti yang sudah disinggung di atas, manfaat utama mengikuti pelatihan online adalah untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan saat mencari kerja.

Setiap perusahaan pastinya menginginkan kandidat yang berkualitas dan menguasai keterampilan tertentu.

Jika kita datang melamar pekerjaan hanya dengan modal ijazah dan skill yang minim ya jangan mimpi kita bisa langsung diterima.

Sekali lagi ingat, persaingan kerja di zaman now sangat ketat. Kalau tidak mau kalah bersaing dengan kandidat lain ya kita harus membekali diri dengan mengasah skill yang kita minati agar dapat dilirik perusahaan.

Memperluas jaringan

Ketika akan masuk ke dunia kerja, memiliki networking atau jaringan sangatlah penting. Semakin luas jaringan yang kita miliki akan semakin besar pula peluang kerja yang kita dapatkan.

Kursus bersertifikat sendiri biasanya diikuti oleh banyak orang dari berbagai latar belakang. Saat mengikuti kursus kita akan terhubung secara virtual dengan orang-orang tersebut. Dengan demikian kita sudah membangun networking.

Jadi tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapat pekerjaan lewat manfaat pelatihan online yang satu ini. Bahkan dengan networking yang luas dapat menjadi bekal kita dalam mengembangkan karir di dunia kerja nantinya.

Hemat biaya dan waktu

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti kursus secara virtual memang terbilang murah dibanding kursus offline. Hal ini dikarenakan kursus online tidak menyediakan tempat khusus maupun fasilitas tertentu. Kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya tranportasi 

Selain itu, kursus online lebih praktis dan hemat waktu pastinya karena kita dapat mengikuti pelatihan dari rumah saja dengan bermodalkan gawai dan jaringan internet.

Dapat belajar beragam keterampilan 

Kursus online juga membuka kesempatan bagi kita untuk mempelajari beberapa keterampilan sekaligus.

Nah, di penyedia layanan kursus online seperti Arkademi sudah tersedia kursus dan pelatihan dengan berbagai kategori. Mulai dari kursus seputar bisnis, keuangan, pengembangan karir, hobi, teknologi hingga kursus siap kerja.

Tentu dengan manfaat ini kita bisa menambah keterampilan dengan mudah. Namun kemudahan tersebut jangan sampai membuat kita kalap ya! Pastikan hanya memilih kursus online sesuai kebutuhan.

Nah, buat kamu yang ingin tingkatkan kompetensi diri agar dapat bersaing di dunia kerja kamu bisa pertimbangkan untuk ikut pelatihan online bersertifikat di Arkademi.

Tentang Arkademi, Kursus Online Bersertifikat

Arkademi platform kursus online bersertifikat

Di awal saya sudah singgung sekilas tentang Arkademi yang dapat menjadi solusi bagi kondisi paradoks di Indonesia saat ini, dimana jumlah angkatan kerja dan pengangguran masih tinggi namun di sisi lain ada sejumlah perusahaan yang kesulitan merekrut karyawan sesuai kebutuhan.

Arkademi sebagai platform Mass Open Online Course (MOOC) karya anak bangsa ini dapat menutupi celah besar yang muncul antara penawaran dan permintaan karena masalah tersebut.

Sesuai dengan misinya Arkademi hadir menjembatani kebutuhan kerja masyarakat Indonesia dan kebutuhan industri akan tenaga kerja terampil.

Setidaknya hingga saat ini platform yang didirikan oleh Hilma Fajrian sejak 2017 telah membantu 130 juta tenaga kerja Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan sertifikasi profesional dalam skala nasional.

Keunggulan Kursus Online Arkademi

Setelah mengenal Arkademi, selajutnya kita bahas yuk, apa saja keunggulan dari start up yang memiliki visi menjadi aplikasi kursus daring tersertifikasi nomor 1 di Indonesia ini. Mengapa Arkademi? Mengapa bukan tempat kursus yang lain? Berikut beberapa alasannya ;

Tersedia ratusan materi kursus 

Ada lebih dari 500 kursus online bersertifikat dan pelatihan sertifikasi dengan metode pembelajaran berbasis keahlian yang ditawarkan oleh Arkademi.

Semua kursus di sini sudah dibagi berdasarkan kategori sehingga kamu nggak perlu pusing cari kursus yang sesuai dengan minat kamu. Tinggal buka aplikasi atau websitenya dan pilih kategori kursus yang kamu inginkan.

Salah satu kategori unggulannya adalah kategori job ready course, ketika di klik ada beberapa pilihan yang muncul. Adapun kursus yang tersedia pada kategori tersebut saat ini diantaranya mobile developer, market analyst dan growth market. 

Kursus yang ada di kategori lainnya juga tidak kalah menarik. Kamu bebas memilih namun pastikan kursus yang kamu pilih benar-benar sesuai kebutuhan ya.

Materi kursus sesuai standar dan kebutuhan perusahaan 

Mengenai materi yang didapat dari kursus bersertifikat Arkademi tidak perlu diragukan lagi. Semua kursus dan pelatihan di platform untuk meningkatkan kompetensi ini telah memenuhi standar dan kualitas yang diatur oleh regulasi maupun kebutuhan industri. 

Materi pembelajarannya dirancang dan disusun secara ketat oleh para ahli pendidikan dibantu oleh kalangan industri, serta diajarkan oleh para instruktur profesional dan tersertifikasi di bidangnya masing-masing.

Jadi dalam penyusunan dan peninjauan materi kursus dan pelatihan, Arkademi tidak hanya melibatkan para ahli pendidikan dan pakar di bidang keahlian saja namun dari kalangan industri khususnya sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan masyarakat dari berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia juga turut dilibatkan

Dengan cara itulah sehingga Arkademi berani menjamin bahwa kursus dan pelatihan di platformnya telah sesuai dengan keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan industri dan memenuhi kriteria pendidikan non-formal.

Sehingga sertifikat penyelesaian kursus dan pelatihan yang didapatkan oleh alumni Arkademi juga pastinya dapat membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Memiliki sejumlah prestasi

Keunggulan Arkademi selanjutnya dapat kita lihat dari berbagai prestasi yang berhasil diraihnya. Walau usianya baru beranjak 5 tahun namun Arkademi sudah memboyong beberapa penghargaan. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Dinobatkan sebagai platform edu-tech terpopuler menurut Goodtstats dengan jumlah pengguna mencapai 3 juta di Indonesia. 
  • Menjadi platform #2 Top Adult Learning App in Indonesia by DailySocial dan diakui sebagai 50 SEA Next Big Thing Ed-Tech Startup. 
Tidak hanya itu, start up edu-tech ini juga telah meluncurkan kursus sertifikasi pajak online pertama dan satu-satunya di Indonesia. Bermitra dengan Pusat Pajak HIPMI dan Flazztax. Jadi hanya di Arkademi kamu dapat ikut pelatihan Brevet Pajak yang diselenggarakan online 100% dan mendapat sertifikat kursus dari Flazztax.

Oh ya,  Arkademi juga telah dipercaya oleh pemerintah sejak tahun 2020 sebagai lembaga pelatihan resmi penyedia pelatihan bagi penerima Kartu Prakerja dengan menyediakan lebih dari 50 pelatihan. Jadi buat kamu yang dapat peluang dari pemerintah dengan lolos Kartu Prakerja bisa banget nih memilih kursus di Arkademi.

Bisa diakses kapan saja dan dimana saja

Sebagai platform kursus dan pelatihan online bersertifikat, semua pembelajaran di Arkademi berlangsung secara daring dan dapat diakses melalui website atau aplikasi.

Dengan demikian kamu dapat mengikuti kursus dan pelatihan di Arkademi kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang waktu dan jarak. Ikut kursus online memang sangat praktis, bukan? 

Apalagi kursusnya di Arkademi yang telah membantu jutaan pengguna untuk membuktikan daya saingnya melalui sertifikat yang kredibel.

Penutup

Mencari kerja di zaman sekarang memang tidak mudah. Penuh tantangan. Tidak cukup hanya bermodalkan ijazah. Lulus camlaude pun tidak menjamin kamu bisa dapat pekerjaan di perusahaan yang kamu incar.

Memang, ijazah dan traskrip nilai merupakan dua syarat wajib yang harus kamu bawa ketika  melamar pekerjaan. Namun industri juga melihat kompetensi yang kamu miliki. 

Oleh karenanya, mengikuti kursus untuk dapat mengasah keterampilan dan pengembangan diri penting dilakukan. Apalagi persaingan di dunia kerja sangat ketat. Jika kamu tidak punya skill yang bisa ditonjolkan kamu akan kalah dengan kandidat lain yang lebih berkompeten.

Jangan mau kalah bersaing. Buktikan kalau kamu juga memiliki keterampilan di bidang tertentu yang membuat kamu layak diterima kerja.

Tentunya Arkademi sebagai lembaga kursus online dapat membantu mewujudkan impian kamu untuk mendapat pekerjaan yang diidamkan.

Jadi tunggu apalagi. Yuk, segera upgrade skill dengan mengunjungi website Arkademi di www.arkademi.com atau download aplikasi kursus online bersertifikat ini di Play Store.

Dan biar nggak ketinggalan informasi terbaru dari Arkademi jangan lupa untuk follow akun media sosialnya di @arkademiedu ya.

Semoga informasi ini bermanfaat. 

8 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.
Saya pribadi penggemar MOOCs. Suka banget bisa belajar aneka bidang ilmu dan mengambil short course. Walau saya emak-emak, sy juga pengen upgrade diri. Makanya sering ikut MOOCs. Belum pernah lulus dr kursus yang versi anak bangsa sih. Perlu Banget dicoba kursus di Arkademi
Baru tahu soal arkademi. Boleh dicoba nih buat para pekerja biar makin berkualitas skillnya
Sepakat banget sama kursus online gini, Mbak. Beneran banyak manfaat yg bisa didapatkan. Baru tahu ternyata Arkademi sudah ada sejak 2017. Menariknya banyak keuntungan kl kursus online di Arkademi yak
Bener, Mbak Siska. Sekarang gak cukup nilai saja karena soft skill juga sangat diperlukan. Salah satu cara upgrade skill ya belajar, antara lain lewat kursus online semacam Arkademi ini.
baru tahu nih tentang Arkademi, padahal penggunanya udah capai 3 juta ya, woow, keren nih.
saya lagi cari nih kursus online tuk story telling, pengen banget bisa nulis seasik teman-teman dalam bercerita :)
coba intip di Arkademi ahh :)
Arkademi ini bisa jadi solusi untuk meningkatan hardskill di tempat kerja ya Mbak Sis
Comment Author Avatar
Laily
13:01 Hapus
Setiap orang seyogyanya mengupgrade kemampuan dirinya. Kursus salah satunya ya Mbak. Kursus online ini enak banget karena memudahkan dan hemat biaya juga yaa
Arkademi ini menjawab pertanyaan akan kebutuhan mengupgrade skill ya mbak. Apalagi kursus online sekarang makin banyak diminati ya mbak. Coba saya kepoin dulu dulu apa saja materi yang ditawarkan, siapa tahu keponakan saya bisa ikut